Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Unik Seputar Hubungan Manusia dan Anjing

Anehdidunia.com - Anjing adalah salah satu hewan yang paling banyak dipelihara oleh manusia. Perilakunya yang jinak dan mudah dilatih menyebabkan hewan ini banyak dipelihara karena berbagai sebab.

Seringnya manusia berinteraksi dengan anjing lantas memunculkan aneka macam peristiwa unik seputar hubungan antara manusia dan anjing. Berikut ini adalah beberapa contoh peristiwa unik tersebut.

Manusia Gigit Anjing

Manusia Gigit Anjing
ilustrasi Manusia Gigit Anjing via idntimes.com

Anjing menggigit manusia sudah sering kita dengar. Namun kalau manusia menggigit anjing, apakah anda pernah mendengarnya? Meskipun terdengar aneh dan konyol, nyatanya hal macam itu benar-benar pernah terjadi di dunia nyata.

Peristiwa aneh ini terjadi di Delaware, Amerika Serikat, pada bulan Juli 2023. Semuanya bermula ketika polisi meminta sebuah mobil untuk menepi karena mobil tersebut melaju di atas batas kecepatan yang diperbolehkan.

Sang pengemudi yang diketahui bernama Jamal Wing tersebut kemudian turun dari mobilnya meskipun tidak diperintahkan oleh polisi. Saat polisi meminta supaya Jamal kembali ke mobilnya, Jamal menolak untuk menurut.

Namun tindakan Jamal masih belum berhenti sampai di sana. Ia sesudah itu nekat menggigit anjing polisi. Karena polisi menganggap Jamal enggan bersikap kooperatif, polisi pun memutuskan untuk menangkap Jamal.

Belakangan diketahui kalau Jamal saat itu sedang berada dalam kondisi mabuk berat. Pasalnya saat ditangkap, polisi mencium aroma alkohol dari mulut Jamal.

Jamal juga sempat terluka ringan akibat melawan polisi saat ditangkap. Untuk mengobati lukanya, Jamal pun kemudian dibawa ke rumah sakit setempat.

Namun Jamal masih saja enggan menghentikan tindakan nyelenehnya. Saat berada di rumah sakit, Jamal terus menyerang petugas dan bahkan sempat merusak perabotan. Atas perbuatannya ini, Jamal pun terancam menerima hukuman berat karena mengemudi sambil mabuk dan menyerang polisi.

Anjing Menunggu Majikannya Pulang Meskipun Majikannya Sudah Meninggal

Anjing Menunggu Majikannya Pulang Meskipun Majikannya Sudah Meninggal
Anjing Menunggu Majikannya Pulang Meskipun Majikannya Sudah Meninggal via bbc.com

Anjing dikenal sebagai hewan yang sangat setia. Sudah banyak cerita mengenai bagaimana anjing mencoba menolong dan melindungi majikannya saat majikannya sedang berada dalam bahaya.

Dari sekian banyak cerita mengenai kesetiaan anjing pada majikannya, rasanya tidak ada yang lebih terkenal dibandingkan cerita Hachiko. Hachiko adalah anjing peranakan Akita Inu yang berasal dari Jepang.

Hachiko lahir pada tahun 1923. Setahun kemudian, ia dibeli oleh seorang dosen yang bernama Hidesaberu Ueno untuk menjadi hewan peliharaannya.

Hachiko dengan cepat menjadi sangat akrab dengan majikannya tersebut. Setiap sore, Hachiko akan pergi ke stasiun kereta Shibuya untuk menunggu majikannya pulang usai mengajar.

Rutinitas tersebut berlangsung selama beberapa tahun lamanya. Hingga kemudian pada tahun 1925, Ueno meninggal saat sedang mengajar akibat pendarahan otak.

Namun Hachiko tidak tahu kalau majikannya sudah meninggal. Setiap sore, ia masih terus mengunjungi stasiun sambil menanti majikannya kembali.

Warga sekitar yang selama ini kerap melihat Hachiko dan Ueno bersama-sama di stasiun pada akhirnya merasa turut bersimpati. Mereka memberikan makanan untuk Hachiko supaya anjing malang tersebut tidak merasa kelaparan saat sedang berada di stasiun.

Selama bertahun-tahun, Hachiko terus mendatangi stasiun kereta meskipun majikannya tidak pernah nampak lagi. Hingga akhirnya pada tahun 1935, Hachiko ditemukan sudah meninggal. Sekarang kisah Hachiko kerap dijadikan contoh mengenai betapa besarnya kesetiaan anjing pada majikannya.

Anjing Dipasangi Gigi Palsu

Anjing Dipasangi Gigi Palsu
Anjing Dipasangi Gigi Palsu via okezone.com

Anjing dikenal sebagai hewan yang gemar menggigit. Oleh sebab itulah, manusia pun kerap melatih anjing sebagai hewan penjaga. Jika anjing menemukan orang yang mencurigakan, anjing tersebut bakal langsung menggigit orang tadi.

Kegunaan anjing tersebut menyebabkan hewan ini lantas dimanfaatkan oleh kalangan polisi dan militer. Tidak tanggung-tanggung, anjing yang digunakan oleh polisi kerap dilengkapi dengan gigi yang terbuat dari titanium.

