PLARIUSMODIFIKASI101

Inilah Nenek Moyang Gadget Dan Aplikasi Populer Masa Kini

Sunday, May 19, 2019
Setiap teknologi pasti memiliki perintis, karena sebuah teknologi sejatinya merupakan buah hasil dari pemikiran manusia yang selalu berkembang seiring dengan jaman. Teknologi canggih yang ada saat ini pasti merupakan hasil dari pengembangan teknologi jaman dulu. Jadi baik Gadget maupun aplikasi yang ada sekarang pasti memiliki teknologi perintisnya masing-masing yang bisa di sebut sebagai nenek moyang dari teknologi yang ada sekarang.

Hal yang sama juga berlaku bagi gadget yang kita anggap canggih saat ini, kelak akan menjadi nenek moyang dari teknologi yang lebih maju. Hal ini merupakan siklus pasti dalam revolusi dunia teknologi yang selalu berkembang untuk mempermudah hidup manusia. Namun sebagai manusia kita tentu tak boleh merupakan sejarah, karena itu kali ini anehdidunia.com akan sedikit melakukan napak tilas dengan membagikan informasi tentang nenek moyang dari gadget dan aplikasi modern saat ini. Berikut ini beberapa teknologi yang menjadi perintis gadget saat ini beserta ulasanya..

Telharmonium, Nenek Moyang Streaming Musik

Telharmonium

Sejak jaman dulu musik sudah menjadi bagian kehidupan manusia, apalagi jaman sekarang musik merupakan bagian dari gaya hidup yang tak bisa dilepaskan dari keseharian manusia modern. Karena itu seiring dengan kemajuan teknologi, layanan streaming mulai menjamur seperti Spotify, Apple Music dan masih banyak lagi. Sahabat anehdidunia.com dengan adanya layanan streaming musik, orang bisa dengan mudah bisa menikmati musik tanpa harus membeli kaset atau kepingan CD.

Namun mungkin tak banyak yang tahu kalau layanan streaming musik sudah ada sejak tahun 1900-an. Pada era clasic ini pernah dikembangkan sebuah alat untuk melayani streaming musik. Alat tersebut bernama Telharmonium, dengan berat mencapai 200 ton dan tinggi 18 meter alat karya Thaddeus Cahill ini mmiliki konsep seperti kotak musik yang bisa menerima telpon. Jadi saat ada orang yang ingin mendengarkan musik mereka tinggal menelpon ke Telharmonium maka musik yang ingin mereka dengar akan dimainkan.

Sayangnya karena buruknya sinyal telpon saat itu Telharmonium, hanya sempat beroperasi selama satu tahun sebelum akhirnya di hentikan. Masalah sinyal ini juga mempengaruhi kualitas suara yang sering terdengar akibat adanya distorsi yang muncul akibat sinyal telpon yang tak stabil. Tapi meski hanya berumur singkat, dengan adanya Telharmonium maka konsep layanan streaming musik sudah muncul dan kini telah bertransformasi menjadi aplikasi modern.

Archytas of Tarentum Nenek Moyang Robot

Archytas of Tarentum

Meski belum bisa dibilang sempurnya, teknologi robot saat ini sudah terbilang sangat maju dan menjadi bagian penting dalam dunia industri. Namun mungkin tak banyak yang tahu jika teknologi robot sudah dikembangkan sejak jaman dulu, bahkan hingga ratusan tahun yang lalu.

Cikal bakal robot pertama tercatat dibuat oleh Archytas of Tarentum pada tahun 350 sebelum masehi. Saat itu Archytas membuat sebuah mekanisme berbentuk merpati dengan menggunakan kayu. Mekanisme inilah yang menjadi cikal bakal robot sekarang, hebatnya lagi meski hanya terbuat dari kayu, merpati buatan Archytas ini mampu terbang hingga 200 meter. Sahabat anehdidunia.com setelah munculnya penemuan robot karya Archytas ini, tak lama kemudian muncul burung-burung kayu lain. Beberapa diantaranya bahkan ada ang bisa menunjukan waktu.

Selain Archytas, tokoh sejarah lain yang menemukan robot adalah Leonardo da Vinci. Pada tahun 1495, Da Vinci berhasil membuat sebuah robot bernama "Knight." Robot karya Da Vinci ini dianggap sebagai robot paling canggih pada abad pertengahan karena dapat berdiri, duduk, berjalan, mengangkat lengan, menggerakkan kepada, serta membuka dan tutup mulut. Robot karya Da Vinci ini juga kedepanya menginspirasi NASA untuk membuat desain serupa untuk robot yang menjelajahi Mars.

