Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukan Romantis Dan Bahagia Ternyata Lagu Terkenal Ini Mengandung Lirik Mengerikan

Salah satu hal terbaik tentang musik adalah kesan unik yang ditinggalkannya pada setiap pendengar. Setiap orang memang sejatinya mengakhiri sebuah lagu dengan suasana hati yang berbeda, mendengarkan bagian yang berbeda, dan dengan pemahaman yang berbeda tentang apa arti lagu yang mereka dengarkan.

Sementara itu penulis lagu sering kali menggunakan narasi yang samar-samar ini untuk menyelinap ke dalam konsep yang entah bagaimana nyatanya cukup menyeramkan untuk dijelaskan. Dengan menggunakan susunan kata yang ambigu, lirik yang tersembunyi dan terabaikan, atau produksi ceria yang menipu, penulis dapat lolos dengan menyembunyikan banyak hal dalam lagu mereka.

Berikut kami telah merangkum 7 deretan lagu pop terkenal yang ternyata mengandung lirik yang cukup mengerikan.

Semi-Charmed Life oleh Third Eye Blind

Semi-Charmed Life oleh Third Eye Blind
Semi-Charmed Life oleh Third Eye Blind via amazon.com

Semi-Charmed Life oleh Third Eye Blind adalah contoh lagu yang cukup terkenal dari fenomena 'melodi yang menarik/lirik gelap', terutama karena kegelapan terang-terangan yang hadir di dalam liriknya. Diceritakan lagu ini terinspirasi dari seseorang yang kecanduan pada narkotika berjenis meth crystal dan mengejar kesetaraan degradasi seksual. Sahabat anehdidunia.com pasti tidak menyangka ya lagu yang nadanya mencerminkan keceriaan dan kebahagiaan ini di baliknya justru menyimpan kesedihan mendalam.

MMMBop oleh Hanson

MMMBop oleh Hanson
MMMBop oleh Hanson via devianart.com

"MMMBop" adalah salah satu lagu pop yang berusaha sekuat tenaga untuk membuat kamu mengabaikan liriknya sepenuhnya, dengan chorus yang pada dasarnya hanyalah serangkaian suku kata yang tidak masuk akal.

Walaupun memiliki chorus yang sangat menyenangkan telinga, lirik lagu dari lagu MMMbop pada dasarnya berisi semua keluhan tentang hidup, persilihan hingga rasa sakit tiada tara, sehingga cukup aneh apabila didengarkan untuk tujuan menyenangkan diri.

Beberapa liriknya bahkan berisi tentang penyesalan setelah kematian, seakan-akan seseorang tidak akan pernah menemukan hal yang menyenangkan selama hidupnya dulu.

Beautiful oleh James Blunt

Beautiful oleh James Blunt
Beautiful oleh James Blunt via liriklagu.insekuy.com

Kebanyakan orang berpikir "Beautiful" hanyalah lagu cinta biasa layaknya "When I See You Smile" dan "You Were Meant For Me." Hal ini bahkan dapat dilihat dari sifat lagu yang tidak terlalu dinamis sehingga mendorong pendengar untuk mendengarkan dan menikmati apa yang mereka dengar.

Lirik lagunya bahkan cukup biasa seperti, “Aku melihat seorang malaikat”… sesuatu… Dia tersenyum padaku di kereta bawah tanah… ”… sesuatu…“ Kamu cantik / Kamu cantik / Kamu cantik.

Benar-benar nampak tidak aneh bukan untuk sebuah lagu romantis yang menyenangkan telinga para pendengarnya. Namun nyatanya kegelapan lagu beautiful, muncul setelah James Blunt melakukan wawancara dan secara sengaja menjelaskan lagu tersebut menurut versinya, versi pembuatnya.

James Blunt mengatakan dalam wawancara dengan Huffington Post tersebut bahwa, lagu “You're Beautiful” bukanlah lagu romantis yang lembut yang menyenangkan. Bahkan sebaliknya, dirinya mengatakan bahwa lagu tersebut bercerita tentang seorang pria yang tinggi seperti layang-layang berada di kereta bawah tanah dan sedang mengintai pacar orang lain.

Intinya orang tersebut adalah pria mesum atau penjahat kelamin yang harus ditangkap.

