PLARIUSMODIFIKASI101

Urban Legend Makhluk Misterius Penghuni Rawa di Louisiana AS

Saturday, July 20, 2019
Rawa adalah sebutan untuk kawasan perairan yang ditumbuhi oleh tanaman darat, misalnya pohon. Bagi kebanyakan orang, rawa bukanlah tempat yang nyaman karena kondisinya yang senantiasa berair dan kerap dipenuhi oleh hewan-hewan pengganggu semisal nyamuk atau bahkan buaya. Tidak jarang rawa juga menjadi lokasi munculnya penampakan aneh dan cerita-cerita yang berbau mistis.

Hal serupa juga berlaku di AS. Di negara bagian Louisiana, terdapat bentang rawa yang luas. Di rawa ini pulalah, terdapat cerita mengenai makhluk-makhluk misterius yang tinggal di dalamnya. Mulai dari monster reptil hingga manusia serigala.

Grunch, Monster Kera Bersisik


Dari sekian banyak makhluk misterius yang dirumorkan tinggal di kubangan rawa Louisiana, salah satu yang cukup terkenal adalah Grunch. Menurut penjelasan yang paling banyak dipercaya, Grunch memiliki wujud seperti kera, kulit menyerupai reptil, serta kepala yang lonjong menyerupai kambing. 

Mata Grunch diceritakan bisa memancarkan cahaya. Cakar yang tajam terlihat mencuat dari jari-jari tangan atau kaki depannya. Mulutnya dipenuhi dengan gigi-gigi yang tajam. Kulitnya penuh dengan sisik berwarna gelap. Grunch juga memiliki perilaku yang agresif dan kerap memancarkan bau yang tidak sedap. Jika seseorang menatap Grunch, orang tersebut konon bakal merasakan ketakutan luar biasa.  

Saat sedang tidak dilihat oleh manusia, Grunch juga bisa menimbulkan suasana mencekam dengan mengeluarkan suara lolongan yang menyeramkan. Cerita mengenai Grunch sendiri sudah dikenal oleh warga setempat sejak tahun 1700-an. Tepatnya saat daerah yang bersangkutan masih dikenal dengan nama La Nouvelle-Orléans. Saat ada orang yang baru bermukim di daerah tersebut, mereka bakal langsung mendengar kisah mengenai monster yang menghuni rawa-rawa.

Grunch sendiri memiliki kisah asal-usul yang beragam. Menurut salah satu kisah, ada sebuah jalan kecil yang mengarah menuju pelosok hutan dan rawa. Konon di dalamnya terdapat perkampungan yang dihuni oleh orang-orang dengan penampilan yang abnormal. Misalnya albino dan orang kerdil. Mereka membentuk perkampungan karena tidak bisa hidup bersama dengan orang-orang lain yang penampilannya lebih normal.

Orang-orang yang dikucilkan tadi lantas hidup bersama. Sebagian dari mereka ada yang kemudian melakukan perkawinan sedarah. Dari perkawinan inilah, lahir makhluk yang kelak bakal dikenal dengan nama Grunch. Jalan yang mengarah ke perkampungan mereka selanjutnya dikenal dengan nama Jalan Grunch.

Marie Laveau
Potrait Marie Laveau
Menurut versi cerita yang lain, awalnya ada seorang pendeta voodoo wanita yang bernama Marie Laveau. Saat ia sedang menyunat makhluk misterius yang dijuluki sebagai Bayi Setan, hasil sunatannya kemudian malah berubah wujud menjadi Grunch jantan dan betina. Grunch-Grunch tersebut kemudian menyerang Marie sebelum kemudian melarikan diri ke rawa-rawa.

Dalam versi cerita yang lain lagi, ada sekelompok orang yang memuja setan dan menjual jiwa mereka sendiri sebagai bentuk pengabdian. Sebagai ganti atas kesediaan mereka menjual jiwa mereka sendiri, lahirlah Grunch supaya makhluk tersebut bisa bertindak sebagai pelindung para pemuja setan tadi. Grunch juga diceritakan berjumlah lebih dari satu karena saat ada manusia yang digigit oleh Grunch, manusia tersebut bakal ikut berubah menjadi Grunch.

Kendati ada cerita yang simpang siur mengenai asal usul Grunch, makhluk tersebut hampir selalu diceritakan memiliki penampilan yang nampak seperti gabungan antara kera, reptil, anjing, dan hewan ternak. Grunch juga diceritakan sebagai makhluk yang tidak begitu besar karena saat berdiri, makhluk ini hanya memiliki tinggi kurang lebih 1,2 meter.

Grunch bukan hanya diam di rawanya. Saat lapar, makhluk ini konon bakal memasuki perkampungan manusia untuk memakan hewan ternak dan hewan peliharaan. Saat mendapatkan mangsanya, Grunch akan makan dengan cara melubangi leher mangsanya dan kemudian menghisap habis darahnya. 

