PLARIUSMODIFIKASI101

Ngeri Inilah Burung Berbahaya yang Ditakuti oleh Manusia

Friday, January 15, 2021

Burung merupakan hewan yang sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang. Pasalnya burung bisa dipelihara ataupun diambil telur dan dagingnya. Namun selain membawa manfaat, ada juga burung-burung yang sebaiknya diwaspadai karena bisa menyerang manusia. Berikut ini adalah  burung paling berbahaya bagi manusia.

Burung Hantu Bertanduk

Burung Hantu Bertanduk
Burung Hantu Bertanduk via klikhijau.com

Burung hantu sepintas nampak seperti hewan yang jinak. Pasalnya burung ini tidak terlihat menakutkan dan memiliki kebiasaan tidur pada siang hari. Sahabat anehdidunia.com faktanya, burung hantu adalah hewan predator ganas yang biasa terbang berkeliaran mencari mangsanya pada malam hari. Setiap kali burung hantu berhasil mendapatkan mangsanya, ia akan mencabik-cabik mangsanya tersebut dengan memakai paruh dan cakar kakinya yang tajam.

Burung hantu sendiri normalnya bukanlah burung yang berbahaya bagi manusia dan tidak akan menyerang manusia jika tidak diganggu terlebih dahulu. Namun tidak demikian halnya dengan burung hantu bertanduk (Bubo virginianus). Pasalnya burung hantu yang berasal dari Benua Amerika ini diketahui tidak segan-segan menyerang manusia meskipun burung hantu tersebut tidak diusik terlebih dahulu.

Pada tahun 2012 contohnya, sejumlah orang yang sedang berjalan-jalan di taman Seattle mengaku diserang oleh burung hantu bertanduk yang terbang melesat dari atas pohon. Lalu pada tahun 2015, seorang warga yang sedang berlari santai di Salem tiba-tiba diserang oleh burung hantu bertanduk.

Tidak diketahui apa alasan burung hantu bertanduk bisa bertindak agresif kepada manusia. Namun perilakunya tersebut diduga timbul karena burung tersebut ingin melindungi anak-anaknya, pasangan kawinnya, atau wilayahnya. 

Karena burung ini memiliki cakar yang tajam dan cengkeraman kaki yang kuat, serangan yang dilakukan oleh burung hantu bertanduk tidak bisa dipandang remeh. Terlebih lagi karena burung ini memiliki kebiasaan mengincar bagian wajah dan kepala lawannnya saat berhadapan dengan manusia atau hewan yang berukuran lebih besar.

Camar Laut

Camar Laut
Camar Laut via pixabay.com

Camar laut atau seagull adalah burung laut jika dilihat nampak sama sekali tidak berbahaya. Justru warna bulunya yang dominan putih menyebabkan burung ini nampak sebagai burung yang lucu. Padahal burung ini sebenarnya bisa membahayakan manusia jika orang yang bersanagkutan sedang lengah.

Berkebalikan dengan penampilannya yang terkesan lucu dan polos, camar aslinya adalah perompak di dunia burung. Pasalnya burung ini tidak segan-segan menyerang burung laut lain yang sedang membawa ikan untuk mencuri ikannya.

Burung camar bukan hanya berani menyerang burung laut lain. Mereka juga berani mencuri makanan dari manusia jika kondisinya memungkinkan. Sahabat anehdidunia.com burung camar biasanya mencuri makanan dari manusia jika makanan tersebut nampak tidak dipegang dengan erat dan orang yang memegangnya nampak sedang melihat ke arah lain.

Meskipun burung camar tidak bermaksud melukai manusia, tidak jarang manusia yang menjadi korban “pencopetan” camar sampai terluka atau bahkan jatuh karena terhantam oleh sayap atau badan camar. Saking seringnya terjadi aksi pencurian yang dilakukan oleh camar, sejumlah pantai di Inggris sampai memasang rambu peringatan kepada para pengunjungnya supaya berhati-hati.

Magpie Australia

Magpie Australia
Magpie Australia via thenewdaily.com

Magpie adalah burung asal Australia yang bulunya berwarna hitam dan putih. Meskipun nampak tidak berbahaya, burung ini aslinya adalah salah satu burung yang paling ditakuti oleh penduduk Australia. Pasalnya di waktu-waktu tertentu, burung ini bisa bersikap sanagat agresif dan menyerang siapapun yang melintas.

Magpie Australia paling sering berperilaku agresif pada musim semi waktu setempat. Pasalnya musim tersebut merupakan waktu di mana burung magpie membangun sarangnya. Sahabat anehdidunia.com jika ada manusia atau burung lain yang melintas terlalu dekat dengan sarangnya, burung magpie akan langsung terbang meninggalkan sarangnya untuk mengusir manusia yang dianggapnya sebagai ancaman.

