PLARIUSMODIFIKASI101

Seragam Sepak Bola Paling Unik dan Nyeleneh Namun Nyata

Thursday, December 31, 2020

Bagi tim-tim sepak bola, seragam bukan hanya berfungsi sebagai pakaian bagi pemainnya. Seragam juga menjadi cara bagi tim yang bersangkutan untuk menunjukkan identitasnya sambil mendulang pemasukan dari sponsor dan penjualan replika. Itulah sebabnya masing-masing tim selalu berusaha merilis seragam dengan desain sekreatif mungkin. Berikut ini adalah 5 contoh seragam sepak bola paling unik yang pernah ada dalam sejarah sepak bola dunia. 

Baju Tanpa Lengan (Timnas Kamerun, 2002)

Baju Tanpa Lengan Timnas Kamerun
Baju Tanpa Lengan Timnas Kamerun via twitter.com

Jika bicara mengenai tim nasional terkuat di Benua Afrika, maka Kamerun bakal menjadi salah satu nama yang bakal disebut. Pasalnya negara ini terkenal rajin menelurkan pemain-pemain hebat yang melalanglang buana di tim-tim papan atas Eropa. Mulai dari Samuel Eto’o, Alex Song, Geremi Njitap, dan masih banyak lagi.

Banyaknya pemain-pemain kelas dunia yang muncul dari Kamerun lantas turut berdampak pada kualitas timnasnya. Kamerun merupakan salah satu negara Afrika yang paling sering tampil di Piala Dunia. Pada penampilan debutnya di Piala Dunia 1990, Kamerun bahkan pernah mengalahkan juara bertahan Argentina dan melaju hingga babak perempat final.

Kamerun juga pernah tampil di Piala Dunia 2002 yang diselenggarakan di Korea Selatan dan Jepang. Namun dalam turnamen tersebut, Kamerun lebih dikenang dengan seragam timnasnya yang tidak lazim. 

Normalnya baju pemain sepak bola dilengkapi dengan bagian lengan. Namun timnas Kamerun justru menggunakan seragam tanpa lengan layaknya baju pemain basket. Seragam ini juga dikenakan oleh timnas Kamerun saat berhasil menjuarai Piala Afrika 2002 di negara Mali.

FIFA di lain pihak ternyata tidak menyukai seragam unik timnas Kamerun tersebut. Pasalnya bagian lengan baju sepak bola kerap digunakan untuk mencantumkan logo turnamen dan logo FIFA. 

Sebagai jalan tengah, timnas Kamerun yang tampil di Piala Dunia 2002 bakal tetap mengenakan seragam tanpa lengannya. Namun di bawah baju tanpa lengannya, para pemain Kamerun mengenakan baju lengan pendek yang berwarna gelap.

Baju dengan Sponsor Amat Panjang (PSV, 2020)

Baju dengan Sponsor Amat Panjang (PSV, 2020)
Baju dengan Sponsor Amat Panjang (PSV, 2020) via football-tribe.com

Memasang nama sponsor pada bagian dada baju sepak bola di masa kini bukanlah hal yang aneh. Dengan memasang nama sponsor pada seragamnya, tim sepak bola yang bersangkutan berharap mendapat pemasukan dari perusahaan sponsor tadi. Perusahaan sponsor di lain pihak juga diuntungkan karena nama mereka jadi semakin terkenal.

Normalnya tulisan sponsor pada seragam sepak bola hanya mencantumkan satu hingga dua kata supaya lebih mudah diingat oleh penonton sepak bola. Namun seragam yang dikenakan PSV pada bulan Januari 2020 justru menggunakan nama sponsor yang panjangnya mencapai satu paragraf!

Seragam tersebut dikenakan oleh para pemain PSV dalam pertandingan Liga Belanda kontra Twente. Di musim tersebut, PSV biasanya mengenakan seragam dengan nama sponsor Brainport Eindhoven di bagian dadanya. Lantas, mengapa dalam pertandingan tersebut, PSV mengenakan baju yang nama sponsornya nampak seperti kliping surat kabar?

Usut punya usut, Brainport Eindhoven selaku sponsor PSV untuk musim tersebut aslinya bukanlah perusahaan tunggal, melainkan hasil kerja sama dari sejumlah perusahaan dan universitas yang sama-sama bermarkas di kota Eindhoven. 

Sebagai cara untuk menghormati pihak-pihak yang terlibat dalam Brainport Eindhoven, dibuatlah seragam berisi informasi singkat mengenai sejarah PSV beserta kontribusi yang sudah diberikan oleh Brainport Eindhoven.

Baju Satu Potong (Timnas Kamerun, 2004)

Baju Satu Potong (Timnas Kamerun, 2004)
Baju Satu Potong (Timnas Kamerun, 2004) via medcom.id

Satu lagi seragam sepak bola unik dari timnas Kamerun. Hanya berselang dua tahun setelah timnas Kamerun mengenakan seragam tanpa lengan, mereka menggunakan seragam baru yang konsepnya tidak kalah nyeleneh.

Jika dilihat sepintas, seragam timnas Kamerun yang satu ini nampak tidak berbeda dari seragam sepak bola biasa. Bagian atasnya nampak berupa baju lengan pendek berwarna hijau, sementara bawahannya adalah celana pendek berwarna merah. 

