PLARIUSMODIFIKASI101

Makhluk Misterius Dipercaya Menghuni Sungai dan Danau Amerika Selatan

Saturday, April 06, 2019
Rasanya tidak berlebihan jika menyebut Bumi sebagai planet air. Pasalnya selain karena permukaan Bumi didominasi oleh lautan di Bumi juga penuh dengan petak-petak air dalam wujud danau dan sungai. 

Walaupun danau kalah jauh dalam hal ukuran jika dibandingkan dengan laut, hal tersebut tak lantas membuat danau sepi dari hal-hal yang sifatnya misterius. Di Amerika Selatan, sejumlah danau dipercaya dihuni oleh cryptid atau makhluk aneh. Berikut adalah 5 contoh monster air tawar paling terkenal dari Amerika Selatan:

1. Nahuelito

Nahuelito

Nahuel Huapi adalah nama dari danau seluas 340 mil persegi yang terletak di kaki Pegunungan Patagonia, Argentina. Di danau inilah, terdapat makhluk misterius yang oleh penduduk setempat dijuluki sebagai Nahuelito.

Nahuelito sendiri tidak memiliki bentuk yang jelas sebagai akibat dari berbeda-bedanya keterangan para saksi mata yang mengaku pernah melihatnya. Menurut sejumlah saksi, Nahuelito memiliki bentuk menyerupai Plesiosaurus, sejenis dinosaurus air yang bersirip dan berleher panjang.

Saksi mata yang lain mendeskripsikan Nahuelito sebagai makhluk menyerupai ular raksasa yang berpunuk dan bersirip. Selain penampakannya yang beragam, makhluk ini juga memiliki perkiraan ukuran yang bervariasi, mulai dari yang hanya sekitar 4,5 m hingga yang sepanjang 45 m.

Kendati Nahuelito memiliki deskripsi penampakan yang berbeda-beda, makhluk yang bersangkutan dalam hampir semua keterangan ditampilkan memiliki kebiasaan menciptakan gelombang besar setiap kali muncul di permukaan air. 

Penduduk asli di sekitar danau sudah lama mempercayai kalau ada makhluk yang berukuran amat besar tinggal di dalam danau. Namun makhluk ini baru mulai menarik perhatian khalayak umum setelah pada tahun 1910, George Garrett mengaku melihat makhluk berukuran kurang lebih 6 meter muncul di permukaan sebelum kemudian masuk kembali ke dalam air sambil meninggalkan gelombang besar.

Tahun 1922, muncul lagi laporan kesaksian mengenai penampakan makhluk raksasa di Danau Nahuel Huapi. Kali ini orang yang mengaku melihat Nahuelito dengan mata kepalanya sendiri adalah Martin Sheffield. Menurut kesaksiannya, makhluk tersebut berukuran raksasa, berleher panjang seperti angsa, namun memiliki gerakan berenang seperti buaya. Sheffield juga mengaku menemukan jejak kaki raksasa dan semak-semak yang sudah rubuh di pinggir danau.

Zoologis sekaligus pengelola kebun binatang Buenos Aires Clementi Onelli merasa terkesima saat mendengar laporan kesaksian dari Sheffield. Ia pun lantas meluncurkan ekspedisi ke danau untuk menemukan makhluk yang dimaksud. Namun tim ekspedisi harus mengakhiri pencariannya dengan tangan kosong.

Kegagalan menangkap Nahuelito toh tetap tidak membuat minat publik akan makhluk ini lantas surut. Karena danau ini merupakan tujuan wisata yang populer, laporan penampakan dari para turis pun terus berdatangan. Tahun 1994 contohnya, Paula Jacarbe dan Jessica Campbell mengaku sempat melihat makhluk menyerupai paus tanpa kepala menampakkan diri di permukaan, sebelum kemudian masuk ke dalam air dan muncul kembali 45 menit kemudian.

Tahun 2006, seseorang yang identitasnya belum jelas merilis foto yang menampilkan kepala makhluk menyerupai reptil, sambil mengklaim kalau foto ini adalah foto Nahuelito yang sedang menampakkan diri. Foto ini sejauh ini menjadi foto penampakan Nahuelito yang paling jelas. Namun tidak sedikit pula yang bersikap skeptis dan menganggap foto tersebut sebagai hoax.

2. Monster Danau Vidal Gormaz

Vidal Gormaz Monster

Nahuelito bukanlah satu-satunya cryptid yang berasal dari kawasan Patagonia. Di Danau Vidal Gormaz yang berlokasi dekat dengan pesisir Argentina, terdapat sosok makhluk aneh yang dipercaya tinggal di dalamnya. Menurut kesaksian warga lokal yang bernama Carlos Pinto di tahun 1995, ia mengaku pernah menjumpai makhluk misterius tengah berenang di Sungai Puelo yang tersambung langsung ke danau.

