PLARIUSMODIFIKASI101

Dikenal Pemberani Tokoh Tokoh Dunia ini Punya Fobia Unik

Friday, August 31, 2018
Sebagai figur publik, dalam hal ini pemimpin Negara, memiliki sifat pemberani sudah menjadi keharusan agar tak gentar untuk menghadapi berbagai ancaman. Sifat pemberani itu memang dimiliki oleh beberapa tokoh sejarah dunia. Namun, di balik sifat pemberaninya itu, ternyata mereka memiliki phobia atau rasa ketakutan berlebih pada sesuatu. Berikut ini adalah beberapa pemimpin dunia yang memiliki fobia unik versi anehdidunia.com

Franklin D. Roosevelt


Franklin D. Roosevelt merupakan Presiden Amerika Serikat ke-32, yang memerintah pada tahun 1933 sampai tahun 1945. Tak perlu waktu lama baginya untuk bisa mengambil hati rakyat Amerika Serikat, karena dia terbukti cakap dalam mimpin. Tak heran, jika dia sampai menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat sebanyak 4 kali. Kata-katanya yang paling terkenal adalah “Satu-satunya yang harus kita takuti adalah rasa takut itu sendiri.”

Namun, setelah ditelusuri, ternyata Roosevelt punya rasa takut lain selain rasa takutnya sendiri, yaitu fobia terhadap api. Fobianya terhadap api ini mungkin berasa dari pengalamannya yang mengerikan ketika masih kecil. Roosevelt kecil pernah menyaksikan secara langsung bibinya yang bernama Laura terbakar di seluruh tubuhnya karena terkena tumpahan alkohol lampu. Sahabat anehdidunia.com ketakutannya pada api pun semakin bertambah ketika kakinya lumpuh pada tahun 1920-an. Karena tak bisa bergerak, dia khawatir jika nantinya dia tak bisa menyelamatkan diri ketika terjadi kebakaran. Bahkan ketika menjabat sebagai presiden, dia menolak untuk mengunci pintu kamarnya agar lebih mudah untuk lari ketika kebakaran. Bisa dibilang rasa takutnya pada api melebihi rasa takutnya akan pembunuhan yang mengincar dirinya. Uniknya, saat Natal bersama keluarganya, Roosevelt bersikeras untuk mendekorasi pohon Natalnya dengan lilin, bukan dengan lampu listrik.

Genghis Khan


Genghis Khan (dieja juga dengan tulisan Jenghis Khan), merupakan orang yang berjasa menyatukan bangsa Mongolia, dan juga menjadi pendiri Kekaisaran Mongolia. Dia dikenal sebagai ketua militer yang tangguh. Hal itu terlihat dari dia yang berhasil menaklukkan beberapa wilayah, seperti wilayah Tiongkok bahkan sampai ke Persia. Dia dianggap memiliki wilayah kekuasan Mongolia terluas dalam sejarah manusia.

Ada kelebihan, ada juga kekurangan. Meskipun berjiwa pemberani dan tangguh, menurut beberapa legenda dan beberapa kalimat dalam buku biografi Secret History of the Mongols, Genghis Khan memiliki 3 hal yang menjadi sumber ketakutannya, yaitu ibunya, istrinya, dan anjing. Ya, Genghis Khan atau yang dulunya bernama Temujin, ternyata takut pada anjing. Namun, ketakutannya itu bukan tanpa alasan. Dia takut pada anjing ras Mongolia, yang memang berbadan besar, dan suka menyerang manusia. Bahkan, anjing Mongol juga tanpa ragu untuk menyerang manusia bahkan ketika manusia itu sedang menaiki kuda atau unta.

Kim Jong-II


Pemimpin Korea Utara sejak tahun 1994 ini adalah ayah dari pemimpin Korea Utara saat ini, Kim Jong-Un. Kim Jong-Il wafat pada tahun 2011 lalu. Meski telah wafat, Kim Jong-Il selalu diingat oleh warganya berkat jasa-jasanya. Kim Jong-Il dikenal sebagai sosok yang selalu bekerja keras tanpa istirahat demi kesejahteraan rakyatnya. Dia juga dikenal sebagai sosok pemimpin yang sederhana.

Sebagai seorang pemimpin negara, tentu menjadi agenda biasa jika harus bepergian ke luar negeri. Begitu pula dengan Kim Jong-Il. Bedanya, saat bepergian ke luar negeri, dia tak mau menggunakan pesawat, namun hanya ingin menggunakan kereta yang sudah didesain khusus agar aman untuk dipakai. Ya, pemimpin Korea Utara ini takut untuk terbang, sama dengan ayahnya, Kim Il Sung. Hal itu dikarenakan dia tak percaya dengan beberapa maskapai penerbangan yang kerap mengalami kecelakaan. Sahabat anehdidunia.com penyebab lainnya adalah Kim Jong-Il pernah mengalami kecelakaan helikopter pada tahun 1976, menyebabkan luka serius dan juga trauma psikologis padanya.

