Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Negara yang Benderanya Menampilkan Gambar Senjata

Anehdidunia.com - Banyak negara di dunia yang harus melalui peperangan terlebih dahulu sebelum bisa menjadi negara merdeka. Karena berperang sudah pasti menggunakan senjata, sejumlah negara pun menyisipkan gambar senjata pada bendera kebangsaannya sebagai bentuk pernyataan kalau mereka siap berperang demi tanah airnya. Berikut ini adalah contoh negara-negara yang memiliki gambar senjata pada bendera kebangsaannya.

1. Haiti

Haiti
Haiti via a-z-animal.com

Haiti adalah negara yang terletak di bagian barat Pulau Hispaniola, pulau kecil yang terletak di Laut Karibia. Negara ini bertetangga dengan Kuba di sebelah barat dan dengan Republik Dominika di sebelah timur.

Haiti merupakan negara dengan kondisi yang begitu memprihatinkan. Pasalnya negara ini merupakan salah satu negara termiskin di funia. Minimnya sumber daya alam di Haiti dan seringnya negara ini dilanda bencana alam menjadi penyebab di balik kondisi mengenaskan negara ini.

Haiti memiliki bendera kebangsaan yang berwarna biru dan merah. Di tengah-tengah bendera ini, terdapat gambar pohon yang dikelilingi oleh beberapa buah meriam.

Gambar pohon dan meriam tersebut diambil dari lambang negara Haiti. Meriam melambangkan perjuangan, sementara pohon melambangkan kemerdekaan. Jadi simbol tadi bisa dimaknai sebagai perjuangan rakyat Haiti untuk mendapatkan kemerdekaannya.

Warna biru dan merah diambil dari bendera Perancis, negara bekas penjajah Haiti yang menggunakan bendera berwarna merah, putih, dan biru. Warna putih sengaja tidak disertakan dalam bendera Haiti untuk menyimbolkan berakhirnya penjajahan kaum kulit putih Perancis di wilayah Haiti.

2. Oman

Oman
Oman via painterest.com

Oman adalah negara kaya minyak yang terletak di Semenanjung Arab. Negara ini bisa dibilang kalah tenar jika dibandingkan dengan negara-negara Arab lain seperti Qatar atau Arab Saudi. Pasalnya Oman jarang muncul dalam media-media internasional. Di lain pihak, minimnya pemberitaan mengenai Oman juga mencerminkan reputasi Oman sebagai negara yang netral dan sepi konflik.

Oman memiliki bendera dengan desain yang lumayan unik. Bendera Oman dilengkapi dengan bidang berwarna merah yang bentuknya menyerupai huruf T raksasa dalam posisi tidur. Kemudian di bagian atas dan bawah bidang merah tadi. terdapat bidang berwarna putih dan hijau.

Bendera Oman juga dilengkapi dengan gambar senjata berwarna putih di bagian pojok kiri atasnya. Senjata tersebut adalah sepasang pedang dalam posisi bersilangan beserta pisau khanjar di tengah-tengahnya.

Gambar senjata serupa juga dapat dijumpai dalam lambang negara Oman. Merupakan hal yang menarik untuk melihat penggunaan gambar senjata dalam bendera Oman mengingat negara ini sekarang lebih dikenal sebagai negara yang cinta damai.

Gambar pisau dan pedang sendiri digunakan untuk menyimbolkan senjata tradisional yang di masa lampau kerap digunakan oleh rakyat Oman. Hingga sekarang, kaum pria Oman juga kerap melengkapi dirinya dengan pisau khanjar sebagai aksesoris saat hendak menghadiri acara-acara penting.

3. Kenya

Kenya
Kenya via kenyacradle.com

Kenya merupakan negara Afrika yang bertetangga dengan Somalia, negara yang kini tengah dilanda perang saudara tak berkesudahan. Oleh karena itulah, Kenya pun turut menerima imbas negatif dari gonjang ganjing yang tengah menimpa negara tetangganya tersebut.

Kenya sekarang harus menanggung arus pengungsi yang datang dari sebelah utara. Bukan hanya itu, kelompok militan Al-Shabaab yang selama ini aktif di wilayah Somalia juga pernah beberapa kali melancarkan aksi penyerangan di wilayah Kenya.

Namun Kenya bukan hanya terkenal dengan lokasi geografisnya yang berada tepat di sebelah Somalia. Negara yang beribukota di Nairobi ini juga terkenal dengan benderanya yang menampilkan persenjataan tradisional khas Afrika.

Senjata tradisional yang dimaksud di sini adalah sepadang tombak beserta benda lonjong di tengah-tengahnya. Benda lonjong tersebut aslinya adalah tameng tradisional khas suku Maasai.

