PLARIUSMODIFIKASI101

Tempat Paling Angker dan Mistis Di Indramayu Membuat Bergidik Ketika Lewat

Saturday, June 09, 2018
Beberapa kota besar di Indonesia terkenal memiliki tempat angker yang sangat melegenda. Seperti contohnya Jakarta dengan Terowongan Casablanca, Semarang dengan Lawang Sewu hingga Surabaya dengan Rumah Darmo yang begitu terkenal dengan kesan angker dan seram. Namun selain kota-kota besar tadi, sebenarnya hampir semua kota di Indonesia bisa dibilang memiliki tempat angker mereka sendiri.

Kultur bangsa Indonesia yang masih mempercayai cerita takhayul dan hal-hal yang berbau mistis membuat banyak tempat mendapat predikat sebagai tempat angker. Anggapan ini sendiri biasanya muncul karena peristiwa berdarah atau pun hal mistis yang pernah terjadi. Seperti contohnya yang terjadi dikota Indramayu, di kota yang memiliki julukan sebagai kota mangga ini terdapat beberapa tempat yang terkenal angker. Tempat-tempat ini terkenal angker karena terkenal keramat maupun karena seringnya terjadi penampakan makhluk halus. Nah berikut ini adalah beberapa tempat yang terkenal angker dan mistis di Indramayu beserta ulasan singkatnya..

Makam Buyut Tambi


Jika membicarakan soal tempat angker, maka biasanya makam atau kuburan adalah tempat yang pertama terlitas dibenak orang. Apalagi jika makam tersebut terkenal sebagai tempat yang keramat. Salah satunya adalah Makam Buyut Tambi yang terletak di Indramayu. Kompleks makan yang terlihat mencolok dengan warna merah ini terdapat sebuah legenda yang menyebutkan jika orang melakukan tirakat di tempat ini maka ia bisa meraih kesuksesan serta bisa dipermudah untuk mendapatkan jodoh.

Karena itu makam yang terletak di desa Tambi ini terkenal sebagai tempat yang keramat. Setiap harinya ada saja orang yang bertapa di makam Buyut Tambi untuk meminta agar bisnisnya bisa sukses atau agar dipermudah mendapatkan jodoh jodoh. 

Selain konon ampuh sebagai tempat tirakat, makam ini juga terkenal mistis. Meski banyak orang yang berkunjung ke tempat ini, namun tak pernah ada foto bagian dalam bangunan makam Buyut Tambi. Sahabat anehdidunia.com hal ini terjadi bukan karena tak ada yang pernah memotret bagian dalam makam, melainkan memang tak ada yang bisa. Banyak orang sudah mencoba untuk memotret bagian dalam makam namun nhasilnya selalu nihil. Foto yang diambil selalu rusak ataupun sama sekali tak memiliki gambar.

Menurut juru kunci makam ini, fenomena unik ini terjadi karena Buyut Tambi tak mengijinkan orang untuk mengfoto ruangan dalam makam. Sosok Buyut Tambi konon merupakan orang sakti yang telah membabat seluruh hutan diwliayah itu untuk mendirikan desa Tambi. Namun seperti apa sosoknya masih misterius karena orang-orang di desa ternasuk sang juru kunci makam biasanya enggan untuk menceritakan tentang sosok Buyut Tambi.

Kisah mistis lain dari makam adalah ketika ada seorang Camat yang tak percaya dengan kemistisan makam ini yang secara sengaja tak melepas sepatunya saat memasuki area makam. Awalnya Camat ini merasa tak ada apapun yang terjadi, namun setibanya di rumah ia sama sekali tak bisa melepas sepatu yang ia pakai.

Jembatan Eretan


Jika kita lihat sekilas sebenarnya tak ada yang aneh dengan jembatan kecil di kota Indramayu ini. Namun jembatan bernama "Eretan" ini bagi warga sekitar terkenal sebai jembatan yang angker. Menurut warga sekitar jembatan yang sudah ada sejak jaman penjajahan Jepang ini terkenal memiliki cerita mistis yang mengerikan.

