PLARIUSMODIFIKASI101

Bosan Dengan Wisata Biasa? Cobalah Tur Wisata Paling Berbahaya Di Dunia

Friday, February 21, 2020
Bagi banyak orang, melakukan perjalanan wisata merupakan cara yang banyak dipilih untuk melepas penat sambil menikmati suasana di tempat yang mereka datangi. Selain tempat-tempat wisata umum macam pantai atau air terjun, nyatanya ada wisatawan yang mencoba menjajal pengalaman baru dengan berkunjung ke lokasi-lokasi bencana yang notabene bisa membawa resiko kematian. Berikut ini adalah 5 contoh perjalanan wisata yang membawa para pesertanya menuju lokasi-lokasi bencana alam dan bencana buatan manusia.

Wisata ke Zona Nuklir

Wisata ke Zona Nuklir

Tanggal 26 April 1986 merupakan tanggal terjadinya salah satu bencana nuklir terdahsyat dalam sejarah manusia. Pada tanggal tersebut, reaktor nuklir milik Uni Soviet di Chernobyl (sekarang terletak di Ukraina) mengalami kebocoran dan meledak. Akibat bencana ini, warga sipil di sekitar lokasi bencana terpaksa dipindahkan supaya mereka tidak terpapar radiasi.

Puluhan tahun berlalu, Chernobyl yang dulunya ramai dihuni manusia kini kondisinya bak kota mati. Namun di sisi lain, situasi tersebut menarik perhatian orang-orang untuk melakukan kunjungan langsung ke Zona Eksklusi Chernobyl. Sahabat anehdidunia.com mereka ingin melihat dan merasakan langsung seperti apakah kondisi di bekas lokasi bencana nuklir.

Zona tersebut pada awalnya memang memiliki kadar radiasi tinggi dan tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang. Namun seiring berjalannya waktu, kadar radiasi di dalam Zona berangsur-angsur menurun sehingga kini pemerintah Ukraina membolehkan wisatawan untuk berkunjung ke sana selama didampingi oleh pemandu profesional.

Peraturan ketat juga diberlakukan kepada para turis yang berkunjung ke Zona. Mereka tidak diperbolehkan makan, minum, ataupun merokok di tempat terbuka. Para turis juga dianjurkan mengenakan pakaian yang setertutup mungkin dan dilarang menyentuh bangunan serta tanaman sembarangan.

Menurut situs wisata Chernobyl Tours, kadar radiasi di dalam Zona sudah berada dalam kategori aman sehingga orang-orang bisa berkunjung ke sana tanpa khawatir akan bahaya radiasi. Meskipun begitu, wisatawan yang berkunjung ke sana tetap memiliki resiko terpapar radiasi. Khususnya jika sang wisatawan tidak mematuhi ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pemandu tur.

Wisata Petir

Wisata Petir

Petir adalah contoh fenomena alam yang nampak indah sekaligus menakutkan. Sebabnya adalah kendati cahaya dan bentuk petir nampak memukau, petir senantiasa ditemani oleh suara guntur yang menggelegar. Petir juga bisa membunuh manusia hingga hangus karena petir mengandung muatan listrik dalam jumlah yang amat banyak.

Di Venezuela, ada suatu lokasi yang kerap dijuluki sebagai “ibukota petir dunia” karena kilatan petir muncul dalam intensitas yang jauh lebih sering dibandingkan dengan tempat-tempat lainnya. Lokasi yang dimaksud adalah bagian Sungai Catatumbo yang bermuara di Danau Maracaibo.

Para turis yang berkunjung ke danau tersebut pada malam hari bakal disuguhi oleh pemandangan spektakuler petir yang seolah-olah nampak seperti pilar dari langit. Sahabat anehdidunia.com selain petir, para wisatawan juga bisa berkunjung ke desa-desa di sekitar danau sembari menyaksikan aneka satwa eksotis seperti aligator, ular, hingga burung.

Jumlah petir yang menyambar-nyambar di atas Danau Maracaibo memang terbilang fantastis. Setiap menitnya, kota Maracaibo dilaporkan menerima 1.000 sambaran petir. Namun petir bukanlah satu-satunya fenomena alam berbahaya yang muncul di tempat tersebut. Tidak jarang kemunculan petir juga diikuti dengan badai dan angin puting beliung.

Wisata Tornado

Wisata Tornado

Tornado atau angin puting beliung bakal senantiasa menjadi momok bagi penduduk sekitar. Pasalnya sekali tornado muncul, tornado tersebut bakal meluluh lantakkan apapun yang ada di jalurnya. Pepohonan yang tumbang dan atap rumah yang rontok adalah pemandangan yang lazim dijumpai pasca munculnya tornado di suatu kota.

Namun hal tersebut tetap tidak menyurutkan nyali sejumlah orang untuk menyaksikan langsung tornado dari dekat. Setiap tahunnya, para pecinta tornado bakal berduyun-duyun menuju Jalur Tornado yang terletak di AS tengah untuk menyaksikan amukan tornado.