Saat menyerang manusia, magpie biasanya mengincar bagian wajah korbannya. Tidak jarang serangan yang dilakukan oleh magpie menyebabkan korbannya mengalami cedera parah pada kulit atau matanya.

Contoh dari serangan magpie tersebut pernah terjadi pada tanggal 26 Oktober 2020 di Melbourne. Saat wartawan dari kantor berita 9News tengah bersiap di depan gedung parlemen untuk melakukan siaran langsung, mendadak ada burung magpie yang menyerangnya di bagian wajah. Untungnya wartawan tersebut nampak tidak mengalami cedera sehingga ia tetap bisa melanjutkan tugasnya.

Lammergeier

Lammergeier
Lammergeier via doesgodexist.today

Vultur adalah burung karnivora yang terkenal berkat ukurannya yang besar dan kebiasaannya untuk memakan bangkai. Atas sebab itulah, vultur pun menjadi hewan yang senantiasa memiliki reputasi angker di mata manusia. Sahabat anehdidunia.com dari sekian banyak vultur yang sudah diketahui oleh manusia, lammergeier atau vultur berjanggut adalah yang menyandang reputasi paling angker.

Tidak seperti vultur lainnya yang kepalanya nyaris botak, lammergeier memiliki kepala dengan bulu yang lebat. Hewan ini tergolong sebagai burung yang besar karena memiliki berat mencapai 7 kilogram dan rentang sayap mencapai 2,8 meter. Habitat lammergeier tersebar di Asia, Afrika Selatan, dan Eropa Selatan.

Seperti vultur pemakan bangkai lainnya, lammergeier gemar menyantap bangkai alias hewan yang sudah mati. Selain melahap daging, lammergeier juga memakan tulang dari bangkai makanannya.

Jika tulangnya kecil, lammergeier akan menelannya bualt-bulat. Namun jika tulangnya besar, lammergeier akan terbang sambil membawa tulangnya ke atas, lalu menjatuhkannya ke batu yang keras. Saat tulangnya sudah patah, lammergeier selanjutnya akan menyantap sumsum yang ada di dalam tulang.

Lammergeier bukanlah burung yang gemar menyerang manusia. Namun menurut catatan dari Yunani Kuno, seniman Athena yang bernama Aeschylus dikabarkan meninggal setelah ada kura-kura yang menimpa kepalanya. 

Kura-kura tersebut konon dijatuhkan oleh lammergeier karena burung tersebut ingin menghancurkan cangkang kura-kura supaya bisa memakan hewan di dalamnya. Namun ternyata cangkang tersebut malah mengenai kepala Aeschylus hingga membuatnya tewas di tempat.

Kasuari

Kasuari
Kasuari via jalaksuren.net

Kasuari harusnya bukanlah burung yang asing bagi anda. Pasalnya habitat liar burung ini terletak di Papua. Dengan kaki yang panjang, jengger berwarna merah terang, dan leher berwarna kebiruan, kasuari nampak sebagai burung yang anggun. Namun jangan tertipu dengan penampilannya karena burung ini justru merupakan salah satu burung paling berbahaya di habitat aslinya.

Akibat ukurannya yang besar, burung kasuari tidak memiliki kemampuan untuk terbang. Namun sebagai gantinya, burung ini bisa berlari hingga kecepatan 50 km/jam. Dengan larinya yang kencang itulah, kasuari bisa menjelajahi lantai hutan dengan cekatan.

Kasuari bukan hanya menggunakan kakinya untuk berlari, tetapi juga untuk membela diri. Jika kasuari merasa marah atau terancam, kasuari bisa menendang dan menusuk lawannya memakai kuku kakinya yang amat tajam seperti silet. 

Jika manusia sampai terkena tendangan kasuari, orang tersebut bisa mengalami pendarahan dan patah tulang. Namun mimpi buruknya belum sampai di sana. Kasuari juga bisa melompat dan kemudian menginjak lawannya hingga tidak bisa lagi melarikan diri.

Kasus manusia diserang oleh kasuari sudah beberapa kali terjadi, namun serangan-serangan tersebut jarang ada yang sampai membuat korbannya meninggal. Satu dari sedikit kasus orang meninggal akibat diserang kasuari pernah terjadi pada tahun 1926. Saat itu, sejumlah pemuda lokal yang sedang berburu tiba-tiba diserang oleh kasuari. Salah seorang di antara mereka meninggal setelah kasuari tersebut melompat ke atasnya.

referensi :

https://themysteriousworld.com/most-dangerous-birds/ https://www.britannica.com/list/6-of-the-worlds-most-dangerous-birds https://en.wikipedia.org/wiki/Great_horned_owl https://www.sciencefocus.com/nature/seagulls-are-they-getting-more-aggressive/ https://indianexpress.com/article/trending/trending-globally/magpie-attacks-australian-reporter-moments-before-he-goes-on-air-6896175/



close