PLARIUSMODIFIKASI101

Peristiwa Unik yang Terjadi Akibat Wabah Virus Corona

Sunday, April 19, 2020
Wabah virus corona menimbulkan kegemparan massal. Ribuan atau bahkan jutaan orang di seluruh dunia kini senantiasa dilanda rasa was-was karena khawatir jika dirinya atau keluarganya bakal turut menjadi korban. Namun di balik gelombang ketakutan tersebut, terselip pula cerita-cerita unik di tengah wabah. Berikut ini adalah 5 hal unik dan tak terduga yang muncul gara-gara virus corona.

Superhero Ini Tercipta Gara-Gara Virus Corona

Susana Distancia

Jika anda gemar mengikuti perkembang informasi mengenai virus corona, maka anda tentu tahu kalau salah satu metode pencegahan yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan social distancing, atau menjaga jarak dengan orang lain sejauh minimal 1 meter. Tujuannya adalah supaya virus corona tidak mudah menyebar antar manusia.

Meskipun imbauan supaya orang-orang menerapkan social distancing sudah dikumandangkan, nyatanya tetap saja ada orang-orang yang tidak menurutinya. Entah karena orang tersebut menganggap remeh resikonya, atau karena mereka tidak tahu bagaimana cara melakukan social distancing dengan benar.

Untuk mengatasi hal tersebut, pemerintah Meksiko pun kemudian menggunakan metode yang cukup kreatif. Mereka menciptakan karakter superhero wanita dengan nama Susana Distancia. Nama superhero tersebut memiliki arti “jarak yang aman”.

Susana Distancia ditampilkan sebagai sosok wanita berambut panjang yang mengenakan pakaian ketat berwarna mencolok. Sahabat anehdidunia.com ia diperlihatkan juga memiliki kemampuan menciptakan gelembung pelindung yang tembus pandang.

Gelembung tersebut dimaksudkan sebagai ilustrasi bagaimana orang-orang bisa menjaga jarak satu sama lain supaya tidak tertular virus corona. Superhero ini pertama kali muncul dalam video pendek yang kemudian menjadi viral di media sosial Meksiko.

Tidak lama sesudah Susana Distancia menjadi viral di internet, netizen Meksiko beramai-ramai menyindir presiden Meksiko yang justru malah mencium seorang anak ketika sedang mengikuti parade. 

Seolah sadar akan kritikan yang ia terima, presiden Meksiko langsung bertindak sigap. Pada tanggal 20 Maret 2020, presiden Meksiko mengunggah video yang menampilkan dirinya sedang berdiri di dekat anak kecil. Ia kemudian berkata kepada anak tersebut kalau ia menyukainya, namun ia terpaksa tidak menciumnya atas pertimbangan kesehatan.

Akibat Corona, Game Ini Mendadak Jadi Tenar

Plague Inc

Plague Inc. adalah nama dari game asal Inggris yang pertama kali dirilis pada tahun 2012. Dalam game buatan Ndemic Creations ini, pemain diharuskan menyebar virus ke seluruh dunia dan menciptakan wabah. Di saat yang sama, pemain juga harus mencari cara supaya virusnya menyebar sebelum pemerintah dan kalangan ilmuwan bisa menghentikan penyebaran virusnya.

Saat wabah corona merebak seperti sekarang, game ini tanpa diduga-duga kembali menarik perhatian masyarakat luas. Orang-orang beramai-ramai mengunduh dan memainkan game ini supaya mereka bisa lebih memahami mekanisme penyebaran virus dan meningkatkan kewaspadaan mereka di dunia nyata.

Sebanyak 130 juta orang di seluruh dunia dikabarkan sudah mengunduh Plague Inc.. Negara Cina yang menjadi lokasi awal munculnya wabah virus corona menjadi negara dengan jumlah pertambahan pemain terbanyak. Saking banyaknya, pada bulan Januari 2020 game ini menjadi app yang paling laris diunduh di Negeri Tirai Bambu.

Meroketnya popularitas Plague Inc. di lain pihak ternyata mengundang rasa tidak suka dari pemerintah Cina. Pada bulan Februari 2020, game ini diblokir di Cina dengan alasan game ini mengandung “unsur yang dilarang”. Kabar tersebut ditanggapi dengan penuh kekecewaan oleh para pemain Plague Inc. di Cina karena mereka merasa kalau game ini justru membantu meningkatkan kesadaran mereka akan masalah kesehatan berskala besar.

Karena Corona, Kafe Ini Ciptakan Kereta Mini untuk Layani Pelanggan

Kereta unik Kafe bangkok

Sudah disinggung sebelumnya kalau menjaga jarak satu sama lain merupakan metode pencegahan yang dianjurkan supaya tidak tertular virus. Namun bagi mereka yang bekerja di tempat umum semisal kafe, imbauan tersebut tidak mudah untuk diterapkan mengingat pelanggan dan pelayan kafe harus berada dalam jarak yang dekat supaya mudah berinteraksi.

Sebuah kafe di Bangkok, Thailand, lantas menggunakan cara yang kreatif supaya tetap bisa melayani pelanggannya tanpa khawatir bakal tertular. Selain memerintahkan para pegawainya untuk mengenakan masker dan sarung tangan, kafe ini juga menggunakan kereta mini di meja kasir.

