Tak Cuma Wangi, Inilah Fakta Mistis Bunga Kantil Atau Cempaka Putih

Bunga Kantil atau orang Jawa biasa menyebutnya Kembang Kantil, merupakan salah satu bunga khas di Jawa dan Bali. Bagi penduduk dua pulau ini, bunga Kantil merupakan salah satu elemen penting dalam berbagai upacara adat. Selain itu bunga yang memiliki aroma harum yang cukup unik ini juga merupakan bunga yang biasa di tanam di sekitar area pemakaman. Karena hal inilah bunga kantil sering juga dianggap sebagai bunga yang memiliki aura mistis.

Kesan mistis ini kian kuat dengan adanya cerita bahwa bunga kantil merupakan salah satu bunga kesukaan Nyi Roro Kidul. Menurut legenda yang ada, Nyi Roro Kidul menyukai bunga ini berkat waninga dan selalu memakai bunga ini sebagai hiasan pada rmbutnya ataupun sekedar mengalungkanya di leher.

Jadi tak heran jika bunga ini banyak digunakan dalam berbagai upacara adat hingga ritual mistis dan klenik lainya. Bunga ini sendiri konon memang cukup ampuh untuk digunakan sebagai sesajen karena disukai oleh makhluk halus. Kisah dari bunga unik inilah yan kali ini akan anehdidunia.com bagikan ulasanya dalam Khasiat dan Fakta Mistis Bunga Kantil atau Cempaka Putih versi anehdidunia.com..

Rumah Kesukaan Makhluk Halus


Sahabat anehdidunia.com kita tentu sudah sering mendengar kisah tentang pohon angker yang dipercaya menjadi rumah makhluk halus. Nah salah satu pohon angker ini diantaranya adalah pohon kantil. Tapi tak cuma sekedar rumah bagi makhluk halus, pohon kantil dipercaya merupakan rumah kesukaan bagi makhluk halus.

Makhluk-makhluk halun ini sendiri konon tertarik dengan bau unik bunga kantil yang memiliki aroma manis yang khas. Bagi yang pernah mencium bau bunga kantil pasti setuju jika bunga ini memiliki aroma manis yang mirip dengan madu alami. Mungkin karena hal inilah pohon bunga kantil kebanyakan di tanam di sekitar area pemakaman. 

Oh ya hampir lupa, pohon kantil konon juga merupakan tempat favorit bagi kuntilanak. Jadi kalau sedang lewat di sekitar tempat yang ada pohon kantilnya, jangan mudah menoleh ya, salah-salah malah bisa di mesemin sama mbak kunti..

Media Pelet Yang Ampuh


Meski tergolong bunga yang angker, kembang Kantil tetap memiliki banyak peminat, karena konon memiliki banyak kekuatan mistis. Salah satu kemampuan bunga ini yang cukup terkenal adalah kemampuan bunga kantil untuk di jadikan media pengasihan atau pelet. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bunga kantil merupakan salah satu bunga kesukaan Nyi Roro Kidul sekaligus rahasia di balik kecantikan Nyi Roro Kidul. 

Karena banyak orang yang menggunakan bunga kantil, susuk untuk membuka aura kecantikan seseorang dan bahkan digunakan sebagai sarana pelet yang ampuh. Dengan menggunakan bunga kantis, seorang wanita bisa menaklukan orang yang ia sukai. Saat orang telah terkena sihir dari, bunga kantil maka ia akan terus teringat dengan orang yang memjampe-jampenya.

Dari sinilah konon nama bunga kantil berasal, menurut cerita yang ada nama Kantil sebenarnya berasal dari kata Kemantil-mantil yang dalam bahasa indonesia artinya "Selalu teringat." 

Tapi meski sangat ampuh, bukan berarti semua orang bisa menggunakan pelet bunga kantil, karena untuk bisa mendapatkan kekuatan mistis bunga ini dibutuhkan berbagai ritual dan pantangan bagi penggunaya. Beberapa ritul tersebut diantaranya mulai dari puasa mutih, semedi hingga menggunakan kain mori (kafan) sebagai media untuk menggunakan pelet kembang kantil.

