PLARIUSMODIFIKASI101

Kasus Medis Unik dan Menyeramkan Sepanjang Tahun Kemarin

Wednesday, April 01, 2020
Setiap manusia pasti bisa jatuh sakit. Namun penyakit dan gangguan kesehatan yang diderita manusia bisa berbeda satu sama lain. Ada orang yang terkena penyakit-penyakit yang sudah umum dikenal, namun ada pula orang-orang yang terkena gangguan kesehatan langka sehingga kemunculannya menarik perhatian kalangan medis. Berikut ini adalah 5 contoh gangguan kesehatan unik dan terkesan horor yang pernah dijumpai oleh dokter di sepanjang tahun 2019.

Mata Meleleh

kornea mata meleleh

Mata meleleh bukan hanya bisa dijumpai di film-film horor. Fenomena demikian ternyata benar-benar bisa terjadi di dunia nyata. Di Taiwan, seorang pria bagian iris matanya nampak meleleh ke bawah. Iris adalah bagian dari mata yang menentukan warna mata seseorang. 

Peristiwa langka ini sendiri pada awalnya terjadi setelah bagian mata pria tersebut terkenal kabel yang digunakan untuk bungee jumping (suatu olah raga ekstrim di mana pemainnya melompat dari ketinggian dengan kaki yang terikat tali). Sesudah itu, pria yang bersangkutan merasakan perih pada matanya dan tidak bisa melihat dengan jelas.

Dokter yang memeriksa pria tersebut kemudian menyimpulkan kalau pria yang bersangkutan mengalami iridodialisis traumatik, suatu peristiwa di mana mata mengalami cedera sehingga iris mata terlepas dari lapisan mata tempatnya menempel. Sahabat anehdidunia.com cedera ini bisa terjadi ketika bagian mata tertentu terkena benturan yang keras.

Operasi khusus lantas dilakukan pada mata pria tersebut untuk mengembalikan iris matanya ke posisi awalnya. Sesudah itu, bentuk matanya terlihat kembali seperti normal dan penglihatannya membaik seperti sedia kala.

Air Kencing Berwarna Ungu

Air Kencing Warna Ungu

Jika anda pernah mengunjungi toilet umum yang ada di rumah sakit, mungkin anda pernah melihat plakat kecil yang menampilkan warna-warna air kencing. Berdasarkan plakat tersebut, semakin keruh warna air kencing, maka itu berarti orang tersebut sedang mengalami gejala dehidrasi dan harus minum lebih banyak air.

Air kencing sendiri normalnya berwarna kekuningan atau kehijauan. Namun tidak demikian halnya dengan wanita asal Perancis ini. Pasalnya air kencingnya justru berwarna ungu. Bagaimana bisa ia memiliki air kencing dengan warna demikian?

Pada awalnya, wanita tersebut sedang menjalani rawat inap di rumah sakit. Saat ia memasuki hari kesepuluh, terjadilah peristiwa yang aneh. Saat wanita tersebut mengecek kantong air kencingnya, ternyata air kencingnya nampak berwarna ungu.

Pemeriksaan pun dilakukan pada wanita tersebut untuk mengetahui kenapa air kencingnya bisa berubah warna menjadi demikian aneh. Hasilnya, wanita tersebut diketahui mengalami suatu fenomena langka yang dikenal sebagai sindrom kantong urine ungu.

Fenomena itu sendiri bisa terjadi ketika bakteri pada kantong urine merombak senyawa urine yang bernama indoksil sulfat menjadi komponen-komponen baru yang berwarna merah dan biru. Saat komponen berbeda warna tersebut membaur, terciptalah komponen berwarna ungu seerti yang dijumpai pada air seni wanita ini.

Dalam kasus tertentu, berubahnya warna air seni menjadi ungu bisa jadi merupakan pertanda adanya radang dalam saluran kemih. Untungnya wanita tersebut saat diperiksa diketahui tidak mengalami peradangan demikian. Setelah kurang lebih 4 hari usai meminum lebih banyak air, air seninya tidak lagi berwarna ungu.

Darah Biru

Darah Biru Asli

Dalam ranah bahasa, darah biru merupakan ungkapan untuk menyebut orang-orang yang berasal dari golongan bangsawan. Namun wanita ini secara harfiah benar-benar memiliki darah yang berwarna biru. Saat dilarikan ke rumah sakit, wanita asal Rhode Island, Amerika Serikat tersebut nampak berada dalam kondisi lemah, sulit bernapas, dan terlihat memiliki kulit berwarna kebiruan.

