Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mumi-mumi di Dunia Nyata yang Memiliki Sejarah Aneh dan Unik

Anehdidunia.com - Mumi merupakan metode pemakaman jenazah dengan cara diawetkan. Praktik mumifikasi ini ditemukan di peradaban zaman dahulu. Mumi yang paling kita kenal adalah mumi yang berasal dari peradaban Mesir Kuno. Para Firaun yang meninggal dunia dimakamkan dengan cara mumi. Sudah banyak mumi yang berasal dari Mesir Kuno yang ditemukan dan diteliti guna mengetahui gambaran kehidupan pada masa Mesir Kuno.

Tak jarang, mumi dikaitkan juga dengan kekuatan gaib. Mulai dari kutukan, sihir, dan semacamnya. Seperti mumi firaun Tutankhamun yang terkenal dengan kutukannya yang mencelakai beberapa orang yang melakukan penelitian terhadapnya. Ternyata, bukan hanya mumi Mesir yang ada di dunia ini. Mumi yang berasal dari tempat lain pun tak kalah menarik dari segi sejarahnya. Bahkan kita akan berdecak kagum ketika mengetahui kisah keanehan di baliknya. Berikut beberapa mumi yang memilki kisah atau sejarah yang aneh dan unik.

1. Mumi Palsu yang Patah Tulang

Mumi Palsu yang Patah Tulang
Mumi Palsu yang Patah Tulang via listverse.com

Pada tahun 2000, polisi Pakistan menangkap beberapa orang yang mencoba menjual mumi. Artefak yang disita dikirim ke Museum Nasional di Karachi. Tak lama kemudian, sebuah konferensi pers mengumumkan bahwa mayat itu milik seorang putri Persia yang meninggal sekitar 600 SM. Penemuan itu sangat langka sehingga Iran dan Pakistan memperebutkan untuk memiliki mumi kerajaan tersebut. Tetapi kemudian ditemukan bahwa mumi ini banyak keanehan. Tulisan di penutup dadanya, yang menunjukkan nama dan keluarganya, memiliki kesalahan tata bahasa. 

Dia disebut sebagai Rhodugune, yang ternyata itu merupakan nama Yunani, bukan Persia. Alas bambu yang ada di bawah tubuhnya juga baru berusia 50 tahun. Para ahli khawatir itu adalah mumi kuno lain yang dihiasi dengan barang-barang kerajaan palsu untuk mendapatkan harga yang lebih tinggi. Kebenarannya lebih aneh. Wanita itu ternyata tidak kuno. Dia meninggal sekitar tahun 1996 karena patah leher. Pukulan dari benda tumpul juga telah membuat tulang punggungnya patah. Ada banyak pertanyaan yang belum terjawab. Siapa dia? Apa yang terjadi pada hari dia meninggal dan siapa yang membuat tubuhnya menjadi mumi?

2. Mumi yang Hamil

Mumi yang Hamil
Mumi yang Hamil via listverse.com

Pada abad ke-19, Universitas Warsawa menyambut kedatangan mumi Mesir baru. Mereka senang karena kedatangan mumi itu merupakan hal yang penting. Menurut tulisan di peti mati yang rumit itu, peti mati itu berisi seorang pendeta bernama Hor-Djehuty. Tapi "perdagangan mumi" pada masa itu penuh dengan ketidakjujuran. Para pedagang yang tidak jujur itu mengambil jenazah apa saja dan meletakkannya di dalam peti mati untuk dijual. Pemindaian dan investigasi baru-baru ini berhasil mengungkapkan penipuan ini.

Pada tahun 2016, jenazah Hor-Djehuty di-rontgen dan ternyata kekhawatiran akan mumi palsu ini bisa terbukti. Jenazah itu bukan milik pendeta melainkan seorang wanita tak dikenal. Para peneliti pun lebih terkejut lagi. Bagaimana tidak, pemindaian menunjukkan bahwa wanita tersebut hamil 6 atau 7 bulan. Jadi ternyata saat proses mumifikasi, bayi yang sedang dikandung oleh jenazah itu tidak dikeluarkan terlebih dahulu. Akhirnya, mumi wanita itu menjadi satu-satunya mumi hamil di dunia.

3. Mumi Burung Dodo Korban Pemburuan

Mumi Burung Dodo Korban Pemburuan
Mumi Burung Dodo Korban Pemburuan
 listverse.com 

Museum Natural Oxford adalah rumah bagi burung dodo yang terkenal. Burung tersebut merupakan satu-satunya spesies yang punah yang masih memiliki jaringan lunak. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang evolusi burung dodo, para peneliti memindai kepala mumi burung itu, dan menemukan butiran timah bersarang di tengkorak. Jadi, burung tersebut hidup selama tahun 1600-an sampai kemudian seorang pemburu muncul di belakangnya dan menembak kepala burung dodo. Pemburuan burung dodo memang hal yang lazim di negara asalnya, Mauritius.

