Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kekuatan Super yang Benar-Benar Dimiliki oleh Manusia di Dunia Nyata

Anehdidunia.com - Manusia dikenal sebagai makhluk yang rapuh dengan kemampuan fisik yang terbatas. Itulah sebabnya manusia menciptakan aneka macam alat bantu supaya bisa menjalani aktivitas sehari-harinya dengan lebih mudah. Namun bagi orang-orang ini, apa yang normalnya mustahil atau berbahaya bagi manusia justru bukanlah apa-apa bagi mereka. Pasalnya orang-orang berikut memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan karakter-karakter di film fiksi ilmiah.

Ingatan Super

Stephen Wiltshire
Stephen Wiltshire  via grid.id

Setiap orang memiliki kemampuan mengingat yang berbeda-beda. Ada orang yang bisa langsung mengingat nama-nama jalan yang baru dijumpainya hanya dengan sekali melaluinya. Tetapi ada juga yang harus tersesat lebih dulu supaya ia bisa mengingat nama-nama jalan dengan lebih seksama.

Stephen Wiltshire adalah contoh orang dengan kemampuan mengingat yang luar biasa. Lahir pada tahun 1970-an di London, Inggris, Stephen memiliki kemampuan berbicara yang terbatas dan tidak pandai bergaul dengan orang lain.

Belakangan diketahui kalau Stephen memiliki autisme. Namun di balik kekurangannya tersebut, Stephen juga memiliki bakat luar biasa. Saat Stephen masih duduk di bangkut sekolah, Stephen diketahui memiliki kegemaran menggambar benda-benda apapun yang baru saja dilihatnya.

Stephen ternyata memiliki kemampuan ingatan fotografis. Ia bisa mengingat detail pemandangan dan menggambarnya kembali secara akurat hanya dengan melihatnya.

Saat Stephen baru berusia 8 tahun, ia sudah mendapat kepercayaan dari Perdana Menteri Inggris untuk menggambar ulang Katedral Salisbury. Saat ia sudah selesai menggambar, orang-orang yang melihatnya merasa begitu kagum karena gambarnya sungguh mirip dengan bangunan aslinya.

Stephen sempat diajak mengunjungi New York dengan menaiki helikopter supaya ia bisa melihat langsung kota tersebut dan mengingat setiap detailnya. Saat ia sudah selesai melihat-lihat, Stephen kemudian menggambar ulang kota tersebut pada kertas raksasa.

Lagi-lagi, gambar buatan Stephen mengundang decak kagum dari mereka yang melihatnya. Pasalnya ia bukan hanya bisa menampilkan pemandangan kota New York secara akurat. Ia juga bisa menggambarkan detail masing-masing bangunan lengkap dengan jumlah jendelanya sama persis.

Tahan Suhu Membara dan Suhu Beku

Wim Hof
Wim Hof via inews.co.uk

Jika anda pernah menonton anime Boku no Hero Academia (My Hero Academia), maka anda tentunya tahu kalau di anime tersebut ada karakter bernama Shoto Todoroki. Di dalam animenya, Todoroki diceritakan tahan terhadap suhu yang amat panas sekaligus amat dingin. Pasalnya Todoroki memiliki kemampuan menciptakan api sekaligus es.

Kalau di dunia nyata, Wim Hof bisa dibilang sebagai sosok kembaran Todoroki. Hof memang tidak bisa menciptakan api maupun es layaknya Todoroki, namun ia menunjukkan ketahanan fisik yang tidak kalah dengan karakter anime tersebut.

Hof memiliki ketahanan luar biasa terhadap suhu yang amat panas sekaligus amat dingin. Ia pernah mendaku gunung bersalju hanya dengan mengenakan celana pendek. Hof juga pernah berendam dalam air es selama 2 jam tanpa merasa kedinginan.

Hof bukan hanya tahan terhadap suhu beku. Ia dilaporkan juga pernah berlari melintasi padang pasir yang suhunya pada waktu itu mencapai 50 derajat C. Hebatnya, Hof melakukan hal tersebut tanpa makan maupun minum di tengah perjalanan.

Berkat kehebatannya tersebut, Hof pun sekarang menyandang rekor dunia sebagai orang yang paling tahan berada di suhu terpanas sekaligus terdingin. Menurut spekulasi ilmuwan, Hof bisa memiliki kemampuan ekstrim macam itu karena ia bisa mengatur sistem kekebalan tubuhnya sendiri.

Stamina Mesin

Dean Karnazes
Dean Karnazes via thetimes.co.uk

Bagi banyak orang, berlari sejauh beberapa kilometer saja sudah membuat ngos-ngosan. Namun lain halnya dengan Dean Karnazes. Pasalnya pria asal Amerika Serikat ini bisa berlari sejauh 500 km lebih tanpa perlu beristirahat dan tanpa merasa kelelahan sama sekali.

