PLARIUSMODIFIKASI101

Misteri Sekolah Bundar Bibai, Gedung Sekolah Angker dari Jepang

Friday, April 10, 2020
Jika kita melihat peta negara Jepang, kita bakal menemukan Pulau Hokkaido sebagai pulau besar Jepang yang letaknya paling utara. Akibat letak geografisnya tersebut, Hokkaido pun memiliki iklim yang dingin dibandingkan wilayah Jepang lainnya. Hokkaido juga terkenal dengan pemandangan alamnya yang eksotik dan menakjubkan.

Namun di luar semua kemegahan tersebut, Hokkaido juga menyimpan sisi kelamnya sendiri. Di kota Bibai yang terletak di dekat Danau Mijayima, terdapat bangunan berjulukan “Gedung Sekolah Bundar” yang di masa lampau pernah menjadi gedung sekolah. Oleh masyarakat sekitar, gedung ini menyandang reputasi sebagai salah satu tempat paling angker yang pernah ada.

Ditutup dengan Alasan yang Tidak Jelas

sekolah bundar bibai jepang

Sekolah Bundar diperkirakan pertama kali dibangun pada tahun 1906. Gedung ini memperoleh nama julukan demikian karena bangunannya yang memang terlihat bundar. Antara tahun 1940 hingga 1970-an, bangunan ini digunakan sebagai sekolah TK. Namun atas alasan yang tidak jelas, bangunan ini tidak lagi digunakan sebagai tempat belajar dan dibiarkan terlantar begitu saja.

Walaupun bangunan ini sudah tidak lagi digunakan sebagai sekolah, perabotan-perabotan seperti meja dan kursi masih dibiarkan tetap berada di sana. Namun karena bangunan ini sudah tidak lagi digunakan sebagai sekolah, perabotan yang ada di tempat ini berada dalam kondisi penuh dengan debu.

Bahkan di saat sekolah ini masih belum ditutup, bangunan yang bersangkutan sudah menyandang reputasi yang agak menakutkan. Sahabat anehdidunia.com lokasinya yang agak terpencil dan dikelilingi oleh pepohonan menyebabkan sekolah ini terlihat seperti bangunan angker saat kegiatan belajar mengajar sedang tidak berlangsung.

Ketika bangunan ini tidak lagi digunakan sebagai sekolah, reputasi yang disandang oleh bangunan ini kian menguat saja. Terlebih lagi karena jalan kecil yang dulunya kerap digunakan sebagai jalur akses menuju sekolah ini sekarang sudah menghilang akibat tertutup oleh tanaman hutan. Tanaman liar yang bertumbuhan di halaman bangunan hanya semakin menambah reputasi suram yang dimilikinya.

Tidak lama sesudah sekolah ini ditutup, warga sekitar mengaku kerap melihat penampakan sosok berwarna hitam dan cahaya misterius di hutan yang terletak di dekat gedung. Warga juga mengaku kerap mendengar teriakan serta suara-suara aneh yang tidak jelas asal-usulnya. 

Menurut salah satu cerita, beberapa orang anak pernah bermain di hutan tersebut. Namun sesudah itu, mereka menghilang dan tidak pernah ditemukan lagi. Dugaan kalau semua fenomena tersebut ada hubungannya dengan gedung Sekolah Bundar Bibai pun langsung muncul.

Bangunan Ini Kini Jadi Magnet Uji Nyali

Sekolah Bundar Jepang

Selama beberapa dekade berikutnya, gedung Sekolah Bundar Bibai menjadi tempat yang kerap dikunjungi oleh mereka yang tertarik melakukan uji nyali ataupun investigasi paranormal. Kesaksian dari mereka yang pernah mengunjungi langsung gedung kosong tersebut hanya semakin memperkuat reputasi angker yang dimiliki oleh Sekolah Bundar.

Orang-orang yang pernah melakukan uji nyali di Sekolah Bundar menjelaskan adanya beragam fenomena aneh yang pernah mereka alami selama berada di tempat tersebut. Video-video mengenai Sekolah Bundar menjadi video yang cukup terkenal di kalangan pecinta paranormal Jepang di dunia maya. Sementara kaum paranormal kerap memasukkan Sekolah Bundar dalam daftar 10 tempat terseram di Jepang versinya.

Dari sekian banyak pengalaman mistis yang pernah dialami oleh orang-orang di Sekolah Bundar, salah satu yang paling terkenal terjadi di tahun 1998. Pada awalnya, ada 3 orang yang pergi menuju ke Sekolah Bundar dengan menaiki mobil. Mereka penasaran untuk mengunjungi sekolah tersebut setelah mendengar rumor keangkeran Seklah Bundar.

Sesudah memarkir mobilnya di jalan raya dekat sekolah, keduanya kemudian berjalan melintasi hutan hingga akhirnya tiba di gedung Sekolah Bundar. Sesampainya di sana, mereka langsung merasakan kalau suasana di sekitar mereka mendadak berubah menjadi dingin. Mereka juga merasakan kalau sosok tak terlihat terasa seperti sedang membuntuti mereka.