Jalur Tornado (Tornado Alley) adalah sebutan untuk kawasan di AS tengah yang kerap dilanda tornado. Seringnya lokasi tersebut dilanda tornado disebabkan oleh pertemuan antara udara dingin yang berasal dari Teluk Meksiko serta udara panas yang datang dari daratan Kanada dan Dataran Tinggi Meksiko.

Seiring dengan semakin meningkatnya minat orang-orang untuk menyaksikan tornado dari dekat, banyak perusahaan tur yang sengaja menawarakan layanan wisata khusus tornado. Dalam wisata ini, pemandu dan wisatawan akan menaiki mobil khusus dan kemudian berkendara menuju lokasi kemunculan tornado untuk menyaksikannya dari jarak yang aman.

Meskipun perusahaan tur yang membuka jasa wisata tornado senantiasa memprioritaskan keamanan konsumennya, wisatawan yang nekat mengikuti tur ini tetap harus bersiap menghadapi setiap resiko yang ada. Sebagai contoh, tornado bisa berubah arah sewaktu-waktu. Kemudian munculnya tornado juga kerap diiringi dengan kemunculan petir dan bongkahan-bongkahan es dari hujan es.

Wisata Lahar

Wisata Lahar

Lahar atau lava adalah cairan panas yang keluar dari kawah gunung berapi. Lahar merupakan elemen yang sangat berbahaya dan sebaiknya tidak didekati karena sebagai akibat dari suhunya yang tinggi, lahar bisa melelehkan apapun yang ada di jalurnya. Namun di sisi lain, gerakan lahar yang lambat dan warnanya yang menyala terang menyebabkan fenomena alam ini tetap mengundang decak kagum dari manusia.

Atas dasar itulah, sejumlah orang nekat melakukan perjalanan wisata hanya supaya bisa menyaksikan lahar dari dekat. Di Hawaii bahkan ada sejumlah kapal yang membuka jasa mengangkut penumpangnya supaya bisa menyaksikan lahar gunung berapi dari dekat.

Hawaii sendiri diketahui memang memiliki banyak gunung berapi aktif yang tersembul di permukaan laut. Sahabat anehdidunia.com dalam wisata macam ini, wisatawan bisa menyaksikan lahar gunung berapi mengalir lambat ke dalam laut sebelum kemudian mendingin dan menimbulkan suara mendesis.

Sepintas wisata macam ini nampaknya memiliki resiko yang rendah. Namun faktanya, wisata macam ini tetap memiliki bahayanya sendiri. Kadang-kadang gunung berapi yang ada di dekatnya meletus dan melontarkan lavanya ke atas sehingga bisa mengenai peserta wisata yang kebetulan sedang ada di dekat lokasi.

Peristiwa macam itu pernah terjadi pada bulan Juli 2018. Akibat terkena serpihan lava, bagian atap kapal mengalami kerusakan dan 23 orang harus mengalami cedera. Meskipun begitu, wisata lahar ini tetap dilanjutkan setelah lembaga keamanan pantai mengeluarkan prosedur keamanan yang baru.

Wisata di Medan Perang

Wisata Medan Perang

Apakah anda gemar menonton film perang? Apakah anda pernah membayangkan bagaimana rasanya berada di tengah-tengah medan perang? Jika ya, maka mungkin wisata macam ini merupakan wisata yang cocok untuk anda.

Wisata zona perang merupakan jenis wisata di mana para pesertanya bakal dibawa ke wilayah yang sedang dilanda perang. Di sana, wisatawan bisa menyaksikan langsung dampak kerusakan yang disebabkan oleh perang. Tidak jarang suara tembakan dan ledakan masih dapat terdengar saat wisatawan sedang berada di lokasi.

Wisata macam ini mengambil tempat di negara-negara yang masih dilanda konflik bersenjata seperti Irak, Afganistan, Meksiko, dan lain sebagainya. Bahkan ada perusahaan khusus bernama War Zone Tours (WZT) yang menawarkan jasa wisata zona perang bagi mereka yang berminat.

WZT pertama kali berdiri pada tahun 1993 dan sekarang sudah memiliki cabang di lebih dari 50 negara. Menurut penjelasan resmi mereka, para wisatawan akan senantiasa didampingi oleh petugas profesional yang sudah berpengalaman di bidang keamanan.

Namun tetap saja, yang namanya perang seringkali tidak memilih-milih korban. Pada tahun 2016, sebanyak 8 orang wisatawan nyaris saja kehilangan nyawanya saat bus yang mereka naiki terkena hantaman misil. 

referensi:
https://www.warehouseofweird.co.uk/tours-experiences/chernobyl-tour-holiday/
https://www.easyvoyage.co.uk/news/russian-travel-company-to-launch-tours-to-the-syrian-war-zone-66103
https://listverse.com/2018/11/20/10-insane-tours-that-are-extremely-dangerous/
https://www.viator.com/tours/Big-Island-of-Hawaii/Hawaii-Volcano-Lava-Tour-to-See-Lava/d669-8931P4


close