PLARIUSMODIFIKASI101

Bukan Semut Biasa Ini Adalah Jenis Semut Terlangka

Wednesday, July 04, 2012
Semut, tawon dan lebah termasuk dalam ordo Himenoptera yang berdasarkan atas sayapnya. Seperti yang kita ketahui bahwasanya semut dapat dibagi menjadi tiga bagian yaitu pekerja, pejantan dan ratu semut. Dan Jenis Jenis dari semut ini sangat banyak dan sering kita jumpai. Bagaimana dengan spesies semut yang langka? nah dibawah ini adalah jenis semut paling langka di dunia yang mungkin hanya bisa anda lihat di blog anehdidunia.com

Semut honeypot Myrmecocystus


Semut jenis ini hiudp di padang pasir Amerika Utara. Semut honeypot Myrmecocystus menggunakan tubuh mereka sebagai wadah yang hidup, tubuh mereka membengkak karen cairan cadangan, dan dibawa ke sarang pasangan.

Semut Harpegnathos saltator


Harpegnathos saltator adalah spesies semut pelompat yang berasal dari negara India, mereka merupakan salah satu di antara berbagai jenis semut di dunia yang pertama kali genomenya dipetakan oleh para ilmuwan

Semut Podomyrma


Spesies semut bernama Podomyrma yang berasal di Australia bagian selatan ini sangat senang mendekati ulat Lycaenid. Hal tersebut karena spesies ulat tersebut mengeluarkan sebuah zat yang menarik untuk semut Podomyrma serta dapat memberikan mereka semacam perlindungan dari ancaman parasit.

Semut Thaumatomyrmex


Spesies semut Thaumatomyrmex merupakan spesies semut yang dianggap aneh dan langka di dunia. Mereka hidup di daerah Amerika yang memiliki iklim tropis dan semut ini merupakan predator khusus hewan kaki seribu. Dengan rahang panjang yang dmilikinya, semut ini dapat menangkap dan melumpuhkan mangsa, meski si mangsa tersebut memiliki ukuran yang berkali-kali lipat dari semut thaumatomyrmex.

Semut Pararechina Longicornis

Paratrechina Longicornis

Spesies semut ini berkediaman di Panam dan hampir sama dengan jenis semut cecrophia yang menjaga salah satu pohon. Tetapi spesies semut Pararechina Longicornis ini memiliki hubungan timbal balik dengan pohon-pohon yang ada di hutan di Panama. Semut yang memiliki sifata pekerja ini suka memakan nektar dari daun, dan banyak tanaman disana yang menarik semut Paratrechina Longicornis dengan nektarnya. Sebagai timbal balik, semut Paratrechina Longcornis akan membantu membersihkan hama yang terdapat di tanaman tersebut.

Semut Dinoponera 


Semut Dinopera merupakan spesies semut di Amerika Selatan yang dapat hidup mencapai panjang satu inci, sehingga dianggap sebagai semut terbesar di dunia. Tubuh spesies semut dinopera berwarna hitam kemerahan, dan biasa memakan semut-semut yang berukuran lebih kecil darinya.


close