Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Konspirasi Paling Aneh Dalam Kancah Musik Internasional

Musik merupakan salah satu cabang dunia hiburan yang paling banyak peminatnya. Hampir semua kalangan menyukai dan menikmati hiburan ini. Ini dikarenakan sangat beragamnya genre musik di seluruh dunia. Jika kita bertanya kepada setiap orang yang kita temui, pasti masing-masing dari mereka memiliki lagu atau penyanyi favorit mereka. Dari mulai sekadar suka, sampai mengidolakan penyanyi dengan mengetahui segala tentang kehidupan sang penyanyi.

Para pelaku industri musik yang sukses pasti memiliki kehidupan bermusik yang berbeda-beda. Ada yang terkenal dalam waktu singkat, terkenal dalam waktu yang lama, atau bahkan ada yang terkenal hingga menjadi legenda. Selain itu, para musikus banyak yang bergelimang harta karena hasil dari karya mereka. Sementara itu, ada pula musikus yang mengalami depresi karena ketenarannya. Karena bermacam persoalan yang dihadapi para pemusik, muncul beberapa konspirasi paling aneh dalam dunia musik internasional mengenai kehidupan dan karya para pemusik tersebut.

1. Supertramp Meramalkan Tentang Kejadian 9/11

Supertramp Meramalkan Tentang Kejadian 9/11
Supertramp Meramalkan Tentang Kejadian 9/11 via soundcloud.com

Supertramp adalah band rock Inggris yang didirikan di London pada tahun 1970. Album mereka yang rilis tahun 1979, berjudul "Breakfast In America" memiliki sampul yang diklaim oleh salah satu pendengar meramalkan serangan teroris di New York pada 11 September 2001. Sampul album menunjukkan perspektif jendela pesawat terbang dengan kota New York dan menara kembar WTC sebagai latar belakang. Sementara di luar tampak ada pramugari memegang jus jeruk.

Tema pesawat yang digabungkan dengan kota New York hanyalah salah satu konspirasi Supertramp tentang kejdian 9/11. Ahli teori konspirasi mengklaim bahwa ketika gambar dibalik, huruf “U” dan “P” dari nama band akan membentuk tulisan  “911” di atas menara kembar. Mereka juga mengatakan kata "breakfast" (sarapan) meramalkan bahwa serangan itu terjadi di pagi hari. Sepertinya ini hanya kebetulan, karena  tidak ada band Inggris yang tahu bahwa Al Qaeda akan menyerang New York dua puluh dua tahun sebelum peristiwa itu benar-benar terjadi.

2. Courtney Love Membunuh Kurt Cobain

Courtney Love Membunuh Kurt Cobain
Courtney Love Membunuh Kurt Cobain via bodyartguru.com

Kurt Donald Cobain adalah seorang musisi Amerika yang terkenal sebagai gitaris, penulis lagu, dan pentolan band rock Nirvana. Courtney Michelle Love adalah penyanyi, penulis lagu, dan aktris Amerika yang menikah dengan Kurt Cobain. Kedua selebritas itu menikah pada tahun 1992 setelah hanya empat bulan berpacaran. Dalam catatan remi, Cobain bunuh diri dengan menembak dirinya sendiri pada tahun 1994 setelah menderita depresi. Upaya bunuh diri pertamanya terjadi di Roma hanya enam minggu sebelumnya. Teori yang dikemukakan oleh Tom Grant menyatakan bahwa Courtney bertanggung jawab atas kematian suaminya.

Grant adalah penyelidik pribadi Courtney yang disewa untuk menemukan Cobain setelah musisi tersebut melarikan diri dari pusat rehabilitasi setelah percobaan bunuh diri pertamanya. Dalam film dokumenter Soaked in Bleach, Grant mengklaim bahwa Cobain tidak dapat menarik pelatuk senapan karena saat itu dia sedang dipengaruhi heroin. Grant juga percaya bahwa catatan bunuh diri Cobain adalah palsu. Penggemar Cobain banyak yang menerima teori ini sebagai kebenaran. Sebagian besar dari penggemar juga kesal dengan rilisan album Coutney yang berjudul Live Through This yang hanya beberapa hari setelah kematian Cobain. Mereka percaya dia menyewa pembunuh bayaran untuk membunuh suaminya karena perceraian yang sudah di depan mata. Departemen Kepolisian Seattle dan orang-orang yang dekat dengan Cobain, termasuk manajer Nirvana, Danny Goldberg, tidak setuju dengan teori tersebut.

3. Stevie Wonder Tidak Buta

Stevie Wonder Tidak Buta
Stevie Wonder Tidak Buta via thepersonage.com

Dikenal dengan nama panggung Stevie Wonder, Stevland Hardaway Morris adalah salah satu pencipta lagu dan musisi paling sukses. Dia dianggap sebagai legenda soul, jazz, funk, rock, dan pop. Dia dikenal sebagai musisi tuna netra atau buta. Tapi tidak semua orang percaya bahwa musisi legenda ini memiliki gangguan penglihatan. Sahabat anehdidunia.com pada tahun 2014, sebuah video beredar yang terlihat seperti Stevie Wonder menangkap mikrofon yang tidak sengaja dijatuhkan oleh Paul McCartney di atas panggung. Para pemercaya konspirasi bertanya, bagaimana orang buta bisa melakukan itu? 