Kehebatan Dean belum berhenti sampai di sana. Ia dikabarkan pernah melakukan maraton 50 kali dalam rentang waktu 50 hari. Padahal normalnya manusia harus beristirahat sesudah menempuh aktivitas fisik berat supaya tubuh tidak sampai cedera.

Dean sendiri baru mengetahui kehebatan yang dimilikinya pada usia 30 tahun. Pada awalnya, ia hanya sebatas ingin berlari sejauh mungkin sambil menguji batas ketahanannya. Dean merasa takjub saat ia menemukan kalau ia bisa berlari begitu jauh tanpa merasa lelah. Sejak itu, Dean pun mendedikasikan dirinya untuk menjadi pelari maraton.

Tidak ada yang tahu pasti rahasia di balik stamina luar biasa Dean, namun ilmuwan menduga kalau hal tersebut ada kaitannya dengan jaringan lemak pada tubuhnya. Pasalnya menurut analisa ilmuwan, Dean memiliki kadar lemak yang lebih rendah dibandingkan orang kebanyakan.

Saat tubuh melakukan aktivitas fisik berat, tubuh akan mengubah glukosa menjadi energi yang bisa digunakan oleh otot. Hasil sampingan dari proses pengolahan tersebut adalah asam laktat.

Asam laktat inilah yang menjadi penyebab mengapa otot merasa kram dan gemetar saat melakukan aktivitas fisik berat. Semakin berat dan semakin lama aktivitas fisik yang dilakukan oleh tubuh, maka asam laktat yang muncul juga bakal semakin banyak.

Namun hal demikian tidak berlaku untuk Dean. Ia tidak mengalami kram atau gemetar otot kendati sudah berlari demikian jauh. Tidak berlebihan jika kemudian ada yang menyebut Dean sebagai manusia dengan stamina dan kekuatan setara mesin.

Penglihatan Super Jauh

Veronica Seider
Veronica Seider via remonews.com

Veronica Seider sehari-harinya bekerja sebagai dokter gigi. Namun wanita asal Jerman tersebut memiliki bakat yang sama sekali tidak ada hubungannya dengan gigi. Ia memiliki kemampuan untuk melihat sesuatu dari jarak yang amat jauh.

Veronica pertama kali menyadari kekuatan penglihatannya saat ia masih duduk di bangku universitas pada usia 20-an. Ia diketahui bisa melihat benda pada jarak 1 km lebih secara akurat.

Jadi jika Veronica diminta menyebutkan ciri-ciri benda yang dilihatnya pada jarak demikian, Veronica bisa menjelaskannya tanpa kesalahan. Padahal manusia normal saja bakal merasa kewalahan saat harus mendeskripsikan benda yang dilihatnya pada jarak beberapa meter.

Veronica sudah beberapa kali menjalani tes untuk mencari tahu apakah kemampuan penglihatannya tersebut memang benar dan bukan hasil trik. Hasilnya, mereka yang melakukan percobaan pada Veronica menyimpulkan kalau Veronica memang memiliki penglihatan super. Ia sekarang menyandang rekor dunia sebagai orang dengan penglihatan terjauh.

Kulit Sekuat Superman

Zhao Rui
Zhao Rui via health.allwomenstalk.com

Jika bicara soal karakter fiksi berkekuatan super, Superman merupakan nama yang seketika bakal muncul di benak banyak orang. Di dalam ceritanya, Superman digambarkan sebagai sosok perkasa yang hampir tidak bisa terluka. Superman juga bisa membengkokkan benda keras semisal balok logam dengan mudah.

Walaupun Superman hanyalah karakter fiksi, manusia dengan kekuatan super menyerupai Superman benar-benar ada di dunia nyata. Zhao Rui adalah biksu shaolin yang terkenal berkat ketahanan fisiknya yang luar biasa.

Sebagai biksu shaolin, menjalani meditasi dan latihan fisik yang ketat merupakan bagian dari keseharian Zhao. Namun tetap saja, kekuatan yang dimiliki oleh Zhao bukanlah kekuatan yang bisa dimiliki oleh sembarang orang.

Dalam rekaman video yang diambil oleh awak media Russia Today, Zhao diperlihatkan bisa membengkokkan batang logam dengan lehernya, ditusuk dengan anak panah logam tanpa terlukan, dan tidak mengalami luka saat kepalanya ditekan memakai bor listrik selama beberapa detik.

Zhao mengaku bisa memiliki kulit sekuat itu karena ia rajin melakukan meditasi dan latihan fisik. Namun tetap saja, ada batasan yang bisa ditanggung oleh kulit manusia normal saat ditusuk dengan benda yang begitu tajam dan kuat. Tidak berlebihan rasanya jika Zhao dianggap sebagai versi dunia nyata dari Superman.

Sumber :
https://listverse.com/2022/04/14/10-people-with-abilities-science-cant-explain/