Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Lokasi Desa Paling Ekstrim Di Dunia

Desa adalah satu wilayah bagian di dalam kota yang menjadi pemukiman penduduk dan memiliki kekuasaan atau wewenang untuk mengatur segala bentuk tata hukum yang berlaku di seluruh wilayah teritorialnya. Lokasi desa biasanya juga disebut dengan pedesaan yang wilayahnya biasa terdapat di pinggiran-pinggiran kota dengan skala yang tak terlalu luas.

Bicara soal lokasi pedesaan, beberapa wilayah desa yang ada di negara-negara di dunia biasanya terletak di kawasan gunung, pantai dan lain sebagainya. Namun ternyata tak semua desa di dunia memiliki kriteria tersebut. Ada beberapa desa yang justru lokasi atau letaknya cukup unik dan bahkan ekstrim di dunia. Seperti daftar di bawah ini yang akan mengulas perihal lokasi desa paling unik dan ekstrim di dunia versi anehdidunia.com.


Desa Aogashima – Jepang



Jika di Indonesia anda mengenal Desa Merapi yang terletak diantara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu adalah desa yang cukup beresiko untuk ditinggali karena letaknya yang diapit gunung berapi aktif yang sewaktu-waktu bisa meletus, mungkin anda perlu tahu lagi bahwa di negara Jepang terdapat desa yang berada di satu pulau terpencil dengan gunung berapi di dalamnya! Desa tersebut bernama Aogashima yang memiliki jarak kurang lebih 358 km dari pusat kota Tokyo. Desa ini berada di pulau dengan nama yang sama dan merupakan pulau terkecil di wilayah Kepulauan Izu. Sebelumnya pada tahun 1780, gunung ini pernah meletus dan menewaskan ratusan penduduknya sementara yang selamat harus keluar mengungsi dari Aogashima. Selang 50 tahun kemudian, para generasi dari penduduk  Aogashima dulu yang selamat justru kembali lagi ke tanah lahirnya dan menetap hingga berketurunan sampai saat ini. Seolah mereka tidak khawatir bahwa wilayah desanya sangat ekstrim dan membahayakan. Mungkin yang membuat penduduk Aogashima brtahan hingga saat ini adalah kenyataan bahwa tanah bekas letusan gunung dulu justru subur dan cocok untuk dibuat bertani.


Desa La Huacachina – Peru



Cuaca atau iklim yang panas biasanya membuat orang-orang merasa tidak nyaman atau betah. Namun jika mengulas lokasi desa yang ada di negara Peru ini akan membuat siapa saja merasa terheran-heran. La Huacachina adalah sebuah desa yang terletak di Peru Selatan yakni sekitar 5 higga 8 km dari Kota Ica. Desa ini terbilang unik dan ekstrim karena lokasinya berada di wilayah gurun pasir yang suhu panasnya dikenal sangat ekstrim. Meski demikian, di desa ini penduduknya sangat makmur karena mampu menghasilkan uang pendapatan yang tinggi. Dengan wilayahnya yang diselimuti gurun pasir, penduduk La Huacachina menyulap desanya menjadi desa wisata yang wajib masuk daftar destinasi untuk dikunjungi para wisatawan dunia. Penduduk yang berjumlah sekitar 100 orang ini menciptakan sarana bermain seluncur pasir atau sandboarding, wisata memetik anggur dan lain sebagainya. Meski wilayahnya cukup ekstrim namun keunikan desa ini mampu menarik siapa saja untuk datang mengunjunginya. La Huacachina bisa disebut sebagai desa oase ditengah panasnya gurun pasir.


