Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Barang Koleksi Pribadi Paling Aneh yang Pernah Dimiliki Manusia

Orang suka menyimpan memorabilia atau kenang-kenangan yang mengingatkan mereka pada momen manis atau membantu mereka menghidupkan kembali tempat-tempat yang pernah mereka kunjungi. Namun, manusia memiliki sifat untuk melekat pada benda, beberapa orang malah menganggapnya terlalu berlebihan dengan memiliki sejumlah besar koleksi yang menjadikannya lebih dari sekadar kolektor biasa. 

Mereka bangga dengan temuan langka mereka, dan bagi mereka yang cukup beruntung untuk melihatnya, pemandangannya luar biasa. Baik itu diatur dalam ruangan, kotak, dan bahkan bidang yang luas, koleksi pribadi bisa sama berharganya dengan pameran museum bagi mereka yang membuat dan memujanya. 

Jika kamu penasaran dengan koleksi pribadi yang aneh, berikut daftar 7 teratas yang akan membuatmu terkagum-kagum.

1. Tanda Jangan Ganggu

Rainer Weichert
Rainer Weichert  via newlyswissed.com

Tanda Jangan Ganggu merupakan barang populer di hotel dan motel tempat para tamu menggunakannya untuk memberi tahu pengunjung atau petugas kebersihan bahwa mereka tidak dapat diganggu atau dihubungi karena alasan tertentu.

Tetapi tahukah kamu bahwa seorang pria dari Jerman menjadi terkenal karena koleksi mengesankannya yang terdiri dari 11.570 Tanda Jangan Ganggu dari berbagai hotel? 

Adalah Rainer Weichert yang mungkin satu-satunya orang di dunia yang mengenali nilai dari benda yang sebenarnya cukup sederhana ini. Obsesinya yang aneh dengan Tanda Jangan Ganggu membuatnya menjadi pemegang rekor dunia pada 2014. 

Sejak 1990, Rainer telah bepergian ke 188 negara. Dan dalam setiap perjalanannya, dia mengumpulkan tanda-tanda tersebut dari berbagai bentuk dan desain. Dari tanda-tanda modern dalam bahasa Inggris hingga bahasa isyarat.

Baca juga Koleksi Para Kolektor Yang Tidak Biasa

2. Kursi Miniatur

Kursi Miniatur
Kursi Miniatur via dawn.com

Di Amerika Serikat, adalah Barbara Hartsfield yang memiliki koleksi kursi miniatur terbesar di dunia, tanpa ada yang duduk di atasnya. Pada tahun 2008, Barbara memiliki sekitar 3.000 kursi yang telah ia kumpulkan selama 10 tahun, sebuah pencapaian mengesankan dan cukup aneh tentunya yang membuatnya menjadi Pemegang Rekor Dunia Guinness. 

Bekerja sebagai perawat psikiatri, Barbara harus menulis artikel keperawatan. Untuk masuk ke dalam "Fokus menulis", dirinya memutuskan untuk membeli kursi kecil dan boneka kecil untuk membantunya fokus. Saat berbelanja miniatur kursinya, dirinya melihat koleksi lain, dan dalam waktu singkat menjadi koleksi tersebut pun menjadi hobinya.

3. Kantong Udara dari Pesawat

Kantong Udara dari Pesawat
Kantong Udara dari Pesawat via merdeka.com

Bagi kebanyakan dari kita, perjalanan menggunakan pesawat adalah kesempatan terbaik untuk melihat-lihat gambar pemandangan indah atau terhubung dengan orang asing. Namun bagi Niek Vermeulen dari Belanda, traveling juga bisa menjadi kesempatan untuk mengoleksi kantung udara.

Semangat Niek Vermeulen untuk mengoleksi kantong udara yang berfungsi untuk menampung muntah tersebut muncul saat dirinya bertaruh dengan seorang teman untuk melihat siapa yang akan paling banyak mengoleksi benda tersebut. 

Karena itulah, sejak 1986, ketika Niek mulai membangun koleksi tas mabuk udara terbesar, koleksinya berkembang pesat, dan 26 tahun kemudian, dia mencetak rekor dunia. Pada tahun 2012, Niek Vermeulen memenangkan taruhan tersebut ketika dirinya berhasil masuk ke dalam Guinness Book dengan 6.290 kantong muntah yang dikumpulkan dari 1.191 maskapai penerbangan di setidaknya 200 negara. 

