Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kasus Benda Elektronik yang Dipercaya Dirasuki Makhluk Halus

Anehdidunia.com - Kasus manusia dirasuki oleh makhluk gaib sudah sering kita dengar. Namun kalau barang elektronik yang dirasuki oleh makhluk gaib, apakah anda pernah mendengarnya? Meskipun terdengar mengada-ada, nyatanya kasus macam itu benar-benar pernah terjadi. Berikut ini adalah beberapa contoh benda elektronik yang konon dirasuki tersebut.

Televisi

Televisi
ilustrasi Televisi via news.republika.co.id

Sejak kemunculannya, televisi dengan cepat menjadi salah satu peralatan hiburan elektronik yang paling populer. Pasalnya televisi bisa menampilkan gambar bergerak sekaligus suara. Saat teknologi siaran semakin maju, seseorang juga bisa menyaksikan suatu peristiwa yang sedang berlangsung di tempat lain secara langsung.

Begitu lekatnya televisi dengan kehidupan orang-orang lantas membuat televisi kadang-kadang dimunculkan sebagai media horor. Dalam film horor berjudul The Ring misalnya, ada adegan hantu wanita yang merangkak keluar dari layar televisi.

Namun kasus televisi yang menyimpan makhluk halus ternyata bukan hanya ada dalam film semata. Di Amerika Serikat, pernah terjadi kejadian aneh terkait televisi yang diyakini sebagai hasil kerja makhluk halus.

Peristiwa yang dimaksud di sini terjadi di kota Detroit pada tahun 2000, tepatnya di rumah pasangan Charlotte dan Judge Smith. Awalnya televisi tersebut bekerja secara normal. Hingga kemudian pada suatu hari, televisi tersebut mulai menampilkan pesan-pesan misterius.

Pesan yang muncul di layar televisi begitu mengejutkan pasangan Smith karena menampilkan ancaman kematian dan ejekan rasis. Yang lebih anehnya lagi, saat Charlotte berteriak "Diam!" (Shut up) ke arah televisi, televisinya seolah-olah bisa memahami teriakan tersebut dan kemudian menampilkan pesan balasan "Diamlah, Charlotte" (Shut up Charlotte).

Selain menampilkan pesan misterius, televisi mereka juga kerap mengganti program dengan sendirinya. Karena sudah tidak tahan lagi, pasangan Smith kemudian melaporkan hal ini kepada polisi. Namun saat polisi melakukan penyelidikan, mereka merasa tak kalah bingung. Pasalnya polisi tidak bisa menemukan penyebab dari fenomena aneh ini.

Komputer

Komputer
ilustrasi Komputer via goodnewsfroomindonesia.com

Di era teknologi informasi seperti sekarang, komputer menjadi benda elektronik yang dapat ditemukan di hampir setiap gedung perkantoran. Pasalnya komputer untuk melakukan aneka macam tugas. Mulai dari untuk berkomunikasi lewat internet, membuat dokumen, dan lain sebagainya.

Namun komputer juga pernah menjadi sumber misteri yang menimpa Ken Webster pada tahun 1984. Pada awalnya, ia dan kekasihnya baru saja menempati sebuah rumah baru di Cheshire. Di rumah barunya tersebut, Ken juga memasang komputer.

Pada saat itulah keanehan mulai muncul. Komputer tersebut kerap menampilkan tulisan dan puisi misterius yang tidak ditulis oleh Ken maupun kekasihnya. Yang lebih anehnya lagi, tulisan tersebut nampak ditulis dengan gaya bahasa Inggris dari tahun 1500-an.

Ken yang penasaran kemudian mencoba menjawab pesan yang terpampang pada komputer dengan cara mengetiknya. Ajaibnya, komputer tersebut bisa menampilkan pesan balasan. Padahal pada waktu itu teknologi internet masih belum dikenal.

Dari hasil komunikasi antara Ken dengan komputernya, Ken berhasil mengetahui kalau siapapun sosok tak kasat mata yang sedang mengendalikan komputernya, sosok tersebut menyebut dirinya dengan nama Thomas Harden. Thomas juga mengaku kalau ia dulunya tinggal di rumah ini sekitar 400 tahun yang lalu.

Selain komputer yang bisa mengetik sendiri, rumah yang didiami oleh Ken ini memang kerap menampilkan fenomena tak wajar. Mereka kerap menjumpai jejak menyerupai tapak kaki di tembok, lampu yang berkedip-kedip sendiri, hingga perabotan yang kerap berpindah tempat sendiri secara misterius.

Mesin Jahit

Mesin Jahit
ilustrasi Mesin Jahit via fitinline.com

James adalah nama dari seorang pria yang sedang menderita kesulitan keuangan. Menurut laporan yang dimuat dalam situs MostlyGhosts, masalah finansial yang melilitnya tersebut menyebabkan James mempertimbangkan untuk menjual barang-barang antik milik mendiang neneknya.