Bisa Digunakan Sebagai Alat Uji Keperawanan


Tes perawan dengan bunga? Banyak orang mungkin akan menganggap hal ini konyol, tapi memang begitulah mitos yang ada pada masyarakat Jawa. Menurut cerita Jawa kuno, bunga yang memiliki nama latin "Micheila Alba" ini dapat memberi pertanda jika seorang wanita sudah tak perawan lagi.

Tapi bagaimana cara menggunakan bunga ini sebagai pendeteksi keperawanan seorang wanita? Ternyata caranya mudah, cukup pakaikan saja bunga ini pada mempelai wanita. Jika kemudian bunga ini jadi tak wangi lagi dan mulai mekar maka itu adalah pertanda jika sang mempelai wanita sudah tak perawan lagi. Begitu pula sebaliknya jika bunga ini tetap wangi dan kuncup maka sang mempelai wanita dipercaya masih perawan saat akan menikah. Mungkin karena mitos ini pula, bunga kantil menjadi ornamen penting dalam pernikahan adat Jawa.

Membuat Awet Muda


Selain memiliki keampuhan dalam hal mistis, bunga kantil juga konon di percaya memiliki keampuhan lain. Keampuhan adalah bisa membuat orang awet muda. Dengan rutin mengkonsumi bunga kantil seseorang konon akan terlihat selalu muda dan tak bertambah tua.

Kandungan gizi dalam bunga inilah yang dipercaya bisa menghabat orang untuk terlihat tua. Selain sebagai obat awet muda, ternyata juga bisa digunakan untuk menyembuhkan penyakit-penyakit lain diantara Sinusitis, Vertigo, Radang Saluran Pernafasan, hingga masalah keputihan. Semua manfaat bunga kantil untuk kesehatan ini juga bukan, asal-asalan karena sudah di uji oleh beberapa lembaga medis.

Merupakan Penangkal Sawan


Bagi orang diluar Jawa, istilah "Sawan" mungkin masih tedengar asing. Sawan atau biasa juga di kenal sebutan lain Saben, merupakan sejenis penyaki dan fenomena aneh yang biasa menimpa anak kecil. Seorang anak yang terkena Sawan, biasanya akan menjadi rewel, menangis dan dan juga meningkat suhu tubuhnya tanpa ada sebab yang jelas saat diperiksa secara medis.

Nah fenomena ini bagi orang Jawa sering dihubungkan dengan adanya makhluk halus yang menempel pada tubuh si anak. makhluk halus ini biasanya akan mengikuti si anak dari tempat-tempat tertentu seperti kuburan atau rumah orang yang baru saja meninggal.

Nah salah satu cara untuk menghidari Sawan ini adalah dengan menggunakan bunga kantil. Orang jawa percaya jika bunga kantil dapat menghindarkan makhluk halus untuk menempel pada manusia. Karena itu pulalah, bunga ini biasanya di tanam di sekitar area pemakaman atau juga di taburkan pada pusara orang yang baru meninggal. Dengan cara ini orang Jawa percaya jika arwah orang yang baru meninggal atau makhluk-makhluk halus yang berkeliaran di sekitar kuburan tak akan ikut pulang dengan orang yang mengantar jenazah ke kuburan.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa fakta mistis tentang bunga kantil, bagaimana menurut kalian apakah ada yang menari? atau kalian tahu fakta menarik lain dari bunga kanti? kalau iya jangan malu-malu untuk meninggalkan komentar dan berbagi kisahnya bersama kami ...

Referensi:
http://www.akarasa.com/2014/09/tes-keperawanan-dengan-bunga-kantil.html
http://www.paranormalpati.com/susuk-bunga-kantil/
http://tricsehat.blogspot.co.id/2016/06/wow-manfaat-dan-khasiat-bunga-kantil.html
http://www.paranormalsemarang.com/mantra-doa-pelet-kembang-kantil-sebagai-pengasihan-jarak-jauh/