PLARIUSMODIFIKASI101

10 Fakta Michelangelo yang Mencengangkan dan Jarang Diketahui Orang

Friday, May 17, 2019
Jika mendengar nama Michelangelo, maka kebanyakan orang akan langsung membayangkan sosok seniman Abad Pertengahan yang ahli dalam membuat patung dan lukisan bertema Kekristenan. Dan memang demikianlah adanya. Sudah tidak terhitung banyaknya hasil-hasil karya termahsyur yang diciptakan oleh tangannya. Biarpun hasil-hasil karyanya sudah berusia ratusan tahun, hasil karyanya tidak pernah terlihat kuno untuk dipandang.

Namun kehidupan Michelangelo tidak melulu soal membuat patung dan lukisan. Sosok dengan nama lengkap Michelangelo di Lodovico Buonarroti Simoni ini juga memiliki banyak hal menarik dalam kehidupannya. Apa sajakah itu? Berikut adalah 10 fakta menarik mengenai Michelangelo yang mungkin belum anda ketahui:

1. Hidung Michelangelo Pernah Dipukul Hingga Patah

Michelangelo

Saat masih remaja, Michelangelo pernah dikirim untuk menginap sambil belajar di kediaman Lorenzo de Medici, salah satu seniman paling terkenal di Eropa pada masa itu. Michelangelo dengan cepat menunjukkan kalau dia memang memiliki bakat yang luar biasa di bidang seni. Namun di sisi lain, keterampilannya tersebut juga membuat ia dipandang dengan penuh rasa cemburu oleh teman-temannya yang lain. Terlebih lagi, Michelangelo kerap melontarkan kata-kata yang tajam saat berbicara.

Satu dari sekian banyak murid Medici yang merasa iri sekaligus geram terhadap Michelangelo adalah Pietro Torrigiano. Saat ia tidak bisa menahan emosinya lagi, Torrigiano lantas meninju Michelangelo di bagian hidung. Saking kerasnya pukulan yang ia layangkan, wajah Michelangelo terluka parah dan bekasnya masih terus terlihat hingga akhir hayatnya.

2. Michelangelo Mulai Dikenal Publik Akibat Skandal Penipuan

Michaelangelo Medici

Saat baru memulai karirnya sebagai seniman, Michelangelo memahat patung bidadari kecil dengan gaya Yunani Kuno. Merasa kagum dengan hasil karya anak didiknya tersebut, Medici berencana menjual patung tersebut dengan mengesankan bahwa patung yang bersangkutan adalah patung sisa-sisa peradaban kuno yang sempat terkubur.

Walaupun Michelangelo tahu kalau rencana Medici tersebut tergolong sebagai penipuan, ia mengizinkan Medici menjual hasil karya. Sahabat anehdidunia.com patung tersebut lantas dijual kepada Kardinal Raffaele Riario yang mengira bahwa ia baru saja membeli patung hasil penemuan arkeolog. Namun setelah tahu kalau dirinya ditipu, Riario lantas mendapatkan kembali uangnya.

Alih-alih merasa sinis, Riario justru merasa kagum dengan kehebatan Michelangelo dalam membuat patung tadi. Ia pun lantas diundang ke kota Roma untuk bekerja di sana selama beberapa tahun. Salah satu karya yang dibuatnya pada masa itu adalah patung Pieta, patung yang menampilkan sosok Bunda Maria dan Yesus usai disalib. Berkat patung ini pulalah, nama Michelangelo mulai dikenal publik dan ia berhasil memperbaiki reputasinya.

3. Michelangelo Membuat Patung David dari Batu Marmer yang Tak Terpakai

David Oleh Michaelangelo

Michelangelo dikenal sebagai sosok yang amat perfeksionis saat menyeleksi batu yang hendak ia pahat. Namun patung David buatannya justru menggunakan batu marmer yang oleh seniman lain dianggap tidak mungkin pahat. Sebelum dipahat oleh Michelangelo, batu tersebut sudah mendekam di kota Firenze dalam kondisi tak terpakai selama 40 tahun.

