Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Unik yang Pernah Dilakukan Wasit dalam Pertandingan Sepak Bola

Anehdidunia.com - Wasit merupakan elemen tak terpisahkan dalam pertandingan sepak bola. Jika tidak ada wasit, pertandingan bisa berubah menjadi perkelahian karena masing-masing tim sama-sama tidak mau menahan diri.

Sejumlah pertandingan juga diwarnai oleh momen unik yang belum tentu bisa dijumpai dalam pertandingan lain. Berikut ini adalah momen-momen tersebut.

Merayakan Gol

Merayakan Gol
Merayakan Gol via miror.co.uk

Saat tim kesayangan anda mencetak gol, adalah hal yang lumrah melihat para pemain dan suporter beramai-ramai mengekspresikan kegembiraannya. Namun bagaimana jika yang merayakan gol justru adalah wasit? Padahal wasit senantiasa dituntut untuk netral saat memimpin pertandingan.

Mike Dean adalah nama dari seorang wasit asal Inggris. Ia memiliki reputasi yang cukup mentereng karena kerap dipercaya mewasiti pertandingan-pertandingan di Liga Premier Inggris.

Salah satu pertandingan yang pernah diwasiti oleh Mike adalah pertandingan antara Tottenham melawan Aston Villa di tahun 2015. Di tengah-tengah berlangsungnya pertandingan, pemain Tottenham yang bernama Moussa Dembele berhasil mencetak gol.

Para pemain dan pendukung Tottenham spontan langsung meluapkan kegembiraannya untuk merayakan gol tersebut. Pada saat itulah, Mike yang sedang berada tidak jauh dari gawang Villa nampak mengangkat tangannya sambil berlari. Seolah-olah ia sedang merayakan gol.

Mike sendiri tidak menyangkal kalau ia pada waktu itu memang merayakan gol Tottenham. Namun ia melakukannya bukan karena ia bersikap berat sebelah. Mike mengaku hanya merasa senang jika kebetulan dalam pertandingan yang dipimpinnya, ada gol yang tercipta.

Mike menambahkan kalau ia senantiasa berusaha menikmati pertandingan yang dipimpinnya dengan caranya sendiri. Sebagai contoh, saat ada bola yang menggelinding ke arahnya, Mike akan membuat atraksi kecil dengan cara membiarkan bola menggelinding melewati kedua kakinya tanpa menyentuhnya.

Mike diketahui sudah menjadi wasit di Liga Inggris sejak tahun 2000. Saat sedang tidak menjadi wasit, Mike bekerja di pabrik pengolahan ayam.

Memberi Kartu Merah Kepada Anjing

Memberi Kartu Merah Kepada Anjing
Memberi Kartu Merah Kepada Anjing via sport.detik.com

Dalam pertandingan sepak bola, kontak fisik antar pemain merupakan hal yang amat sering terjadi. Tidak jarang kontak fisik tersebut berlangsung amat keras dan menyebabkan pemain jatuh terkapar.

Jika kontak fisik tersebut dianggap melampaui batas, maka peristiwa tersebut bakal dianggap pelanggaran oleh wasit. Tidak jarang wasit mengeluarkan kartu kuning atau bahkan merah kepada pemain yang melakukan pelanggaran berlebihan.

Wasit bukan hanya bisa mengeluarkan kartu merah kepada pemain, tetapi juga kepada pelatih atau staf jika mereka dianggap mengganggu jalannya pertandingan. Namun kalau yang dikartu merah ternyata bukan manusia, pernahkah anda melihatnya?

Momen aneh tersebut benar-benar pernah terjadi di Serbia. Pada bulan Februari 2021, dilangsungkan pertandingan persahabatan antara Radnicki dan Kolubara.

Pertandingan tersebut beberapa kali harus dihentikan di tengah jalan. Pasalnya selama berlangsungnya pertandingan, ada anjing liar yang beberapa kali memasuki pertandingan.

Saat anjing tersebut masuk ke dalam lapangan untuk keempat kalinya, wasit Marko Ivkovic memutuskan untuk bertindak "tegas". Ia mengacungkan kartu merah dan mengusir anjing tersebut keluar lapangan.

Saat foto Marko yang sedang mengacungkan kartu merah kepada anjing beredar di internet, beragam komentar jenaka pun langsung dilontarkan oleh netizen.

Mengenai pertandingannya sendiri, Kolubara pada akhirnya berhasil keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0. Mungkin anjing tersebut adalah pendukung tim lawan yang tidak rela melihat timnya kalah, hehehe...

Memberi Kartu Merah Berbentuk Bundar

Memberi Kartu Merah Berbentuk Bundar
Memberi Kartu Merah Berbentuk Bundar via brillio.net

Kartu kuning dan kartu merah merupakan 2 benda yang selalu dibawa wasit saat memimpin pertandingan. Meskipun keberadaannya kerap menjadi sumber kontroversi, keduanya sangat penting dalam menjaga supaya pertandingan selalu berada dalam batasan yang aman.

