Foto Aneh Unik

Jalan Setapak Paling Mengagumkan Di Dunia

2017-02-06 08:20:40

Jalan setapak pada umumnya sering ditemukan di gang-gang kecil, perkampungan atau persawahan. Yup, disebut jalan setapak karena memang jalannya yang sempit hanya cukup dilewati oleh satu orang. Sementara jika ada lebih dari satu orang yang lewat maka bisa dipastikan juga bahwa orang-orang tersebut akan berjalan mengular seperti kereta api.

Namun siapa sangka jika ternyata jalan setapak tak hanya bisa ditemukan di gang-gang sempit atau persawahan saja. Ada banyak sekali jalan setapak di dunia ini yang uniknya justru tidak terkesan kumuh atau biasa-biasa saja. Seperti yang akan diulas berikut ini mengenai jalan setapak paling mengagumkan di dunia versi anehdidunia.com.

Ha’iku Stairs – Hawaii

Haiku Stairs Hawaii

Gunung Koolau adalah salah satu gunung indah yang ada di Hawaii tepatnya adalah di Pulau O’ahu. Gunung berapi ini memiliki ketinggian 945 m dan menjadikannya sebagai salah satu gunung tertinggi di wilayah Hawaii. Gunung Koolau ini pun juga merupakan tempat wisata pendakian yang cukup populer di dunia. Pemandangannya yang amat menakjubkan memang menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang ingin melihat alam dari atas ketinggian tertentu apalagi bagi para pendaki. Satu hal unik dari Gunung Koolau ini adalah adanya jalan setapak yang dijadikan tangga khusus untuk memudahkan wisatawan atau pendaki yang ingin pergi ke puncak gunung tersebut. Begitu uniknya jalan setapak tersebut hingga diberi nama jalan setapak Ha’iku. Jalan setapak berupa anak tangga tersebut total memiliki anak tangga sejumlah 3922 dengan ketinggian mencapai 850 meter. Melintang dari dasar lembah Ha’iku dan memanjang sampai pada puncak Puu Keahi a Kahoe, jalan setapak Ha’iku sengaja dibuat untuk mempermudah pendaki yang ingin sampai puncak. Melalui jalan setapak ini para pendaki akan merasakan sensasi memacu adrenalin karena anak tangganya terjal serta tak jarang juga awan-awan menutupi anak tangganya. Namun disamping itu para pendaki akan disuguhi pemandangan yang mengagumkan serta menakjubkan.

Danau Plitvice – Kroasia

Danau Plitvice – Kroasia

Siapa yang belum tahu dengan Danau Plitvice? Sebuah danau indah yang juga dikelilingi oleh air terjun indah di wilayah Kroasia. Yup, Danau Plitvice sendiri sejak tahun 1979 telah masuk dalam daftar warisan dunia UNESCO. Secara geografis danau ini sendiri sebenarnya memiliki total 16 danau di dalamnya serta terdapat satu air terjun kecil. Belasan danau dan air terjun itulah yang membuat danau ini benar-benar layak untuk dikunjungi. Tempat ini pun sejak lama dijadikan objek wisata edukatif bagi warga Kroasia dan mancanegara. Oleh karena itu di sekitar danau pun dibuat jalan setapak yang disebut Plitvica yang memiliki panjang 9 km. kemudian ada juga jalan setapak bernama Corkovola Uvala yang memiliki panjang 21 km. Dengan adanya akses jalan setapak ini, pengunjung yang masuk akan dimudahkan dalam menikmati pemandangan air danau dibawah serta air terjun yang mengagumkan. Tak perlu khawatir akan kesulitan karena meski dengan jalan setapak saja sudah membantu pengunjung yang akan menikmati pemandangan namun di tempat ini juga dilengkapi dengan sign atau tanda layaknya rambu-rambu penunjuk jalan. Plitvica benar-benar layak dijuluki sebagai jalan setapak paling mengagumkan di dunia.

