Foto Aneh Unik

Urutan Gempa Bumi Terdahsyat Di Dunia

21 Mar 2015

Gempa bumi adalah salah satu bentuk dari bencana alam yang memang tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Amukan kekuatan penguasa alam ini begitu menakutkan sehingga bisa menghancurkan dan melululantahkan bangunan ataupun isi dunia ini. Tercatat dalam wikipedia dan earthquake usgs gov urutan gempa terbesar dan terdahsyat yang pernah terjadi dimuka bumi ini. Berikut urutan ulasannya.


Gempa Bumi Kamchatka Rusia 1952 


Sahabat anehdidunia.com gempa bumi 9 SR pertama di dunia tercatat pada tahun 1952, di semenanjung Kamchatka, Rusia. Tidak ada laporan kematian pada saat itu, sekalipun dilaporkan tsunami setinggi 13 meter sempat mencapai Crescent City, California. Pun demikian, dilaporkan kerugian materi besar dialami oleh Hawaii karena kerusakan parah yang dialami oleh mereka.

Gempa Pantai Timur Pulau Honshu Jepang 2011


Gempa bumi terbesar yang pernah menyerang Jepang terjadi pada 11 Maret 2011. Gempa bumi 9,0 SR ini diperkirakan mengguncang Jepang selama 6 menit. Tsunami menelan 29 ribu korban jiwa, merusak Fukushima dan menyebabkan reaktor nuklirnya meledak. Ada lebih dari 50 titik yang mengalami kerusakan parah akibat gempa tersebut.

Gempa Bumi Lepas Pantai Sumatera Utara Indonesia 2004


Salah satu gempa bumi terbesar ketiga di dunia tercatat terjadi di Aceh. Gempa 9,1 SR ini menelan sekitar 227 ribu korban jiwa, 1,7 juta orang yang harus mengungsi, dan 14 titik tsunami menyerang negara-negara di Asia Selatan hingga ke Afrika Timur.

Tsunami ini tak hanya merusak berbagai fasilitas tetapi juga meluluhlantakkan banyak lokasi.Gempa bumi yang terjadi 26 Desember 2004 itu hingga kini masih menyisakan kesedihan dan trauma bagi masyarakat di Aceh.

Gempa Terdahsyat Prince William Alaska 1964


Sebuah daerah disebut Prince William di Alaska sempat diserang gempa bumi sebesar 9,2 SR di tahun 1964. Gempa bumi yang berlangsung selama 3 menit itu menelan 128 korban jiwa, dan menciptakan kerusakan di mana-mana. Banyak tanah longsor, kekacauan jalur komunikasi, pipa gas yang pecah, listrik yang padam, dan tsunaminya menyebabkan kerusakan sepanjang daerah Hawaii.

Gempa Bumi Terbesar Valdivia Chili 1960


Gempa bumi yang tercatat terbesar di dunia adalah gempa di Chili, yang terjadi pada tahun 1960. Gempa bumi sebesar 9,5 SR ini menelan 1,665 korban jiwa. Ribuan orang terluka dan jutaan orang kehilangan tempat tinggal.

Tetaplah menyayangi alam yang dititipkan Tuhan kepada kita, dengan menanam pohon walau hanya sebatang yang akan sangat berarti bagi alam ini. kurangi segala sesuatu yang bisa merusak alam dimana hal tersebut anda yang mengetahuinya. Save Our Mother Earth


referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_gempa_bumi_terdahsyat_di_dunia
http://earthquake.usgs.gov/earthquakes/world/10_largest_world.php

Related Article

Paling Aneh