Kartu kuning diberikan jika pemain melakukan pelanggaran keras, sementara kartu merah diberikan jika pemain melakukan pelanggaran keras yang melampaui batas. Jika pemain menerima kartu merah, maka pemain harus pergi keluar lapangan dan tidak ikut bermain hingga pertandingan berakhir.

Baik kartu kuning maupun kartu merah sama-sama berbentuk persegi panjang. Keduanya dapat dibedakan dari warnanya masing-masing.

Namun lain halnya dengan pertandingan yang satu ini. Pasalnya wasit yang memimpin pertandingan justru menggunakan kartu merah yang bentuknya bundar.

Pertandingan yang menjadi kemunculan momen unik tersebut adalah pertandingan Piala FA Inggris antara Wrexham melawan Sheffield pada bulan Januari 2023.

Saat pertandingan memasuki menit ke-71, pemain Sheffield yang bernama Daniel Jebbison diusir keluar lapangan oleh wasit. Menariknya, dalan momen tersebut wasit Dean Whitestone mengeluarkan kartu merah yang bentuknya lingkaran.

Momen tersebut tak pelak langsung menarik perhatian netizen di media sosial. Pasalnya baru kali ini mereka melihat kartu merah yang digunakan berbentuk bundar. Terlebih lagi, kartu yang bentuknya bundar hanya kartu merah. Kartu kuning yang digunakan dalam pertandingan tersebut tetap berbentuk persegi panjang.

Melihat keramaian yang timbul, salah seorang netizen yang kerap aktif di forum online khusus wasit lantas mencoba memberikan penjelasan. Kartu merah yang bentuknya bundar digunakan supaya mereka yang buta warna bisa mengetahui bedanya.

Kartu kuning dan merah yang bentuknya berbeda juga membantu memudahkan wasit dalam membedakan keduanya saat belum mengeluarkan kartu sepenuhnya. Dalam kondisi cahaya yang redup, warna kuning dan merah juga cenderung lebih sulit dibedakan.

Kembali lagi ke pertandingan. Karena pemainnya ada yang dikartu merah, Sheffield pun harus bertanding dengan jumlah pemain yang lebih sedikit. Namun Sheffield masih bisa bernapas lega karena pertandingan tersebut berakhir dengan skor sama kuat 3-3.

Memakai Kamera di Kepala

Hilario Grajeda memakai kamera di kepala

Wasit merupakan sosok yang bakal selalu disorot dalam setiap pertandingan sepak bola. Pasalnya keputusan yang diambil wasit bakal memiliki pengaruh besar dalam jalannya pertandingan. Jika wasit tersebut sampai membuat keputusan kontroversial, maka wasit tersebut bakal terus menjadi bahan perbincangan sesudah pertandingan.

Tidak jarang wasit membuat keputusan kontroversial karena wasit tersebut tidak melihat momen yang terjadi secara jelas. Namun penonton sepak bola seringkali tidak mau tahu. Mereka tidak mencoba membayangkan seperti apa momen yang terjadi dari sudut pandang wasit.

Mungkin hal itulah yang kemudian menjadi penyebab munculnya ide memasang kamera pada wasit. Pada tahun 2013, wasit Hilario Grajeda memakai perangkat kamera di kepalanya saat memimpin pertandingan persahabatan antara MLS All Stars melawan AS Roma di Amerika Serikat.

Berkat kamera tersebut, penonton bisa melihat momen-momen yang terjadi dari sudut pandang wasit. Perangkat yang sama juga dilengkapi dengan mikrofon mini supaya penonton bisa mendengar perkataan wasit dan pemain di dekatnya.

Dalam pertandingan ini, pemain bisa melihat momen-momen seperti wasit yang sedang meniup peliutnya, wasit yang berlari ke sana kemari mengikuti arah bola, hingga pemain yang mendekati wasit untuk memprotes pelanggaran. Pertandingan itu sendiri berhasil dimenangkan oleh Roma dengan skor 3-1.

Penggunaan kamera ini tak pelak bisa memberikan sudut pandang baru bagi penonton supaya mereka bisa memahami kalau wasit juga manusia dan harus menjalani momen yang berat selama pertandingan berlangsung.


Sumber :

https://talksport.com/football/671589/mike-dean-celebration-tottenham-aston-villa/
https://the18.com/en/soccer-entertainment/soccer-dog-shown-red-card
https://indianexpress.com/article/sports/football/circle-red-card-wrexham-vs-sheffield-united-fa-cup-match-8411999/
https://www.fanatix.com/news/video-ref-cam-pictures-and-sounds-from-head-camera-worn-in-all-star-roma-game/134986/