Berita Aneh Unik

Gugatan Aneh Paling Nyeleneh Di Dunia

10 Oct 2015

Gugat menggugat dalam dunia hukum adalah hal biasa dalam suatu perkara. Sebuah perkara yang disengketakan seseorang pada orang lain, penyelesaiannya adalah di pengadilan. Di dunia ini pernah terjadi suatu kejadian gugatan yang tidak biasa atau tidak lazim untuk diperkarakan. Mulai dari bau kaki hingga kehilangan momen ombak yang kami rangkum dalam gugatan paling nyeleneh nyata di dunia versi anehdidunia.com

Menggugat Iklan Dikatakan Palsu


Pada tahun 1991, seorang pria bernama Richard Overton mengajukan gugatan terhadap Anheiser-Busch untuk iklan palsu yang telah menyebabkan penderitaan emosional, cedera mental, dan kerugian finansial. Harris menuduh bahwa iklan tersebut tidak seperti apa yang terjadi pada orang-orang dalam iklan mereka, ketika ia minum Bud Light wanita-wanita itu tidak tertarik padanya dan juga tidak ada wanita cantik yang muncul dari udara seperti yang mereka lakukan pada iklan Budweiser yang ditayangkan pada saat itu. Overton menggugat sebesar $ 10.000, tetapi kasus itu dilempar keluar sebelum masuk ke pengadilan.

Menggugat Kota

Di San Francisco pada tahun 1964, seorang wanita bernama Gloria Sykes terluka setelah cable car yang dia naiki tidak berfungsi dengan baik dan berbelok menuruni bukit. Sykes menderita lebam di mata dan beberapa goresan dalam kecelakaan itu, tapi dia mengajukan gugatan $ 500.000 terhadap kota untuk alasan yang jauh lebih membuat bingung : dia mengaku kecelakaan itu memicu "keinginan seks iblis" dalam dirinya. Sykes mengatakan, trauma dari kecelakaan itu membuat dia mengembangkan kesukaan akan anak gadis tak terkendali, dan bahwa setelah itu terjadi, ia pernah berhubungan seks dengan lebih dari 100 orang, sebanyak 50 dalam satu minggu. Kasus ini menjadi berita utama di Bay Area ketika dibawa ke pengadilan, dan banyak yang menyebutnya salah satu pelanggaran yang paling mengerikan dari sistem hukum dalam sejarah. Tapi setelah pengacara Sykes 'berhasil berargumen bahwa ia telah mengembangkan sebuah bentuk aneh Post Traumatic Stress Disorder, dia akhirnya mendapat $ 50.000.

Menggugat NASA Karena Ramalan Bintang 


Gugatan teraneh pertama dilakukan oleh seorang astrolog asal rusia bernama Marina Bai. Pada bulan juni tahun 2005 lalu Marina menggugat dan menuduh badan antariksa Nasa karena telah sengaja merusak dan mengganggu keseimbangan  alam semesta. Pada saat itu NASA baru saja meluncurkan wahana luar angkasa yang digunakan untuk mempelajari salah satu komet yang menekati bumi. Karena itulah Bai menggugan atas kerugian moral dan penderitaan dengan alasan bahwa alam tidak akan pernah sama dan juga mengganggu bisnis ramalan bintangnya. Setelah kasus ini sempat dipatahkan lalu dibuka kembali, marina pun sempat menuntut NASA sebesar  $300 juta namun pada akhirnya kasus ini berhasil ditolak setelah seorang fisikiawan berpendapat bahwa pesawat satelit tersebut tidak mempengaruhi jalur lintasan komet.

Menggugat Semua Hal Di Dunia


Jika ada orang yang sering sekali menuntut dari segala hal mulai dari orang, organisasi, konsep sampai kebenda mati dan membawa kasusnya tersebut kepengadilan pastilah orang tersebut Jonathan Lee Riches. Bahkan kabarnya hingga kini total gugatan Jon telah mencapai 4000 gugatan. Sejak bulan januari 2006 Jonathan telah mengisi lebih dari 1000 tuntutan kepengadilan vederal atau vederal distickors diseluruh negeri dan beberapa tuntutannya itu menjadi terkenal dan mendapatkan perhatian media. Karena 4000 gugatannya diajukan jonathan antara lingkupan pada dobelyou bush, bradme speech, ratu inggris, kerajaan romawi, google, menara aifel, dan masih banyak lagi. Karena banyaknya gugatan yang diajukan nama Jonathan pun masuk dalam Guinness World Records sebagai orang yang paling banyak memasukkan gugatan. Namun sayangnya jonatan keberatan namanya masuk dalam buku tersebut dan menuntut balik Guinness World Records. Saat ini jonathan melakukan masa tahanan di vederal medical center dan sudah dibebaskan pada tahun 2012.

