Foto Aneh Unik

Batu Permata Termahal Dan Langka Di Dunia

07 Mar 2015

Gemstone Termahal Dan Langka Di Dunia - Harga batu mulia yang lebih dikenal dengan nama batu permata adalah sesuatu yang sulit ditentukan karena sifatnya berubah ubah. Namun sahabat anehdidunia.com kami menggunakan sumber discovery.com karena data harga tersebut merupakan standard harga gemstone international. Sebelumnya kami pernah membuat Batu Akik Termahal Di Indonesia yang anda bisa baca disini. Anda bisa membandingkan harga harga batu tersebut dengan harga international. Tanpa menunda lagi, Berikut sahabat anehdidunia.com gemstone langka dan paling mahal di dunia


Batu Perhiasan Benitoite

Batu termahal di dunia
Batu Perhiasan Benitoite
Benitoite adalah sebuah permata yang langka, batu permata ini berasal dari dataran California. Benitoite pertama kali dipublikasikan oleh George D. Louderback (tahun 1907), diberi nama benitoite karena lokasi penemuannya di hulu sungai San Benito yang terletak di San Benito County, California, USA. Benitoite permata memiliki warna safir biru, juga memiliki transparansi yang sangat baik dan berkilau. Karena kelangkaan dan kurangnya ketersediaan yang ada, Benitoite bisa sangat mahal per karat. Composisi: Barium, Titanium, Silicon, Oxygen  Harga Pasaran: $3000-$4000 per karat. Jika di rupiahkan kurang lebih harganya Rp 38.895.000 sampai Rp 51.860.000 per karat.

Batu Mulia Langka Red Beryl

Batu akik termahal di dunia
Batu Mulia Langka Red Beryl
 Beryl merah atau biasa di sebut juga dengan istilah Bixbite pertama kali di publikasikan pada tahun 1904 berdasarkan penemuan Maynard’s Claim di Gunung Thomas tepatnya di Utah Barat, USA. Bixbite dinamakan seperti Maynard Bixby (1853-1935), seorang Mineralogist berkebangsaan Amerika. Nama “Bixbite” sekarang telah di sahkan oleh CIBJO, Konfederasi Perhiasan Dunia, agar dapat dibedakan dengan mineral lainnya, yaitu bixbyite, maka dapat dinamai juga dengan Maynard Bixby. Violet Beryl merah atau bixbite adalah salah satu batu permata paling langka di dunia. Composisi: Beryllium, Aluminum, Silicon, Oxygen  Harga Pasaran: $10,000 per karat. harga batu ini dalam rupiah kira kira Rp 129.650.000 per karat.

Permata Langka Alexandrite

batu permata termahal di dunia
Permata Langka Alexandrite
Alexandrite adalah anggota dari keluarga mineral chrysoberyl bersama dengan Chrysoberyl Cat’s-eye (mata kucing). Permata ini unik, karena Alexandrite memiliki kemampuan untuk mengubah warna (color change). Batu Alexandrite berwarna hijau atau hijau kebiruan di bawah sinar matahari dan juga di bawah cahaya lampu normal atau fluorescent, tapi berubah ke nuansa merah atau coklat kemerahan/merah keunguan ketika ditampilkan di bawah lampu pijar. Apabila sifatnya berubah warna dari warna hijau rumput menjadi warna merah dengan perubahan yang signifikan (amat langka), maka akan bernilai tinggi. Composisi: Beryllium, Aluminum, Oxygen  Harga Pasaran: $12,000 per karat. Harga fantastis jika dirupiahkan menjadi Rp 155.580.000 per karat.

Batu Permata Jadeite 

batu mulia paling mahal di dunia
Batu Permata Jadeite
Batu Giok adalah batu yang sudah sangat umum diketahui masyarakat dunia. Pada zaman Kerajaan Tiongkok, batu giok ini sangat diminati oleh masyarakat nya dan menjadi salah satu batu tradisional khas Tiongkok. Ada dua Jenis Batu Giok yaitu Nephrite dan juga Jadeite. Batu giok jenis Nephrite biasanya berwarna putih, sedangkan batu yang berwarna biru kehijauan, oranye kemerahan, atau lavender adalah jenis jadeite. Jenis jadeite ini adalah batu yang sangat langka dan dinilai sangat berharga.

