Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Katanya sih Ini Video Terkutuk yang Mampu Membuat Trauma Mereka yang Menontonnya, Anda Percaya?

Selama ribuan tahun, manusia telah menutup diri dan memiliki rasa takut cukup besar akan kekuatan kutukan. Entah hal itu dibawa oleh dewa yang murka, penyihir yang kuat, atau pertemuan sejarah berdarah-darah, namun yang pasti kutukan telah menjengkelkan jiwa-jiwa yang malang sejak awal kehidupan bermasyarakat.

Namun seiring perkembangan zaman, kehadiran kutukan itu pun muncul dalam berbagai budaya internet, yang kemudian merujuk pada gambar, video, audio, dan hal lainnya, yang tentunya sangat mengganggu dan misterius. Media yang 'terkutuk' ini pun mampu menjadi bagian khusus dari meme, yang dimaksudkan untuk mengganggu, menakut-nakuti, atau menantang, bukan menghibur. 

Berikut kami telah merangkum deretan video dan film yang menunjukkan berbagai macam kutukan yang berbau supernatural serta mampu membuat traumatis mereka yang menontonnya. 

1. Internet - Rubber Johnny

Internet - Rubber Johnny
Internet - Rubber Johnny via devianart.com

Merupakan salah satu video terkutuk pertama yang menghantui masa-masa awal YouTube, dan pada masa itu, video ini seringkali menyelinap ke dalam folder tersembunyi dan mengganti nama URL komputer yang disusupi sebagai salah satu cara populer untuk mengisengi teman. 

Dibuat sebagai film seni eksperimental dan video musik untuk lagu "Afx237 v.7" oleh komposer elektronik Aphex Twin, film ini menampilkan rasa jijik dan tidak nyaman dari dinding ke dinding. Fokus utamanya adalah seorang pemuda cacat di kursi roda, kepalanya tertunduk. Dia mulai menari mengikuti trek EDM sementara anjing chihuahua-nya menonton. Tapi penglihatan malam yang kabur dan pengeditan cepat yang berhasil menyajikan pemandangan dengan urutan tidak menentu, membuat mual, dan sangat mengganggu.

2. Supernatural - Komersial Tisu Jepang Terkutuk

Supernatural - Komersial Tisu Jepang Terkutuk
Supernatural - Komersial Tisu Jepang Terkutuk via kaskus.com

Pada tahun 1986, serangkaian tiga iklan dirilis untuk perusahaan tisu. Iklan ini menampilkan aktris Jepang Keiko Matsuzaka berpakaian serba putih duduk di tempat tidur jerami di samping seorang anak kecil berpakaian seperti raksasa. Awalnya semuanya nampak normal, tapi kemudian iklan yang sebenarnya akan mulai muncul.

Sambil dihiasi dengan lagu cinta yang menghantui dan hampa diputar di latar belakang hingga mampu memberikan kesan suasana yang sangat menakutkan hingga iklan selesai.

Konon kabarnya, banyak yang mengira lagu itu sebenarnya adalah pengerjaan ulang modern dari kutukan Jerman kuno. Banyak pemirsa menelepon dan mengeluh sehingga iklan tersebut dihapus. Tapi dihapus atau tidak, nyatanya kutukan itu tetap ada. Dikatakan bahwa sebagian besar pemeran dan kru iklan meninggal secara misterius, aktris utama melahirkan bayi iblis, dan ribuan orang yang hanya menonton klip itu menjadi gila.

3. Internet - Peti Mati Nenek Saya

Internet - Peti Mati Nenek Saya
 Internet - Peti Mati Nenek Saya via cuob.com

Video ini mengerikan, bukan hanya karena isinya tetapi juga entahlah sangat di luar kewajaran. Bercerita tentang, seorang pria yang berkomunikasi hanya melalui ASL dan menjelaskan bahwa pemakaman lokalnya sangat salah dikelola dan tidak dapat mempertahankan kualitas mayat (sangat tidak masuk akal bukan?) sehingga dirinya memutuskan untuk menyimpan peti mati nenek buyutnya di halaman rumahnya sendiri. Di atas tanah. 

Lebih buruk lagi, video itu makin menggila saat dirinya membuka peti mati untuk memperlihatkan tubuh sang nenek yang sebagian membusuk, yang kemudian dia cium. Di mulut. Dia mencium mayat membusuk di mulut. Cukup gila bukan?

4. Internet - Manusia tersesat di katakombe Paris

Internet - Manusia tersesat di katakombe Paris
Internet - Manusia tersesat di katakombe Paris via youtube.com

Meskipun keasliannya meragukan, klip ini cukup menakutkan. Jaringan terowongan labirin yang luas yang dikenal sebagai Katakombe Paris menjalar di bawah kota Prancis. Meskipun dalam jarak sekitar satu mil dari struktur merupakan area terbuka untuk tur namun sisanya terlarang. 