Namun suasana aneh tersebut ternyata baru permulaannya saja. Saat mereka menyusuri gedung sekolah, mereka menyaksikan benda-benda jatuh sendiri, pintu terbanting sendiri, dan salah seorang dari mereka terjatuh seperti ada yang mendorong. Sahabat anehdidunia.com semakin lama mereka berada di dalam gedung Sekolah Bundar, fenomena tak terjelaskan yang menimpa mereka menjadi semakin liar.

Merasa kalau bertahan lebih lama lagi di dalam gedung hanya akan membawa masalah, mereka bertiga pun memutuskan untuk bergegas kembali ke mobil. Pada saat itulah, mereka merasa kalau ada sosok misterius berwarna hitam yang membuntuti mereka.

Menurut pengakuan salah satu orang di antara mereka bertiga, sosok hitam tersebut masih terus membuntuti mereka ke dalam hutan meskipun mereka sudah pergi meninggalkan gedung sekolah. Ia mengaku tidak bisa melihat wujud persis makhluk tersebut, namun ia sadar kalau makhluk tersebut benar-benar membuntuti mereka karena ia beberapa kali melihat sekelabat sosoknya.

Ketika mereka sudah berada dekat dengan mobil, wujud dari sosok tersebut nampak semakin jelas. Saat mereka bertiga sudah berada di dalam mobil, mendadak mereka merasakan kalau ada sesuatu yang besar menghantam mobil tersebut. Namun begitu mereka melihat ke luar, mereka tidak melihat siapa-siapa. Meskipun begitu, pengalaman ini sudah cukup bagi mereka untuk segera pergi meninggalkan tersebut.

Di Sekolah Ini, Diduga Ada Gerbang Lintas Dunia

Ilustrasi gerbang ke dunia lain

Tahun 2000, sepasang paranormal amatir melakukan penyelidikan ke gedung Sekolah Bundar setelah mereka mendengar begitu banyak cerita seram mengenai keangkeran bangunan ini. Kendati mereka belum tiba di gedung sekolah, keanehan sudah terasa ketika sedang menyusuri hutan. Saat sedang melintasi hutan, mereka mengaku mendengar suara-suara aneh seperti batang pohon yang dipukul dan suara tertawa kecil yang sumbernya tidak jelas.

Sesampainya mereka di gedung Sekolah Bundar, fenomena aneh yang menimpa mereka masih belum berhenti. Namun dari sekian banyak keanehan tersebut, salah satu yang paling menarik perhatian mereka adalah ketika mereka melihat ada semacam retakan bercahaya di dinding.

“Kami menatap cahaya tersebut selama beberapa lama, dan pada saat itulah kami melihat ada makhluk yang muncul dari baliknya. Ia terlihat seperti sosok yang bungkuk, namun mustahil untuk mengetahui wajahnya. Kemudian ada lagi yang keluar dari sana... sampai mereka berada di sekitar kami dalam ruangan yang sempit ini,” kata salah seorang paranormal amatir tersebut saat menceritakan pengalamannya.

“Teman saya dan saya bertatap muka satu sama lain, dan langsung bergegas lari. Dia bilang dia sempat melihat ke belakang dan cahayanya sudah menghilang. Namun sosok-sosok itu. Mereka ada di mana-mana,” tambahnya.

Jika cerita mereka memang bisa dipercaya, maka cahaya yang mereka lihat mungkin aslinya merupakan semacam gerbang lintas dimensi, dan makhluk-makhluk halus yang menjadi penunggu sekolah ini aslinya berasal dari tempat lain.

Jika memang demikian adanya, maka hal tersebut sedikit banyak bisa menjelaskan kenapa gedung ini bisa menjadi begitu angker. Sahabat anehdidunia.com biasanya suatu bangunan berubah menjadi angker karena di bangunan tersebut, pernah terjadi peristiwa-peristiwa tragis semisal pembunuhan atau musibah yang merenggut korban jiwa.

Namun insiden macam itu sejauh ini diketahui tidak pernah terjadi di Sekolah Bundar. Seolah-olah makhluk-makhluk halus tersebut datang begitu saja di saat bangunan ini sudah tidak lagi dihuni oleh manusia. Atau mungkinkan di sekolah ini insiden tragis sebenarnya benar-benar pernah terjadi, namun peristiwanya sengaja dirahasiakan dari publik?

Pada akhirnya, di luar semua spekulasi dan hipotesis yang beredar, bangunan yang dulunya penuh dengan anak-anak ini sekarang menjelma menjadi bangunan yang penuh dengan kisah horor.

referensi :
https://fromtinypennies.com/2019/02/11/haunted-house-the-round-schoolhouse/
https://mysteriousuniverse.org/2018/07/high-strangeness-at-a-haunted-japanese-schoolhouse/


close