Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kehilangan Pekerjaan Karena Berbuat Kebaikan

Semenjak kita kecil, selalu kita didengungkan dan diajarkan agar selalu berbuat baik terhadap semua orang, walaupun hal yang kita lakukan tidak mendapat apresiasi maupun timbal baliknya, karena semua hal tersebut dilakukan secara iklas. Di dalam pekerjaan, biasanya hal ini sering juga dilakukan namun bebrapa kejadian dibawah ini malah mendapatkan pahala yang berbalik yaitu mereka dipecat dari pekerjaannya karena berbuat baik. Sangat aneh dan miris kedengarannya! Namun itulah yang terjadi. Berikut kami jabarkan beberapa orang yang kehilangan pekerjaan karena berbuat kebaikan.

Supir Bis Sekolah George Daw


Mempunyai pekerjaan sebagai seorang supir bis sekolah, tentu saja mempunyai tugas mengantar anak anak agar selamat dalam perjalanan menuju tempat yang dituju. Pada bulan Agustus 2011 angin badai melanda kota Long Island, New York George Daw dengan pelan-pelan mengemudikan kendaraan agar mereka bisa segera sampai di rumah masing-masing. Saat itulah George melihat sebuah mobil polisi terbalik terkena angin. George lalu menolong tiga orang polisi yang ada di dalamnya dan mengantar mereka ke kantor polisi terdekat. Dan hanya karena hal itulah George kemudian dipecat dari pekerjaannya. Sahabat anehdidunia.com alasan yang dikemukakan oleh pihak manajemen adalah karena George membawa penumpang lain selain anak-anak sekolah. Fakta bahwa para polisi tersebut membutuhkan pertolongan tidak menjadi pertimbangan sama sekali. Tentu saja peristiwa ini membuat marah warga kota, bersama-sama dengan pihak kepolisian mereka menekan pihak manajemen untuk mempekerjakan George kembali. Kali ini upaya mereka berhasil. George pun bisa bekerja kembali dengan tenang.

Penjaga Gerbang Tol Vladislav Samsonov


Seseorang yang mempunyai reputasi sebagai pria yang baik dan ramah. Ia sering membagikan permen terhadap anak-anak dan makanan terhadap anjing yang melintasi gerbang tol yang dijaganya. Vladislav Samsonov telah bekerja sebagai seorang penjaga gerbang tol selama lebih dari 30 tahun. Ketika mendapati pengendara yang tidak membawa uang kecil, pria ini selalu membayar biaya tol dengan uang dari sakunya sendiri. Sebuah kebiasaan yang membuatnya dikenal sebagai seorang yang suka menolong di tempat kerjanya. Tetapi rupanya kebiasaannya berbuat kebaikan ini tidak menyenangkan hati atasannya karena itu jam kerja Samsonov kemudian dipotong. Protes dari Samsonov malah membuatnya dipecat. Berita tentang pemecatan Samsonov yang tidak adil ini membuat penduduk sekitar menjadi berang. Mereka kemudian mengkoordinir gerakan penggalangan dana di Facebook dan melakukan demo memblokir jalan tol tersebut. Namun meskipun dana yang diberikan kepada Samsonov lumayan banyak, pihak pengelola jalan tol tidak pernah mau lagi mempekerjakan Samsonov.

Karyawan Apartemen Ralph Body


Ralph Body adalah karyawan teladan yang bernasib malang tersebut. Sejak bekerja di sebuah gedung apartemen mewah di kawasan New York, Amerika Serikat, dua tahun lalu, Ralph benar-benar “membaktikan seluruh hidupnya untuk pekerjaan”. Sang penjaga pintu itu tidak hanya membukakan pintu bagi tamu. Ia juga melakukan semua yang diminta oleh pengunjung, entah itu memeriksa hewan peliharaan, membersihkan kotak sampah, menyiram tanaman, sampai membantu menawarkan apartemen ke pemilik baru dengan sukacita. Namun apa daya, sikap Body yang suka membantu orang lain itu justru membuat manajemen hotel tak senang. Memang aneh, namun itulah kenyataan yang ia hadapi. Body sukses dipecat. “Mereka bilang, ‘Kami tahu kau melakukan itu untuk alasan yang benar, namun sayangnya, kau terlalu baik kepada para penyewa’,” lanjutnya dengan pelan. Para penghuni apartemen mengatakan, mereka memilih apartemen 27 lantai itu justru salah satunya adalah karena adanya Body di situ. Mereka lantas membuat petisi agar sang karyawan baik hati tersebut dikembalikan pada posisinya semula. Bahkan, beberapa penghuni apartemen menyatakan bakal berpikir dua kali untuk memperpanjang masa sewanya sebagai ancaman.