Yang menjadikan batu giok ini cukup mahal adalah karena memiliki nilai keras yang tinggi. Untuk jenis nephrite nilai kerasnya adalah 6-6,5, sedangkan untuk jadeite nilai kerasnya adalah 6,5-7. batu ini memiliki julukan “the toughes gemstone” yang berarti batu terkuat diantara batu mulia yang lainnya. Bahkan batu giok ini dinilai lebih kuat dari batu intan atau berlian. Batu intan memang memiliki julukan batu paling keras, namun jika terbentur dengan sangat keras, batu intan bisa retak atau patah. Berbeda halnya dengan batu giok yang sudah terbukti lebih kuat dari batu intan. Composisi Sodium, Aluminum, Iron, Silicon, Oxygen Harga pasaran $20,000 per karat. Dalam rupiah harga batu mulia ini Rp 259.300.000 per karat

Permata Musgravite

batu mulia terlangka di dunia
Permata Musgravite
Batu permata dengan nilai harga tinggi ditemukan pertama kali pada tahun 1967 disebuah pegunungan Australia Selatan. Batu ini memiliki tingkat kekerasan 8-8,5 pada skala Mohs. Batu ini masuk dalam keluarga taaffeite (sebuah mineral yang ditemukan pertama kali oleh Richard Taaffe pada 1898-1967) Musgravite termasuk salah satu permata paling langka yang ada di atas bumi sehingga harganya sangat tinggi. Hingga pada tahun 2005 diperkirakan hanya ada 8 buah Musgravite diseluruh dunia. Komposisi: Magnesium, Beryllium, Aluminum, Zinc, Iron, Oxygen Harga Pasaran $35,000 per karat. Jika di kurs kan dalam rupiah sekarang, harga batu langka ini sekitar Rp 453.775.000 per karat.

Batu Permata Painite

batu permata terlangka di dunia
Batu Permata Painite
Painite adalah sejenis mineral yang sangat langka, pertamakali diketemukan di Birma (Myanmar) oleh seorang peneliti ahli mineralogi berkebangsaan Inggris bernama Arthur C.D. Pain pada tahun 1950, hasil penelitian menguraikan mineral ini mengandung kalsium, zirkonium, boron, aluminium dan oksigen (CaZrAl9O15 (BO3)). Lebih lanjut mengenai kandungan kimiawi mineral ini juga terdapat jejak kromium dan vanadium di dalamnya, sehingga mineral ini masuk dalam kategori sangat langka. Untuk memberi penghargaan pada penemu dan penelitinya maka mineral ini deberi nama "Painite" yang merupakan kepanjangan dari nama belakang ahli mineral tersebut. Komposisi: Calcium, Zirconium, Boron, Aluminum, Oxygen Harga Pasaran: $50,000-$60,000 per karat. Harga batu permata ini berada dikisaran Rp 648.250.000 sampai Rp 777.900.000 per karat.

Batu Mulia Pink Star Diamond

batu permata termahal dan terlangka di dunia
Batu Mulia Pink Star Diamond
Dan yang terakhir adalah batu perhiasan Pink Start Diamon yang memupakan batu perhiasan termahal dari daftar batu -batu perhiasan sebelumnya. Sesuai namanya batu ini terlihat memiliki bentuk yang sedikit lonjong dengan sudut-sudut lancip seperti bintang, memiliki kilauan warna merah muda ke unguan, membuat batu perhiasan ini terlihat indah dan mempesona. Pink Star Diamond pertama kali di tambang pada tahun 1999 di Afrika Selatan. Batu yang memiliki berat 59,6 karat ini berhasil terjual di sebuah pelelangan di Sotheby’s dengan harga yang sangat fantastis yaitu US$ 83 juta atau jika di rupiahkan hampir mencapai satu Triliun rupiah  yang berarti harga per karatnya saat itu adalah US$ 1,3 juta (sekitar Rp 16,7 miliar).  Komposisi: Carbon Harga Pasaran: $83,187,381, or about $1,395,761 per karat. Batu permata ini dibandrol dengan harga yang sangat mahal yaitu sekitar Rp 18.096.041.365 per karat.

Harga pasaran batu termahal di dunia ini saat kurs $1 sama dengan Rp12,965,00. anda bisa kalikan harga kurs dolar yang tertera disana dengan kurs rupiah. Harga yang fantastis untuk sebuah batu! Demikianlah batu batu langka ini semoga menambah wawasan anda dan tetntu saja tetap kami berdoa agar anda bisa membeli batu permata terbaik untuk diberikan pada kekasih anda. Semangat


referensi:http://www.discovery.com/tv-shows/game-of-stones/top-ten-rarest-gemstones/http://ilhambangunkarta35.blogspot.com/2015/02/batu-perhiasan-terlangka.html/http://www.gemstonestation.com/index.php?page=shop.browse&category_id=144&option=com_virtuemart&Itemid=1/http://www.akiks.com/harga-batu-cincin-termahal-di-dunia/http://pusatbatu.com/perbedaan-antara-jadeite-dengan-batu-giok-nephrite-jade/http://www.batumania.com/blog/tentang-batu-permata-alexandrite-chrysoberyl/http://www.slideshare.net/RizkyFrilian/rizky-frilian-budi-131101070-red-beryl

Related Article

Paling Aneh