Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menguak Mitos Binatang Berwarna Hitam

Dalam berbagai kebudayaan di dunia, masyarakat teleah mengenal bigitu banyak mitos yang ditimbulkan oleh hewan hewa tertentu. Ada kabarnya hewan yang bisa memberi keberuntungan bagi orang yang memeliharanya dan juga ada yang percaya jika memelihara hewan tertentu akan mendatangkan malapetaka pada sang majikan. Sahabat anehdidunia.com entah dari mana asalnya, banyak sekali berkembang mitos mitos negatif yang berasal dari hewan yang berwarna hitam. Berikut mitos hewan yang berwarna hitam.

Mitos Kucing Hitam


Sahabat anehdidunia.com jika menonton film horor, selalu menghadirkan seekor kucing hitam sebagai latar atau figuran. Selain itu, aksesoris kucing hitam juga acap kali muncul dalam acara yang berkaitan dengan dunia mistis. Sebagian masyarakat percaya bahwa kehadiran sosok kucing hitam selalu diidentikkan dengan datangnya bangsa lelembut atau hantu. Konon, kucing hitam tak datang di sembarang tempat dan waktu. Usut punya usut, kepercayaan akan kucing hitam berakar dari sejarah di jaman Babylonia kuno. Kala itu kucing hitam dipersembahkan dalam upacara ritual untuk dibakar bersama sesaji lainnya. Awalnya, mitos ini muncul karena ada seekor kucing hitam yang tidur di tengah-tengah seekor ular dengan pulasnya, padahal kala itu ular merupakan lambang dari kejahatan. Sementara kepercayaan lain yang mengatakan bahwa kucing hitam ini adalah salah satu penyamaran para penyihir jahat.

Meski tidak ada saksi yang pernah menyaksikan ada penyihir yang berubah menjadi seekor kucing hitam atau seekor kucing hitam yang berubah menjadi seorang penyihir, namun mereka mengatakan bahwa pada suatu hari mereka menyakiti seekor kucing hitam dan kucing hitam itu terluka. Kemudian keesokan harinya mereka menemukan luka yang sama dan di tempat yang sama pada seorang wanita. Selain itu, kucing hitam diidentikkan dengan nasib sial. Banyak yang percaya bahwa ketika bertemu dengan kucing hitam di jalan, mereka akan segera mengalami kesialan. Tampaknya kepercayaan ini sangat mengakar, terutama bagi masyarakat Eropa. Meski begitu, tak semua kebudayaan menganggap kucing hitam pembawa sial. Sebagai contohnya di Inggris, konon jika memberikan kucing hitam pada mempelai wanita justru dipercaya bisa memberikan nasib baik. Berdasarkan kepercayaan Skotlandia, kucing hitam yang muncul di rumah adalah pertanda rezeki dan bisa mendatangkan kemakmuran. Namun mitos yang santer di Indonesia mengatakan bahwa, jika ada kucing hitam yang melangkahi mayat, maka mayat tersebut akan segera bangkit dari kematian. Parahnya lagi, mayat yang terbangun tadi akan langsung mencekik leher siapa saja yang ada di dekatnya!

Mitos tentang kucing hitam ini adalah sebagai pembawa sial atau pembawa hantu. Hal ini dipercaya karena pada zaman babylonia kuno dulu kucing hitam di jadikan ritual. Dan kucing hitam juga sebagai wujud dari seorang penyihir pada zaman itu. Hal ini lebih di perkuat karena pada suatu hari mereka melukai kucing hitam dan beberapa hari kemudian bekas luka itu terlihat pada seorang wanita yang di mana luka dan tempat luka terjadi di tempat yang sama pada tubuh wanita itu. Selain itu juga kucing hitam di anggap sebagai pembawa sial apalagi ketika bertemu di jalan maka akan datang nasip sial.

Mitos Burung Gagak Hitam


Burung berwarna hitam pekat ini, beda memikat dalam sudut supernatural yang tinggi, diantara­ jenis burung-burung lain gagak adalah burung yang spesifik memiliki tingkat kecerdasan yang relatif tinggi. Sementara menurut mitologi, burung Gagak sering dikaitkan dengan sesuatu hal yang buruk, dan secara leluhur jawa gagak simbolis misterius. Pasalnya, burung Gagak dianggap suatu pertanda akan ada kesulitan yang akan muncul. Sebetulnya hal ini dikarenakan nilai sejarah dan misteri masih kental dimasyarakatnya­. Kehadiran Gagak Hitam bisa juga diartikan sebagai sang penjemput ajal. Apabila Burung Gagak berputar-putar di atas rumah, konon akan ada penghuni rumah yang segera meninggal.

Gagak Hitam memang paling suka dengan bangkai. Begitu ada bangkai, rombongan Gagak akan langsung datang berbondong bondong mengerubuti bangkai itu. Kedatangan Gagak di perkampungan atau sekitar perumahan merupakan suatu tanda bahwa di tempat itu akan ada makhluk yang jadi bangkai atau sang burung penanda akan ada orang meninggal disekitar tempat yang dijamu burung gagak dengan celoteh dan jeritan yang haus akan makanan berupa mayat. Sahabat anehdidunia.com menurut kepercayaan Orang Jawa, jika ada orang yang sedang sakit lalu terdengar suara burung Gagak Hitam, maka itu adalah sebuah pertanda bahwa orang yang sakit akan segera mati. Orang yang menjelang ajal itu memang sudah menebarkan aroma khas bau mayat. Burung Gagak mempunyai insting dan penciuman yang sangat tajam. Tak tanggung-tanggung, bahkan radiusnya bisa mencapai ribuan kilometer, dan Burung Gagak merupakan salah satu burung pemakan bangkai.