Satu dari sekian banyak barang yang hendak dijual oleh James tersebut adalah mesin jahit peninggalan neneknya. Ketika ada orang yang hendak membeli barang-barang yang dijual oleh James dengan harga 500 dollar, James awalnya menolak karena menurutnya harga tersebut terlalu rendah.

Meskipun awalnya menolak, kesulitan keuangan yang membelitnya menyebabkan James mulai mempertimbangkan tawaran tersebut dengan serius. James sesudah itu memutuskan untuk tidur supaya bisa membuat keputusan bulat keesokan harinya.

Saat James terbangun di tengah malam, James mendengar suara mesin jahit dari ruangan tempatnya menyimpan barang-barang antik. Karena merasa penasaran, James pun bergegas pergi menuju ruangan tersebut.

Sesampainya di sana, James tidak melihat siapapun. Mesin jahit tersebut juga nampak diam dan berdebu layaknya mesin jahit yang sudah lama tidak digunakan.

Namun saat James melakukan pengamatan dengan lebih seksama, ia menemukan sehelai gaun di dekat mesin jahit. James spontan merasa bingung karena ia sebelumnya tidak pernah melihat gaun tersebut.

James lantas memutuskan untuk menjual gaun tersebut dengan harga ribuan dollar. Hasilnya, James pun berhasil mengatasi masalah keuangan yang menimpanya.

James hingga sekarang tidak tahu dari manakah gaun tersebut muncul. Namun ia meyakini kalau gaun tersebut dibuat oleh mesin jahit yang dihuni oleh arwah neneknya. Demi menolong cucunya, arwah sang nenek pun membuat gaun tersebut melalui perantaraan mesin jahit.

Lemari Es

Lemari Es
ilustrasi Lemari Es via id.sharp

Pada bulan Agustus 2022, muncul sebuah iklan unik namun misterius di surat kabar Inggris. Dalam iklan tersebut, seseorang yang mengaku berasal dari London ingin menjual lemari esnya secara gratis.

Sang pemasang iklan kemudian menjelaskan alasan kenapa ia bersedia melepas barang semahal kulkas tanpa uang sepeser pun. Ia menjelaskan bahwa pada awalnya, ibu tirinya meninggal akibat serangan jantung saat petir menyambar. Ia menambahkan bahwa saat peristiwa tersebut terjadi, ibu tirinya sedang berada di dapur.

Sang pemasang iklan kemudian menjelaskan bahwa arwah ibu tirinya sesudah itu merasuki lemari es. Ia berani melontarkan klaim tersebut karena menurut pengakuannya, sejak ibu tirinya meninggal, ia kerap mendengar suara dari arah lemari es.

Sang pemasang iklan kemudian bercerita bahwa setiap kali ia berada di dekat lemari es, akan ada suara yang mengomentari porsi makannya. Suara tersebut juga kerap menegurnya jika ia tidak mengembalikan perabotan dapur pada tempatnya.

Karena merasa tidak tahan lagi, sang pemasang iklan kemudian menawarkan untuk melepas kulkas tersebut secara cuma-cuma. Ia menambahkan bahwa selain suara misterius yang kerap muncul, kulkas tersebut masih berada dalam kondisi baik.

Lift

Lift
ilustrasi Lift via m.harianjogja.com

Lift atau elevator adalah ruangan kecil pada gedung bertingkat yang bisa bergerak naik maupun turun. Dengan menaiki lift, maka seseorang tidak perlu bersusah payah naik turun tangga jika ingin pergi ke lantai yang berbeda.

Namun bagaimana jika lift yang dinaiki seseorang ternyata bukanlah lift biasa, melainkan lift yang dipenuhi aura mistis? Terlebih lagi jika liftnya sedang berada dalam kondisi terkunci.

Lift yang ada di Hotel Adolphus, Texas, Amerika Serikat, adalah contoh dari lift yang menyandang reputasi demikian. Hotel tersebut dibangun pada tahun 1921. Namun saat hotel tersebut baru beroperasi beberapa tahun, ada seorang wanita yang melakukan bunuh diri di lantai 19 pada tahun 1930.

Seusai peristiwa tersebut, lantai 19 hotel yang bersangkutan kini menjadi tempat yang angker. Lift yang naik turun melewati lantai tersebut juga turut terkena dampaknya.

Menurut pengakuan para saksi mata, wajah wanita tersebut kadang-kadang bakal muncul pada dinding cermin lift. Kemudian saat lift berada pada lantai 19, tombol lift kerap aktif sendiri kendati tidak ada yang menekannya. Lebih seramnya lagi, pernah ada kasus orang terkunci selama 20 menit di dalam lift saat liftnya sedang berada di lantai 19.

Sumber :
https://mysteriousuniverse.org/2023/08/Strange-Cases-of-Haunted-and-Possessed-Machines/
https://malaysia.news.yahoo.com/uk-homeowner-wants-away-refrigerator-043706080.html