Penemuan itu mungkin tidak terdengar aneh sama sekali. Tetapi fakta bahwa burung tersebut ditembak di Mauritius, dan sampai ke London dalam keadaan masih terawetkan patut dipertanyakan. Hal ini dikarenakan pada masa itu, perjalanan dari Mauritius ke London merupakan perjalanan yang sangat panjang dan memakan waktu yang sangat lama. Ini berarti seseorang memumifikasi bangkai burung dodo tersebut sehingga bisa awet hingga sampai di London. Padahal, diketahui bahwa tidak ada orang yang pada masa itu yang memiliki pengetahuan tentang mumifikasi.

4. Mumi Firaun yang Ikut Berperang bersama Tentaranya

Mumi Firaun yang Ikut Berperang bersama Tentaranya
Mumi Firaun yang Ikut Berperang bersama Tentaranya via listverse.com

Ini tentang mumi firaun yang bernama Seqenenre Taa II. Pada masa pemerintahannya, terjadi perang mematikan dengan orang-orang Hyksos yang menduduki Mesir. Putra dan ahli warisnya meninggal di medan perang, tetapi tidak ada yang tahu bagaimana firaun itu sendiri meninggal. Mumi Seqenenre Taa II ditemukan pada tahun 1886. Tengkoraknya memiliki luka terbuka yang mengerikan di dahi dan tubuhnya juga berbau tidak enak. Ini menunjukkan bahwa dia terbunuh selama serangan, dan dibalsem dengan terburu-buru. Pada tahun 2021, sebuah studi baru menemukan lebih banyak luka.

Selain luka tujuh sentimeter di dahinya, Seqenenre Taa II juga mengalami luka di hidung, pipi, dan di atas mata kanan. Firaun juga telah ditikam di pangkal lehernya. Karena tidak ada luka pertahanan di lengannya, ada kemungkinan bahwa dia diikat saat itu. Sudut luka juga menunjukkan bahwa dia sedang berlutut ketika dia dikepung dan dibunuh dengan senjata seperti kapak, pedang, dan benda tumpul. Cara kematiannya menunjukkan bahwa Seqenenre Taa II ditangkap dan dieksekusi di medan perang. Dengan demikian, maka legenda firaun yang ikut bertempur bersama tentaranya di medang perang memang benar adanya.

5. Mumi Firaun Wanita yang Mati Muda

mumi firaun
mumi firaun via listverse.com

Mumi Mesir pertama yang mencapai Irlandia adalah Takabuti. Dia tiba pada tahun 1834 dan tulisan hieroglif di peti mati menjelaskan bahwa Takabuti adalah putri seorang pendeta. Dia juga menikah dan berusia 20-an ketika dia meninggal sekitar 660 SM. Tapi pertanyaannya tetap ada. Mengapa dia meninggal begitu muda? Di zaman modern, Takabuti diuji DNA dan dipindai.

Keduanya mengungkapkan kejutan. Tes DNA menunjukkan bahwa secara etnis, dia lebih terkait dengan orang Eropa daripada orang Mesir modern. Pemindaian berhasil menunjukkan bagaimana dia meninggal. Takabuti diserang dari belakang dan ditikam dengan kejam sampai mati. Selain penemuan tragis ini, penemuan tak terduga lainnya adalah bahwa dia memiliki dua kondisi langka. Takabuti memiliki tulang belakang dan gigi yang lebih banyak dari manusia normal.

6. Mumi Bayi yang Disangka Sebagai Elang

Mumi Bayi yang Disangka Sebagai Elang
Mumi Bayi yang Disangka Sebagai Elang via listverse.com

Pada 2018, Museum Maidstone di Inggris sedang melakukan pemindaian salah satu mumi manusia. Setelah itu mereka berpikir untuk meneliti mumi yang lain. Saat itu, di museum tersimpan tidak hanya mumi manusia, tetapi juga mumi hewan. Tim berpikir bahwa, saat mereka sibuk dengan pemindai, mereka ingin memindai salah satu mumi hewan untuk pertama kalinya. Salah satu makhluk yang mereka pilih adalah elang. Pihak museum selama ini selalu mengira bahwa burung itu merupakan hewan peliharaan berharga keluarga firaun. Tubuhnya dimumikan dengan hati-hati dan petinya didekorasi dengan indah dengan gambar elang.

Tapi saat mumi dipindai, diketahui ternyata kerangka itu bukan milik burung. Awalnya, tulang-tulang itu tampak seperti milik monyet, tetapi kemudian terungkap kebenaran lain. Secara mengejutkan, diketahui bahwa Itu adalah bayi manusia yang cacat. Anak laki-laki itu menderita anencephalic, suatu kondisi yang mungkin membunuhnya saat lahir. Otaknya hampir tidak ada. Anak itu juga kekurangan sebagian besar tengkoraknya dan tulang punggungnya tidak tertutup. Dia juga memiliki celah di langit-langit dan bibir. Di Mesir kuno, biasanya anak-anak dimakamkan di dalam pot. Hal itu berarti, mumi bayi tersebut melanggar tradisi ini. Dia jelas dihormati dan diperlakukan dengan hati-hati. Tetapi masih belum jelas mengapa dia tidak dimakamkan di dalam pot seperti tradisi pada umumnya.

Sumber:

https://listverse.com/2021/05/16/top-10-mummies-with-strange-untold-stories/