Berita Aneh Unik

Negara Yang Tidak Memiliki Pertahanan Militer

09 Jan 2015

Sebuah negara biasanya memiliki tiga elemen terdiri dari Angkatan Laut, Angkatan Darat, serta Angkatan Udara dalam menjaga kedaulatan wilayah di dalam negara. Uniknya, ada beberapa negara yang tak mempunyai pertahanan militer. Negara-negara tersebut hanya memiliki sepasukan kecil kepolisian untuk menjaga keamanan. Ini dia negara-negara yang tak memiliki pasukan militer.


Samoa
Sahabat anehdidunia.com pulau Samoa terletak di Selatan Samudera Pasifik. Negara ini memperoleh kemerdekaannya dari Selandia Baru pada tahun 1962. Saat ini, negara ini tidak mempunyai pasukan tentara. Namun, Samoa mempunyai pasukan kepolisian yang kecil dengan tingkat kejahatan yang rendah. Sumber utama kejahatan biasanya berkaitan dengan narkoba. Samoa juga memiliki Unit Maritim untuk menjaga keamanan internal serta pasukan penjaga kedaulatan di laut yang disebut Nafanua. 

Kiribati
Terletak di bagian Barat Samudera Pasifik dan berbatasan dengan Indonesia, Filipina, serta Mikronesia. Jepang pernah menduduki pulau ini selama Perang Dunia I. Pulau ini memperoleh kedaulatan penuh pada tahun 1994. Saat ini, tak ada tentara yang menjaga pulau ini. Namun terdapat sepasukan kepolisian serta 30 orang penjaga daerah laut.

Tuvalu
Adalah bagian dari Kepulauan Polinesia dan terletak di antara Hawai dan Australia. Sebelumnya dikenal sebagai Kepulauan Ellice dan merupakan negara paling padat ketiga di dunia. Meski begitu, negara ini tidak memiliki kekuatan militer reguler. Negara ini hanya mempunyai pasukan polisi yang disebut Kepolisian Tuvalu dan Unit Maritim serta Lembaga Permasyarakatan. Negara ini memperoleh kemerdekaan pada tahun 1978 dari Kerajaan Inggris.

Marshall
Negara kepulauan yang satu ini terletak di bagian Utara Samudera Pasifik. Pemerintahan secara resmi baru didirikan di negara ini pada tahun 1986 dan memperoleh kedaulatan dari Amerika Serikat. Meski telah merdeka sejak 1990, Amerika Serikat akan terus memberikan bantuan dan perlindungan selama perang sesuai perjanjian. Hal ini membuat negara ini tidak mempunyai tentara karena kebutuhan akan pasukan keamanan didatangkan langsung dari Amerika.

Grenada
Negara yang dikenal juga sebagai Tanah Rempah-rempah ini terletak di dekat Laut Karibia. Negara ini merupakan bagian dari koloni Inggris dan baru merdeka pada tahun 1974. Negara ini tidak memiliki tentara tetap namun memiliki layanan keamanan Kerajaan Kepolisian dan Internal. Negara ini bergantung pada negara terdekat untuk bantuan dalam perlindungan. Sama seperti Pulau Marshall, Grenada juga menerima bantuan dari Amerika.

Nauru
Adalah republik terkecil di dunia yang luas wilayahnya hanya 8,1 meter persegi. Negara paling padat kedua di dunia ini terletak di Pasifik Selatan dan sempat diduduki Jepang selama Perang Dunia II. Negara ini memperoleh kemerdekaan pada tahun 1968. Meski tidak memiliki pasukan militer, Nauru menerima bantuan keamanan dari Australia sesuai perjanjian mereka. Nauru hanya mempunyai kepolisian internal.

Andorra
Negara ini dikelilingi oleh Prancis dan Spanyol. Negara ini memiliki jumlah populasi yang kecil dan kerap didatangi wisatawan yang jumlahnya melebihi jumlah warganya sendiri. Negara ini mendapat perlindungan dari Spanyol dan Prancis. Hanya ada sepasukan kecil penjaga keamanan yang menjaga negara ini.

Kosta Rika
Negara yang terletak di Amerika Tengah ini telah lama menjadi negara dengan tingkat pendapatan penduduk paling baik. Negara ini sebelumnya dipimpin oleh diktator militer dan baru memperoleh kemerdekaan pada tahun 1950. Negara ini tidak mempunyai pasukan tentara dan berada di bawah perlindungan Amerika Serikat.

Vatikan
Didirikan pada tahun 1929, Vatikan merupakan negara terkecil di dunia sekaligus paling padat. Negara ini tidak mempunyai pasukan pertahanan. Pertahanan militer diperoleh dari bantuan Italia. Terdapat juga pasukan Garda Swiss yang menjaga tahta suci Vatikan.

Liechtenstein
Sahabat anehdidunia.com negara in merupakan negara dengan perndapatan per kapita tertinggi di dunia. Selain disebut-sebut sebagai negara dengan standar hidup tertinggi di dunia, negara ini juga memiliki tingkat kejahatan paling rendah di dunia. Tentara dihapuskan setelah Perang Austro-Prusia pada tahun 1868. Meski makmur secara ekonomi, negara ini tetap memilih tidak memiliki pasukan militer. Hanya ada sepasukan kecil kepolisian yang bekerja sama dengan Austria dan Swiss dalam menjaga keamanan. Nah, apakah ini pembuktian bahwa tidak mesti memiliki pasukan militer untuk mempertahankan kedaulatan negara?


referensi:http://citizen6.liputan6.com/read/2156848/10-negara-yang-tak-memiliki-pasukan-militer?p=9

Related Article

Paling Aneh