Hey Ya dari Outkast

Hey Ya dari Outkast
Hey Ya dari Outkast via hitzop.com

"Hei Ya" merupakan salah satu lagu hip hop yang berasal dari Atlanta, Amerika. Dinyanyikan oleh Outkast, lagu Hey Ya, pada dasarnya memiliki melodi yang cukup menyenangkan, ritme yang cepat, dan juga bagi chorus yang sangat nagih untuk dinyanyikan berulang-ulang.

Lagu ini bahkan sempat menghiasi banyak tempat hiburan musik hingga karaoke karena sisi karismatik dan anggapan orang-orang bahwa lagu ini memang menyenangkan dan pantas untuk mengisi setiap klub yang ada di daratan Amerika.

Lagu Hei Ya tetap menjadi pilihan banyak masyarakat Amerika, bahkan ketika mereka tau, lagu ini mengandung deretan lirik yang begitu gelap dan menyedihkan, bahkan jika bandingkan dengan musiknya yang menyenangkan, hal ini terlihat seperti langit dan bumi.

Salah satu lirik lagunya menceritakan tentang sepasang kekasih yang selalu berkumpul namun nyatanya juga harus berpisah. Ya, cukup sedih untuk sebuah lagu yang terdengar menyenangkan. Atau memang orang-orang saat itu lebih memilih memandang hal sedih dengan cara yang menyenangkan. 

Pumped Up Kicks oleh Foster The People

Pumped Up Kicks oleh Foster The People
Pumped Up Kicks oleh Foster The People via knowyourmeme.com

"Pumped Up Kicks" adalah lagu kecil sederhana yang dengan ajaibnya malah cukup untuk membuat band Foster the People menjadi nama yang hampir banyak dikenal oleh generasi anak muda selama beberapa tahun di awal tahun 2010. 

Meskipun band ini tidak akan pernah meraih kembali kesuksesannya, namun lagu Pumped Up Kicks mampu untuk bertahan dengan baik, masih sering dimainkan di radio pop dan latar belakang beberapa film tertentu.

Dari segi lagu, memang aset yang paling menarik adalah walk-up / walk-down bass sederhana yang mendasari seluruh lagu. Bahkan hingga lagu selesai, tidak ada yang banyak berubah dengan komposisi tersebut. Sehingga lagu satu ini menjadi cukup menarik dan diminati oleh banyak remaja.

Namun jika kamu benar-benar menikmati lagu ini, maka tunggu hingga kamu mengetahui lirik yang sebenarnya. Sahabat anehdidunia.com tentu saja lirik tersebut dibuat se-Amerika mungkin, dengan beberapa bumbu penembakan masal, anak kulit putih yang di bully, dan penutup berupa keadaan hidup bersama seorang ayah pemabuk.

Move oleh Goo Goo Dolls

Move oleh Goo Goo Dolls
Move oleh Goo Goo Dolls via tribunnews.com

Cukup sederhana untuk menjelaskan mengapa lagu ini cukup gelap, perhatikan beberapa lirik dalam lagunnya / Oh, Mei, apakah kamu ingin menikah atau melarikan diri?/ Bukankah kamu menyukai kehidupan yang kamu bunuh? /Pastor sedang menelepon, ayahmu menabrak tembok, ibumu tidak mengakui kamu/

Bagaimana? Cukup puas?

Sementara itu menurut penulis Johnny Rzeznik, lagu ini bercerita tentang pasangan muda dalam lingkungan Katolik ketat yang memutuskan apakah akan menggugurkan anak mereka dan jika melakukannya akan berarti melakukan pelecehan dan dosa besar.

99 Luft Balloons oleh Nena

99 Luft Balloons oleh Nena
99 Luft Balloons oleh Nena via youtube.com

Band Jerman Barat Nena diekathui sukses besar dengan lagu mereka "99 Luft Balloons" dan booming di pasaran. Kesuksesan mereka sedemikian besar sehingga membuat anak-anak Amerika di tahun 80-an saling menyanyikan lagu tersebut dalam bahasa Jerman.

Padahal jika dilirik dari versi bahasa Jerman, lagu ini nyatanya menceritakan sebuah narasi yang cukup puitis tentang sekelompok balon yang disalahartikan sebagai ancaman udara oleh pilot pesawat tempur, yang kemudian berakhir sebagai perang bom nuklir. Di akhir cerita bumi dan umat manusia punah akibat perang tersebut. 

referensi :

https://listverse.com/2021/05/20/top-10-songs-that-arent-as-innocent-as-you-think/ https://kumparan.com/tandaseru-tv/5-kisah-mengerikan-di-balik-lagu-populer-dunia/full