Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fenomena Pareidolia , Hantu Atau Hanya Ilusi

Pareidolia adalah ketika kita melihat gambar atau objek tertentu dalam bentuk acak dan objek tersebut terlihat familiar. Misalnya saja kita melihat bentuk hewan atau bahkan mata di awan. Atau ketika melihat suatu bentuk tulisan di foto api atau air. Seringkali pareidolia dikaitkan dengan hal-hal mistis karena bentuk yang muncul cukup mendukung.

Coba sahabat anehdidunia.com lihat gambar awan dibawah ini, mirip kepala seekor anjing kan. Nah itulah yang dimaksud dengan efek pareidolia.


www.anehdidunia.com


Berikut ini beberapa foto yang memiliki efek pareidolia yang sangat bagus. Sebagian dari foto tersebut kadang dikenali sebagai foto hantu, atau memang benar-benar foto hantu? Coba kalian nilai sendiri.

1. Pria Tua dari Es

www.anehdidunia.com

Contoh yang mengesankan dari pareidolia, ditemukan Jeremy Olden di rumahnya di Lake Stevens, Seattle. Pria tua di musim salju ini cukup membuat penasaran, apakah ada sisi supranatural di dalamnya? Putuskan sendiri.

2. Wajah di Batang Pohon


www.anehdidunia.com

Tidak menakutkan, namun cukup menarik. Lihat bagaimana proses alami yang terjadi di batang pohon bisa membentuk bentuk wajah. Aneh bukan?

3. Gadis Kecil di Gedung yang Terbakar

www.anehdidunia.com

Nah berikut inilah yang kubilang bisa dikenali sebagai foto hantu. Coba kalian lihat foto diatas ini. Kalian bisa melihat bahwa ada gadis kecil yang melihat melalui pintu, bukan? Itu sangat jelas. Dan itu tidak akan menakutkan jika bukan karena fakta bahwa foto itu di ambil sementara bangunannya (Wern Town Hall, Inggris) terbakar habis pada 19 November 1995. Tidak ada yang melihat gadis itu disana, termasuk sang fotografer, dan tidak ada yang bisa berada disana saat kebakaran.

Negatif yang diperiksa Dr. Venon Harrison, mantan presiden Society Fotorgafi Royal, tidak ditemukan bukti sabotase. Dan kemudian ada cerita bahwa ada seorang gadis kecil yang sengaja memprovokasi kebakaran sekitar beberapa abad yang lalu. Apakah itu Jane Churm kecil?

4. Hantu di Hari Pernikahan


www.anehdidunia.com

Pada foto yang paling kiri sepintas tidak ada yang aneh pada pohon dibelakang pasangan tersebut. Namun ketika gambar tersebut di atur dan di-zoom, lihat pada lengan sebelah kiri si wanita, seolah ada wanita lain dengan ukuran kecil dan wajah mengerikan di belakang. Foto hantu atau efek pareidolia?

Nah, saat kalian melihat foto-foto seperti diatas, perhatikan lagi lebih lanjut, apakah memang ada unsur supranatural atau hanya efek pareidolia. Atau memang keduanya muncul bersamaan? Bagaimanapun juga cukup menarik bukan?