4. Pernak-pernik Hamburger

Pernak-pernik Hamburger
Pernak-pernik Hamburger via huffpost.com

Meskipun sulit untuk mengukur siapa yang paling menyukai Hamburger di dunia ini, Harry Sperl, a.k.a. Hamburger Harry, mungkin adalah penggemar hamburger nomor satu. Kecintaan Harry Hamburger pada perlengkapan hamburger atau pernak-pernik Hamburger dimulai ketika dirinya mencari alat peraga untuk menjual drive-in vintage. 

Saat itu dirinya membeli hamburger plastik karena berpikir mungkin akan membuat nampan terlihat lebih menarik. Lebih dari pada itu, Harry malah merasa pilihannya terlihat luar biasa, akibatnya selama 26 tahun ke depan, dirinya memilih untuk membeli banyak Hamburger plastik untuk bersenang-senang.

Pada tahun 2014, Guinness Book mengakui koleksi benda-benda terkait hamburger Harry Sperl, yang menampilkan 3.724 item. Di antara koleksinya, Harry memiliki beberapa koleksi yang mencakup burger khusus Harley Davidson dan tempat tidur air hamburger.

5. Penggaruk punggung

Penggaruk punggung
 Penggaruk punggung via indiatimes.com

Manfred Rothstein - seorang dokter kulit profesional – selama puluhan tahun mengembangkan hobinya terkait penggaruk punggung ketika dia menerima demo cara menggunakan penggaruk plastik dari Atarax tepat saat dirinya menuju ke sana. 

Sejak itu, Rothstein mulai mengumpulkan penggaruk dari semua sejenisnya yang ada dalam perjalanannya. Belakangan, Manfred bahkan mulai menerima sumbangan dari pasien, teman, dan donor yang mengetahui obsesinya uniknya. Beberapa jenis penggaruk punggungnya bahkan memiliki bentuk unik seperti cakar buaya, tulang rusuk yang diukir dengan tangan, hingga cakar kanguru. 

6. Jam

Jack Schoff
Jack Schoff via seacoastonline.com

Jack Schoff dari Amerika Serikat adalah seorang pria yang terobsesi dengan waktu atau lebih tepatnya jam. Di dindingnya, dia memiliki koleksi jam terbesar di dunia. Jack, menceritakan hobinya mengumpulkan jam dimulai pada tahun 2003, yang kemudian membuat Guinness World Book of Records pada tahun 2010, mendaftarkan 1.509 jam fungsional miliknya sebagai sebuah rekor dunia. 

Jack Schoff, yang bekerja sebagai tukang pipa galangan kapal Angkatan Laut, mulai mengumpulkan jam ketika masalah kesehatan memaksanya untuk tinggal di rumah. Saat itu, dia merasa bahwa membongkar jam dan menyatukannya kembali adalah cara yang baik untuk menyibukkan dirinya. Namun nyatanya kegiatan kecil Jack berubah menjadi hobi obsesif saat dia mengunjungi obral pekarangan untuk membeli jam.

Bahkan para tetangganya ikut menyumbangkan dengan meninggalkan jam di depan pintu rumahnya, membantunya membuat salah satu koleksi jam terbesar di dunia.

7. Kotak Pizza

Pizza Boxes
Scott Wiener via atlasobscura.com

Scott Wiener dari Brooklyn lebih suka menyimpannya sisa dari pizza yang dimakannya, yaitu kotaknya di apartemennya. Pada tahun 2013, Scott memegang rekor dunia untuk koleksi 595 kotak pizza. 

Scott memulai hobinya pada perjalanan tahun 2008 ke Israel, Scott Wiener melihat kotak pizza paling artistik yang pernah dia lihat. Saat itulah dia menyadari bahwa kotak pizza bisa menjadi salah satu item menarik. 

Sejak itu, Scott telah mengumpulkan kotak pizza unik dari seluruh dunia. Dengan bantuan dari keluarga, teman, dan penggemar, dia mengembangkan koleksinya, satu kotak dalam satu waktu. Scott bahkan menerbitkan buku, “Viva La Pizza! The Art of the Pizza Box, ”untuk membagikan koleksinya yang menakjubkan kepada dunia. Dengan lebih dari 1.500 kotak dan terus bertambah, Scott meminjamkan kotaknya ke museum dan pameran untuk berbagi kecintaan akan pizza.

referensi :

https://listverse.com/2021/03/27/top-10-strangest-personal-collections/