Namun di tangan Michelangelo, batu yang awalnya dianggap sebagai sampah tersebut lantas menjelma sebagai salah satu buah karyanya yang paling terkenal. Berdasarkan pemeriksaan di masa sekarang, batu yang menyusun patung David sendiri dianggap sebagai batu yang berkualitas rendah. Itulah sebabnya jika dibandingkan dengan patung-patung marmer yang lain, patung David cenderung lebih mudah mengalami pengeroposan.

4. Michelangelo Pernah Membuatkan Karya untuk 9 Paus Berbeda

Karya Michaelangelo

Sejak tahun 1505, Michelangelo bekerja membuatkan beragam karya seni untuk Paus di Vatikan. Mulai dari Paus Julius II hingga Paus Pius IV. Hasil karyanya yang dipajang di Vatikan amatlah beragam. Mulai dari aksesoris ranjang, hingga lukisan raksasa di langit-langit Kapel Sistine.

Hubungan Michelangelo dengan Paus sendiri tidak selalu merupakan hubungan yang harmonis. Ia sempat terlibat cekcok dengan Paus Julius II. Lalu kerja kerasnya saat membuat pahatan marmer untuk Paus Leo X selama tiga tahun dibatalkan begitu saja. Namun bukan berarti Michelangelo tidak bisa akur dengan Paus. Sahabat anehdidunia.com saat Michelangelo membuat lukisan Pengadilan Terakhir, Paus Paul III membela habis-habisan hasil karya Michelangelo tersebut kendati banyak yang mengkritik kalau lukisannya banyak menampilkan sosok telanjang.

5. Michelangelo Menyisipkan Dirinya Sendiri dalam Hasil-Hasil Karyanya

Florentine Pieta

Michelangelo jarang membubuhkan tanda tangan pada hasil-hasil karyanya. Ia juga tidak pernah membuat potret dirinya sendiri. Namun ia memiliki caranya sendiri untuk menunjukkan kalau ia adalah sosok di balik karya-karya yang dibuatnya. Dalam lukisan raksasa Pengadilan Terakhir yang selesai dibuat pada tahun 1541 contohnya, sosok Santo Bartholomew nampak memegang lembaran yang bentuknya menyerupai wajah Michelangelo.

Contoh lain, dalam patung Florentine Pieta, Michelangelo menggunakan sosok dirinya sendiri sebagai model untuk tokoh Santo Nicholas pada patungnya. Sementara kalau dalam lukisan Penyaliban Santo Petrus, para sejarawan seni berpendapat kalau Michelangelo mungkin menyisipkan sosok dirinya sendiri dalam kerumuman orang yang ada di lukisan.

6. Michelangelo Pernah Membantu Membuatkan Benteng 

Firenze Michaelangelo

Tahun 1527, warga kota Firenze – kota kelahiran Michelangelo – menggusur keluarga Medici dari pemerintahan dan menggantinya dengan sistem pemerintahan berbasis republik. Karena Paus masih memiliki hubungan dengan keluarga besar Medici, bayang-bayang invasi pasukan Kepausan ke kota Firenze pun timbul di benak penduduknya.

Karena Michelangelo adalah orang asli Firenze dan ia dianggap paham segala hal mengenai batu, pemerintahan baru Firenze lantas meminta bantuan kepada Michelangelo untuk membantu membuatkan benteng. Michelangelo menyanggupi permintaan tersebut dan ia membuatkan sketsa benteng yang hendak dibangun.

Berkat kontribusi Michelangelo tersebut, kota Firenze berhasil menahan serbuan pasukan Kepausan selama 10 bulan sebelum akhirnya berhasil ditaklukkan pada bulan Agustus 1530. Kendati Paus Clement VII sadar kalau Michelangelo membantu kubu Firenze dalam perang, Paus memutuskan untuk mengampuni Michelangelo dan bahkan kembali memperkerjakannya.