Desa Monemvasia – Yunani



Desa Monemvasia adalah salah satu desa yang memiliki citra unik dan ekstrim di dunia. Desa ini terletak di negara Yunani tepatnya di kota Laconia. Salah satu yang membuat desa ini ekstrim ialah karena lokasinya berada di pulau terpencil dan tepat dibalik dinding bebatuan yang memiliki tinggi sekitar 300 meter sehingga membuatnya seolah desa gua dengan akses masuk ke dalamnya cukup sulit. Desa ini hanya memiliki lebar 1 km dan membuatnya hanya mampu dilewati dengan berjalan kaki karena akses jalannya pun hanya sekitar 200 meter saja! Tak ada sarana transportasi modern seperti kendaraan bermotor. Dan dari sinilah yang membut desa ini menjadi wilayah desa yang bebas dari polusi. Meski lokasinya cukup ekstrim namun ukan berarti tak ada orang luar yang mengunujungi desa ini. Justru dengan tatanan desa yang baik, Monemvasia mampu menjelma menjadi desa wisata dengan bangunan bangunan bersejarah yang ada di dalamnya. Ada sejarah menarik terkait dengan batu besar yang menjulang di wilayah desa Monemvasia yang ternyata disebabkan oleh peristiwa gempa bumi sehingga menyebabkan pulau kecil tersebut terpisah dari daratan.


Desa Pitigliano – Italia



Daftar desa dengan lokasi unik dan ekstrim di dunia selanjutnya adalah desa Pitligiano yang berada di negara Italia. Desa yang termasuk dalam wilayah Provinsi Grosseto ini dibilang unik dan ekstrim karena berada tepat di tebing gunung kapur yang curam. Diperkirakan sudah ada sejak tahun 1061, Desa Pitligiano ini begitu banyak menyimpan bangunan-bangunan kuno khas abad terdahulu. Uniknya desa ini hanya dihuni sekitar 3.971 penduduk saja dan dipimpin sendiri oleh penduduk sekitar secara bergantian. Jika melihat letak desa ini akan menimbulkan kesan indah meski dibalik itu semua tersimpan keesktriman.Beruntungnya kota ini masih memiliki pepohonan yang hijau sehingga tak menambah kesan gersang walaupun berada diatas gunung kapur. Bagi penduduk sekitar, letak rumah ditata sedemikian rupa agar tak menimbulkan bahaya dan menghindarkan diri dari resiko jatuh dari atas tebing itu sendiri.


Desa Isortoq – Greenland



Greenland adalah salah satu nama pulau yang terbesar di dunia. Secara geografis wilayah ini diselimuti es hingga 80 % dan membuat beberapa wilayahnya tak bisa dihuni karena dipastikan iklim dan suhunya sangat ekstrim. Namun ada wilayah yang juga dapat dihuni manusia tepatnya di wilayah pesisir selatan dan barat. Dan salah satu desa yang terkenal di daerah Greenland adalah Desa Isortoq. Iklim yang dimiliki desa ini termasuk kategori tundra karena pada kondisi terhangat sekalipun suhu cuaca pada desa ini masih terhitung sangat rendah atau minus. Rata-rata suhu yang berada di desa ini mencapai -1,3 derajat celcius membuat penduduknya wajib selalu mengenakan jaket tebal. Meski cuaca atau iklimnya yang terhitung sangat ekstrim tak membuat penduduk desa ini tak nyaman atau kehilangan mata pencaharian. Karena sumber daya alam yang terdapat di wilayah ini cukup banyak. Salah satunya yang paling utama adalah banyaknya anjing laut. Dan benar saja bahwa penduduk Desa Isortoq sehari-hari memiliki mata pencaharian sebagai pemburu.

Itulah beberapa lokasi desa yang unik dan ekstrim di dunia. Dibalik ekstrimnya wilayah maupun lingkungan geografis desa yang seolah cukup membahayakan justru dijadikan sebagai keunggulan utama untuk menarik orang-orang luar dan menghasilkan hal positif bagi mereka para penduduk lokal desa tersebut. Hal yang patut diapresiasi dari para penduduk yang mendiami desa dengan lokasi unik dan esktrim adalah bagaimana usaha mereka mereka untuk menciptakan suasana desa yang tetap nyaman dan aman untuk ditinggali. Menurut sahabatanehdidunia.com, adakah di Indonesia desa-desa yang juga memiliki lokasi tak kalah unik dan ekstrimnya dari kelima desa diatas?

Referensi:
http://terselubung.in/6-desa-paling-ekstrim-di-dunia/
http://www.anakregular.com/2015/04/aogashima-desa-unik-di-tengah-kawah.html
http://uniqpost.com/52541/la-huacachina-kota-yang-di-kelilingi-gurun-pasir/
http://virusdumay.blogspot.co.id/2015/01/monemvasia-kota-tersembunyi-di-gibraltar.html