Para pemercaya konspirasi juga menunjukkan bahwa dia menulis lagu-lagu yang mendeskripsikan suatu pemandangan, yang seharusnya hanya dapat ditulis oleh orang yang bisa melihat. Selain itu Stevie juga pernah terlihat menikmati pertandingan bola basket dengan menonton langsung di kursi depan stadion. Untuk mendukung teori ini ada suatu penyataan resmi bahwa tidak semua orang yang secara hukum dinyatakan buta itu benar-benar tanpa penglihatan sama sekali. Dalam kasus Stevie, itu tidak benar. 

Lahir enam minggu prematur, Stevie Wonder menjadi buta tak lama setelah kelahirannya dikarenakan  oksigen yang digunakan di inkubator rumah sakit untuk menstabilkan kondisinya saat itu. Namun, fakta bahwa dia memang suka bercanda tentang status gangguan penglihatannya, seperti ketika dia mengatakan akan menerbangkan pesawat.

4. Rihanna Anggota Illuminati

Rihanna Anggota Illuminati
Rihanna Anggota Illuminati via merdeka.com

Robyn Rihanna Fenty adalah penyanyi terkenal dari Saint Michael, Barbados. Dia memiliki banyak lagu sukses sejak karirnya dimulai pada tahun 2000-an. Pada 2019, ia menjual 251 juta unduhan dan nada dering yang memecahkan rekor. Untuk seseorang yang begitu sukses, tidak mengherankan Rihanna memiliki berbagai konspirasi atas namanya. Mulai dari memiliki mata reptil yang tidak berkedip hingga menjebak Chris Brown. Teori penting lainnya adalah bahwa dia adalah bagian dari Illuminati. Dan tidak hanya anggota, tetapi beberapa penggemar mengklaim dia juga dijodohkan dengan Chris Brown, yang juga disangkakan sebagai anggota Illuminati.

Desas-desus dimulai pada 2012 ketika Rihanna mendapatkan tato silang miring di lehernya. Salib diagonal adalah salah satu simbol Freemason, dan penggemar percaya dia menunjukkan aliansinya dengan hal itu. Pada 2018, keyakinan bahwa Rihanna adalah bagian dari Illuminati menimbulkan kontroversi selama kunjungannya ke Senegal. Rihanna terbang ke Dakar untuk menghadiri konferensi Kemitraan Global untuk Pendidikan.

Tapi dia menghadapi protes dari 30 kelompok agama menentang Freemasonry. Oumar Diagne, juru bicara koalisi kelompok agama, menyatakan, “Rihanna bahkan tidak menyembunyikannya. Dia adalah bagian dari Illuminati. " Rihanna memiliki referensi ke simbol Illuminati dalam video musiknya sejak tahun 2012. Misalnya, video S&M-nya memanggilnya Putri Illuminati, dan video Umbrella diisi dengan piramida. Namun, itu lebih untuk memainkan publisitas yang dibawa rumor tersebut.

5. Jimi Hendrix Dibunuh Manajernya Sendiri

Jimi Hendrix Dibunuh Manajernya Sendiri
Jimi Hendrix Dibunuh Manajernya Sendiri via bukalapak.com

James Marshall Hendrix, lebih dikenal sebagai Jimi Hendrix, adalah seorang penyanyi, penulis lagu, dan musisi Amerika. Meskipun karir utamanya hanya berlangsung empat tahun, ia secara luas dianggap sebagai salah satu gitaris listrik paling berpengaruh dalam sejarah musik populer, dan salah satu musisi paling terkenal di abad ke-20. Hall of Fame Rock and Roll menggambarkannya sebagai instrumentalis terbesar dalam sejarah musik rock. Hendrix meninggal pada September 1970 karena tersedak muntahannya sendiri. Pemeriksaan mayat menunjukkan perutnya dipenuhi dengan barbiturat, juga dikenal sebagai obat pemicu tidur atau pelemas otot. Kematian Hendrix dianggap sebagai kecelakaan tragis sampai James “Tappy” Wright memberikan penjelasan yang berbeda. 

Dalam bukunya tahun 2009 yang berjudul Rock Roadie, Wright menjelaskan bahwa manajer Hendrix, Michael Jeffery, membunuh gitaris tersebut. Wright mengklaim Jeffery mencekok paksa obat-obatan itu kepada Hendrix sehingga dia bisa mengeklaim asuransi jiwa. Wright menjelaskan bahwa Jeffrey takut dia akan diganti dengan manajer baru dan juga merupakan penerima polis asuransi jiwa Hendrix senilai 2 juta Dollar AS. Dalam buku tersebut, Wright menjelaskan bahwa Jeffrey mengaku kepadanya pada tahun 1971, dengan mengatakan bahwa dia "harus melakukannya". Sejak Jeffrey meninggal dalam kecelakaan pesawat di atas Prancis pada tahun 1973, kita tidak pernah mendengar pembelaannya atas tuduhan ini.

referensi

https://listverse.com/2021/04/25/top-10-weird-music-conspiracies/

https://en.wikipedia.org/wiki/Jimi_Hendrix