Menggugat Karena Ombaknya Dicuri


Berlanjut kegugatan teraneh berikutnya yang dilakukan oleh seorang pria asal California Amerika Serikat. Pria yang tidak diketahui namanya ini melakukan gugatan kepengadilan ketika ombak yang seharusnya dia naiki telah dinaiki oleh peselancar lainnya. Pria ini merasa ombak tersebut seharunya miliknya namun keduluan dicuri oleh peselancar lain. Akibat peristiwa tersebut, pria tersebut merasa sakit hati dan menderita karena gagal menakhlukkan ombak yang besar  untuk berselancar. Kasus ini akhirnya  dibubarkan stelah pengadilan memutuskan bahwa tidak mungkin mengenakan biaya penderitaan karena tidak bisa menakhluki ombak besar.

Menggugat Karena Bau Kaki


Gugatan teraneh keempat datang dari seorang mahasiswa filsafat  bernama Teunis Tenbrook yang kuliah di universitas di Belanda sempat dilarang kuliah karena dosen dan mahasiswa lainnya mengeluhkan bau dari kaki Teunis Tenbrook. Selain itulah ternyata Teunis Tenbrook masuk  ke perpustakaan karena bau kakinya yang sangat menyengat tadi. Karena itulah Teunis Tenbrook berjuang melalui jalur hukum dan melakukan gugatan kepada universitas tempat dimana dia belajar. Dan setelah 8 tahun persidangan akhirnya pada tahun 2009 lalu hakim memenangkan Teunis Tenbrook dengan alasan  bahwa tidak ada alasan untuk mengusir mahasiswa mempunyai kaki bau. Hakim pun berpendapat bahwa dosen dan mahasiswa yang belajar bersama Teunis Tenbrook harus menanggung resiko menahan bau dari kakinya. Setelah dikeluarkan keputusan dari hakim, pihak universitas dimana Teunis Tenbrook belajar mulai memberlakukan peraturan yaitu denda kepada mahasiswa yang memiliki kaki bau.

Menggugat Tuhan 


Dan gugatan teraneh didunia ini dilakukan oleh seorang narapidana asal Roma bernama Pavel Mircea. Pada tahun 2005 lalu pavel menajukan gugatan tidak masuk akal yaitu menggugat Tuhan. Gugatan ini dia ajukan karena dia menilai Tuhan telah gagal menjauhkan dirinya dari kejahatan yang mengakibatkan dirinya harus mendekam dipenjara selama 20 tahun lamanya akibat kasus pembunuhan. Pavel pun menggugat dengan sejumlah  uang yang dirahasiakan nominalnya dan membeli beberapa alat-alat religious untuk membuktikannya akan gugatannya. Gugatan aneh ini tak masuk akal ini akhirnya ditolak oleh pengadilan. Dengan alasan bahwa Tuhan bukanlah subjek yang bisa digugat oleh manusia.

Menggugat Diri Sendiri


Beralih kegugatan teraneh kedunia berikutnya yaitu gugatan kepada diri sendiri yang diajukan oleh Curtis Gokey kepada kota Loly California Amerika Serikat pada tahun 2006 lalu. Gugatan aneh ini bermla disaat sebuah mobil truk milik pemerintah menabrak mobil milik  Curtis. Yang menjadi masalah dan aneh yang mengendarai trus tersebut adalah Curtis sendiri. Meskipun Curtis tersebut memang kesalahannya namun dia mengajukan gugatan untuk diri sendiri sebesar $3600 atau sekitar Rp 32.000.000 untuk kerusakan yang ditanggungnya. Pihak dewan kota menolak gugatan tersebut karena secara hukum seseorang tidak bisa menuntut dirinya sendiri. Namun tanpaknya Curtis pun tidak kehilangan akal dia mengajukan kembali. Hanya saja kali ini atas nama istrinya dan gugatan yang diajukan cukup besar yaitu $4800 sekitar Rp 43.000.000.

Menggugat Karena Mirip


Gugatan paling nyeleneh terakhir yaitu mempunyai wajah mirip orang terkenal mungkin bagi seorang adalah hal yang sangat membanggakan. Namun tidak bagi Allan Heckard dia Portland Amerika Serikat ini mengajukan gugatan kepada pemain NBA Michael Jordan dan juga kepada sebuah perusaan sepatu ternama didunia pada tahun 2006 lalu. Gugatan yang diajukannya pun tidak main-main. Allan menggugat sebesar USD $ 800 juta. Gugatan ini dia ajukan karena dia merasa kesal karena wajahnya yang mirip dengan Michael Jordan hingga orang-orang sering datang kepadanya karena orang-orang menyangka bahwa dia adalah Michael Jordan. Meskipun Allan menyadari dirinya memang mirip dengan Jordan namun hal tersebut membuat dirinya merasa tidak nyaman.


referensi:
http://www.toptenz.net/top-10-unusual-lawsuits.php
http://www.detikcampur.my.id/2015/08/gugatan-gugatan-teraneh-di-dunia.html

Related Article

Paling Aneh