Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Batu Raksasa Anti Gravitasi Di Dunia

Batu Keseimbangan / Batu Anti Grafitasi (balancing rock) adalah formasi geologi alami yang menampilkan sebuah batu besar, kadang-kadang seukuran rumah atau lebih, yang berada di atas batu lain yang lebih kecil, atau dalam posisi seakan-akan batu tersebut akan menggelinding jatuh, (posisi yang terlihat seperti batu itu melawan grafitasi).

Namun pada kenyataannya batu tersebut mempunyai posisi seimbang mirip pemain akrobat yang berjalan di atas tali. Pada kenyataannya, batuan ini hanya tampaknya balancing tetapi sebenarnya tegas terhubung ke batuan dasar dengan alas atau batang. Dan sebagian besar batu keseimbangan (Balancing Rock) ini ternyata menyatu dengan batu yang berada di bawahnya. Dan berikut ini adalah 10 batu keseimbangan (Balancing Rock)yang paling dikenal di seluruh dunia

10. Balancing Rock, Utah


batu keseimbangan (Balancing Rock) adalah salah satu fitur yang paling populer dari Taman Nasional Arches, di Utah, Amerika Serikat. batu ini terletak di sebelah jalan utama di taman nasional, sekitar 9 mil dari pintu masuk taman. Tinggi total dari batu keseimbangan (Balancing Rock) sekitar 39 m, dengan batu balancing naik 16,75 m di atas dasar.Batu besar di atas adalah seukuran 3 bus sekolah. Sampai saat ini, batu keseimbangan (Balancing Rock)memiliki pendamping – batu seimbang serupa, tetapi jauh lebih kecil bernama “Chip Off The Old Block”, yang jatuh selama musim dingin tahun 1975/1976.

9. Balanced Rock, Colorado

www.anehdidunia.com

Batu karang ini seimbang terletak di Garden of the Gods di Colorado Springs, Colorado. Letaknya mudah diakses oleh jalan beraspal dan merupakan tempat yang populer untuk fotografi wisata.

8. Balancing Rock, Digby, Nova Scotia
www.anehdidunia.com

Batu keseimbangan (Balancing Rock) di Mary’s Bay, Long Island, Nova Scotia tampaknya terlihat menentang gravitasi yang berdiri dari dasar akhir di tepi batu karang di bawah ini. Mempunyai tinggi 9 meter dari batu terpasang oleh dua bagian kecil dengan kesenjangan antara yang Anda bisa lihat tembus.

7. Idol Rock, Brimham Moor 
www.anehdidunia.com

Banyak formasi batuan misterius tersebar di 50 hektar di Brimham Moor. Salah satunya adalah Idol Rock, Brimham Moor seimbang di atas sebuah batu kecil. Batu-batu ini terkikis oleh air, glasiasi dan angin, sehingga mengambil bentuk yang menakjubkan. Banyak formasi menunjukkan banyak jejak, termasuk gajah, kuda nil, beruang, dan jamur.

6. Batu Jamur, Kansas 
www.anehdidunia.com

Batu Jamur (Mushroom Rock) State Park, yang terletak di daerah Hills Smoky dari Kansas, terkenal karena formasi batu yang mirip jamur. Batuan ini terbentuk melalui proses erosi seragam dan pelapukan di mana massa keras dari Pasir besi Dakota menolak erosi sedangkan batu yang lebih lembut mendasari cuaca, membentuk bentuk “jamur” . Ada dua jamur dan batu sepatu raksasa, serta berbagai formasi batuan lainnya di taman.

5. Chiremba Balancing Rocks, Zimbabwe

Chiremba Balancing Rocks terletak 13 km sebelah tenggara dari Harare di Epworth. Meskipun batu aneh ini bisa ditemukan di hampir seluruh Zimbabwe,tapi yang satu ini menjadi terkenal setelah ditampilkan dalam mata uang Zimbabwe . Chiremba Balancing Rocks telah digunakan sebagai tema metafora untuk menjelaskan pentingnya pembangunan ditambah dengan melestarikan lingkungan yang rapuh di Zimbabwe yang mirip dengan yang ada pada Balancing Rocks ditemukan di Epworth, Matopos dan di daerah lain.

4. Mexican Hat (Topi Meksiko), Utah
www.anehdidunia.com

Formasi Batu Mexican Hat terletak di Highway 163, 24 km sebelah barat dari Bluff, di Utah. Nama “Mexican Hat” berasal dari sebuah rasa ingin tahu dari bentuk sombrero , yang mempunyai lebar sekitar 30 meter 60-kaki dan tebal 4 m di ujung timur laut kota.

3. Devils Marbles (Kelereng Setan), Australia

Devils Marbles adalah satu diantara bebatuan Australia paling terkenal, terletak di sebelah selatan Creek Tennant dari Northern Territory. Batu Kelereng Setan ini Ini, besar berwarna merah, batu-batu granit bulat bervariasi dalam ukuran, dari 50 cm hingga enam meter, dan batu – batu ini berserakan di area yang luas. Banyak dari mereka yang mempunyai posisi tampak mustahil seimbang di atas satu sama lain.

2. Kjeragbolten, Norwegia 
www.anehdidunia.com

Kjeragbolten adalah baatu berukuran 5 meter kubik batu terjepit di sebuah jurang di pinggir gunung Kjerag di Lysefjorden, Norwegia. Blok batu tersangkut di ketinggian 984 meter di atas jurang yang dalam. Meskipun penampilannya mengesankan,lokasi batu ini mudah diakses dengan berjalan kaki tanpa peralatan khusus. Seluruh gunung Kjerag merupakan daerah mendaki populer, dan Kjeragbolten adalah tempat favorit untuk mengambil foto.

1. Golden Rock, Burma
www.anehdidunia.com

Golden Rock(Kyaik-htiyo atau Kyaiktiyo), bertengger di atas tebing dekat Yangon, adalah salah satu situs paling suci di Birma. Menurut legenda,Golden Rock (Batu Emas) menggelinding sendiri dan bertengger di sehelai rambut Buddha. Batu itu sangat terlihat seperti melawan gravitasi, karena tampak berada di ambang bergulir menuruni bukit. Di bagian atas batu itu dibangun sebuah pagoda kecil dan ditutupi dengan daun emas yang disisipkan oleh pemujanya. Sekilas tentang Rock “menantang gravitasi” Golden diyakini cukup inspirasi bagi setiap orang untuk beralih ke Buddhisme.