Di sinilah para pencari sensasi dan pemburu hantu sering menemukan cara mereka untuk masuk ke bagian terlarang dan menjelajahi bagian gelap yang ada. Pada salah satu episode yang tayang di tahun 2000 dari acara Keluarga ABC "Tempat Paling Menakutkan di Bumi," rekaman yang diduga ditemukan di Catacomb memperlihatkan seorang penjelajah solo tersesat di terowongan terlarang dan mengalami disorientasi dalam kegelapan.

Dalam video tersebut, pria itu menjelajahi terowongan dengan tenang, tetapi secara bertahap dia mulai bergerak semakin cepat dan akhirnya menjatuhkan kamera genggamnya dan berlari menjauh. Kamera terus memotret setelah dia tidak terlihat, menunjukkan terowongan yang gelap dan sunyi yang menimbulkan pertanyaan: apakah dia kehilangan arah dan panik di sana, atau apakah dia lari dari sesuatu?

5. Internet - Pita Penguntit Kroasia

Internet - Pita Penguntit Kroasia
Internet - Pita Penguntit Kroasia via youtube.com

Video ini sempat diklaim sebagai rekaman asli yang ditemukan dan dirilis oleh otoritas Kroasia untuk menemukan pembuat asli video tersebut. Dalam rekaman itu terdapat dua remaja Kroasia saat mereka sedang menguji kamera video baru mereka di taman. 

Pada akhirnya, mereka memperhatikan bahwa seorang pria yang tampaknya mengikuti mereka. Pria itu bungkuk dan mirip kera, serta bagian kepalanya ada karung. Anehnya dan lucu dalam konteks lain, pria tersebut semakin dekat dan lebih dekat dengan remaja tadi, hingga akhirnya tepat di sebelah mereka. 

Pada remaja itu pun langsung lari ke gedung terdekat hingga tampaknya mereka telah selamat. Namun nyatanya kengerian itu malah makin bertambah ketika dua remaja tersebut membuka lift dan berteriak penuh horor.

6. Internet - Pita Kencan Video

Internet - Pita Kencan Video
Internet - Pita Kencan Video via youtube.com

Video ini juga, tampaknya sangat masuk akal. Sementara banyak orang berasumsi bahwa video ini palsu seperti kebanyakan lainnya, namun fakta yang ada akan membuat banyak penontonnya bertanya-tanya apa yang sebenarnya terjadi.

Video ini berasal dari VHS di mana seorang pria tengah merekam sebuah profil kencan video. Dengan kemeja Hawaii, dan di depan latar belakang tropis, pria ini duduk dan memperkenalkan dirinya, menjelaskan segala kelebihannya sehingga cocok menjadi pasangan romantis yang luar biasa. 

Hingga pada satu titik, suara yang keluar dari kamera tiba-tiba saja mengganggu dan membuatnya marah. Kedengarannya seperti seorang wanita, mungkin tersedak, mengerang dan menjerit kesakitan dan ketakutan. 

Pria ini murka, berteriak suara tersebut untuk tutup mulut dan bangun untuk menghadapinya hingga keadaan mulai tenang begitupun dengan sosok pria tadi.

Diakhir video pun kamu akan bertanya-tanya, apakah dirimu baru saja melihat sebuah rekaman yang dibuat oleh seorang wanita malang yang diculik oleh seorang maniak gila?

7. Supernatural - Pertanda

Supernatural - Pertanda
Supernatural - Pertanda via indiatoday.in

Produser Harvey Bernhard mengatakan pada awal produksi film "The Omen" tahun 1976 bahwa, "iblis sedang bekerja dan dia tidak ingin film itu dibuat." Dan yang mengerikannya hal tersebut mungkin saja benar. 

Hanya dua bulan sebelum syuting dimulai, putra bintang Gregory Peck diketahui bunuh diri. Sementara itu, selama pembuatan film, pesawat Peck disambar petir. Pesawat produser Mace Neufeld juga disambar petir. Sambaran petir lain hampir saja menghantam Bernhard sendiri. IRA atau teroris republik Irlandia dikabarkan mengebom hotel tempat Neufeld menginap. 

Tidak hanya itu, sebuah pesawat yang awalnya dijadwalkan untuk mengambil foto udara untuk film tersebut, tetapi yang di-restart pada menit terakhir, diketahui jatuh dan menewaskan semua orang di dalamnya. 

Seorang penangkar hewan di lokasi syuting juga diserang oleh harimau dan mati karena luka-lukanya. Seorang asisten supervisor efek khusus John Richardson bahkan terpenggal dalam kecelakaan mobil. 

Yang menjadi pertanyaannya, Apakah itu semua kebetulan? 

Antara Ya dan tidak, atau hampir pasti. Namun tetap sulit untuk mengabaikan seberapa banyak kebetulan tragis yang terjadi.

Sumber :

https://listverse.com/2021/05/21/top-10-cursed-videos/