7. Michelangelo Jago Membuat Puisi

Puisi Michelangelo

Michelangelo bukan hanya lihai dalam melukis dan memahat. Ia diketahui juga pernah membuat ratusan puisi soneta dan balada sepanjang hidupnya. Topik-topik yang diangkat dalam puisinya pun beragam. Mulai dari yang seputar percintaan, hingga yang menyinggung kebiasaannya untuk bekerja tanpa memperhatikan waktu. Para komponis di kota Roma bahkan sampai membuatkan lagu untuk sejumlah karyanya.

8. Michelangelo Bekerja Hingga Minggu Terakhir Hidupnya

Basilika Santo Petrus

Pada masa-masa keemasannya, Michelangelo menghabiskan sebagian besar waktunya untuk mengawasi pembangunan Basilika Santo Petrus. Bahkan saat tubuhnya sudah terlampau tua dan lemah, ia bersikeras tetap ikut terlibat dalam kegiatan pembangunannya dengan cara mengirimkan sketsa melalui orang-orang kepercayaannya.

Aktivitas memahat patung sendiri masih menjadi aktivitas favorit Michelangelo. Ia tetap aktif memahat di bengkel rumahnya sendiri kendati kondisi kesehatannya semakin menurun. Hanya beberapa hari menjelang kematiannya, Michelangelo diketahui tengah mengerjakan patung Rondanini Pieta yang menampilkan sosok Yesus dan Bunda Maria.

9. Dua Patung Michelangelo Menjadi Korban Vandalisme

Patung Michelangelo

Tahun 1972, seorang pakar geologi dengan gangguan mental yang bernama Laszlo Toth merusak patung Pieta di Basiliksa Santo Petrus dengan memakai martil. Sahabat anehdidunia.com akibat ulahnya tersebut, bagian hidung dan lengan patung sosok Maria mengalami kerusakan. Butuh waktu 10 bulan bagi petugas untuk memperbaiki kembali patung yang bersangkutan.

Tahun 1991, patung buatan Michelangelo kembali menjadi sasaran orang yang tak bertanggung jawab. Kali ini patung yang menjadi korbannya adalah patung David, setelah seorang turis menghancurkan bagian tumit David dengan memakai martil.

10. Michelangelo Membalas Orang yang Menghinanya dengan Melukis Orang Tersebut

biagio kuping keledai

Tahun 1534, Paus Paulus III meminta kepada Michelangelo untuk membuat lukisan raksasa bertema hari kiamat di dinding Kapel Sistine. Untuk memenuhi permintaan Paus tersebut, Michelangelo lantas membuat lukisan berjudul Pengadilan Terakhir. Dalam lukisannya, Michelangelo menampilkan sosok-sosok manusia yang bertelanjang bulat sebagai perlambangan kalau semua manusia setara di mata Tuhan.

Namun Biagio da Cesena ternyata tidak sependapat. Orang bawahan Paus tersebut mencela lukisan Michelangelo karena menurutnya, bagian dalam gereja harus bebas dari gambar-gambar yang menampilkan manusia tanpa busana. Michelangelo lantas membalas hinaan Biagio dengan cara menggambar sosok bertelinga keledai yang wajahnya mirip Biagio di pojok kanan bawah lukisan.

Biagio merasa murka dengan gambar tersebut karena keledai identik sebagai hewan yang bodoh. Maka, Biagio pun kemudian mengadu kepada Paus. Namun sambil bercanda, Paus justru memilih untuk membiarkan gambar tersebut karena ia merasa tidak berwenang memutuskan siapa saja yang harus masuk neraka.

Sumber :
https://www.history.com/news/9-things-you-may-not-know-about-michelangelo
https://en.wikipedia.org/wiki/The_Last_Judgment_(Michelangelo)


close