PLARIUSMODIFIKASI101

Gede Banget! Patung Terbesar yang Tidak Menampilkan Sosok Manusia

Sunday, February 28, 2021

Sepanjang sejarahnya, sudah begitu banyak patung-patung yang dibuat oleh manusia. Selain menampilkan sosok manusia dan tokoh terkenal, ada pula patung-patung yang menampilkan sosok-sosok bukan manusia. Mulai dari hewan hingga makhluk mitologi. Berikut ini adalah 5 patung raksasa dari berbagai belahan dunia yang tidak menampilkan sosok manusia.

Gajah Erawan

Gajah Erawan
Gajah Erawan via onestep4ward.com

Thailand dikenal dengan tempat-tempat wisatanya yang amat beragam. Mulai dari wisata pantai, wisata perkotaan, hingga wisata bertema sejarah dan kerajaan. Gajah Erawan adalah contoh tempat wisata Thailand yang menunjukkan sisi budaya dan mitologi khas Thailand. 

Gajah Erawan adalah sebutan untuk patung gajah raksasa yang terletak di ibukota Bangkok. Patung tersebut menampilkan sosok gajah berkepala 3 yang masing-masing kepalanya menghadap ke 3 arah berbeda. 

Patung Gajah Erawan terbuat dari perunggu. Patung yang sama memiliki tinggi 29 meter, panjang 39 meter, dan berat 250 ton. Wujud patung Gajah Erawan yang unik sekaligus menjulang tinggi menyebabkan patung ini bakal menarik perhatian siapapun yang melewati lokasi patung tersebut.

Sosok gajah berkepala 3 dalam patung Gajah Erawan terinspirasi dari Airawata (Erawan kalau dalam bahasa Thailand), gajah tunggangan Dewa Indra dalam kisah agama Hindu. Selain memiliki 3 kepala atau lebih, Airawata juga digambarkan memiliki kulit berwarna putih.

Patung Gajah Erawan terletak di atas bangunan Museum Erawan. Di dalam museum tersebut, pengunjung bisa menyaksikan koleksi benda-benda seni bertema agama Buddha dan budaya khas Thailand. Selain sebagai museum dan tempat wisata, kompleks Museum Erawan juga berfungsi sebagai kuil agama Buddha.

Benda-benda seni yang ada di dalam Museum Erawan aslinya adalah koleksi pribadi milik milyarder Lek Viriyaphan. Supaya benda-benda seni koleksinya bisa dinikmati oleh masyarakat umum dan tetap berada dalam kondisi terjaga, Viriyaphan pun mendirikan Museum Erawan.

Sphinx

Sphinx
Sphinx via wikipwdia.org

Peradaban Mesir Kuno dikenal sebagai peradaban maju di masa lampau. Saat peradaban tersebut masih berdiri, mereka pernah mendirikan bangunan-bangunan yang ukurannya amat besar, bahkan untuk standar zaman sekarang. Patung Sphinx Giza adalah contoh dari bangunan tersebut.

Patung Sphinx Giza adalah patung raksasa di kota Giza yang menampilkan sosok Sphinx, makhluk dalam mitologi Yunani Kuno yang memiliki wujud singa berwajah manusia. Kebetulan Yunani dan Mesir lokasinya memang saling berseberangan di Laut Mediterania.

Patung Sphinx Giza berada tidak jauh dari kompleks piramid raksasa Giza. Patung ini memiliki panjang 73 meter dan tinggi 20 meter. Patung Sphinx Giza merupakan salah satu patung tertua yang masih berdiri karena patung ini diperkirakan berasal dari abad ke-26 SM.

Sejarawan umumnya meyakini kalau wajah yang ada pada patung tersebut aslinya menampilkan wajah raja atau firaun Khafre. Pada masa pemerintahan Khafre pulalah, piramid terbesar kedua di Giza dibangun. 

Namun kalau menurut Vassil Dobrev dari lembaga riset Perancis di Mesir, Sphinx aslinya dibangun pada masa pemerintahan firaun Djedefre, saudara Khafre. Wajah yang ada pada Sphinx tersebut aslinya adalah wajah Khufu, ayah dari Djedefre.

Bagian hidung dan janggut pada patung Sphinx nampak sudah hilang. Namun selain kerusakan kecil tersebut, patung yang sama secara umum berada dalam kondisi amat baik. Suatu hal yang amat mengagumkan mengingat patung ini sudah berusia lebih dari 3.000 tahun.

Kelpies

Kelpies
Kelpies via wanerintwo.com

Kelpie adalah makhluk dalam mitologi Skotlandia yang ditampilkan sebagai roh penghuni danau. Menurut kisahnya, kelpie memiliki wujud menyerupai kuda, namun bisa berubah wujud menjadi seperti manusia.

Untuk mengabadikan sosok kelpie, sejumlah patung raksasa yang menampilkan sosok kelpie pun didirikan di Skotlandia, tepatnya di dekat Sungai Carron. Patung tersebut diberi nama Kelpies dan menggunakan bahan logam.

