Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Misteri Teka Teki Zodiak Killer Yang Misterius

Pernahkah kalian mendengar kisah tentang Zodiac killer sahabat anehdidunia.blogspot? Oknum misterius ini masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang. Bahkan, dalam beberapa blog maupun forum, Zodiac killer merupakan salah satu tokoh paling misterius. Berikut kisahnya.

Sesuai dengan namanya, Zodiac killer merupakan seorang pembunuh berantai yang beroperasi di daerah California Utara. Pembunuh ini beraksi sekitar tahun 1960 - an, jadi kisahnya lumayan sudah lama.

Identitas Zodiac killer belum diketahui hingga saat ini. Darimana pembunuh berantai ini mendapat julukannya sebagai " The Zodiac Killer " ? Nama Zodiac killer diciptakan karena sering munculnya penyebutan Zodiac dalam serangkaian surat yang dikirim ke media pers setempat. https://anehdidunia.com

Sketsa Zodiac Killer
https://anehdidunia.com


Sketsa Lainnya

https://anehdidunia.com


Tidak ada yang mengetahui siapa pengirimnya, yang jelas, di dalam surat - surat itu tersimpan kriptogram dan sandi - sandi yang membingungkan. Tiga dari surat itu belum terselesaikan hingga saat ini. Diduga surat - surat itu berasal dari Zodiac killer. https://anehdidunia.com

Korban dari Zodiac killer dibunuh di empat tempat yang berbeda, diantaranya Benicia, Vallejo, Danau Berryessa, dan San Fransisco. Empat pria dan tiga wanita yang diperkirakan berumur 16 - 29 tahun menjadi korbannya antara bulan Desember 1968 sampai Oktober 1969. Sejumlah tersangka telah ditetapkan oleh penegak hukum, namun tidak ada cukup bukti yang membuktikan bahwa mereka adalah pelakunya.

Kepolisian San Fransisco menutup kasus ini pada tahun 2004 karena mengalami kebuntuan dalam penyelidikannya, namun kasus dibuka kembali pada tahun 2007. Kasus ini juga dibuka kembali di kota Vallejo, Napa County, dan Solano County. Bahkan Departemen Kehakiman California telah mempertahankan kasus ini sejak tahun 1969.

Dalam suratnya yang dikirim ke surat kabar lokal, penulisnya mengklaim telah melakukan pembunuhan sebanyak 37 kali. Tetapi, setelah dilakukan penyelidikan, hanya ada 7 korban yang diketahui, bahkan dua diantaranya selamat.

Para korban itu adalah :

1. David Arthur Faraday (17) dan Betty Lou Jensen (16) ditembak dan dibunuh pada tanggal 20 Desember 1968 di Danau Herman Road.

https://anehdidunia.com

2. Michael Renault Megeau (19) dan Darlene Elizabeth Ferrin (22) ditembak pada tanggal 4 Juli 1969 di lapangan parkir Blue Rock Springs Park di Vallejo. Michael selamat dari serangan itu, tapi Ferrin meninggal ketika dibawa ke rumah sakit terdekat.


https://anehdidunia.com

3. Bryan Calvin Hartnell (20) dan Cecelia Ann Shepard (22). Keduanya ditusuk di danau Berryessa pada tanggal 27 Sepetember 1969. Bryan bertahan dengan 6 luka tusukan dari belakang, sedangkan Cecelia tidak dapat bertahan dan meninggal pada tanggal 29 September 1969.


https://anehdidunia.com

4. Paul Lee Stine (29), ditembak pada tanggal 11 Oktober 1969 di lingkungan Heights Presidio, San Fransisco.


https://anehdidunia.com

Meskipun ke - 7 korban tadi dapat diidentifikasi, namun muncul dugaan korban yang lain. Korban - korban pembunuhan berikut diduga juga menjadi korban Zodiac killer, meskipun belum satu pun yang bisa dikonfirmasi : https://anehdidunia.com

1. Cheri Jo Bates (18), ditusuk hingga tewas pada tanggal 30 Oktober 1966 di Riverside Community College.

https://anehdidunia.com

2. Robert Domingos(18) dan Linda Edwards (17) ditembak hinga tewas pada tanggal 4 Juni 1966 di pantai dekat Lompoc.

3. Kathleen Johns (22), diduga diculik oleh Zodiac killer pada tanggal 22 Maret 1970 di wilayah barat Modesto. Dia dilaporkan berhasil melarikan diri setelah disekap kurang lebih 3 jam.


https://anehdidunia.com

4. Donna Laas (25) dilaporkan menghilang pada tanggal 6 September 1970. Sebuah kartu pos yang diduga milik Zodiac killer ditemukan disekitar tempat tinggalnya.

Pembunuhan pertama yang dilakukan oleh Zodiac killer diduga adalah kasus penembakan Betty Lou Jensen dan David Faraday pada tanggal 20 Juni 1968 di danau Herman Road, Benicia. Seperti yang kita lihat dari data para korban, entah mengapa kebanyakan korban Zodiac killer adalah pasangan muda mudi. Apakah ia mempunyai semacam trauma di masa lalunya sehingga ia melakukan aksinya sebagai balas dendam ? Entahlah, tidak ada yang mengetahui motif sang pembunuh berantai ini.