Metode favorit Grunch saat berburu adalah diam tak bergerak di antara kerimbunan tanaman. Saat mangsanya melintas, Grunch secara tiba-tiba akan menerkamnya dan kemudian menyeret mangsanya ke dalam rawa. Selain hewan, Grunch juga diceritakan mau menyerang manusia. Jika ada orang yang menghilang di kawasan tersebut secara misterius, tidak jarang orang tersebut dispekulasikan hilang akibat diculik oleh Grunch.

Kisah-kisah mengenai Grunch tadi nampak sebagai dongeng semata. Namun menariknya, sejak abad ke-20 muncul sejumlah laporan dari orang-orang yang mengaku melihat makhluk serupa Grunch. Sejumlah pengguna jalan yang melintas di Highway 90 mengaku sempat melihat makhluk aneh yang berlari di tepian jalan.

Tahun 2005, sesudah terjadinya Badai Katrina, Grunch dikabarkan kian sering menampakkan diri. Makhluk ini dikabarkan kerap terlihat sedang mencari makan di tempat sampah. Seorang wanita yang tinggal di Harvey juga mengaku kalau ia sempat melihat Grunch sedang memakan anjing tetangganya. 

Mereka yang meyakini keberadaan Grunch memperkirakan kalau Grunch menampakkan diri di kawasan padat penduduk karena habitat aslinya rusak akibat badai. Namun tidak sedikit yang bersikap skeptis dengan mengatakan kalau makhluk yang menampakkan diri tersebut mungkin aslinya bukanlah Grunch, tapi hewan liar lain semisal rakun. 

Monster Rawa Berbulu Lebat

Penampakan honey swamp

Grunch sendiri bukanlah satu-satunya makhluk misterius yang diduga menghuni rawa-rawa di Louisiana. Negara bagian tersebut juga mengenal monster lain yang bernama Monster Rawa Pulau Honey. Makhluk itu sendiri mendapatkan namanya dari Pulau Honey, gundukan daratan yang terletak di antara Sungai Pearl Timur dan Pearl Barat.

Berbeda dengan Grunch yang kisahnya banyak dibumbui mitos dan legenda, ketertarikan publik akan makhluk ini murni berawal dari munculnya penampakan-penampakan aneh di Sungai Pearl. Laporan pertama penampakan makhluk ini sendiri muncul di tahun 1963. Saat itu seorang pensiunan pegawai lalu lintas udara yang bernama Harlan Ford tengah menyusuri Sungai Pearl sambil ditemani oleh sahabatnya yang bernama Billy Mills.

Saat itulah, keduanya tanpa sengaja melihat sosok aneh sedang berjalan melintasi rawa. Menurut kesaksian mereka, makhluk tersebut diselimuti oleh rambut berwarna kecokelatan yang tebal, memancarkan bau busuk yang amat menyengat, dan memiliki tinggi 2 meter lebih.  

Keduanya kemudian kembali ke lokasi yang sama di tahun 1974. Kali ini mereka tidak melihat sosok makhluk yang dimaksud. Namun apa yang mereka temukan di lokasi tetap tidak kalah aneh. Di sana, mereka menemukan bangkai babi hutan dengan leher yang dagingnya sudah terburai. Mereka juga menemukan jejak kaki yang bentuknya berupa tiga jari berselaput.

Ford diketahui juga sempat merekam sosok makhluk tersebut. Dalam video tersebut, nampak sesosok makhluk tengah berjalan di balik kerimbunan pohon di dekat rawa. Namun oleh karena alasan yang tidak jelas, video tersebut tidak pernah dirilis ke publik dan hanya pernah ditonton oleh orang-orang dekatnya. 

Ford dan Mills bukanlah satu-satunya orang yang mengaku menjumpai makhluk aneh di Sungai Pearl. Seorang pria lain yang bernama Ted Williams mengaku sempat beberapa kali melihat makhluk tersebut. Saat pertama kali melihatnya, Williams awalnya mengira kalau apa yang dilihatnya tersebut mungkin hanyalah tunggul pohon. Namun ia kemudian menyadari kalau sosok tersebut bukanlah pohon.

Di kemudian hari, Williams kembali menjumpai makhluk tersebut. Kali ini makhluknya bukan cuma satu, tapi dua. Ia mengaku melihat kedua makhluk tersebut sedang berenang di sungai. Williams juga menjelaskan kalau makhluk tersebut nampak menyerupai manusia, namun dengan bahu yang lebih lebar dan lengan yang menggantung hingga ke bawah lutut.

Pertanyaannya kemudian adalah, mungkinkah di balik kerimbunan rawa di Louisiana, memang bersemayam sosok-sosok monster yang belum pernah diketahui oleh manusia sebelumnya? Atau mungkinkah apa yang disebut monster aslinya hanyalah hewan biasa hasil salah lihat? Apapun jawabannya, kisah mengenai penghuni rawa Louisiana menunjukkan kalau masih banyak hal yang belum sepenuhnya diketahui oleh manusia terkait daratan ini.

referensi
https://mysteriousuniverse.org/2018/12/mysterious-swamp-monsters-of-louisiana/
https://exemplore.com/cryptids/The-Grunch-A-Chupacabra-on-the-Bayou



close