Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Aneh Terjadi Saat Anda Tidur

Hal Aneh Terjadi Saat Anda Tidur - Kita sering sekali berpikir bahwa tidur adalah saat paling damai, pasif, dan tenang. Tapi ternyata selagi kita tidur, ada banyak hal aneh yang dapat terjadi ke diri kita dan beberapa dari Anda tidak dapat dipungkiri pasti pernah mengalami beberapa kejadian aneh ini. Berikut hal paling aneh yang dapat terjadi ke diri Anda selagi Anda tidur.

Berbicara Dalam Tidur


Lebih sering terjadi terhadap anak-anak dibandingkan orang dewasa, dan kalaupun terjadi terhadap orang dewasa umumnya terhadap pria dibandingkan wanita, namun intinya adalah berbicara dalam tidur dapat terjadi terhadpa 5% dari kita. Dikenal sebagai Somnilioquy adalah perilaku tidur aneh dimana Anda berbicara selagi tidur. Seberapa keras Anda berbicara juga sangatlah berbeda-beda, ada yang sangat keras hingga hanya sekedar bisik-bisik namun biasanya hanya terjadi dalam rentang waktu 30 detik.

Sama halnya seperti mimpi, apa yang menyebabkan seseorang berbicara selagi tidur dan apa yang menetukan pembicaraan mereka belum diketahui hingga sekarang. Sejauh ini yang dapat disimpulkan hanyalah salah satu akibat dari stres, depresi, atau penyakit.

Sleep Paralysis

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjWKbE_luYtLuN0-3nm1bohlKTGn0sQUl9cbyAkQd_TOuTyuEOOXxL7hDMhczXsdvPbr7rrEdmXf2kZSuXJ4isOCRd1bUUwr_Yf63-pgn5aYJ83FBkdsWOxlw36ESrpe-cjpfHXbpDC4O0/s1600/Sleep-Paralysis.jpg

Ini dia hal paling aneh nan popular yang bisa terjadi selagi Anda tidur. Bangun di pagi hari namun tiba-tiba merasa bahwa Anda tidak dapat menggerakkan satupun bagian tubuh Anda bahkan untuk berbicara saja tidak bisa. Inilah yang dikenal dengan nama Sleep Paralysis dan hal ini memang menakutkan. Sering disebut-sebut sebagai ditindih setan, sleep paralysis memang adalah salah satu hal yang sering dikaitkan dengan keberadaan hantu. Namun pada kenyataannya tidak seperti itu, ada penjelasan ilmiah di balik hal ini.

Sebenarnya pada saat Anda tidur, ada siklus-siklus tidur yang akan dimasuki namun semua itu akan mengarah ke siklus yang dikenal dengan nama REM Sleep. REM (Rapid Eye Movement) Sleep sendiri adalah siklus tidur dimana mata Anda bergerak cepat ke berbagai arah. Jika dalam kasus Hypnagonic Jerk, pikiran Anda memasuki siklus terlebih dahulu, maka dalam kasus Sleep Paralysis, pikiran Anda terbangun lebih dahulu dibandingkan tubuh Anda. Ketahuilah bahwa sebenarnya selagi kita tidur, secara garis besar tubuh kita dapat dikatakan benar-benar lumpuh (jika tidak maka kita akan bergerak kesana-sini selagi tidur). Jika Anda mengalami hal ini, tenang saja karena Sleep Paralysis tidaklah berbahaya dan akan perlahan-lahan hilang.

Ngorok


Dideskripsikan sebagai sebuah perilaku tidur dimana seseorang mengeluarkan suara mendengkur yang relatif keras dan terjadi terhadap 40% dari kita. Suara mendengkur ini terjadi karena adanya getaran pada jaringan-jaringan pernapasan kita. Ada banyak alasan mengapa ngorok dapat terjadi seperti alkohol, medikasi, posisi tidur, hingga pertanda adanya kondisi medis, namun suara ngorok paling keras dapat terjadi karena penyempitan tenggorokkan.

Selagi tidur, otot-otot kita terelaksasi, pernapasan kita berubah, dan anehnya tenggorokkan kita menyempit yang pada kebanyakan kasus mengarah ke apa yang kita kenal sebagai mengorok. Dalam kasus terburuk, penyempitan tenggorokkan membuat seseorang seakan-akan berhenti bernafas baru kemudian mereka mengorok dengan begitu keras.

Kentut


Baik percaya atau tidak, baik wanita atau pria, pada saat Anda tidur tidaklah jarang Anda akan secara tidak sadar melepaskan kentut. Alasan dari hal ini adalah karena pada saat Anda tidur, semua bagian tubuh kita mulai terelaksasi dan itu juga termasuk otot di dubur Anda, membuatnya secara tidak sengaja melepaskan satu atau dua 'bom' alami. Untungnya selagi Anda tidur, indera penciuman Anda juga memasuki kondisi pasif dan kurang efektifitasnya.

Inilah penyebabnya mengapa alarm kebakaran dan asap diciptakan, karena selagi tidur, bau asap kebakaran tidak akan membuat Anda terbangun.

Sindrom Kepala Meledak


OK, nama fenomena tidur yang satu ini memang cukup rancu, dikenal juga sebagai Exploding Head Syndrome namun pada kenyataannya tidak mencakup kepala Anda melayang melainkan hanya halusinasi suara selagi Anda tidur. Selagi tidur tiba-tiba saja Anda seperti mendengar suara yang sangat keras, baik suara barang jatuh, tembakan, hingga ledakan, yang bisa juga disertai seperti melihat kilatan cahaya. Hal ini memang langka, namun bisa dan memang pernah terjadi umumnya kepada mereka yang berumur di atas 50 tahun. Tidak ada yang tahu secara pasti apa penyebab akan hal aneh ini.