Apa yang membuat seragam ini kontroversial adalah seragam ini sebenarnya tidak terdiri dari dua potong pakaian (baju dan celana), melainkan hanya terdiri dari satu potong. Dengan kata lain, bagian kaos dan celana pendek seragam ini sejak awal berada dalam posisi menyatu.

Seperti halnya seragam di tahun 2002, seragam timnas Kamerun yang satu ini juga dikritik oleh FIFA. Pemimpin FIFA menegaskan kalau seragam tersebut melanggar peraturan yang sudah dibuat oleh FIFA. Menurut FIFA, seragam sepak bola haruslah terdiri dari satu atasan, satu bawahan, dan satu pasang kaos kaki.

Bukannya mengganti desain seragamnya seperti yang diinginkan FIFA, Kamerun justru tetap mengenakan seragam tersebut dalam turnamen Piala Afrika 2004. FIFA lantas menanggapinya dengan cara menjatuhkan denda dan pengurangan poin kepada Kamerun untuk kualifikasi Piala Dunia 2006.

Puma selaku perusahaan yang menciptakan seragam ini lantas melawan balik dan membawa kasus ini ke pengadilan. Hasilnya, FIFA memutuskan untuk membatalkan hukumanya, sementara Kamerun kembali mengenakan seragam yang bagian atasan dan bawahannya terpisah.

Semua Warna Baju yang Dikenakan oleh Jorge Campos

Semua Baju yang Dikenakan oleh Jorge Campos
Semua Warna Baju yang Dikenakan oleh Jorge Campos via nssmag.com

Jorge Campos adalah penjaga gawang asal Meksiko yang aktif bermain dari tahun 1988 hingga 2004. Ia bukanlah pemain yang banyak dikenal oleh pemerhati sepak bola Eropa karena karirnya lebih banyak dihabiskan di klub-klub Amerika Serikat dan Meksiko. Namun karena Campos pernah tampil dalam Piala Dunia bersama timnas Meksiko, tetap ada publik sepak bola di luar Amerika Utara yang mengenal dirinya.

Apa yang membuat Campos begitu menarik adalah setiap kali tampil, ia selalu mengenakan seragam yang warnanya nampak amat mencolok bak kostum badut. Sebagian dari kostum tersebut bahkan ada yang desainnya dibuat oleh Campos sendiri. 

Supaya Campos bisa mengenakan kostumnya tanpa melanggar kontrak dengan perusahaan yang memasok seragam timnya (salah satunya Nike), Campos bakal memasang nama sponsor seragam timnya pada baju yang dikenakannya tersebut. Campos juga memiliki toko alat olah raganya sendiri, yaitu ACA Sport.

Warna mencolok yang dikenakan oleh Campos tak pelak membuat dirinya senantiasa nampak menonjol di tengah lapangan. Sampai-sampai ada yang berkelakar kalau kostum yang dikenakan Campos membuat pemain lawan jadi lebih susah berkonsentrasi.

Baju Berbulu (Caribous of Colorado, 1978)

Baju Berbulu (Caribous of Colorado, 1978)
Baju Berbulu (Caribous of Colorado, 1978) via painteres.com

Jika bicara soal seragam sepak bola dengan desain yang nyeleneh, maka biasanya yang terbayang adalah seragam sepak bola dengan kerah atau motif warna yang tidak lazim. Namun seragam yang pernah dikenakan oleh Caribous of Colorado memiliki keunikan yang mungkin tidak akan terpikirkan oleh perancang seragam mana pun.

Caribous of Colorado adalah nama dari klub sepak bola asal Amerika Serikat yang sekarang sudah bubar. Karena sepak bola bukanlah olah raga yang populer di Amerika Serikat, Caribous of Colorado lantas mencoba menggunakan cara ekstrim supaya makin banyak publik Amerika Serikat yang tertarik dengan sepak bola dan tim Caribous of Colorado itu sendiri.

Cara ekstrim yang dimaksud di sini adalah dengan merilis seragam sepak bola yang desainnya lain daripada yang lain. Di bagian dada baju mereka, terdapat bulu-bulu pendek seperti yang biasa kita jumpai pada bagian tepi karpet. Pemakaian bulu tersebut dimaksudkan sebagai cara untuk merefleksikan sejarah Amerika Serikat yang di masa lampau banyak dihuni oleh koboi. 

Jika Caribous of Colorado berharap baju dengan desain unik ini bisa membantu mendongrak popularitas mereka, maka impian tersebut sayangnya tidak terwujud karena Caribous of Colorado keburu dibubarkan di tahun yang sama dengan tahun pembentukannya, yaitu di tahun 1978. Sementara seragam mereka sekarang dikenang sebagai salah satu seragam dengan desain terburuk yang pernah ada dalam sejarah sepak bola.

Sumber :

https://www.dreamteamfc.com/c/news-gossip/387851/cameroon-puma-kit-2006-world-cup/

https://www.footyheadlines.com/2020/01/psv-eindhoven-debuts-longest-ever-sponsor.html

https://www.thefader.com/2018/08/09/jorge-campos-goalie-jersey-design-breakdown-history-mexico-nike-pumas-acapulco

https://www.whoateallthepies.tv/kits/68037/shit-football-kits-colorado-caribous-rodeo-fringe-1978.html




close