Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sommelier Pencicip Rasa Paling Unik Di Dunia

Apakah itu Sommelier? Bagi kebanyakan orang Indonesia istilah sommelier mungkin masih terdengar asing. Karena itu mari kita sedikt berkenalan dengan apa itu sommelier atau lebih tepatnya siapa mereka. Sommelier sejatinya merupakan sebutan bagi orang yang bertugas untuk mencicipi citarasa dari wine (anggur) sekaligus menilah kwatitas dari minuman khas barat ini. Seorang Sommelier biasanya memiliki ciri khas dengan sellu membawa sebuah cawan perak kecil yang mereka kalungkan di leher. Cawan ini fungsinya dalah sebagai wadah untuk mencicipi wine sekaligus tanda bahwa seorang sommelier telah diakui kemampuanya.

Profesi ini sendiri tergolong langka mengingat sulitnya ujian untuk bisa menjadi seorang sommelier. Untuk menjadi seorang sommelier seseorang tak hanya dituntut untuk memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang wine, tapi juga kepekaan indra pengecap yang luar biasa. Hal inilah yang sangat sulit untuk ditemukan mengingat kepekaan lidah merupakan bakat yang hanay dimiliki oleh sedikit orang. Jadi tak heran jika profesi sebagai seorang sommelier merupakan suatu yang prestius dan bahkan bergaji tinggi hingga mencapai ratusan juta perbulan.

Nah belakangan ini profesi sommelier ternyata tak hanya melulu soal menguji citarasa wine saja. Karena sekarang juga mulai muncul sommelier untuk menguji berbagai macam hal, mulai dari makanan, minuman bahkan hingga hal yang terbilang nyeleneh. Cerita dari sommelier-sommelier unik inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan kisahnya dalam, Sommelier Paling Unik Di Dunia, versi anehdidunia.com


Sommelier Susu




Tukang cicip susu mungkin akan terdengar seperti profesi yang sangat aneh, tapi nyatanya itulah yang dilakukan seorang pria bernama Bas de Groot. Pria berdarah Belanda ini merupakan satu-satunya Sommelier susu yang ada di dunia. Gelar ini juga tak asal disematkan padanya karena Groot juga memegang sertifikat resmi yang membuatnya menjadi seorang sommelier yang resmi. Pekerjaan Groot pada dasarnya adalah mencicipi susu murni yang belum diolah dan menentukan kwalitas serta meneliti perbedaan intensitas rasa susu dari berbagai tempat.

Awal mula kisah Groot hingga bisa menjadi seorang Sommelier susu, sudah ia mulai saat kecil dimana ia begitu tertarik dengan rasa dari susu hingga bisa meminum 3 sampai 4 liter perjari. Menurut Groot rasa susu sangatlah menarik dan ia begitu penasaran dari mana rasa itu berasal. Hingga ia akhirnya memutuskan untuk mencicipi rasa susu murni yang belum diolah. Saat itulah ia begitu terkejut dengan rasa susu murni yang menurutnya begitu komplek dan membanjiri seluruh indra pengecapnya. Sejak saat itu ia mulai memutuskan untuk mencicipi rasa susu dari seluruh belahan dunia. Groot sendiri saat ini masih melakukan perjalan keliling dunia yang ia lakukan untuk mencicipi rasa susu di seluruh dunia, sambil memberikan penyuluhan tentang rasa dan manfaat susu pada orang-orang yang ia temui.


Sommelier Mustard




Mustard merupakan salah satu bumbu khas Eropa yang berbentuk saus dengan warna agak kekuningan dan kadang juga kecoklatan. Saus yang memiliki rasa agak pedas dan asam ini dibuat dari biji mustard yang dihaluskan dan biasanya dikemas dalam bentuk botolan. Nah karena masuk dalam salah satu jenis bumbu dapur mungkin tak akan pernah ada orang yang berfikir kalau ada tukang cicip khusus bumbu dapur yang satu ini.

Tapi anggapan itu ternyata salah karena didunia ini ternyata ada pula seorang sommelier khusus yang tugasnya mencicipi mustard. Dialah Pierette Huttner seorang sommelier mustard yang berasal dari kota New York. Profesi unik Huttner ini sudah ia jalani selama bertahun-tahun sejak ia mulai bekerja di perusahaan bernama Maille yang merupakan salah satu produsen mustard terbesar di dunia. Produsen Mustard yang miliki ciri khas dengan produk mereka French Dijon Mustard, mempekerjaan Huttner sebagai penguji citarasa dari 30 jenis mustard buatan mereka sekaligus menjadi orang yang bertanggung jawab untuk menjaga kwalitas mustrad yang diproduksi. Cara kerja Huttner sendiri sama dengan sommelier dimana ia hanya perlu dengan rutin mencicipi rasa mustard dan memastikan tak ada yang salah dengan mustard yang ia cicipi.