Rasa takutnya akan terbang ini ternyata tak menurun ke anaknya, Kim Jong-Un yang sekarang berkuasa di Korea Utara. Terlihat dalam beberapa foto dia terlihat senyum sembari turun dari pesawat, bahkan berada di dalam kokpit pesawat tanpa terlihat takut atau cemas.

Muammar Gaddafi


Muammar Gaddafi adalah penguasa Libya dari tahun 1942 sampai 2011. Dia menjadi penguasa Libya pada usia relatif muda, yaitu 27 tahun. Setelah menjadi penguasa selama beberapa waktu, kediktatorannya mulai muncul. Orang-orang di pemerintah semua adalah kerabat dekat Gaddafi, selain itu praktik korupsi juga menjadikan rakyatnya miskin. Akhirnya pemerintahannya pun digulingkan pada tahun 2011, bersamaan dengan kabar kematiannya.

Meski merupakan pemimpin diktator yang kejam dan tak kenal takut, namun Muammar Gaddafi juga memiliki fobia yang serupa dengan Kim Jong-Il di atas, yaitu takut akan penerbangan panjang, dan juga takut ketinggian. Sahabat anehdidunia.com dia sangat takut untuk berada di dalam penerbangan selama lebih dari 8 jam yang melewati lautan terbuka. Hal itu membuat pusing staf-stafnya untuk mencarikan rute alternatif jika ingin bepergian ke luar negeri. Selain itu, menurut duta besar Amerika Serikat untuk Libya, Gene A. Cretz , jika menginap di hotel, Muammar Gaddafi lebih memilih untuk menginap di lantai satu. Dia juga menyebutkan bahwa Gaddafi tak bisa menaiki tangga lebih dari 35 anak tangga.

Winston Churchill


Winston Churchill, atau nama lengkapnya Sir Winston Leonard Spencer-Churchill, merupakan seorang politisi asal Inggris, dan pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Britania Raya pada era Perang Dunia II. Kata-kata pertamanya sebagai Perdana Menteri yang paling terkenal adalah “Saya tidak mempunyai apa-apa untuk ditawarkan kecuali darah, kerja kuat, air mata, dan peluh.” Kata-katanya itu merupakan sumber inspirasi bagi pihak Britania yang saat itu berada dalam tekanan.

Meski memiliki kata-kata inspiratif, ternyata Winston Churchill sebelumnya pernah punya ketakutan berlebih untuk berbicara di depan orang banyak. Pada usia 29 tahun, dia diberikan kesempatan untuk berpidato di Dewan Rakyat Inggris. Namun, dia hanya diam terpaku selama 3 menit di atas mimbar, sampai akhirnya kembali duduk dengan keringat di seluruh wajahnya. Sejak saat itu, dia pun bersumpah tak akan mengalami hal serupa lagi di masa depan. Winston Churchill pun mulai berlatih untuk berbicara di depan orang banyak dan mempersiapkan segalanya seminggu sebelum dia pidato. Pada akhirnya, Winston Churchill berhasil mengalahkan rasa takutnya itu, dan sukses menjadi salah pembicara yang paling handal sepanjang masa meskipun berada di depan publik.

Adolf Hitler


Siapa yang tak mengenal sosok satu ini? Adolf Hitler adalah seorang politisi asal Jerman, dan akhirnya menjadi diktator Nazi Jerman pada tahun 1934 sampai 1945. Namanya bisa dibilang paling sering disebut pada masa Perang Dunia II, karena dianggap sebagai musuh utama oleh pihak yang bertentangan dengannya. Pria yang memiliki bentuk kumis ikonik ini pada akhirnya harus menerima kekalahan, dan rezimnya pun runtuh. Saat itu pula Perang Dunia II pun berakhir.

Namanya diktator, pastinya memiliki sifat kejam, pemberani, dan tak kenal takut. Memang, Hitler memiliki semua itu, namun Hitler ternyata diketahui punya rasa takut berlebih pada dokter gigi. Karena ketakutannya itulah, Hitler sering mengalami masalah dan penyakit pada giginya, seperti bau tak sedap, sampai gigi yang menguning. Masalah pada giginya itu juga berpengaruh pada psikologisnya, dimana dia selalu merasa tak tenang. Hal itu pula yang mempengaruhi performanya pada saat Perang Dunia II. Sayangnya, belum ada dokumen yang menyebutkan penyebab kenapa Hitler sangat takut dengan dokter gigi.

Itulah para pemimpin dunia yang ternyata memiliki fobia unik. Untuk bisa menghilangkan fobia itu, tentunya dibutuhkan keberanian yang luar biasa dan juga latihan. Hanya saja, dari semua yang disebutkan di atas, hanya Winston Churchill saja yang berhasil mengalahkan fobianya, sementara yang lainnya masih memiliki fobianya sampai akhir hayat mereka.

referensi
https://listverse.com/2015/08/11/10-surprising-phobias-of-fearless-historical-leaders/