PLARIUSMODIFIKASI101

Pulau Kecil Indonesia yang Terkenal Punya Sejarah Angker

Wednesday, February 10, 2021

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan jumlah pulau yang mencapai ribuan. Selain pulau-pulau besar seperti Kalimantan, Jawa, dan sebagainya, ada pula pulau-pulau kecil yang keberadaannya belum tentu diketahui oleh orang Indonesia sendiri. Berikut ini adalah 5 pulau kecil di Indonesia yang memiliki kisah seram di baliknya.

Pulau Kumala

Pulau Kumala
Pulau Kumala via nativeindonesia.com

Pulau Kumala adalah pulau kecil yang terletak di tengah-tengah Sungai Mahakam, Kalimantan Timur. Di masa kini, Pulau Kumala dikenal sebagai tempat wisata yang ramai. Banyaknya wahana hiburan di pulau ini menyebabkan Pulau Kumala sampai dijuluki sebagai Ancol-nya Kutai Kertanegara.

Dengan melihat hal tersebut, rasanya sulit membayangkan kalau pulau ini ternyata juga memiliki cerita horor tersendiri. Sahabat anehdidunia.com menurut cerita yang diyakini penduduk sekitar, Pulau Kumala aslinya adalah kapal besar yang karam di tengah laut dan kemudian secara berangsur-angsur berubah menjadi pulau.

Meskipun kebenaran cerita tersebut tidak bisa dibuktikan, nyatanya sering ada penampakan sosok hantu menyerupai pelaut di Pulau Kumala. Pelaut tersebut diyakini sebagai arwah dari awak kapal yang kapalnya dulu terdampar dan berubah menjadi Pulau Kumala. Suara klakson kapal dikabarkan juga pernah terdengar di Pulau Kumala meskipun sedang tidak ada kapal yang melintas.

Cerita mistis seputar Pulau Kumala belum berhenti sampai di sana. Menurut sejumlah saksi mata, sosok misterius kerap menampakkan diri di dekat pondok yang ada di pulau. Sosok tersebut diduga masih memiliki hubungan dengan genderuwo karena sosok tersebut diceritakan tinggi besar, berwarna hitam, dan memancarkan warna merah dari matanya.

Pulau Onrust

Pulau Onrust
Pulau Onrust via kataomed.com

Kepulauan Seribu merupakan gugus kepulauan kecil yang terletak di sebelah utara Jakarta. Satu dari sekian banyak pulau yang menyusun Kepulauan Seribu adalah Pulau Onrust. Pulau tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan berkat pemandangan pantainya yang indah dan banyaknya peninggalan bertema sejarah. Peninggalan-peninggalan itu pulalah yang disinyalir menjadi penyebab angkernya Pulau Onrust.

Kisah mengenai Pulau Onrust dapat ditelusuri sejak masa penjajahan Belanda. Pada awalnya, Pulau Onrust digunakan oleh pemerintah kolonial Belanda untuk menampung orang-orang yang baru saja melakukan perjalanan haji ke Arab Saudi. Tujuannya untuk memastikan supaya para jemaah haji tidak memiliki penyakit menular sebelum mereka dibiarkan kembali ke tempat tinggalnya masing-masing.

Tahun 1933, pemerintah Hindia Belanda mengubah fungsi Pulau Onrust sebagai penjara bagi tahanan politik. Saat Jepang ganti menjajah Nusantara, banyak orang yang dieksekusi di Pulau Onrust. Jejak kesadisan tersebut masih dapat terlihat hingga sekarang dalam wujud makam-makam di Pulau Onrust yang tidak ada nisannya.

Hal-hal tadi lantas mungkin menjadi penyebab mengapa di Pulau Onrust sekarang banyak penampakan dan suara misterius. Sahabat anehdidunia.com dari sekian banyak penampakan yang ada, salah satu penampakan yang paling terkenal adalah penampakan hantu Maria Van de Velde. Setiap kali ia menampakkan diri, sosoknya diceritakan nampak mengenakan gaun khas Belanda.

Menurut kisahnya, Maria pada awalnya hendak menikah dengan orang yang dicintainya. Pernikahannya ternyata tidak direstui oleh orang tuanya sehingga kekasih Maria kemudian dikirim menjadi tentara Belanda. Sebagai akibatnya, pasangan Maria pun tidak bisa hadir pada hari pernikahannya dengan Maria. Maria yang kecewa kemudian melakukan bunuh diri sehingga arwahnya kemudian bergentayangan hingga sekarang.

Pulau Kelor

Pulau Kelor
Pulau Kelor via kataomed.com

Pulau Onrust bukanlah satu-satunya pulau di Kepulauan Seribu yang menyimpan kisah angker di baliknya. Pulau Kelor juga memiliki sisi gelap serupa. Hal yang cukup mengejutkan mengingat pada siang hari, pulau ini memiliki pemandangan khas pantai yang indah sehingga banyak dikunjungi oleh wisatawan.

Pulau Onrust memiliki benteng bernama Martello yang sudah berdiri sejak abad ke-17. Oleh Belanda, benteng tersebut difungsikan sebagai garis depan untuk menghalau pasukan Portugis yang hendak menyerbu Batavia. Itulah sebabnya benteng ini dilengkapi dengan meriam dan gudang senjata. Supaya pasukan yang menjaga benteng aman dari serangan musuh, benteng ini dilengkapi dengan celah-celah di dindingnya untuk mengintip musuh dari dalam.