Petugas Keamanan Stadion Richard Jewell 


Pada tahun 1996, Richard Jewell tengah bertugas sebagai seorang petugas keamanan stadion ketika Olimpiade Atlanta dilaksanakan. Ketika pertandingan tengah berlangsung, Richard menemukan sebuah tas ransel mencurigakan tergeletak di bawah bangku taman stadion. Sahabat anehdidunia.com setelah diamati ternyata di dalam ransel tersebut terdapat tiga buah bom pipa yang siap meledak. Richard pun melaporkan temuannya kepada sang komandan dan dengan tenang mengevakuasi tempat tersebut. Karena kesigapannya, ketika bom tersebut akhirnya meledak hanya satu orang penonton yang menjadi korban. Lalu apakah Richard kemudian dianggap pahlawan dan mendapat penghargaan? Ternyata tidak, Richard malah dicurigai sebagai pelaku dari kejahatan tersebut dan dipecat dari pekerjaannya. Selama beberapa minggu kemudian Richard diinterogasi oleh FBI ditambah lagi dengan pemberitaan media yang menyudutkannya membuat Richard menjadi depresi. Pada tahun 2005, Eric Robert Rudolph, pelaku pengeboman yang asli berhasil ditangkap akan tetapi dua tahun kemudian Richard meninggal dunia.

Pramusaji Kantin Della Curry


Della Curry harus kehilangan pekerjaannya sebagai pramusaji di kantin Dakota Valley Elementary School di Aurora, Denver, lantaran telah memberikan makan siang kepada seorang anak yang kelaparan. Curry menuturkan bahwa dirinya saat itu melihat seorang siswa yang menangis di hadapannya, mengaku lapar dan tidak mempunyai uang untuk membeli makanan. "Siswa itu lupa membawa bekal makanan, ia mendekat dan memohon untuk diberikan makanan, karena kasihan aku memberinya sebuah burger dan selapis keju," terang Curry. Lebih lanjut ia mengatakan, tidak tega membiarkan sswa itu menangis kelaparan." Aku tak menyangka apa yang telah aku lakukan berujung pada pemecatan, namun kalau itu sudah peraturannya aku ikhlas dipecat," tambahnya. Sementara itu, pihak sekolah mengatakan sudah ada peraturan yang melarang pihak sekolah memberikan makanan kepada siswa secara gratis, ini bukanlah aturan sepihak namun sudah disepakati seluruh sekolah yang ada di distrik ini.

Petugas Kesehatan Jeff Gaglio 


Sahabat anehdidunia.com ketika tengah bertugas sebagai asisten medis pada dinas pemadam kebakaran, Jeff Gaglio melihat seorang manula korban kebakaran yang kedinginan di luar rumahnya yang terbakar. Maka satu-satunya hal yang terlintas di benaknya adalah memberinya sebuah selimut. Perbuatan Jeff ini seharusnya mendapatkan pujian tetapi masalahnya selimut yang diberikannya tadi adalah properti dari pemerintah kota Detroit. Dan itulah yang membuat Jeff harus kehilangan pekerjaannya. Setelah berita tentang pemecatan Jeff ini beredar di masyarakat, mereka segera mengadakan gerakan sumbangan selimut pada pemerintah kota Detroit. Tetapi apa hendak di kata, selimut menggunung yang diterima oleh pemerintah kota tidak membuat mereka mempekerjakan Jeff kembali.

Penjaga Pantai Lifeguard Tomas Lopez


Tugas dari seorang lifeguard adalah menyelamatkan seseorang yang tenggelam atau menyelamatkan orang yang mendapat masalah dari pantai yang dijaganya. Dan itulah yang dilakukan oleh Tomas Lopez yang bekerja sebagai Lifeguard di Florida. Lalu kenapa Tomas kemudian dipecat? Ternyata semata-mata hanya karena orang yang tenggelam tadi berenang di area berbahaya, sebuah area yang telah diberi papan peringatan untuk tidak berenang di sana. Dua orang lifeguard lain yang saat itu memprotes pemecatan Tomas juga ikut dipecat. Akhirnya peristiwa pemecatan Tomas ini berbuntut panjang. Rekan-rekan kerjanya semuanya melakukan protes dengan berhenti dari pekerjaan. Dan setelah masyarakat sekitar melakukan demo dan mendapat tekanan dari pihak pemerintah daerah setempat, barulah pihak manajemen mempekerjakan mereka kembali dan malah memecat atasan Tomas.

Berbuat baik tidaklah dilihat dari pahala yang akan didapat, namun menjalankan tugas kita sebagai manusia yaitu saling tolong menolong terhadap sesama. Karena dapat menlong seseorang, akan timbul perasaan bahagia dalam diri yang tidak bisa kita jelaskan. Namun berkaca dari kejadian di atas, akhirnya mereka semua mendapat sesuatu yang lebih besar pada akhirnya.


referensi:
http://awanjakarta.com/berita-terkini/internasional/karyawan-apartemen-dipecat-karena-terlalu-baik/
http://www.mbakbro.com/2015/09/Astaga-5-Orang-Ini-Dipecat-Karena-Berbuat-Baik.html
http://www.bbc.com/indonesia/majalah/2012/07/120705_lifeguard.shtml
http://kebajikandalamkehidupan.blogspot.com.tr/2015/06/pramusagi-dipecat-karena-memberi-makan.html
http://halloapakabar.com/pria-77-tahun-ini-dipecat-karena-berbuat-baik