Di jembatan ini terdapat mitos untuk membunyikan klakson saat melintas, hal ini konon merupakan tanda meminta ijin lewat sekaligus berpamitan pada penunggu jembatan. Jika orang yang lewat tak membunyikan klakson maka konon ia bisa mengalami kecelakaan yang mengerikan. Sahabat anehdidunia.com kecelakaan ini sendiri konon merupakan ulah dari para penunggu jembatan yang marah karena orang yang lewat dianggap tidak sopan. Alhasil orang yang lewat ini biasanya diganggu oleh makluk halus hingga terjadi kecelakaan maut.

Selain itu ada pula kisah mistis tentang penumpang gaib yang sering mengganggu penarik becak. Para penarik becak di jembatan Eretan sering kali mendapat godaan dari makluk halus yang menyamar sebagai penumpang. Penumpang gaib ini seringkali meminta untuk diantar ke sebuah tempat, namun saat tiba di tempat tujuan biasanya mereka akan menghilang dan para penarik becak ini tiba-tiba sudah ada di area pemakaman.

Situs Buyut Banjar


Di Indramayu ada sebuah tempat yang terkenal memiliki cerita mistis yang cukup melegenda. Tempat itu adalah "Situs Buyut Banjar" sebuah komplek pemakaman yang dikenal sangat keramat dan angker. Situs ini memiliki ciri khas khusus dengan adanya sekelompok monyet yang berkeliaran di sekitar makam.

Namun monyet-monyet ini bukanlah monyet biasa, jumlah monyet di situs ini tak pernah berubah yaitu 41 ekor. Padahal pernah ada monyet yang mati akibat tak sengaja tertabak mobil. Monyet ini bahkan sudah dikubur oleh warga, namun anehnya jumlah monyet yang ada di makam Buyut Banjar tetap berjummlah 41 ekor. Sahabat anehdidunia.com warga Indramayu percaya jika monyet-monyet ini merupakan hasil kutukan dari raja yang bernama Surya Negara.

Menurut legendanya dulu konon saat ingin membangun bendungan untuk mencegah banjir, Raja Surya Negara memanggil 41 prajuritnya sebagai bala bantuan. Namun ke 41 prajurit ini datang terlambant, hingga membuat Raja murka hingga mengutuk prajuritnya menjadi monyet. Kisah inilah yang dipercaya merupakan asal-usul dari monyet yang ada di makam ini.

Karena latar belakang mistis ini, warga biasanya tak berani untuk mengganggu monyet-monyet yang ada di makam ini karena takut akan terpimpa musibah. Dulu pernah ada orang yang nekad menangkap salah satu monyet dan memeliharanya di rumah. Tapi hal ini tak berlangsung lama karena ia akhirnya mengembalikan monyet itu ke situs Buyut Banjar karena mendapat banyak gangguan mistis dirumahnya.

Jembatan Sewo


Bagi orang yang pernah melalui jalur Pantura saat mudik, pasti pernah melihat sebuah jembatan unik dimana banyak orang memegang sapu di pinggir jalan. Nama jembatan ini adalah Sewo, sebuah jembatan yang terletak di perbatasan antara Subang dan Indramayu. Orang-orang yang menunggu dipinggir jalan ini bukanlah pedagang sapu ataupun orang yang ertugas membersihkan jalan. Mereka menggunakan sapu untuk mengais recehan yang biasa dilemparkan oleh pengemudi yang lewat.

Kebiasaan pengemudi kendaraan untuk melemparkan uang receh ini sendiri merupakan ritual tolak bala agar mereka tak mengalami hal buruk selama melintas di jembatan sewo. Ritual unik ini sendiri muncul karena Jembatan Sewo terkenal sebagai tempat angker dimana banyak kecelakaan maut dengan banyak korban jiwa sering terjadi. Dengan melemparkan uang koin, menurut warga maka si pengendara akan selamat karena telah dianggap "permisi" pada penunggu jembatan.