Merasa Seperti Mau Jatuh


Dikenal juga dengan nama hypnagonic jerk adalah sebuah fenomena dimana selagi Anda tidur tiba-tiba saja Anda terbangun karena sebuah perasaan syok atau kaget, yang paling umum biasanya adalah karena perasaan akan jatuh. Hal ini dapat terjadi saat Anda tidur dalam kondisi yang terlalu lelah, kekurangan tidur, atau stres.

Ini karena dalam kondisi tidur, tubuh dan pikiran tidak selalu dalam keadaan yang sama. Nah Hypoganic Jerk ini dapat terjadi saat pikiran kita sudah memasuki keadaan tidur terlebih dahulu padahal tubuh kita masih dalam keadaan yang relatif aktif. Jadi singkatnya otak Anda memasuki siklus tidur dengan sangat cepat karena perasaan lelah ataupun stres, namun tubuh Anda belum. Mengapa perasaan seperti jatuh? Tidak ada yang tahu secara pasti.

Sleep Sex

Berdadarkan riset dari Universitas Health Network, Toronto, Kanada terhadap 800 pasien ditemukan bahwa 8% populasi melakukan aksi seksual selagi mereka tidur atau sexsomnia. Sexsomnia adalah salah satu hal paling aneh yang dapat terjadi selagi Anda tidur dimana Anda dapat bercinta dengan pasangan selagi tidur, bahkan ada sebuah kejadian dimana seorang wanita bercinta dengan pria tidak dikenal selagi ia tidur.

Serupa dengan fenomena aneh sleepwalking, umumnya terjadi karena seseorang tidur dalam kondisi dimana ia sedang bergairah ataupun bermimpi hal-hal seksual. Mereka yang menderita hal ini juga terperangkap antara kondisi tidur dan kondisi bangun. Sebagai informasi tambahan tahukah Anda bahwa selagi kita tidur baik pria ataupun wanita, mereka terangsang secara seksual.

Menggertakkan Gigi


Dikenal dengan istilah medis Bruxism adalah sebuah perilaku tidur dimana Anda menggeser-geserkan gigi Anda singkatnya menggertakkan gigi. Dapat terjadi karena beberapa alasan, termasuk di dalamnya adalah stres, gigi yang tidak teratur, dan juga memang kebiasaan tidur. Mereka yang menderita hal ini biasanya bangun dengan keadaan nyeri di mulut, ataupun dalam kasus yang lebih parah, kerusakan gigi. Salah satu tips mengurangi kondisi seperti ini adalah mengurangi perasaan stres. Anehnya adalah walaupun beberapa orang sering mengalami hal seperti ini, yang lainnya sama sekali tidak pernah mengalami hal ini dan peneliti tidak tahu secara pasti apa yang menyebabkan perbedaan tersebut.

Tidur Berjalan


Jika biasanya hal aneh yang terjadi selagi tidur tidak berbahaya, maka perilaku tidur satu ini termasuk dalam hal yang berbahaya. Bahkan ada sebuah kejadian nyata dimana seorang pria jatuh dari tebing tinggi karena perilaku Sleepwalking atau tidur berjalan ini. Sebagaimana telah dijelaskan di atas, selagi kita tidur pikiran dan tubuh kita dapat memasuki siklus tidur yang berbeda, dan hal ini sering terjadi.

Pada sleepwalking, Anda mulai bangun dari tidur namun sayangnya otak Anda tidak cukup bangun sepenuhnya untuk membuat diri Anda benar-benar sadar, padahal tubuh Anda sudah bangun dan dapat bergerak aktif. Singkatnya pikiran Anda terperangkap dalam keadaan bangun dan juga tidur. Mereka yang menderita hal ini dapat berperilaku berbeda-beda, dimulai dari berbicara, SMS, makan, menyetrika, hingga berkendara. Konsultasikan ke dokter jika hal ini terjadi.

Mimpi


Tidaklah dapat dipungkiri bahwa mimpi mungkin adalah hal paling aneh yang terjadi selagi kita tidur. Bagaimana mereka bisa terjadi? Mengapa ada yang masuk akal dan mengapa ada yang tidak? Mengapa bisa terjadi mimpi buruk? Apa tujuannya? Banyak sekali misteri seputar mimpi, walaupun ada banyak teori namun hingga sekarang belum ada konsensus tunggal mengenai alasan mengapa kita bermimpi. Beberapa ahli percaya bahwa mimpi tidak memiliki tujuan, sedangkan yang lain percaya bahwa hal ini berkaitan dengan kondisi tubuh seseorang, dan ada juga yang percaya bahwa mimpi adalah pertanda bahwa sesuatu akan datang di masa depan.

Salah satu teori yang paling dipercaya adalah bahwa mimpi itu adalah sebuah cara untuk otak memproses ingatan-ingatan kita. Inilah sebabnya mengapa kita selalu bermimpi akan hal-hal yang pernah kita lihat baik sadar ataupun tidak sadar.


referensi:http://www.tahupedia.com/content/show/544/10-Hal-Aneh-Yang-Dapat-Terjadi-Selagi-Anda-Tidur