PLARIUSMODIFIKASI101

Rekor Dunia Paling Aneh Yang Tercatat Di Guinness World Records

Sunday, September 09, 2018
Seperti yang kita tahu, rekor dunia yang tercatat dalam Guinness World Records itu ada banyak dan bermacam-macam, dari yang terlihat normal, seperti mematahkan kayu terbanyak dalam waktu tertentu, sampai ke rekor yang benar-benar di luar dugaan dan tak biasa. Berikut ini adalah rekor-rekor dunia aneh namun tercatat resmi di Guinness World Records.

Rekor orang berkostum pinguin terbanyak

Rekor ini tergolong aneh, karena biasanya jika ingin memecahkan rekor yang berkaitan dengan mengenakan kostum, kebanyakan orang akan memilih untuk mengenakan kostum yang keren, kostum superhero misalnya. Namun yang tercatat ini adalah rekor orang berkostum pinguin terbanyak. Rekor ini dipecahkan oleh Richard House Children’s Hospice di London dalam sebuah acara amal, dimana di dalamnya terdapat 642 orang berkostum pinguin. Pencatatan rekor ini diadakan pada tanggal 12 November 2015.

Rekor dudukan toilet yang dihancurkan dengan kepala selama 1 menit

Lagi, rekor ini tergolong anti mainstream. Yang kita kenal biasanya mematahkan kayu dengan menggunakan tangan atau kepala selama menit, namun kali ini beda. Yang dipatahkan bukannya kayu, melainkan dudukan toilet. Rekor menghancurkan 46 dudukan toilet menggunakan kepala ini berhasil dilakukan oleh seseorang yang bernama Kevin Shelley. Kevin sendiri adalah seorang pelatih fitness pribadi dari India. Dia melakukan aksi menghancurkan dudukan toilet ini sekaligus mencatatkan rekornya dalam acara Guinness World Records Show di Cologne, Jerman.

Rekor seekor anjing berjalan sambil menyeimbangkan segelas air di kepalanya

Menyeimbangkan gelas berisikan air di kepala bagi kebanyakan manusia memang sesuatu yang sulit dan butuh latihan lama jika ingin menguasainya. Namun bagaimana jika yang melakukan hal tersebut adalah seekor anjing? Mungkin terdengar mustahil, namun kenyataannya hal itu bisa dilakukan oleh seekor anjing bernama Sweet Pea, milik Alex Rothacker. Guinness World Records mencatat bahwa Sweet Pea bisa berjalan sebanyak 10 langkah sambil menyeimbangkan gelas berisi air di kepalanya.

Rekor dengkuran terkeras seekor kucing


Setelah rekor dari anjing, kini kita beralih ke rekor yang berhasil dipecahkan oleh seekor kucing. Kucing bernama Merlin ini memang terlihat seperti kucing biasa. Dia juga tak memiliki kemampuan akrobatik. Yang membuat kucing ini istimewa dan berhasil mencatatkan namanya di Guinness World Records adalah dengkurannya. Menurut Guinness World Records, dengkurannya bisa mencapai 67,8 desibel (dB). Angka tersebut berhasil mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, yaitu kucing yang bernama Smokey.

Rekor labu terberat di dunia

Di berbagai belahan dunia ini, memang sering terlihat ukuran buah-buahan atau sayuran yang melebihi ukuran normalnya. Karena memiliki ukuran raksasa, jelas beratnya juga melebihi berat buah dan sayuran normal. Hal ini juga terjadi pada labu raksasa yang berhasil ditanam oleh petani bernama Mathias Willemijns di Belgia. Merasa yakin, Mathias mengikutsertakan labu miliknya itu ke Giant Pumpkin European Championship di Ludwigsburg, Jerman. Dia pun sukses menjadi juara, sekaligus mencatatkan namanya dalam Guinness World Records. Tercatat berat labu miliknya itu adalah 1.179 kg, mengalahkan rekor sebelumnya yang sebesar 1.054 kg.

Rekor kucing terkaya di dunia

Jika ada manusia yang tercatat dalam Guinness World Records sebagai orang terkaya, maka hal tersebut sudah jadi hal yang biasa. Namun bagaimana jika yang memegang rekor terkaya itu adalah seekor kucing? Seekor kucing bernama Blackie tercatat dalam Guinness World Records sebagai kucing terkaya di dunia, dengan kekayaan sebanyak USD 25 juta atau sekitar Rp 333 miliar. Kekayaan yang dimiliki Blackie itu berasal dari warisan pemiliknya yang bernama Bea Rea. Meski tercatat sebagai kucing terkaya di dunia, kekayaannya itu masih kalah dengan anjing bernama Gunther, yang tercatat sebagai hewan peliharaan terkaya di dunia, dengan kekayaan sebesar USD 100 juta atau sekitar Rp 1,3 triliun.