Patung Kelpies didesain oleh pematung Andy Scott dan selesai dibangun pada tahun 2013. Namun baru pada bulan April 2014, Kelpies dibuka untuk umum. Di tahun pertama usai pembukaan perdananya, Kelpies sudah dikunjungi oleh hampir 1 juta orang. 

Ada 2 patung Kelpies yang dibangun dan keduanya menampilkan sosok menyerupai kepala kuda. Jika patung yang pertama menampilkan kuda dengan posisi kepala yang merunduk, maka patung kedua menampilkan kuda yang kepalanya sedang mendongak.

Kelpies memiliki tinggi mencapai 30 meter dan berat 300 ton. Dengan tingginya yang menjulang tersebut, Kelpies pun menjadi salah satu patung tertinggi di Inggris. Pemilihan sosok kelpie dan kuda pada sosok-sosok patung tersebut dimaksudkan untuk menyimbolkan pentingnya peran kanal dalam sejarah industri dan transportasi Skotlandia.

Gundam

Patung Gundam
Patung Gundam via phys.org

Bagi mereka yang gemar menonton anime atau mengoleksi action figure, maka nama Gundam pastinya bukanlah nama asing bagi anda. Gundam adalah nama dari robot raksasa yang memiliki fungsi sebagai kendaraan perang luar angkasa. 

Berkat popularitasnya yang tinggi di dalam dan di laur Jepang, Gundam sudah muncul dalam beraneka media hiburan. Mulai dari anime, game, hingga action figure. Belakangan, Gundam juga muncul dalam wujud patung raksasa sungguhan.

Patung Gundam raksasa tersebut memiliki tinggi hampir 20 meter dan pertama kali dipajang untuk umum pada tahun 2017.  Patung tersebut terletak di kota Tokyo. Tidak jauh dari lokasi patung tersebut, terdapat kafe bertema Gundam dan toko yang menjual segala macam pernak-pernik terkait Gundam. 

Selain untuk mempromosikan Gundam itu sendiri, pendirian patung Gundam juga dimaksudkan sebagai tempat wisata baru. Pasalnya pada tahun 2020, Tokyo bakal menjadi tuan rumah ajang olah raga Olimpiade. Namun akibat wabah Covid-19, penyelenggaran Olimpiade terpaksa diundur hingga waktu yang belum jelas.

Patung Gundam di Tokyo sendiri ternyata bukanlah satu-satunya patung Gundam yang ada di Negeri Sakura. Pada bulan Desember 2020 lalu, patung Gundam setinggi 18 meter juga didirikan di kota Yokohama. 

Jatayu

Patung Jatayu terletak di Chadayamangalam
Patung Jatayu via merahmuda.com

India adalah negara terbesar di Asia Selatan dan salah satu negara terbesar di dunia. Di negara itu pulalah, terdapat patung burung terbesar di dunia. Jatayu adalah nama dari patung megah tersebut.

Patung Jatayu terletak di Chadayamangalam, India selatan. Dalam kisah agama Hindu, Jatayu diceritakan sebagai burung ajaib yang sayapnya terpotong saat mencoba menghentikan Rahwana, tokoh antagonis utama dalam kisah Ramayana.

Sosok Jatayu dalam patung ini sendiri digambarkan sedang terbaring dengan sayap yang terentang dan kaki yang menghadap ke atas. Seolah-olah ia sedang berjuang melawan kematian.

Patung Jatayu memiliki panjang 61 meter, lebar 46 meter, dan tinggi 21 meter. Ukuran Jatayu yang luar biasa besar lantas menjadikan patung ini sebagai salah satu patung terbesar di dunia.

Ukuran Jatayu yang luar biasa besar lantas menjadikan patung ini sebagai salah satu patung terbesar di dunia. Patung ini pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 2018. Patung Jatayu didirikan di atas bukit kecil sehingga pengunjung yang berada di lokasi patung ini bisa sekalian menikmati hamparan pemandangan di sekitarnya.

Patung Jatayu didirikan untuk menyimbolkan semangat dalam melindungi keselamatan dan kehormatan kaum wanita. Kebetulan di dalam kisahnya, Jatayu bertarung melawan Rahwana karena Rahwana ingin menculik Sita. Menurut keyakinan masyarakat setempat, lokasi tempat didirikannya patung ini merupakan lokasi di mana Jatayu dulu tewas saat mencoba melindungi Sita.

referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Great_Sphinx_of_Giza https://en.wikipedia.org/wiki/The_Kelpies https://en.wikipedia.org/wiki/Jatayu_Earth%27s_Center_Nature_Park https://yourthaiguide.com/erawan-museum-and-the-three-headed-elephant/ https://www.japantimes.co.jp/news/2017/09/24/national/gundams-20-meter-replacement-statue-unveiled-odaiba/ https://english.kyodonews.net/news/2020/12/78edcc1608c5-life-size-moving-gundam-statue-unveiled-at-yokohama-theme-facility.html



close