Menurut kesaksian Pinto, makhluk tersebut memiliki kepala menyerupai kuda, kulit berwarna keperakan, dan bulu tengkuk yang terlihat kaku. Pinto juga mengaku kalau saat dirinya berpapasan dengan makhluk tersebut, makhluk yang sama menciptakan gelombang yang begitu kuat, sampai-sampai kapal yang dinaiki Pinto sempat oleng.

Selain Pinto, bibinya juga mengaku melihat makhluk serupa. Menurut kesaksiannya, makhluk tersebut bentuknya menyerupai kuda kecil, namun kakinya menyerupai kaki bebek dan berjalan seperti bebek juga.

3. Yacumama

Yacumama

Sungai Amazon adalah sungai terbesar di Amerika Selatan. Selain menyimpan fauna-fauna eksotik seperti ikan arapaima dan piranha, sungai ini juga dipercaya menjadi tempat berdiamnya makhluk misterius yang bernama Yacumama. 

Menurut keterangan dari warga lokal, Yacumama memiliki penampilan menyerupai ular raksasa bertanduk yang panjangnya bisa mencapai 48 meter. Yacumama diceritakan bisa melumpuhkan mangsanya dengan memakai semburan air layaknya naga yang menyemburkan api, sebelum kemudian mencaplok korbannya dengan memakai gigi-giginya yang tajam. 

Selain warga lokal, penjelajah Percy Fawcett juga mengaku pernah menjumpai makhluk ini dalam petualangannya di awal abad ke-20. Dalam catatan kesaksiannya, Fawcett mengaku menjumpai makhluk ini di tepi air dan mencoba mendekatinya. Namun begitu menyadari kehadiran rombongan Fawcett, makhluk tersebut langsung melarikan diri. Fawcett memperkirakan kalau makhluk tersebut memiliki panjang setidaknya 18 meter.

4. Diablo Ballena

Diablo Ballena

Danau Tota adalah danau seluas 21 mil persegi yang terletak di negara Kolombia. Di danau terbesar di negara tersebut, terdapat makhluk misterius yang oleh warga setempat dikenal dengan sebutan Diablo Ballena (Paus Setan). Penduduk lokal Muiska bahkan sampai mengkultuskan makhluk tersebut sebagai dewa yang menciptakan danau.

Penduduk asli Kolombia bukanlah satu-satunya kelompok yang mempercayai keberadaan makhluk ini. Pengelana asal Spanyol yang bernama Gonzalo Jiménez de Quesada menceritakan kalau Diablo Ballena berukuran lebih besar dibandingkan paus dan memiliki kepala yang besar layaknya lembu. 

Penjelajah asal Perancis yang bernama Gaspard Théodore Mollien juga mengaku pernah menjumpai makhluk tersebut di tahun 1823, dan mendeskripsikannya sebagai “makhluk jahat yang menghuni kedalaman”. Klaim penampakan mengenai makhluk misterius di Danau Tota sendiri masih berlanjut hingga sekarang. Namun masih sulit untuk membuktikan apakah memang benar ada makhluk raksasa menyerupai paus yang menghuni danau ini.

5. El Cuero

El Cuero

Pegunungan Andes adalah barisan pegunungan yang membentang di sisi barat Amerika Selatan. Pegunungan ini menjadi lanskap geografis utama yang menyusun negara Chili. Di pegunungan ini pulalah, terdapat danau bernama Lago Lacar yang dipercaya menjadi tempat berdiamnya makhluk misterius yang bernama El Cuero (Kulit Sapi). Dalam dialek lokal yang lain, makhluk yang sama juga dikenal dengan nama Hueku Hueku.

Menurut informasi dari penduduk setempat, El Cuero memiliki tubuh yang besar dengan mata yang terletak di bagian atas kepalanya. El Cuero juga diceritakan memiliki cakar yang tajam dan barisan tulang punggung yang terlihat menjulang. El Cuero dipercaya memangsa korbannya dengan cara menusukkan mulutnya yang berbentuk menyerupai belalai dan kemudian menghisap habis darah korbannya.

Dengan melihat deskripsi tersebut, mereka yang skeptis percaya kalau El Cuero aslinya hanyalah sejenis ikan pari air tawar yang kebetulan saja menghuni Lago Lacar. Saat El Cuero diceritakan menusuk dan menghisap darah korbannya, bisa saja perilaku tersebut aslinya bukanlah perilaku makan, melainkan perilaku lumrah ikan pari yang sedang mempertahankan diri dengan cara menusukkan duri beracun di ekornya.

Sumber :
https://mysteriousuniverse.org/2018/12/mysterious-aquatic-monsters-of-south-america/