Selain itu, ada pula kepercayaan yang mengaitkan bahwa sate Gagak adalah media untuk memanggil Gendruwo. Banyak yang mempercayai salah satu cara untuk memanggil Gendruwo adalah dengan membakar sate Gagak, sebab Burung Gagak merupakan makanan kesukaan dan binatang peliharaan Gendruwo. Konon, makhlus halus sejenis genderuwo sangat menyukai aroma bau bakaran sate gagak. Selain itu tempat-tempat yang gelap dan lembab merupakan sarang makhluk ini. Ternyata mitos seram burung gagak tak terhenti sampai disini, sebab jika memanggang Burung Gagak di kuburan yang angker akan mendatangkan berbagai macam makhluk halus dan arwah penasaran. Kemudian dalam waktu singkat arwah arwah orang yang mati penasaran akan datang menghampiri bau harum sesajen yang disediakan lengkap dengan keadaan fisik mereka waktu meninggal. Ini adalah salah satu ritual pesugihan “Sate Gagak”.

Mitos Anjing Hitam


Mitos umum mengenai hewan berkaki empat yang mampu meraung dan memiliki naluri tajam ini mampu mendeteksi keberadaan mahluk gaib yang ada di sekitarnya. Meskipun demikian anjing pun dianggap sebagai mahluk yang menjaga pintu neraka. Sementara di Amerika Serikat, sosok anjing hitam merupakan sebuah legenda yang sangat mengerikan. Konon, sosok anjing hitam ini pernah terlihat bergentayangan di wilayah Hanging Hill, Connecticut. Meski sosok makhluk misterius tersebut berupa anjing hitam, akan tetapi ia mampu berubah ke berbagai wujud. Sebagaimana yang pernah ceritakan bahwa siapapun orangnya yang melihat sosok anjing hitam ini akan mengalami kematian. Sementara di Meksiko, konon sosok anjing hitam dan besar yang dikenal dengan nama Cadijo, akan menghantui para pemuda yang nakal yang sedang berjalan-jalan di malam hari di sekitaran desa.

Mitos Ayam Hitam


Ayam hitam atau yang sering disebut Ayam Cemani selalu dikaitkan dengan kekuatan mistis. Konon, ayam jenis ini menyimpan kekuatan mistis yang kebenarannya masih diragukan namun hingga detik-detik ini tetap dipercayai oleh sebagian masyarakat Indonesia. Kerap kita mendengar Ayam Cemani sering dijadikan tumbal dalam ritual tertentu seperti ruwatan, pelaris, pengobatan, tumbal bangunan serta ritual lainnya. Selain diyakini sebagai pembawa hoki atau keberuntungan, Cemani juga dapat digunakan sebagai tumbal atau sesajen, sebab daging, tulang, serta darahnya yang berwarna hitam. Karena semua organ tubuhnya yang hitam, maka Ayam Cemani menjadi sangat digemari oleh bangsa jin, iblis, dedemit dan makhluk halus lainnya sebagai makanan kesukaan. Konon, pada zaman kerajaan tempo dulu, Ayam Cemani biasa digunakan oleh para raja, jawara, pendekar, bahkan oleh para dukun dan orang pintar lainnya sebagai syarat sesajen untuk penguasaan ilmu tertentu supaya ilmu kesaktiannya bisa tercapai. Selanjutnya, secara turun temurun mitos mistis Ayam Cemani yang pada zaman dahulu kerap dijadikan sebagai tumbal dan sesajen tertentu, masih terpelihara hingga sekarang.

Ayam hitam ini biasa dijadikan tumbal sebagai pelaris dan pengobatan untuk seseorang. Selain sebagai ritual ayam hitam juga memiliki darah hitam yang menurut mitos, hal itu yang membuat bangsa jin, hantu dan mahluk halus lainnya suka dengan ayam hitam ini sebagai santapannya. Ayam hitam juga di gunakan sebagai pelengkap kekuatan mistik biar lebih sempurna. Selain itu ayam Hitam disebut sebut juga ayam cemani yang di mana cemani itu berasal dari bahasa jawa kuno yaitu hitam legam. Semua hitam termasuk darah beserta dagingnya. Ayam cemani ini juga banyak di cari oleh orang indonesia untuk ritual sesajen atau untuk ritual gaib.

Mitos Macan Kumbang


Macan kumbang adalah macan varian dari macan tutul. Konon pada jaman dahulu banyak prajurit-prajurit yang menuntut ilmu untuk mengubah diri menjadi mahluk atau hewan buat termasuk macan kumbang. Sampai sekarang masyarakat indonesia mempercayai kalau macan kumbang adalah jelmaan dari para prajurit terdahulu atau merupakan turunan dari prajurit jaman dahulu yang di mana memiliki makna sebagai prajurit gagah perkasa dan pemberani.

Mitos Laba Laba Hitam


Semua orang akan menjauh begitu melihat laba laba berwarna hitam seperti jenis black widow. Mitos lalaba hitam adalah jika menemukan laba laba hitam pada pagi hari akan menemukan kesedihan namun jika bertemu denga laba laba hitam di siang hari amaka ia akan menemukan kebahagiaan. Berbeda lagi dengan mitos ini di Jepang, Mereka akan ketakutan jika bertemu dengan laba laba hitam di malam hari karena di jepang dipercaya laba laba hitam adalah jelmaan iblis.

Begitulah mitos hewan hewan yang berwarna hitam yang sebagian besar adalah mitos yang menyeramkan. Namun bagi kami sahabat anehdidunia.com kami tetap berpegangan bahwa black is beauty hitam itu cantik :)


referensi:https://www.youtube.com/watch?v=MWooFMnKCjM/http://onewebid.blogspot.com/2014/04/7-mitos-mengerikan-hewan-berwarna-hitam.html