Hewlett-Packard hp-01Cikal Bakal Smartwatch

Hewlett-Packard hp-01

Setelah era smartphone, mulai banyak gadget canggih muncul untuk mempermudah kehidupan manusia. Salah satunya adalah Smartwatch, jam pintar berteknologi tinggi ini di isi dengan berbagai fitur canggih mulai dari menelpon, timer, stopwatch alarm, kalkulator, hingga asisten digital yang bisa mengatur jadwal harian kita.

Kebanyakan orang berfikir jika teknologi Smartwatch baru ditemukan pada tahun 2000-an. Padahal anggapan ini salah karena sejatinya Smartwatch sudah ditemukan sejak cukup lama, tepatnya pada tahun 1977. Sahabat anehdidunia.com smartwatch tersebut adalah HP-01, jam tangan karya Hewlett-Packard ini dibekali dengan enam chip dan 38.000 resistor, sebuah layar LED dan 28 tombol kecil yang ditusuk menggunakan stylus. Teknologi ini sendiri tergolong luar biasa mengingat komputer kala itu hanya memiliki ram sebesar 2 KB saja.

Sayangnya karena harganya yang terlalu mahal hingga mencapai 500$, jam tangan yang juga bisa berfungs sebagai kalkulator ini hanya bertahan selama 2 tahun, sebelum berhenti di produksi.

Nenek Moyang Laptop

Osborne Computers

Dalam kehidupan modern keberadaan laptop merupakan bagian kehidupan shari-hari baik itu digunakan untuk bekerja, sekolah atau hanya sekedar untuk hiburan. Dengan adanya Laptop kehidupan orang saat ini menjadi sangat terbantu dan dimudahkan. Karena itu kita munkin harus berterima kasih pada seorang pria bernama  Adam Osborne. Karena Osborne merupakan orang yang pertama kali menemukan laptop.

40 tahun yang lal tepatnya pada bulan April 1981, lewat perusahaanya Osborne Computers, pria kelahiran Amerika ini menciptakan komputer portable pertama di dunia. Komputer buatan Osborne ini memiliki keyboard yang bisa dilepas, dua disk drive, serta monitor 13 centimeter dengan berat 11 kilogram dan memiliki memori 64 kilobit, namun belum memiliki baterai dan masih menggunakan kabel colokan listrik.

Inovasi Osborne ini sukses besar dipasaran meski dibandrol dengan harga cukup mahal hingga mencapai 20 juta rupiah. Sayangnya karena strategi pemasaran Osborne yang salah dengan mengumumkan peluncuran produk baru terlalu dini laptop justru menjadi floop karena penjualanya yang turun drastis.

Karena peristiwa ini pula, alih-alih dikenal sebagai penemu laptop adam Osborne justru lebih terkenal sebagai ikon kegagalan dunia bisnis yang dikenal dengan julukan "Efek Osborne." Sebuah istilah yang merujuk pada kegagalan pemasaran akibat pengumuman produk baru yang belum tersedia.

Nenek Moyang Video Game



Siapa yang tak suka bermain game, permainan digital yang satu ini merupakan salah satu favorit bagi kebanyakan orang modern untuk melepaskan strees. Tapi siapa sangka jika video game pertama ternyata lahir dari komputer yang di gunakan untuk menembangkan teknologi nuklir.

Kisah unik ini bermula pada tahun 50-an, ketika keberadaan sebuah laboratoriun di Long Island, New York mendapa banyak protes dari warga karena dianggap dapat merusak lingkungan. Untuk menghapus kekhawatiran warga, laboratorium ini mengadakan proyek "Hari Berkunjung" dimana warga skitar di undang untuk melihat isi lab.

Namun proyek ini nyaris saja gagal, karena warga menjadi bosan akibat tak mengerti tenang alat-alat yang ada di laboratorium tersebut. Untungnya seorang ilmuan bernama Willian Higinbotham mendapat ide untuk membuat sebuah permainan. Sahabat anehdidunia.com dengan menghubungkan layar CRT osiloskop ke komputer analog lawas dan menambahkan kontrol, Willian membuat sebuah game mirip tenis yang bisa dimainkan oleh 2 orang. Permainan yang diberi nama "Tennis for Two" ini berhasil membuat warga tak bosan dan bahkan rela mengantri berjam-jam untuk mencoba permainan yang menjadi video game pertama di dunia.

Referensi:
https://www.merdeka.com/teknologi/7-gadget-nenek-moyang-teknologi-yang-kini-terlupakan.html
https://en.wikipedia.org/wiki/HP-01
https://en.wikipedia.org/wiki/Adam_Osborne


close