Saat dokter mengambil sampel darah dari pembuluh arterinya, dokter merasa terkejut karena darahnya justru berwarna biru alih-alih merah. Wanita tersebut lantas didiagnosis menderita methemoglobinemia, suatu kondisi di mana hemoglobin – zat pada sel darah merah yang berfungsi untuk mengikat oksigen – tidak bisa melepaskan oksigen pada jaringan tubuh secara normal.

Akibat kondisi tersebut, sejumlah jaringan tubuhnya mengalami kekurangan oksigen dan kulit serta darahnya nampak berwarna kebiruan. Methemoglobinemia sendiri bisa terjadi akibat faktor keturunan, atau akibat mengkonsumsi obat-obatan tertentu yang menimbulkan efek samping demikian.

Untuk kasus wanita ini, ia diketahui menampakkan gejala methemoglobinemia sesudah mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit gigi dalam jumlah besar. Maka, dokter pun kemudian memberikan senyara biru methylene kepada wanita tersebut untuk menghilangkan efek samping dari obat tadi. Sesudah diberi asupan biru methylene, kondisi wanita tersebut secara berangsur-angsur membaik dan ia sudah diperbolehkan pulang ke rumahnya keesokan paginya.

Alat Kelamin yang Membatu

xray kelamin membatu

Dalam kondisi tertentu, penis atau alat kelamin pria memang bisa berada dalam kondisi mengeras. Namun kasus ekstrim terjadi pada pria ini. Pasalnya penis pria yang bersangkutan bukan sekedar mengeras untuk sementara, tapi terancam menjadi keras secara permanen karena penisnya berubah menjadi tulang.

Kondisi aneh yang menimpa pria berusia 63 tahun tersebut setelah ia terjatuh dengan posisi bokong menghantam tanah. Sesudah itu, pria yang bersangkutan merasakan sakit pada lututnya. Ia pun kemudian memeriksakan diri kepada dokter.

Saat dokter memeriksa pria tersebut, pria yang bersangkutan ternyata juga merasakan sakit pada bagian kemaluannya. Menduga kalau pria tersebut mungkin mengalami patah tulang pada tulang pinggulnya, dokter pun memutuskan untuk melakukan pemeriksaan dengan memakai sinar X.

Saat dokter memeriksa foto hasil pemotretan sinar X, mereka langsung mendapati pemandangan yang tak terduga. Bagian penis pria tersebut nampak mengalami osifikasi yang berarti ada tulang yang terbentuk di dalam penisnya.

Tidak diketahui kenapa bisa ada tulang yang terbentuk di dalam penis pria tersebut. Osifikasi sendiri terjadi ketika ada kalsium yang terkumpul di jaringan tubuh yang lunak sehingga tulang pun terbentuk di jaringan tersebut. Sahabat anehdidunia.com osifikasi penis merupakan kasus yang amat langka di mana baru ada 40 kasus yang tercatat di seluruh dunia berdasarkan literatur ilmiah.

Darah Berwarna Susu

darah berwarna susu

Normalnya darah manusia berwarna merah. Namun tidak demikian halnya dengan pria ini. Pasalnya pria yang bersangkutan diketahui memiliki darah kental berwarna putih layaknya susu. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi?

Pria berusia 39 tahun ini diketahui menderita diabetes akut yang menyebabkan tubuhnya tidak merombak lemak secara normal. Namun pria yang sama ternyata tidak meminum obatnya secara teratur. Sebagai akibatnya, pria tersebut terpaksa dilarikan ke unit gawat darurat dalam kondisi sakit kepala, muntah-muntah, dan menurunnya kepekaan terhadap kondisi di sekitarnya.

Saat darah pria tersebut diperiksa, dokter merasa sangat terkejut karena darahnya nampak berwarna keputihan bak susu. Warna putih itu sendiri tercipta akibat tingginya komponen lemak trigliserida dalam darahnya. Kadar trigliserida yang dianggap normal dalam darah adalah sekitar 150 miligram per desiliter. Namun pria tersebut memiliki kadar trigliserida mencapai lebih dari 14.000 miligram per desiliter.

Dokter awalnya mencoba menggunakan mesin khusus untuk menyaring lemak dari darahnya. Namun karena lemak yang ada dalam darahnya sudah terlampau banyak, mesin tersebut malah tersumbat. Tim dokter lantas beralih ke metode alternatif dengan cara mengeluarkan sebagian darah pria tadi supaya kadar lemaknya menurun hingga ambang batas yang aman.

referensi:
https://www.livescience.com/strangest-medical-cases-2019.html
https://www.livescience.com/man-penis-turning-to-bone.html



close