Titanium merupakan salah satu logam terkeras di dunia. Dengan memakai gigi palsu yang terbuat dari titanium, gigitan anjing tersebut lantas menjadi lebih kuat dari sebelumnya. Anjing dengan gigi titanium juga nampak lebih garang dibandingkan biasa.

Namun berbeda dengan anggapan umum, gigi berbahan titanium bukanlah perangkat yang selalu dipasang pada mulut anjing. Anjing biasanya dipasangi dengan gigi titanium hanya jika giginya yang lama sudah lepas.

Gigi titanium memang lebih kuat dibandingkan gigi biasa. Namun anjing normalnya tidak akan dipasangi dengan gigi titanium jika tidak benar-benar terpaksa. Pasalnya karena titanium bukanlah sembarang logam, gigi berbahan titanium memiliki harga yang amat mahal.

Satu gigi titanium harganya diketahui bisa mencapai 600 dollar (lebih dari 8 juta rupiah) atau bahkan lebih. Atas sebab itulah, pawang anjing penjaga akan senantiasa mengusahakan supaya anjing yang dipeliharanya tidak sampai merusak giginya sendiri tanpa disengaja.

Anjing Meminta Makan Sambil Membayar

Anjing Meminta Makan Sambil Membayar
Anjing Meminta Makan Sambil Membayar via bobo.grid.id

Jika seseorang merasa lapar dan tidak memiliki makanan di rumahnya, maka orang tersebut hanya perlu pergi ke tempat yang menjual makanan. Saat sudah sampai di sana, orang tersebut hanya perlu meminta makanan sambil memberikan uang seusai dengan harga makanan tersebut. Dengan cara ini, seseorang bisa mendapatkan makanan tanpa harus repot-repot memasak sendiri.

Lantas bagaimana dengan anjing? Karena anjing tidak bisa berbahasa manusia dan memahami konsep jual beli memakai uang, maka anjing pun hanya bisa mengandalkan majikannya untuk mendapatkan makanan. Namun jika anjing tersebut kebetulan adalah anjing liar, anjing tersebu terpaksa harus mencari makan sendiri di tempat sampah atau di tempat lainnya.

Namun hal berbeda dilakukan oleh Negro, seekor anjing liar yang kerap berkeliaran di lingkungan sekolah Institut Monterrey Casaanre, Kolombia. Karena Negro selalu bersikap jinak kepada orang-orang yang ada di kampus, pengelola sekolah pun menyediakan makan dan minum kepada Negro.

Namun Negro nampakny tidak puas dengan kehidupan macam itu. Setiap hari, Negro melihat anak-anak sekolah membeli jajanan sambil memberikan uang kepada penjual.

Melihat pemandangan macam itu, Negro pun merasa terdorong untuk melakukan aktivitas serupa. Saat ingin makan kue, Negro akan pergi ke penjual kue di lingkungan sekolah sambil membawa potongan daun.

Seolah memahami maksud Negro, penjual kue tersebut kemudian memberikan kue yang diminta Negro. Negro lantas "membayar" kue tersebut dengan menyerahkan potongan daun tadi.

Negro diketahui sudah melakukan hal ini selama bertahun-tahun. Supaya Negro tidak sampai jatuh sakit karena salah makan, pihak penjual pun hanya memberikan kue yang aman untuk dikonsumsi anjing kepada Negro.

Manusia Jadi Anjing

Manusia Jadi Anjing
Manusia Jadi Anjing via surabayapagi.com

Toco adalah pria asal Jepang yang sangat tergila-gila dengan anjing. Saking cintanya ia dengan anjing, Toco pun memendam hasrat untuk berubah menjadi anjing.

Meskipun terlihat aneh, nyatanya Toco benar-benar serius dengan mimpinya tersebut. Ia akhirnya berhasil mengubah dirinya menjadi anjing setelah mengeluarkan uang sebanyak 2 juta yen (sekitar 120 juta rupiah).

Toco mengeluarkan uang sebanyak itu untuk membeli kostum anjing yang benar-benar mirip dengan kulit anjing sungguhan. Sesudah memakai kostumnya tersebut, Toco kemudian menirukak aneka macam tingkah laku anjing. Mulai dari menggonggong, berjalan dengan empat kaki, hingg berguling-guling.

Namun Toco masih belum berhenti sampai di sana. Sambil ditemani oleh seseorang, Toco berjalan-jalan di taman layaknya anjing yang sedang menemani majikannya. Toco juga sempat berpapasan dengan anjing sungguhan di jalan.

Tingkah laku Toco tersebut tak pelak membuat netizen merasa geleng-geleng kepala. Sejumlah netizen bahkan sampai mengusulkan kepada Toco supaya ia segera memeriksakan diri kepada ahli kejiwaan.

Namun Toco tidak mau ambil pusing dengan pendapat mereka. Ia justru merasa sumringah karena menurut pengakuannya, ia sudah lama memendam hasrat sejak kecil supaya bisa bertingkah layaknya hewan. Ada-ada saja...

Sumber :
https://www.news18.com/viral/drunk-man-bites-police-dog-multiple-times-to-resist-arrest-8299843.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Hachik%C5%8D
https://www.treehugger.com/titanium-fangs-the-technology-behind-navy-seal-dogs-4868709
https://www.thedodo.com/close-to-home/dog-buys-treats-using-leaf
https://www.euronews.com/culture/2023/08/02/hes-fur-real-meet-toco-the-man-going-viral-for-his-first-walk-as-human-dog