Sommelier Saus Pedas




Profesi yang dijalani oleh seorang pria bernama Noah Chaimberg, mungkin bagi sebagian orang akan dianggap konyol. Karena pria yang menetap di kota Brooklyn, New York ini merupakan Sommelier Saus Pedas pertama di dunia. Hal ini berarti tugas Noah sehari-hari adalah mencicipi beragam saus pedas dan menentukan citarasa yang ada sekaligus memeriksa tingkat kepedasan saus dalam skala Scoville. Noah sendiri menjalani profesi ini karena dorongan rasa cintanya pada saus pedas. Demi kecintaanya ini Noah bahkan rela keluar dari pekerjaanya dan memilih untuk membuka toko kecil yang khusus menjual berbagai macam saus pedas. Di toko sederhana miliknya inilah Noah biasanya sekaligus menjalankan profesinya sebagai sommilier dengan mencicipi sau pedas untuk para pelangganya.


Sommelier Air Mineral




Martin Riese mungkin tak tahu banyak hal soal wine, tapi meski begitu pria kelahiran Jerman ini tetap menyandang gelar sebagai seorang sommelier. Riese merupakan satu-satunya sommilier Air Mineral yang ada di Amerika. Profesi ini sudah di jalani Riese selama bertahun-tahun dengan dedikasi tinggi karena kecintaanya pada air mineral.

Kecintaan Riese, pada air mineral ini sudah muncul sejak ia masih kecil menurutnya rasa air mineral sangat unik dan berbeda-beda tergantung dari mana air itu berasal. Riese juga merasa beruntung karena orang tuanya bekerja di industri perhotelan yang membuatnya sering berpindah-pindah keberbagai tempat di Eropa. Dari sililah ia mulai melatih kepekaan indra pengecapnya dengan mencicipi air keran dari berbagai negara. Karena kebiasaan ini kini Riese telah dibekali dengan indra pengecap yang amat sensitif hingga ia bisa merasakan sedikit saja perbedaan rasa yang ada pada air mineral.

Kini dengan bakat dan pengalaman yang ia miliki, Riese telah berhasil menyandang gelar sebagai sommilier air mineral pertama di dunia yang di akui oleh Asosiasi Perdagangan Air Mineral Jerman, sekaligus pemegang dengan visa O-1. Sebuah izin khusus hanya diberikan kepada "orang-orang dengan kemampuan atau prestasi luar biasa."


Sommelier Racun




Menjadi seorang penguji racun mungkin terdengar sebagai pekerjaan yang gila dan tak masuk akal. Namun hal inilah yang nyatanya di lakukan oleh Bryan Fry. Pria berkepala plontos asal Australia ini ribuan kali digigit oleh berbagai macam hewan beracun, mulai dari ular, kadal, kalajengking hingga ikan pari yang mematikan. Tapi ajaibnya meski telah digigit puluhan kali oleh hewan beracun sampai saat ini Fry masih terbilang sehat dan bisa beraktifitas dengan normal.

Fry yang merupakan seorang zoologist asal Universitas Queensland, sudah tertarik dengan racun sejak ia masih muda. Ketertarikan Fry terhadap racun bahkan bisa dibilang sudah masuk dalam tahap obsesi mengingat ia bahkan rela menggunakan tubuhnya sebagai alat uji racun. Fry menggunakan tubuhnya sendiri sebagai tempat untuk menguji racun dengan sengaja membuat ular atau kadal menggigitnya. Menurut Fry saat ia menerima racun masuk dalam tubuhnya, maka secara otomatis protein bernama fibrinogen yang ada dalam tubuhnya akan langsung aktif. Protein ini sendiri merupakan zak khusus dalam tubuh manusia yang bersifat seperti jaket yang akan membungkus racun agar tak menyebar. Reaksi dari zat inilah yang ingin di uji oleh Fry untuk mengukur apakah ada perbedaan respon terhadap jenis racun yang berbeda.

Tapi meski berhasil selamat sampai saat ini, apa yang dilakukan Fry bukanya tak beresiko, karena meski selalau didampingi oleh tim medis dan ambulance saat akan melakukan aksi gilanya. Tetap saja nyawa Fry pernah nyaris di ujung tanduk saat ia di sengat oleh ikan pari beracun tepat pada ruans tulang belakangnya. Akibat kejadian ini Fry nyaris mati dan kini harus menggunakan plakat besi untuk menyangga dua ruas tulang belakangnya yang tak lagi normal paska operasi penyedotan racun dari tulang belakangnya.


Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa Sommilier yang paling unik di dunia, bagaimana menurut kalian, manakah sommilier yang paling unik?

Referensi:
http://oddee.com/item_100094.aspx
https://wikipedia.org/wiki/Sommelier