Tameng khas suku Maasai bukan hanya memiliki bentuk yang unik, tetapi juga dengan bahan penyusun yang tak kalah unik. Jika tameng normalnya terbuat dari benda keras semisal kayu atau besi, tameng suku Maasai justru terbuat dari kulit sapi yang sudah dikeringkan.

Karena hanya terbuat dari kulit hewan, tameng ini sepintas terlihat lebih rapuh jika dibandingkan dengan tameng yang terbuat dari kayu atau besi. Faktanya, tameng ini aslinya cukup kuat untuk menahan serangan tombak dan panah. Kemudian karena tameng ini terbuat dari kulit hewan, tameng ini memiliki bobot yang ringan dan memudahkan pemiliknya bergerak dengan lincah di medan perang.

Gambar tameng dan tombak yang ada pada bendera Kenya dimaksudkan untuk menyimbolkan kegigihan rakyat Kenya untuk melindungi negaranya.

Selain gambar tombak dan tameng, bendera Kenya juga dilengkapi dengan bidang-bidang memanjang yang berwarna hitam, putih, merah, dan hijau.

Warna hitam menyimbolkan penduduk kulit hitam Kenya. Putih menyimbolkan perdamaian dan kejujuran. Merah melambangkan darah rakyat Kenya yang ugur. Hijau melambangkan tanah Kenya yang subur.

4. Arab Saudi

Arab Saudi
Arab Saudi via cnnindonesia.com

Bagi mereka yang beragama Islam, pergi ke Arab Saudi menjadi impian yang diharapkan bisa terwujud setidaknya sekali seumur hidup. Pasalnya dalam agama Islam, kaum Muslim memang diwajibkan menunaikan ibadah haji di Arab Saudi jika orang tersebut mampu secara materi dan fisik.

Selain menjadi lokasi dari tempat-tempat suci dalam agama Islam, Arab Saudi juga dikenal sebagai salah satu negara terkaya di dunia. Alasannya tidak lain karena negara yang wilayahnya dipenuhi oleh gurun ini memiliki kandungan minyak bumi yang amat melimpah.

Karena hampir seluruh penduduk Arab Saudi merupakan penganut agama Islam, Arab Saudi pun menyisipkan unsur-unsur berbau Islam dalam benderanya. Unsur-unsur tersebut adalah warna hijau dan kaligrafi berisi kalimat syahadat yang ditulis dalam warna putih.

Di bawah kaligrafi tadi, terdapat gambar pedang khas Arab yang ujungnya menghadap ke arah kiri. Pedang tersebut melambangkan ketegasan dalam menegakkan keadilan.

5. Mozambik

Mozambik
Mozambik via istockphoto.com

Mozambik adalah negara Afrika yang bertetangga dengan Zimbabwe dan Afrika Selatan. Selain memiliki perbatasan darat dengan negara-negara tadi, Mozambik juga dikenal sebagai negara yang posisinya berada tepat di seberang Madagaskar.

Dalam hal bendera, Mozambik terkenal sebagai negara dengan bendera yang lain daripada yang lain. Mozambik memang bukan satu-satunya negara yang menyisipkan gambar senjata pada benderanya. Namun jenis senjata yang digunakan dalam bendera Mozambik menyebabkan bendera negara ini bakal senantiass menarik perhatian.

Senjata yang ditampilkan dalam bendera Mozambik adalah senapan modern AK-47, senapan serbu ciptaan Rusia yang sekarang juga menjadi salah satu senapan serbu yang paling banyak digunakan di dunia. Teknik penggunaannya yang mudah dan sifatnya yang tidak gampang rusak menyebabkan senjata ini kerap dijumpai di medan perang modern.

Hal serupa juga berlaku untuk Mozambik. Negara ini di masa lampau pernah terlibat perang kemerdekaan melawan negara penjajahnya, Portugal. Untuk menyimbolkan perjuangan Mozambik dalam membela tanah airnya, gambar senapan AK-47 pun kemudian ditambahkan dalam bendera Mozambik.

Gambar senapan tadi nampak berada dalam posisi bersilangan dengan gambar cangkul dan buku. Gambar cangkul dimaksudkan untuk menyimbolkan tanah Mozambik yang subur, sementara buku menyimbolkan pentingnya pendidikan bagi rakyat Mozambik.


Sumber :
https://artsandculture.google.com/story/the-elongo-the-power-of-the-maasai-shield/VAISgEywZgThIQ
https://en.wikipedia.org/wiki/National_emblem_of_Oman
https://en.wikipedia.org/wiki/Flag_of_Kenya
https://en.wikipedia.org/wiki/Flag_of_Haiti
https://en.wikipedia.org/wiki/Flag_of_Mozambique
https://en.wikipedia.org/wiki/Flag_of_Saudi_Arabia