Motivasi

Kasus Overdosis Paling Unik Di Dunia

20 Apr 2016

Jika mendengar kata overdosis yang pertama akan terlintas di benak kita adalah sesuatu yang berhubungan dengan obat-obatan baik itu yang terlarang maupun obat-obatan bisa yang bahkan kita bisa di warung-warung yang ada di dekat rumah kita. Tapi bagaiimana jika sesuatu yang membuat overdosis itu adalah sesuatu yang biasa kita konsumsi sehari-hari seperti makanan atau minuman yang biasa kita konsumsi? terdengar aneh memang, tetapi hal sulit untuk diterima oleh nalar manusia ini terjadi dan bahkan sampai mengakibatkan kematian,  berikut ini kasus overdosis paling unik versi anehdidunia.com


Overdosis Air Putih


Overdosis Air Putih (Hypotatremia) adalah kejadian yang sulit untuk di terima akal sehat kita, karena kita selalu di beritahu bahwa banyak mengkonsumsi air putih itu baik bagi kesehatan terutama untuk ginjal karena akan membantu dalam proses pembuangan toxin yang ada di tubuh kita. Tapi mengkonsumsi Air putih terlalu banyak juga bisa berdampak negatif pada tubuh kita hal ini dalam bahasa kedokteran bisa di sebut dengan "Hiponattremia" sebuah kondisi dimana kadar konsentrasi Natrium dalam darah yang sangat rendah, kondisi ini bisa terjadi saat seseorang mengkonsumsi lebih dari 4 liter air putih dalam satu hari,  Natrium sendiri memiliki perang yang cukup penting untuk menjaga kadar garam dalam darah serta penyerapan glukosa dalam usus, kekurangan Natrium menyebabkan tekanan darah menurun dan denyut jantung meningkat tajam, hal inilah yang menyebabkan kematian.

Salah satu kasus overdosis langka ini pernah terjadi di California AS, seorang wanita bernama Jennifer Lea Stange saat mengikuti sebuah kuis di radio yang mengharuskanya meminum air putih sebanyak mungkin lalu menahan kecing. Ibu dari tiga orang anak ini mengikuti lomba demi memenangkan sebuah konsol game Nitendo Wii, bagi putranya. Tapi bukanya mendapatkan hadiah bagi putranya Jennifer justru malah meregang nyawa akibat keracunan air dan akhirnya meninggal, paska kejadian ini keluarga Jenny memutuskan untuk menuntut pihak radio yang bersangkutan, radio yang bernama KDND itupun akhirnya harus membayar denda sebanyak $16.5 juta pada keluarga Jenny dan juga sangsi pencabutan hak siar mereka.

Overdosis Kecap Asin


Kecap merupakan salah satu bumbu tambahan untuk menambah citarasa pada makanan yang umun di gunakan di Indonesia maupun sebagian besar negara di Asia, Tapi entah apa yang ada di benak seorang pemuda asal Virginia AS yang namanya telah dirahasiakan ini, demi memenagkan sebuah taruhan dengan seorang temanya dia meminum satu botol kecap asin berisi 950ml hingga habis, ulahnya ini berakibat buruk karena setelah dia selesai meminun kecap itu pemuda malang ini pun langsung mengalami kejang-kejang, teman-temanya yang panik pun langsung membawanya ke rumah sakit, tapi setibanya di ruang gawat darurat di rumah sakit pemuda ini ternyata sudah dalam keadaan koma. Setelah mendengar cerita dari teman korban tentang apa penyebab koma pasien Dr. David yang kala itu sedang bertugas menyimpulkan bahwa pemuda ini mengalami Clonus (kejang otot berulang) yang merupakan tanda dari sistem saraf yang tak bekerja dengan baik. 

Mereka pun bertindak cepat dengan memompa cairan gula melalui selang yang di pasang pada hidung pemuda itu, selama setengah jam mereka memasukan sekitar 6 liter cairan gula dalam proses ini juga keluar cairan hitam yang di duga merupakan kecap yang diminum pemuda ini, setelah hampir 4 jam terbaring di rumah sakit. baru pada jam ke 5 kadar natrium pemuda ini bisa normal kembali, walau begitu selama tiga hari pemuda ini masih dalam keadaan koma, baru beberahari kemudian , bagian dari otak yang yang di sebut Hippocampus menunjukan efek reduksi akibat kejang, sebulan kemudian tanda-tanda overdosis yang dialami pemuda ini sudah hilang. meskipun sempat mengalami koma, pemuda ini tetap bisa kembali kuliah dan menjalani ujian dengan baik" ujar Dr. David. Masih menurut Dr. David penyebab overdosis pemuda ini merupakan akibat dari meningkatnya kadar garam dalam darah, yang membuat otak dan organ dalam tubuh lainya kekurangan cairan, dan ternyata meskipun memiliki rasa manis yang dominan tapi dalam tiap 1 liter kecap terdapat 0.16 kg garam.

Overdosis Tauge Atau Kecambah


Kalian pasti familiar dengan bahan makanan yang satu ini, kita bisa dengan mudah menemukanya dalam berbagai makanan yang ada di nusantara mulai dari tahu isi, aneka macam pecel, dan masih banyak makanan khas nusantara lainya, bahan makanan ini juga sering disebut mampu menanbah kesuburan bagi pria dan wanita, tapi di balik segala manfaatnya yang ada, ternyata bahan makanan yang masuk dalam kategori sayuran ini juga bisa membuat seseorang overdosis bahkan sampai mengakibatkan kematian jika di konsumsi secara berlebihan, kasus unik ini terjadi di Ayshire Skotlandia, lho kok Skotlandia emang di sana ada tauge? ya walau terdengar agak aneh tapi ternyata di negara yang terletak jauh di dekat Inggris sana juga ada tauge. 