Uniknya, Zodiac killer mengirimkan surat - surat kepada media cetak setempat. Pada tanggal 1 Agustus 1969, tiga surat yang diduga berasal dari Zodiac killer diterima oleh Vallejo Times Herald, The San Fransisco Chronicle dan San Fransisco Examiner.


https://anehdidunia.com
Kryptogram

Surat - surat ini berisi tentang pembunuhan di Danau Herman Road dan Bue Rock Springs. Di dalam surat ini pula berisi kriptogram dan lebih dari 400 simbol yang diduga berisi jati diri dari Zodiac killer. https://anehdidunia.com

Si pembuat surat ini meminta agar surat yang ia kirimkan tadi dimuat di halaman pertama media cetak tersebut. Bila tidak, ia mengancam akan melakukan pembunuhan lagi tiap malam. Akhirnya, ketiga media itu menerbitkan hariannya dengan headline surat yang diklaim dari pembunuh itu. Selama media cetak itu menerbitkan harian dengan headline surat dari pembunuh itu, tidak ada laporan terjadinya pembunuhan di daerah itu, apakah sang Zodiac killer mengawasinya ?

https://anehdidunia.com

Beberapa surat yang diduga dari Zodiac Killer

Pada tanggal 7 Agustus 1969, surat yang lain diterima oleh San Fransisco Examiner. Dalam salam pembuka surat itu, tertulis " Dear Editor, This is the Zodiac speaking". Ini adalah pertama kalinya sang penulis surat menyebut namanya dalam surat yang ditulisnya.


https://anehdidunia.com
Surat itu ditanggapi oleh Chief Stiltz, dan ketika berita itu dimuat, Chief Stiltz meminta sang penulis surat atau Zodiac killer memberikan rincian yang lebih detail untuk membuktikan bahwa ia benar - benar membunuh Faraday, Jensen, dan Ferrin.

Penulis surat misterius itu kemudian membalasnya dengan memberikan rincian yang sama persis dengan kasus pembunuhan korban Zodiac killer tadi, namun ia tidak menulis banyak dalam surat balasannya itu.

Pada tanggal 8 Agustus 1969, Donald dan Bettye Harden dari California berhasil memecahkan kriptogram dan simbol - simbol dalam surat itu. Sayangnya, mereka tidak menemukan nama atau identitas pelaku dalam surat- surat itu.


https://anehdidunia.com

Hasil pemecahan kode, masih ada beberapa bagian yang belum terpecahkan

Pada tanggal 14 Oktober 1969, The SF Chronicles kembali menerima surat dari Zodiac killer, dalam suratnya kali ini, dia mengancam akan melakukan penembakan kembali terhadap anak - anak sekolah. https://anehdidunia.com

Pada tanggal 8 November 1969, Zodiz killer kembali mengirimkan surat. Kali ini berisi kriptogram sebanyak 340 karakter.

https://anehdidunia.com
Zodiac killer terus berkomunikasi dengan pihak yang berwenang hingga akhir tahun 1970. Ia kerap menggunakan simbol - simbol di dalam suratnya.


https://anehdidunia.com

Bahkan dalam salah satu suratnya, dia pernah menyertakan diagram bom rakitan yang akan digunakannya untuk meledakkan bis sekolaah. Di bagian bawah surat, ia menyertakan simbol The SF Chronicles menerima surat lagi pada tanggal 8 Juli 1974. Surat ini tidak ada nama pengirimnya, hanya sebuah surat yang berisi keluhan tentang kolumnis dan di tanda tangani dengan "Phentom Red", seperti lilin yang dicairkan dan ditempel dengan stempel khusus.

Sejak surat itu diterima oleh SF Chronicles, ada beberapa surat lagi yang datang, namun surat - surat itu dianggap hanya sebagai ulah iseng beberapa orang saja. Jadi, bisa dianggap surat pada tanggal 8 Juli 1974 itu merupakan surat terakhir dari Zodiac killer, meski banyak yang meragukannya. Lalu, kemanakah Zodiac killer ?

Arthur Leign Allen adalah tersangka utama yang diduga sang Zodiac killer. Namun, sidik jarinya tidak cocok dengan sidik jari yang ditemukan pada korban. Arthur meninggal pada tahun 1992 karena diabetes dan gagal ginjal. Kemudian, penyelidik mencoba mencocokkan DNA Zodiac killer dengan DNA Arthur. DNA Zodiac killer diambil dari air liur yang berasal dari perangko dan amplop yang telah dikirim beberapa kali ke media cetak. Namun hasilnya tidak cocok, beberapa orang berpendapat bahwa belum tentu DNA dari air liur perangko itu berasal dari Zodiac killer. https://anehdidunia.com

Identitas dari Zodiac killer masih misterius hingga saat ini. Perilaku unik dan kekejamannya bagi sebagian orang menganggap Zodiac killer adalah seorang psikopat. Psikopat atau bukan, yang jelas Zodiac killer merupakan tokoh misterius yang belum terungkap kebenarannya hingga saat ini.