Terowongan Cinta – Ukraina

Terowongan Cinta – Ukraina

Jalan setapak yang mengagumkan selanjutnya adalah sebuah terowongan yang ada di Ukraina. Terowongan tersebut biasanya disebut dengan Terowongan Cinta. Sebenarnya terowongan ini adalah terowongan yang mana merupakan rel kereta api dengan dikelilingi pepohonan serta tanaman hijau yang indah. Terowongan Cinta yang juga dikenal dengan nama Tunnel of Love ini berlokasi sekitar 7 kilometer dari arah kota Kleva. Ada sebuah mitos yang mengisahkan bahwa jika ada pasangan yang berkunjung ke jalan setapak terowongan ini maka permintaannya akan dikabulkan. Itulah mengapa terowongan ini begitu menarik bagi para wisatawan baik local maupun mancanegara. Mungkin jika sahabatanehdidunia.com melihat foto Tunnel of Love ini akan teringat dengan gambar-gambar yang biasanya ada di kalender atau wallpaper. Yup, gambarnya memang terkesan lebih mirip dengan lukisan ketimbang sebuah jalan setapak. Terowongan ini pun hingga saat ini masih berfungsi dan rel kereta apinya pun juga masih beroperasi dengan baik. Terowongan yang memiliki panjang 3 km ini pun hingga saat ini masih kerap ramai dengan wisatawan apalagi pada saat musim semi.

Terowongan Wisteria – Jepang

Terowongan Wisteria – Jepang

Jika Ukraina memiliki Tunnel of Love yang dekat dengan kota Kleva, Jepang pun seolah tak ingin kalah. Di Negeri Sakura tersebut terdapat sebuat terowongan yang juga sering dijuluki sebagai terowongan cinta dan diberi nama Terowongan Wisteria. Disebut dengan Terowongan Wisteria karena memang dikelilingi dengan bunga wisteria. Sebenarnya terowongan ini pada awalnya hanyalah jalan setapak kemudian dibangun sebuah terowongan dengan berbagai macam jenis bunga indah yang mengelilinginya. Karena penampilannya yang benar-benar menakjubkan inilah Terowongan Wisteria berubah menjadi tempat objek wisata baru yang ada di negara Jepang. Bahkan ada sebuah festival yang dinamakan dengan Festival Wisteria yang dirayakan pada tiap musim semi. Kota-kota yang kerap merayakan Festival Wisteria adalah Shizuoka, Okazaki dan juga Tokyo. Jepang memang dikenal sebagai kota yang kaya dengan varietas bunganya. Jika anda lebih sering mendengar cerita tentang keindahan sakura mungkin ada baiknya jika anda juga mengenal tentang bunga wisteria jika berkunjung ke Jepang. Satu hal lagi bahwa Terowongan Wisteria yang dulunya merupakan jalan setapak ini kini telah menjelma menjadi sebuah objek wisata yang mengagumkan dan masuk dalam daftar terowongan paling indah di dunia.

Jalan Bambu Arashiyama – Jepang

Jalan Bambu Arashiyama – Jepang

Ternyata Jepang tak hanya punya jalan setapak Terowongan Wisteria saja, masih ada jalan setapak dengan pemandangan yang mengagumkan yang tersimpan di negara tempat asal geisha ini. Hutan bambu Arashiyama lah yang ternyata menyimpan keindahan jalan setapak tersebut. Yup, jalan setapak yang ada di dalam hutan ini memang sudah banyak dipuji oleh para wisatawan yang sudah pernah mengunjungi tempat ini. Hutan bambu Arashiyama ini sendiri berada di wilayah Kyoto dan dikenal sebagai salah objek wisata alam terbaik di negara Jepang. Uniknya jalan setapak yang ada di dalam hutan ini tidak hanya diperbolehkan digunakan dengan berjalan kaki saja namun juga bersepeda. Ditambah lagi dengan tidak diberlakukannya tiket bertarif alias gratis hingga membuat siapa saja yang ingin mengunjungi tempat ini bisa bebas berjalan kaki maupun bersepeda. Di beberapa spot hutan bambu ini juga terdapat kuil yang pastinya juga ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Sepanjang jaln setapak ini orang-orang akan disuguhi dengan keindahan pohon bambu di samping kanan kiri, serta suasana yang syahdu pun menambah kenyamanan para wisatawan ketika melewati jalan setapak ini baik dengan berjalan kaki maupun bersepeda.

Itulah lima daftar jalan setapak dengan pemandangan paling mengagumkan di dunia. Ternyata keindahan atau hal mengagumkan dari jalan-jalan tersebut tidak lepas dari peran masyarakat lokalnya juga yang ikut menjaga serta merawat dan bahkan mengelola agar jalan setapak tersebut jauh dari kesan kumuh bahkan lebih dari itu justru bisa dijadikan sebagai objek wisata yang menarik. Kira-kira di Indonesia sudah ada belum ya jalan setapak yang mengagumkan seperti kelima daftar jalan setapak diatas?

Sumber referensi:
http://terselubung.in/5-jalan-setapak-yang-unik/

Related Article

Loading...

Paling Aneh

Loading…