Rekor marathon tercepat sambil memakai kostum sayur

Rekor marathon tercepat? Itu sudah biasa. Kali ini, seseorang bernama Edward Lumley memecahkan rekor lari marathon dengan sesuatu yang tak biasa. Menurut Guinness World Records, Edward berhasil menyelesaikan marathon sepanjang 26 mil atau setara 42 km dalam waktu 2 jam, 59 menit dan 33 detik. Bedanya, dia berlari marathon sambil memakai kostum seperti sayuran. Rupanya, Edward menjadi peserta lomba marathon ini dengan tujuan amal. Dia mengikuti lomba lari ini sebagai bentuk untuk menggalang dana demi penelitian tulang belakang agar semua orang yang cacat akibat tulang belakang atau leher yang rusak bisa kembali sembuh.

Rekor buka botol bir terbanyak pakai helikopter

Membuka tutup botol, atau dalam hal ini tutup botol bir, tentunya tak bisa dengan menggunakan tangan kosong, dan harus menggunakan alat pembuka tutup botol. Namun, dalam atraksi yang dilakukan pria asal Tiongkok bernama Zhao Yang, bukannya pembuka tutup botol yang dia pakai, melainkan helikopter. Ya, Zhao Yang adalah seorang pilot helikopter, dan rupanya dia tak ingin kemampuannya itu dipakai hanya untuk menerbangkan helikopter saja. Dalam acara Guinness World Records Special di Zhejiang, Tiongkok, Zhao berhasil membuka 6 tutup botol dalam 3 menit.

Rekor balon permen karet terbesar

Bagi yang doyan makan permen karet, tentunya kurang lengkap jika tidak diiringi dengan membuat balon dari permen karetnya. Seseorang yang mampu membuat balon permen karet seukuran kepalan tangan saja sudah terhitung hebat, namun pria yang satu ini berhasil membuat balon permen karet berukuran lebih besar dari kepalanya! Pria itu bernama Chad Fell dari daerah Winston, Alabama. Tercatat, dia berhasil meniup balon permen karet berdiameter sebesar 20 inci.

Rekor pelototan bola mata terjauh

Melihat orang melotot saja sudah membuat kita tak nyaman, namun ternyata ada yang lebih membuat tak nyaman lagi, yaitu melihat pelototan wanita bernama Kim Goodman. Kim Goodman berhasil mencatatkan namanya di Guinness World Records sebagai orang dengan pelototan mata terjauh di dunia, yaitu sepanjang 12 mm. Kim mengaku bahwa ‘bakat’-nya itu muncul setelah kepalanya terpukul topeng yang dipakai untuk olahraga hoki.

Rekor jarak terjauh ditarik kuda sambil terbakar

Rekor yang satu ini memang terdengar ekstrem dan brutal, namun ada orang yang mau melakukan hal ini. Dia adalah pria bernama Josef Tödtli. Rupanya, dia adalah seorang stuntman profesional, wajar jika dia mau melakukan aksi berbahaya ini. Dia ditarik oleh kuda sejauh 500 meter dengan tubuh terbakar. Tentunya, dia sudah dilengkapi dengan pakaian yang aman dipakai saat terbakar, namun tetap saja berbahaya jika aksinya tak berjalan mulus. Selain rekor ditarik kuda terjauh sambil terbakar, Josef juga memegang rekor lain sebagai stuntman di berbagai film, tepatnya 49 film.

Rekor semangka terbanyak yang dipotong di atas perut selama 1 menit

Rekor ini juga terbilang berbahaya bagi yang melakukannya. Rekor ekstrem ini berhasil dicatat oleh pasangan bernama Bipin Larkin dan Ashrita Furman. Sang pria berhasil memotong semangka sebanyak 48 buah di atas perut sang wanita selama 1 menit. Rekor ini merupakan pemecahan rekor mereka sebelumnya, yang hanya berhasil memotong 27 semangka selama  menit.

Rekor orang terbanyak dalam satu celana dalam

Meski terdengar kurang penting, ternyata perebutan rekor ini terjadi sangat sengit. Rekor orang terbanyak dalam satu celana dalam awalnya berjumlah 20 orang, lalu meningkat jadi 50 orang, kemudian jadi 100 orang berada di dalam satu celana dalam. Rekor yang terbaru mencatat ada 314 orang di dalam satu celana dalam. Rekor itu dibuat oleh para mahasiswa University of Warwick.

Rekor bawang terbesar di dunia

Namanya bawang, biasanya ukurannya tak lebih besar dari kepalan tangan. Namun bawang yang satu ini ukurannya jauh lebih besar dari bawang biasa. Bawang itu adalah bawang milik Tony Glover. Dengan berat mencapai 8 kg, bawang ini dijuluki sebagai Mother of all Onions atau ibu dari segala bawang.

Rekor pemegang rekor terbanyak

Mungkin inilah rekor dunia yang aneh, dimana yang tercatat adalah orang pemegang rekor dunia terbanyak. Dia adalah Ashrita Furman, pemegang 600 rekor dunia yang sudah didapatnya sejak tahun 1969. Sayangnya, dia hanya memegang sertifikat rekornya sebanyak 200 sertifikat, sementara sisanya entah di mana. Rekor yang pernah diraihnya antara lain adalah melompat tali sebanyak 12 ribu kali, lompat air dalam air selama  jam, sampai membuat pensil terkecil di dunia.
Di antara rekor-rekor di atas, mana rekor yang paling aneh dan unik?

Sumber:
https://www.idntimes.com/hype/fun-fact/bayu/rekor-aneh-di-dunia/full


close