Menurut legenda yang ada di jembatan ini ada sosok buaya putih yang dipercaya merupakan makhluk mistis penunggu jembatan ini. Sahabat anehdidunia.com buaya Putih ini sendiri konon merupakan perwujudan dari seorang Penari Ronggeng yang bunuh diri bersama keluarganya di sungai yang ada di bawah jembatan. Penari Ronggeng Ini konon bunuh diri karena merasa malu akibat telah melanggar janjinya dan akibat penyesalanya ia kemudian berubah menjadi Buaya Putih. Warga sekitar Indramayu percaya jika sosok buaya putih inilah yang membuat Jembatan Sewo jadi angker dan sering menelan korban jiwa.

Makam Selawe


Makam Selawe merupakan satu dari sekian banyak makam keramat yang ada di kota Indramayu. Sekilas jika kita lihat tak ada yang aneh pada komplek pemakaman ini. Makam Selawe bahkan terlihat sangat terawat dan rapi hingga jauh dari kesan seram. Namum menurut warga sekitar makam ini tergolong sebagai makam keramat dan punya nuansa mistis yang kuat.

Di makam ini terdapat sebuah mitos yang menarik, mitos itu adalah kepercayaan jika pengunjung menghitung jumlah makam yang ada dan jumlahnya mencapai 25 atau lebih maka ia akan mendapatkan keberuntungan. Namun sebaliknya jika saat menghitung hasilnya kurang dari 25 maka orang itu akan tertimpa sial. Tapi tak perlu khawatir karena selama kita belum berhasil menghitung hingga mendapatkan angka 25 atau lebih kita bisa mengulanginya lagi. Kalau masih tak mendapat angka 25 berarti orang itu benar-benar sial.

Selawe sendiri dalam bahasa Jawa artinya adalah 25, jadi nama makam ini dalam bahasa Indonesia adalah "Makam 25," atau kurang lebih makam dengan 25 pusara.

Rawa Pulomas


Sekilas nyaris tak ada yang istimewa hamparan rawa-rawa di Desa Cantigi Kulon, Kecamatan Cantigi, Kabupaten Indramayu. Namun bagi orang yang memiliki ilmu kebatinan konon rawa yang luasnya mencapai berhektar-hentar ini merupakan sebuah kearajaan gaib yang luar biasa. Menurut legenda yang ada kawasan Pulomas konon merupakan sebuah kerajaan Jin yang dipimpim oleh seorang raja gaib yang sangat sakti bernama Raden Wirdanata. Sahabat anehdidunia.com kerajaan ini konon sangat megah dan terbuat dari emas seutuhnya hingga kadang menyerupai sebuah pulau yang terbuat dari emas. Karena itu daerah ini kemudian dinamai Pulomas yang artinya Pulau Emas.

Karena kisah ini banyak orang di sekitar Indramayu menjadikan pulomas sebagai tempat ritual untuk meminta pesugihan. Menurut juru kunci Pulomas yang bernama Cak Watim, banyak orang melakukan tirakat untuk meminta pesugihan di daerah tersebut karena percaya jika bisa mendapatkan kekayaan dari Istama Emas yang ada di Pulomas.

Sungai Cimanuk


Jika kita bertanya pada warga Indramayu, dimanakah tempat paling seram sekaligus mistis yang ada di Indramayu maka kebanyakan pasti akan menjawab Sungai Cimanuk. Hal ini karena sungan yang melistas di sepanjang kota Indramayu ini memang terkenal sering muncul penampakan makhluk gaib. Di sungai yang mendapat julukan sebagai Kerajaan Siluman ini sering muncul penampakan tuyul, buaya putih hingga terdengar suara gamelan khas jawa.

Menurut warga di bawah sungai ini konon terdapat kerajan siluman besar yang berisi makhluk gaib yang menyeramkan. Salah satu cerita mistis yang ada di sungai ini adalah kisah dari seorang ibu-ibu yang mengalami koma selama 2 bulan mengaku bahwa dirinya dibawa ke kerajaan siluman untuk dipekerjakan sebagai juru masak di dapur kerajaan gaib. Selain itu pada saat pembangunan jembatan di sungai cimanuk, para pekerja yang ada juga sering kali mendapat gangguan dari makhluk halus dengan munculnya bebauan busuk dan penampakan hantu.

Refensi:
https://bacaterus.com/tempat-angker-di-indramayu/
https://sclm17.blogspot.com/2016/03/kerajaan-jin-pulomas-indramayu.html


close