PLARIUSMODIFIKASI101

Mitos Kucing Mistis Yang Dipercaya Keberadaannya Di Dunia

Monday, February 04, 2019
Jika kalian sedang berada di tengah hutan atau jalan yang gelap kemudian bertemu seekor kucing hitam yang sedang lewat, mungkin beberapa dari kalian langsung merasa gelisah dan berpikir bahwa kucing hitam pertanda hal yang buruk akan menghampiri kalian, entah itu sesuatu yang berbau mistis ataupun kecelakaan. Ada juga beberapa orang yang percaya bahwa kucing dapat melihat sesuatu yang tidak terlihat oleh mata kita, sebut saja hantu. Cerita legenda seperti itu tidak hanya ada di Indonesia, ada apa dengan kucing yang membuat hewan ini terasa begitu misterius ? Konon, orang Mesir Kuno menganggap kucing sebagai dewa yang membawa keberuntungan, orang-orang Eropa juga percaya jika kucing mempunyai hubungan mistis dengan seorang penyihir, dan orang Jepang percaya jika kucing dapat berjalan mundur dengan kaki belakangnya sambil berbicara menggunakan bahasa manusia. Tampaknya budaya di seluruh dunia setuju dengan anggapan bahwa kucing memiliki sesuatu yang misterius. Berikut ini beberapa cerita tentang kucing mistik yang dipercaya keberadaannya.

Cait Sith
Cait Sith

Caith sith dalm bahasa irlandia berarti peri kucing. Makhluk mitologi ini mempunyai ukuran seperti anak sapi dan seluruh bagian tubuhnya berwarna hitam, kecuali bagian dadanya yang terdapat bintik-bintik berwarna putih. Sahabat anehdidunia.com orang Irlandia percaya bahwa kucing ini adalah hewan kesukaan peri, tetapi berbeda dengan orang Skotlandia yang percaya bahwa kucing ini adalah bentuk siluman dari seorang penyihir. Legenda setempat mengatakan bahwa cait sith adala seorang penyihir yang dapat mengubah dirinya menjadi kucing, namun penyihir hanya memiliki sembilan kali kesempatan untuk berubah menjadi cait sith, jika lebih dari itu, penyihir akan tetap menjadi kucing selamanya.

Orang Skotlandia juga percaya ketika seekor kucing hitam melompat melewati mayat, berarti cait sith telah datang untuk mencuri jiwa almarhum sebelum beranjak dari dunia kita. Oleh karena itu, warga setempat berusaha untuk melindungi jenazah orang mati selama 24 jam sampai pemakaman dilakukan. Banyak trik yang dilakukan untuk menghindari datangnya cait sith untuk mengambil jiwa almarhum, salah satunya yaitu mengajukan teka-teki tanpa memberikan jawaban, dengan begitu cait sith akan berhenti dan membutuhkan waktu untuk memikirkan jawaban teka-teki itu. Selain itu, tidak diperbolehkan adanya api didalam ruang duka, entah itu berupa nyala lilin ataupun lampu minyak, mereka percaya bahwa cait sith tertarik pada tempat yang hangat.

Kucing Kaktus

Kucing Kaktus

Sekitar 100 tahun yang lalu, ada cerita-cerita legenda tentang kucing nakal dan usil yang dikenal dengan sebutan kucing kaktus. Kucing ini diyakini sering menampakkan diri di padang pasir yang luas di AS bagian barat daya dan Meksiko utara. Ukurannya normal seperti kucing-kucing pada umumnya, yang unik dari kucing ini adalah bagian tubuhnya yang ditutupi dengan jarum, seperti tanaman kaktus, pertumbuhan kaktus pada tubuh kucing ini lebih menonjol pada bagian ekor dan telinga mereka. Cara bertumbuh kucing ini pun terbilang aneh, mereka tidak tumbuh membesar bukan dari makanan yang dimakan, namun dari duri kaktus yang memberi asupan pertumbuhan bagi tubuh kucing.

Darimana asupan makanan bagi duri kucing ini didapat ? kucing ini akan memotong bagian bawah tanaman kaktus yang tumbuh liar di daerah padang pasir, kemudian duri kaktus dari kucing ini akan menyerap cairan yang ada di dalam tanaman kaktus itu. Hingga beberapa hari kemudian, kucing akan mengalami pertumbuhan badannya tergantung berapa banyak tanaman kaktus yang dikonsumsi duri kaktus kucing ini. Sahabat anehdidunia.com jika terlalu banyak tanaman yang dikonsumsi, kucing kaktus akan merasa kekenyangan dan mengalami sedikit kemabukan, saat itu ia akan mengeong dengan keras dan menyerang apa saja yang ada di hadapannya. Konon katanya para koboi yang menemukan jejak kucing ini akan segera mengikuti jejak tersebut sampai menemukan kucing kaktus dan memburu mereka, entah tujuannya untuk apa, diyakini kepunahan kucing ini diakibatkan dari perburuan para koboi.

Bakeneko

Bakaneko

Bakaneko adalah kucing supranatural dari cerita rakyat di Jepang. Pada tahun-tahun awal kehidupannya, bakaneko tidak memiliki perbedaan dari kucing rumah pada umumnya. Namun seiring bertambah usianya kucing ini, ia mulai mengembangkan kekuatan supranaturalnya. Setelah mencapai usia tertentu, biasanya antara 12 atau 13, bakaneko mulai berjalan menggunakan kaki belakangnya, layaknya manusia, berbicara dan mengerti bahasa manusia. Selain itu, bakaneko dewasa juga bisa merubah bentuknya menjadi manusia, dan memiliki kepribadian jahat yang tumbuh dalam dirinya. Kepribadian yang jahat inilah yang akan berbahaya karena dapat menguasai seutuhnya jiwa bakaneko dan mengubah dirinya menjadi sosok yang jahat.

