Motivasi

Ectomorph Mesomorph Endomorph Genetik Pengaruhi Bentuk Badan Manusia

02 Feb 2016

Apakah pernah kita memperhatikan tubuh kita dan tubuh orang lain? tentu saja sering bukan? karena biasanya orang suka untuk menyandingkan bentuk badannya dengan orang lain. Ada yang kurus ada yang sedang dan ada yang gemuk. Yang mengherankan adalah seseorang sering makan dan minum sepuasnya, ternyata mereka tetap kurus. Adapula yang hanya sedikit makan dan menjadi gemuk. Nah inilah yang akan kita informasikan agar sahabat anehdidunia.com mengetahui mengapa bisa terjadi seperti itu. Genetik apa yang menyebabkan hal tersebut? berikut Genetik yang mempengaruhi bentuk badan manusia.



Ectomorph
Ectomorph adalah tipe/bentuk tubuh yang kurus dan agak sulit untuk membangun otot di tubuh. Pertumbuhan berat badan dan otot membutuhkan kesabaran karena manusia dengan jenis tubuh ectomorph memiliki metabolisme tubuh yang tinggi, khususnya dalam pembakaran lemak, ectomorph cenderung membakar lemak dengan cepat dan tidak berlama-lama menyimpan lemak dalam tubuh. Manusia dengan tipe tubuh ectomorph terlihat ramping dengan hanya sedikit lemak tubuh dan massa otot. Tipe ectomorph harus memakan lebih banyak kalori dalam diet untuk menambah berat badan. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh ectomorph adalah mereka yang berbahu sempit, cepat merasa lapar dan banyak makan tapi tidak bisa gemuk.

Ciri Tubuh Ectomorph
Ciri dari tubuh ectomorph diantaranya berbadan kurus, massa otot kecil, berat badan sulit naik walaupun memakan banyak kalori. Ciri lain dari ectomorph yakni memiliki ukuran pinggang yang kecil begitu juga dengan lebar bahu. Tipe tubuh ectomorph butuh kerja keras dan kesabaran untuk menaikkan berat badan atau untuk membentuk tubuh yang ideal, diantaranya dengan rutin latihan angkat beban  untuk meningkatkan massa otot. Tipe ectomorph hanya bias meningkatkan berat badan dengan cara meningkatkan massa otot dengan latihan angkat beban. Setelah terbentuk, tipe tubuh ini tetap harus menjaga bentuk tubuh dengan cara tetap rutin berlatih angkat beban dan diseimbangkan dengan tetap menjaga nutrisi makanan. Tipe ectomorph termasuk tubuh dengan metabolism tinggi sehingga mudah untuk membakar apa saja makanan yang dimakan, sangat mudah untuk menurunkan berat badan walaupun makan banyak, karena tubuh ectomorph tidak menyimpan lemak dalam tubuh.

Mesomorph
Mesomorph adalah bentuk tubuh yang atletis dengan tubuh padat dan berotot dengan tampilan yang kekar. Tipe tubuh ini biasanya paling mudah membentuk tubuh dan mendapatkan massa otot optimal, jenis tubuh mesomorph juga disebut-sebut sebagai tipe tubuh idaman. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh mesomorph adalah mereka yang berbahu lebar, tubuh terlihat gagah dan cenderung berbentuk V-shape, dan porsi makan sedang.

Ciri Tubuh Mesomorph
Ciri dari tubuh mesomorph adalah berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan, tidak gemuk namun tidak juga kurus. Type tubuh mesomorph merupakan type tubuh ideal yang mudah untuk dibentuk menjadi atletis secara ideal. Tipe tubuh mesomorph cenderung sudah berotot walaupun tidak melakukan olah raga khusus seperti angkat beban, namun definisi otot tubuh mesomorph sudah terbentuk secara alami. Type tubuh ini sangat mudah untuk dibentuk karena keseimbangan metabolisme tubuhnya. Kebanyakan tipe mesomorph tidak memiliki masalah yang serius dengan berat badan maupun bentuk badan, tipe ini hanya tergantung kepada si pemilik tubuh, apakah ingin mengolah menjadi tubuh yang lebih atletis atau hanya membiarkan begitu saja namun tetap terlihat bagus.

Endomorph
Karakter tubuh endomorph biasanya ditunjukan pada mereka yang memiliki bentuk badan yang bulat, gempal dan biasanya bertubuh besar. Orang dengan tipe tubuh ini sulit untuk menurunkan berat badan. Diet sehat dan olahraga teratur sangat penting untuk dilakukan oleh orang yang memiliki tipe tubuh ini. Porsi makanan harus lebih kecil dan lebih sering, tetapi dengan gizi yang seimbang. Makan setiap 3 jam sekali atau sebanyak 6 kali sehari untuk melancarkan metabolisme. Kurangi karbohidrat, perbanyak protein dan serat dalam diet. Ciri-ciri manusia dengan tipe tubuh endomorph adalah mereka yang berbahu tidak begitu lebar namun bagian perut sering menonjol dan seringkali bagian pinggang lebih lebar daripada bahu, tidak begitu cepat merasa lapar tapi bagi yang tidak mengontrol makanan memiliki nafsu makan yang besar.

Ciri Tubuh Endomorph
Ciri dari Tubuh endomorph diantaranya bentuk badan yang bulat, gemuk, besar, berat badan sangat mudah naik damun sulit untuk diturunkan. Tubuh endomorph memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh karena endomorph dapat menyimpan lemak dalam jumlah besar dalam tubuh.Ukuran paha dan pinggang tubuh endomorph cenderung lebih lebar. Endomorph memiliki metabolism tubuh yang rendah sehingga berat badan mudah naik walau hanya makan sedikit makanan. Untuk membentuk tubuh yang ideal maka tipe endomorph harus diet sehat yang mengutamakan puasa dan berolah raga angkat beban karena dapat membakar kalori lebih banyak dan lebih cepat dari pada olah raga aerobic biasa.


referensi;
https://www.muscleandstrength.com/articles/what-body-type-are-you.html
http://javasoulnation.blogspot.co.id/2013/01/apakah-ectomorph-mesomorph-dan.html
http://pesancabe.blogspot.co.id/2013/09/tipe-tubuh-manusia-ectomorph-endomorph.html

Related Article

Paling Aneh