Kasus ini bermula saat ada seorang pria dengan masalah penggumpalan darah ini mendapat saran dari seorang dokter untuk mengkonsumsi tauge untuk membantu masalah yang dia hadapi, Tauge sendiri memiliki kandungan vitamin K yang baik untuk melancarkan peredaran darah dan juga membatu kinerja ginjal, tapi bukannya kesembuhan yang di dapat pria malang ini justru mengalami gagal jantung setelah mengkonsumsi tauge yang mengakibatnya meninggal, dokter yang menanganinya sempat bingung tentang pemicu gagal jantung yang dialami pria ini, sampai dia tahu kalau pria ini mengkonsumsi tauge dalam jumlah yang sangat banyak, dan ternyata kandungan Vitamin K yang sebetulnya baik bagi peredaran darah ini jika dikonsumsi secara berlebihan bisa memberi efek sebaliknya yaitu membuat volume darah lebih kental, hal inilah yang diyakini menjadi pemicu gagal jantung, yang dialami oleh pria malang itu.

Overdosis Jus Wortel


Sayuran yang merupakan salah satu sumber vitamin A terbaik yang pernah ada, selain kandungan vitamin A yang tinggi Wortel juga di kenal memiliki kandungan beta-karoten yang tinggi, segala kandungan yang terdapat pada wortel terbukti baik baik bagi tubuh terutama bagi pengnglihatan kita dan saluran pencernaan manusia, tapi meskipun baik bagi tubuh mengonsumsi wortel secara berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh manusia. Overdosis saat mengkonsumsi Wortel biasa disebut Carotenemia, apa itu Carotenemia? Carotenemia merupakan efek dari tingginya kadar beta-karoten yang terdapat pada tubuh akibat terlalu banyak mengkonsumsi wortel, kandungan beta-karoten ini akan larut dalam lemak dan mengakibatkan warna kulit menjadi kekuningan. 

Pada catatan medis yang tertuang pada The Journal of Dematology (2006) terdapat sebuah kasus Carotenemia yang sampai saat ini masih menjadi perbincangan hangat di kalangan Mahasiswa Kedokteran Dunia, kasus langka ini terjadi pada tahun 1974 di Virginia AS, seorang wanita bernama Basil Brown yang berusia 66 tahun, tiba-tiba mendapati kulit di tubuhnya  berubah warna menjadi Orange-kekuningan. setelah memeriksakan diri ke dokter di ketahui bahwa Basil mengalami keracunan Beta-karoten yang menyebakan kulitnya berubah warna, Basil sendiri mengaku secara rutin mengkonsumsi jus wortel selama 15 tahun terakhir. meskipun tak sampai membahayakan nyawanya, tapi kejadian ini telah membuka mata banyak bahwa ternyata mengkonsumsi wortel secara berlebihan juga bisa berdampak negatif bagi tubuh.

Overdosis Belimbing


Buah dengan bentuk unik yang di kenal baik bagi penyembuhan tekanan darah tinggi, dan juga memiliki kandungan anti-oksidan yang cukup tinggi sehingga baik bagi pencegahan kanker ini ternyata jika dikonsumsi secara berlebihan juga bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Kasus overdosis belimbing pertama kali ditemukan pada tahun 1980 di Malaysia, Belimbing ternyata memiliki efek depresi pada saraf pusat manusia, dan jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak dapat mengakibatkan gangguan pada ginjal. pada tahun 2006 menurut laporan yang dikeluarkan dalam Journal of Nephrology, terdapat reaksi yang buruk terhadap pasien dengan kondisi ginjal kronis setelah mengkonsumsi buah Belimbing. 

Hasil penelitian membuktikan kalau buah Belimbing dapat menyebabkan penurunan fungsi ginjal yang dapat memicu penyakit gagal ginjal. gejala awal dari overdosis Belimbing biasanya ditandai dengan cegukan, muntah-muntah, susah tidur, Hipertensi, dan kehilangan kesadaran. Kasus keracunan Belimbing lainya juga pernah di laporkan terjadi di HongKong  dimana beberapa orang yang berusia lanjut mengalami gangguan kronis pada ginjal, jantung dan hati setelah mengkonsumsi buah Belimbing.

Ini membuktikan bahwa sesuatu yang pada dasarnya baik sekalipun, bisa memberi dampak yang negatif bahkan membahayakan nyawa jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak bijaksana.


Referensi :
http://extreme-facts2.blogspot.co.id/2015/06/10-kasus-overdosis-paling-ekstrim-dan.html
http://lihatilmu.blogspot.co.id/2013/07/7-kasus-overdosis-paling-aneh-di-dunia.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Hiponatremia
http://www.kompasiana.com/datye.dr/hati-hati-minum-air-terlalu-banyak-ternyata-berbahaya_552fa2d26ea83421068b45a4
http://health.detik.com/read/2013/06/07/122719/2266989/763/pemuda-ini-jatuh-koma-akibat-overdosis-kecap
http://health.kompas.com/read/2013/06/08/13352744/Overdosis.Minum.Kecap.Seorang.Pria.Koma
http://www.vemale.com/ragam/35282-5-overdosis-teraneh-yang-pernah-terjadi.html
http://polahidupsehat.web.id/efek-samping-karena-terlalu-banyak-makan-wortel/
http://health.detik.com/read/2012/03/08/162842/1861772/766/7-makanan-sehat-yang-dapat-berbahaya-jika-overdosis

Related Article

Paling Aneh