Setelah kepribadian jahat menguasai tubuh bakaneko, tentunya akan menimbulkan masalah yang cukup berbahaya. Ekor bakaneko memiliki kemampuan sihir api yang dapat membakar semua benda yang ada di sekitarnya ketika tersentuh oleh ekor bakaneko. Sahabat anehdidunia.com orang Jepang dulu sangat khawatir dengan seekor kucing yang ditakutkan adalah jelmaan bakaneko dewasa yang siap untuk membuat kekacauan di desa mereka. Cara orang-orang jepang mengidentifikasi kucing jelmaan bakaneko dapat dilihat dari ekornya. Jika kucing dewasa memiliki ekor yang lebih panjang daripada kucing lainnya, maka dapat dipastikan kucing itu adalah jelmaan bakaneko, sehingga untuk mencegah menjadi bakaneko jahat, pemilik kucing akan memotong ekor kucing mereka.

Nekomata

Nekomata

Nekomata juga berasal dari cerita rakyat di Jepang, dan memiliki hubungan dengan bakaneko. Ketika bakaneko bertambah tua, tentunya akan menjadi lebih ganas dibandingkan dengan masa kecilnya. Ekor bakaneko terbelah menjadi dua, menandai evolusinya menjadi makhluk yang disebut nekomata. Jika bakaneko masih bisa memiliki kepribadian yang baik, berbeda dengan evolusinya, semua nekomata memiliki kepribadian jahat dan tidak akan ragu untuk memakan manusia. Sahabat anehdidunia.com Nekomata memiliki kemampuan berkomunikasi dengan sangat baik dalam menghasut manusia untuk dijadikan santapannya. Dengan kemampuannya itu, mereka dapat merasuki dan mengancam manusia untuk melakukan penawaran melakukan hal-hal yang jahat dan menjadi budak nekomata. Yang paling mengerikan, nekomata juga memiliki kemampuan untuk menghantui manusia dengan wujud orang-orang yang dicintai yang sudah meninggal.

Konon, nekomata yang memiliki kekuatan terkuat memilih untuk tinggal di daerah pegunungan untuk menghilangkan jejak diri mereka setelah memangsa manusia. Nekomata yang tinggal di gunung digambarkan memiliki mata kucing namun memiliki tubuh seperti anjing, meskipun mereka dapat berubah menjadi bentuk apa saja yang diinginkan, mereka lebih memilih untuk mengikuti bentuk demikan. Ada orang-orang yang mengaku pernah melihat nekomata dalam bentuk ini. Mitos tentang nekomata dimulai dari munculnya cerita tentang kucing seorang dukun sakti yang melakukan perjalanan dari China sampai ke Jepang. Tidak ada desas-desus tentang cerita kucing milik dukun tersebut, namun dipastikan itu hanyalah cerita untuk menakuti para anak-anak agar tidak melakukan kenakalan saja, siapa sangka cerita itu bertumbuh menjadi cerita nekomata yang mengerikan.

Splinter Cat

Splinter Cat

Kucing splinter adalah makhluk cryptid yang diisukan sebagai penghuni daerah hutan di Amerika Utara. Kucing splinter ini memiliki tubuh yang bersisik, dan bagian kepala kucing ini sangat tebal dan keras. Kucing ini menggunakakn tengkorak mereka yang kuat untuk menghancurkan pepohonan. Selain itu, seekor kucing splinter memiliki cakar tajam yang digunakannya untuk memanjat ke atas pohon, kaki belakangnya lebih tebal dan besar daripada kaki bagian depan sehingga membuat kucing splinter dapat melompat dari pohon satu ke pohon lainnya. Menurut cerita, kucing ini hidup berpindah-pindah dari berbagai hutan yang ada di Amerika Utara, hal itu disebabkan karena angin badai yang melanda tempat tinggal kucing ini.

Kucing splinter juga merupakan hewan nokturnal, melakukan aktifitasnya di malam hari dan lebih suka berburu saat hujan, karena pada saat hujan, suara langkah kaki mereka tidak dapat terdeteksi oleh siapapun. Sahabat anehdidunia.com makanan kesukaan kucing ini adalah tupai dan lebah, mungkin inilah sebabnya mengapa kucing splinter dapat memanjat pohon. Tanpa melakukan pengintaian dalam mencari makanan, kucing ini secara acak menaiki setiap pohon yang mereka lalui dengan menerobos hutan layaknya banteng yang mengamuk, kucing ini juga mempunyai kemampuan untuk melarikan diri dengan sangat cepat.

Referensi
http://www.deborahmacgillivray.co.uk/scotlore_caitsidhe.htm
http://www.fearsomecreaturesofthelumberwoods.com/p47.htm
http://www.yokai.com/nekomata/
https://books.google.ca/books?id=fBBPUZjcfQMC&pg=PT136&dq=cactus+cat&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiD1siZq6fJAhVGHD4KHdBEBNwQ6AEIJTAC#v=onepage&q=cactus%20cat&f=false


close