Film Aneh Unik

Semburan Tiba-Tiba Geyser Raksasa

21 May 2013

Sebuah peristiwa mengejutkan terjadi hari selasa 9 April 2013 di Smolensk, kota dengan penduduk sekitar 327.000 jiwa, sekitar beberapa ratus kilometer dari Moskow. Penduduk kota tersebut sedang disibukan dengan aktivitas bisnis mereka, ketika tiba-tiba air panas menyembur dari tengah sebuah tempat parkir yang ramai dengan kendaraan, semburan air panas tersebut mencapai ketinggian gedung berlantai tiga hanya dalam beberapa detik.


http://3.bp.blogspot.com/-C6IpBnqyihs/UZrW4Yx5S8I/AAAAAAAAAys/yl_nKZn6QPs/s320/largest.JPG
Semburan pertama, memecah permukaan aspal ke udara, sesaat kemudian hujan batu terjadi, merusak setidaknya 15 kendaraan yang terparkir, sebagian karena hantaman aspal yang terlontar ke udara dan sebagian lain akibat semburan air. Meskipun tak ada satupun laporan adanya korban jiwa, maupun luka-luka, peristiwa ini cukup mengejutkan warga Smolensk.

Sebuah video yang diunggah ke You Tube oleh pemilik acount News Super World menjelaskan semua peristiwa ini.

Video yang berasal dari kamera yang dipasang diatas Main Square Smolensk, memperlihatkan sebuah tempat parkir yang sibuk disebuah hari yang cerah, tapi sejurus kemudian semua berubah, semburan air membentuk awan badai kecil ditengah kota, terlihat tidak berbahaya pada awalnya, untuk kemudian  membesar menjadi geyser air panas menyaingi Old Faithfull. Apa yang tidak bisa kita lihat di video ini adalah aspal dan batu-batuan yang melayang akibat tekanan air yang kemudian menghujani kendaraan yang terparkir disana.

http://3.bp.blogspot.com/-Fcr0iQmp848/UZrW8wkGWvI/AAAAAAAAAy8/20snQq72Q4Q/s320/old-faithful-yellowstone-l.jpg
Old Faithfull Yellow Stone
Dalam beberapa menit, aliran besar air telah membanjiri area parkir, membuatnya nampak seperti kolam renang raksasa, semburan geyser terus memuntahkan air dan uap ratusan meter ke udara. Jika hal ini terjadi di halaman saya, bisa dipastikan saya akan mencari tempat aman, mungkin ke luar kota, atau ke luar negeri jika saya tinggal di Singapura, namun sahabat anehdidunia.com penduduk setempat di Smolensk tampaknya hanya sedikit terkejut tapi tidak terlihat terganggu, mereka terus mencari tempat-tempat terbuka di lapangan parkir tersebut meskipun kekacauan aneh terjadi  selemparan batu jauhnya.

Geyser
Fenomena apakah yang sebenarnya terjadi? geyser? berbahayakah? Sedikit pengertian tentang Geyser, Geyser adalah semburan air panas yang lazim terjadi setelah terjadi erupsi gunung berapi, atau bisa terjadi akibat pemanasan magma didekat permukaan bumi. Taman nasional Yellow Stone di Amerika Serikat, adalah tempat dengan pancaran geyser terbanyak di dunia, terdapat sekitar 300 semburan geyser di tempat ini, setengah dari semua geyser di dunia.

Berbahayakah geyser? secara umum geyser adalah gejala post vulkanik, artinya kemunculan geyser adalah pertanda selesainya aktivitas gunung berapi untuk sementara waktu, selama tidak mengandung gas berbahaya, geyser adalah fenomena alam yang menyenangkan untuk diamati, meskipun bukan berarti sama sekali tidak berbahaya.

Jadi gunung apa yang baru saja meletus disekitar Smolensk? disini letak masalahnya, tak ada satupun jalur pegunungan api di wilayah Smolensk, jalur gunung api terdekat ada di kawasan Mediteranian ribuan kiometer dari Smolensk, artinya? kecil kemungkinan terjadi aktivitas erupsi magma di wilayah ini. Bisa dipastikan kejadian ini bukanlah akibat fenomena alami.

http://4.bp.blogspot.com/-j8EiNNf_l5M/UZrZgE3y-9I/AAAAAAAAAzM/4bsugfnSRa8/s320/Graphic1.JPG
Hasil penyelidikan lanjutan menemukan geyser ini terjadi akibat pecahnya pipa air bawah tanah, yang  kekuatannya cukup kuat untuk memenuhi tempat parkir itu dengan air dalam waktu kurang dari sepuluh menit. Pekerja pipa memang berhasil mengatasi masalah ini dengan cepat, meskipun akhirnya di tengah tempat parkir tersebut tertinggal sebuah lubang yang terisi dengan air panas, tempat yang bisa dipertimbangkan untuk menikmati segelas teh dan mandi sauna di tengah kota.

http://4.bp.blogspot.com/-1-GdjmBQeUI/UZrW8ZHCTLI/AAAAAAAAAy0/yeMoDzkgTIA/s320/a.aaa-Outdoor-jacuzzi.png

Kejadian seperti ini sangat wajar terjadi di Rusia, mengingat kondisi ikim yang sangat ekstrem, suhu dingin menyebabkan pembekuan air didalam tanah, pipa-pipa air tersebut seringkali pecah akibat tekanan yang muncul akibat bertambahnya dimensi air yang mengalami proses pembekuan.

sumber: http://sometronom.blogspot.com/2013/05/semburan-tiba-tiba-geyser-raksasa-di.html

Related Article

Paling Aneh