Kereta mini ini digerakkan memakai tali dan katrol. Saat ingin mengirimkan pesanan kepada pelanggan di hadapannya, kasir akan menaruh minuman yang dipesan pelanggan di dalam kereta, kemudian menarik tali ke arah pelanggan supaya kereta dan minumannya bergerak menuju pelanggan.

Art of Coffeee adalah nama dari kafe dengan metode pelayanan kreatif ini. Walaupun nampak merepotkan, nyatanya pelanggan di kafe ini menyambut baik tindakan yang digunakan oleh pengelola kafe. Menurut salah seorang pelanggan, metode yang digunakan oleh Art of Coffee justru menunjukkan kalau kafe ini memperhatikan keselamatan pegawai dan pelanggannya.

Korban Amnesia Ini Teringat Kembali Akan Keluarganya Gara-Gara Corona

Zhu Jiaming

Bagi mereka yang memiliki kerabat di luar kota, corona menjadi bencana yang tidak diharapkan. Sebabnya tidak lain karena demi menghambat penyebaran virus ini, sejumlah kota melarang penduduknya meninggalkan rumah. Kemudian jika seseorang dinyatakan positif terjangkit virus corona, orang tersebut bakal diisolasi selama berhari-hari.

Namun bagi Zhu Jiaming, corona justru menjadi perantara yang mempertemukan dirinya kembali dengan keluarganya. Semuanya bermula ketika pada tahun 1990, Zhu meninggalkan kampung halamannya di Provinsi Guizhou, Cina barat daya, untuk bekerja di Provinsi Hubei di bidang konstruksi bangunan.

Malang bagi Zhu, ia mengalami kecelakaan saat tengah bekerja. Akibat kecelakaan tersebut, Zhu mengalami cedera pada otaknya dan kehilangan ingatannya. Lebih buruknya lagi, Zhu juga kehilangan kartu identitasnya. Akibatnya, Zhu pun terpaksa hidup terlunta-lunta di jalanan sebagai seseorang yang bahkan tidak bisa mengingat namanya sendiri.

Beruntung bagi Zhu, ia berpapasan dengan seorang pria murah hati bernama Tan. Merasa iba melihat kondisi Zhu, keluarga Tan memutuskan untuk mengadopsi Zhu. Hingga kemudian, datanglah wabah virus corona yang menyebabkan penduduk di seantero Cina diharuskan tetap berada di dalam rumahnya.

Saat sedang mengikuti berita-berta mengenai corona di TV, Zhu tanpa sengaja melihat acara mengenai Guizhou. Saat itulah, ingatan-ingatan Zhu yang pada awalnya terpendam mulai bermunculan kembali.

Dengan dibantu oleh polisi, Zhu pun bisa berkomunikasi kembali dengan keluarganya lewat perantara siaran video. Namun karena wabah virus corona masih merajarela, Zhu belum bisa pulang ke kampung halamannya. Sahabat anehdidunia.com meskipun begitu, setidaknya keluarga Zhu tahu kalau anggota keluarganya yang selama ini menghilang ternyata masih hidup.

Berkat Corona, Wanita Ini Selamat dari Upaya Pemerkosaan

Ilustrasi pemerkosaan

Pada tanggal 31 Januari di kota Pingba, Cina tengah, seorang wanita yang bernama Yi sedang tinggal sendirian di rumahnya. Di hari itulah, seorang pria bernama Xiao menyelinap masuk ke dalam rumah Yi untuk merampas benda-benda berharga dalam rumah Yi.

Ketika Xiao mengetahui kalau Yi sedang sendirian, Xiao merasa terdorong untuk sekalian memperkosa Yi. Saat ia sedang mencekik Yi untuk memaksanya diam, Yi secara tiba-tiba mendapat ide cemerlang.

Yi spontan berpura-pura batuk sambil mengarang cerita kalau ia baru saja pulang dari Wuhan dan tengah mengkarantina dirinya sendiri. Xiao yang mendengar cerita tersebut langsung merasa ketakutan dan membatalkan niatnya untuk memperkosa Yi. Namun saat kabur, Xiao masih sempat merampas uang milik Yi.

Yi yang sebenarnya sehat-sehat saja kemudian melaporkan peristiwa yang baru ia alami kepada polisi. Namun polisi pada akhirnya tidak perlu bersusah payah mencari Xiao karena Xiao sendirilah yang menyerahkan diri ke hadapan polisi.

referensi :
https://www.usnews.com/news/world/articles/2020-03-21/mexico-turns-to-cartoon-character-for-coronavirus-education
https://www.dw.com/en/mexican-superhero-susana-distancia-swoops-in-to-promote-social-distancing/a-52873960
https://www.bbc.com/news/technology-51673293
https://www.channelnewsasia.com/news/asia/coronavirus-thailand-bangkok-social-distancing-coffee-cafe-12561678
https://mysteriousuniverse.org/2020/03/coronavirus-helps-man-recover-from-30-year-amnesia/
https://www.ibtimes.sg/woman-evades-rape-by-pretending-be-infected-by-deadly-coronavirus-chinas-hubei-province-38891


close