Karena statusnya pula sebagai pulau benteng di masa lampau, pernah ada tentara Belanda yang meninggal dan kemudian dikuburkan di pulau ini. Itulah sebabnya pulau ini oleh orang-orang Belanda dikenal dengan nama Kerkhof (Kuburan). Sahabat anehdidunia.com sementara dalam bahasa Indonesia, Pulau Kelor juga dikenal dengan sebutan Pulau Kuburan.

Benteng yang ada di Pulau Kelor sekarang menjadi obyek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Namun kalau menurut kesaksian warga lokal, pada malam hari kerap terdengar suara derap kaki tentara dan hiruk pikuk misterius. Seolah-olah arwah para tentara yang mendiami pulau ini menolak untuk beristirahat dengan tenang dan masih ingin berperang.

Pulau Galang

Pulau Galang
Pulau Galang via antaranews.com

Perang Vietnam memang berlangsung di luar wilayah Indonesia. Namun sebuah pulau kecil di dekat perbatasan utara Indonesia pernah menjadi saksi bisu dari dampak Perang Vietnam. Pasalnya pulau yang sekarag menjadi bagian dari gugus Kepulauan Riau tersebut pernah menjadi tempat penampungan orang-orang Vietnam yang melarikan diri keluar negaranya dengan memakai perahu sederhana. 

Ada sekitar 250 ribu orang Vietnam yang pernah ditampung di Pulau Galang. Saat mereka berhasil berlabuh di Pulau Galang, mereka langsung membakar kapal yang mereka naiki supaya tidak dikirim kembali ke negaranya. Mereka kemudian dikirim ke tempat penampungan khusus yang dikelola oleh PBB dan dijaga oleh petugas.

Para pengungsi yang tinggal di tempat pengungsian dilarang keras untuk meninggalkan pulau. Pasalnya ada kekhawatiran kalau sebagian di antara mereka tengah mengidap Vietnam rose, semacam penyakit menular seksual yang aslinya merupakan hasil mutasi dari penyakit sifilis.

Istilah Vietnam rose (mawar Vietnam) digunakan karena mereka yang menderita penyakit ini nampak memiliki bercak-bercak merah di alat kelaminnya. Penyakit Vietnam rose juga lebih sulit diobati dibandingkan sifilis. Atas pertimbangan itulah, petugas tidak segan-segan menembak mati pengungsi Vietnam yang mencoba melarikan diri keluar pulau.

Tahun 1997, para pengungsi di Pulau Galang sudah dipulangkan ke Vietnam atau dikirim ke negara lain. Namun kisah suram yang pernah menyelimuti Pulau Galang tak pelak memberikan reputasi angker bagi pulau ini hingga sekarang.

Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan kupang.tribunnews.com

Inilah salah satu pulau paling ditakuti di Indonesia. Terletak di seberang pantai selatan Pulau Jawa, di Pulau Nusakambangan terdapat penjara yang digunakan untuk menyekap para tahanan pelaku kejahatan berat. Mulai dari bandar narkoba, pelaku pembunuhan berencana, hingga teroris.

Supaya para tahanan yang menjaga dikurung pulau ini tidak bisa melarikan, bagian sekeliling pulau dilengkapi dengan kawat berduri. Sahabat anehdidunia.com polisi yang ada di pulau ini juga senantiasa melakukan patroli ketat. Kalaupun ada yang berhasil melarikan diri keluar bangunan penjara, ia masih harus menerobos hutan lebat dan lautan yang mengelilingi pulau.

Jika itu masih belum cukup menakutkan, di Pulau Nusakambangan juga terdapat sebuah tempat bernama Lembah Nirbaya. Di lembah itulah, tahanan yang dijatuhi vonis hukuman mati bakal menjalani eksekusinya. Mereka yang dibawa ke Lembah Nirbaya bakal meninggalkan lembah dalam kondisi sudah menjadi mayat.

Pulau Nusakambangan sendiri ternyata sudah dioperasikan sebagai penjara saat Indonesia masih belum merdeka. Adalah pemerintah kolonial Hindia Belanda yang sejak tahun 1908 memanfaatkan pulau ini sebagai penjara terpencil. Saat Indonesia merdeka, pulau ini melanjutkan fungsinya sebagai Alcatraz-nya Indonesia (Alcatraz adalah pulau penjara di Amerika Serikat yang terkenal akan kebrutalan sipir dan tahanannya).

referensi:

https://www.minews.id/kisah/5-pulau-paling-angker-di-indonesia-berani-ke-sana https://archive.netralnews.com/news/rsn/read/99202/ingin-tahu-kisah-mistis-pulau-kumala-kutai-kaltim-ini-dia https://www.suara.com/lifestyle/2019/10/11/054000/travel-mistis-kisah-maria-van-de-velve-si-cantik-penghuni-pulau-onrust?page=all https://www.suara.com/lifestyle/2019/10/18/061111/wisata-sejarah-mengunjungi-pulau-kuburan-di-kepulauan-seribu?page=all https://kumparan.com/selidik/pulau-onrust-yang-penuh-misteri https://www.batamnews.co.id/berita-12433-vietnam-rose-penyakit-paling-menakutkan-bagi-pengungsi-vietnam-di-pulau-galang.html https://www.99.co/blog/indonesia/fakta-lapas-nusakambangan-penjara-angker/



close