PLARIUSMODIFIKASI101

Reptil Aneh Yang Jarang Orang Lihat Apalagi Miliki

Sunday, April 01, 2018
Reptil termasuk dalam kelompok hewan vertebrata (bertulang belakang) berdarah dingin dan juga memiliki sisik yang menutupi tubuhnya. Sebagian dari spesies reptil adalah hewan tetrapoda (berkaki empat) dan berkembang biak dengan cara bertelur. Banyak orang yang menganggap hewan dari spesies reptil adalah hewan yang berbahaya, seperti buaya, ular kobra, dan komodo. Namun seperti yang sahabat ketahui, sekarang ini banyak sekali orang – orang yang menjadikan reptil sebagai salah satu hewan peliharaan (termasuk ular dan buaya), sampai – sampai mereka membuat sebuah kelompok atau organisasi pecinta reptil tertentu. Memelihara reptil sudah seperti sebuah gaya dan tren tersendiri. Didunia ini memang terdapat banyak sekali jenis reptil yang tersebar hampir diseluruh belahan dunia, dimana ada beberapa jenis reptil yang memiliki rupa yang unik dan bisa dibilang aneh! Mungkin sebagian orang akan terkagum dengan reptil ini, mungkin juga bakal merasa takut. Berikut adalah Reptil Terunik Dan Teraneh Di Dunia versi anehdidunia.com

Kadal “Spiderman”


Kadal spiderman adalah jenis dari kadal agama (kadal pemakan serangga berekor panjang) yang paling spektakuler di dunia. Namun julukan tersebut hanya disematkan kepada sang kadal jantan saja, dimana kadal agama jantan memiliki kemampuan dalam mengembangkan pola warna di wajah dan tubuhnya selama berada dalam cuaca yang hangat. Naluri sang pejantan dalam menjaga daerah kekuasaannya pun dapat menyebabkan warna ditubuhnya menjadi lebih cerah dan tampak berwarna biru dan merah. Kontras dari warna biru dan merah di kepala dan tubuhnya inilah yang membuat sang kadal agama ini menjadi sangat terkenal bak selebriti di internet, yang sering disebut sebagai “Kadal Spiderman” (Tapi tidak bisa menembakkan jaring ya sahabat). Kadal ini bisa tumbuh mencapai 14-15 inci dan ia memakan beragam jenis serangga dihabitatnya. Kadal agama ini pun merupakan jenis kadal paling banyak yang terdapat di Afrika.

Ular Viper Badak


Viper adalah salah satu jenis ular predator yang paling ditakuti dan menyebabkan banyak kematian bagi manusia di dunia. Meski begitu, ular viper badak adalah ular berbisa yang unik dari segi tampilan dan corak tubuhnya. Dimana ular ini memiliki corak tubuh yang kecoklatan dan berpola seberti batik, bentuk badannya yang agak melebar (tidak seperti kebanyakan ular yang berbedan ramping), serta memiliki tonjolan tajam seperti cula badak yang terletak didepan hidungnya, yang membuat ular viper ini dinamakan ular viper badak. Karena keunikannya inilah, ular viper badak pun mendapat julukan sebagai ular viper terindah dan tereksotis. Namun sahabat jangan sampai terlena akan keindahannya ya, karena bagaimana pun juga ular viper badak ini adalah ular berbisa yang akan mengakibatkan masalah serius bagi kita kalau sampai terkena gigitan dan racun bisanya.

Buaya Gharial


Jika buaya dan aligator biasa menyerang mangsanya dengan gerakan yang brutal serta cabikan rahang dan gigi mereka yang mampu menghancurkan tubuh mangsanya dengan mudah, maka buaya Gharial adalah jenis buaya yang berbeda. Buaya Gharial adalah spesies buaya yang bentuk tubuhnya hampir sama seperti buaya pada umumnya, namun ia memiliki moncong mulut yang lebih ramping dan memiliki deretan gigi yang sangat banyak disepanjang moncong mulutnya. Buaya Gharial pun lebih banyak memangsa ikan dan hewan kecil lainnya dibandingkan memangsa hewan besar seperti jenis buaya lainnya. Namun buaya ini akan terlihat mengerikan saat ia sedang mengintai mangsanya dari dalam air, dimana tonjolan moncongnya yang timbul dan terlihat jelas diatas permukaan air. Namun sangat disayangkan sahabat anehdidunia.com, buaya Gharial kini sudah memasuki kondisi terancam punah dan hanya tinggal tersisa sekitar 2% saja dari jumlah mereka sebelumnya di habitat aslinya di India. 

Kura-Kura Matamata


Kura – kura matamata banyak hidup di pedalaman hutan hujan Amazon, Amerika Selatan. Tidak seperti kura – kura pada umumnya yang terlihat tidak berbahaya, kura – kura matamata adalah spesies reptil “pemakan daging” yang perlu kita waspadai juga! Kura – kura ini mampu tumbuh mencapai 30 – 45 centimeter dengan bobot sekitar 15 kilogram. Kura – kura ini memiliki tiga tonjolan yang memanjang diatas tempurungnya, yang membuat ia terlihat unik dan seperti hewan prasejarah. Leher kura – kira ini pun tak kalah uniknya, dimana lehernya mampu memanjang untuk menjangkau dan melahap mangsa yang lewat, jadi sahabat harus menjaga kaki dengan hati – hati kalau sedang melintas didepan kura – kura ini!

Dengan rahang yang kuat dan gigi yang tajam, kura – kura matamata biasa memangsa burung – burung air, reptil lain, serangga, dan ikan. Tidak aneh memang kalau kura – kura ini memiliki tampilan dan “kepribadian” yang berbeda dari kura – kura lainnya karena ia hidup diantara ikan – ikan piranha dan liarnya hutan hujan Amazon. Apakah sahabat tertarik untuk menjadikan kura – kura ini peliharaan “ekstrim”?

Iguana Laut



Adaptasi pada hewan adalah salah satu kemampuan paling hebat di alam. Dimana kemampuan adaptasi terhadap perubahan memungkinkan munculnya hewan unik yang berasal dari spesies biasa, contohnya adalah si Iguana Laut ini. Iguana laut adalah reptil pemakan rumput laut dan tumbuhan laut lainnya, ia juga mampu berenang kedalam laut dengan gerakan seperti buaya, sungguh sebuah kemampuan yang sesuai dengan habitat hidupnya di kepulauan Galapagos. 

Iguana Laut pun juga menjadi satu – satunya kadal laut dan menjadi salah satu “kasus” adaptasi paling aneh dan unik di dunia. Warna dasar dari tubuh iguna laut ini adalah hitam keperakan, dimana mereka juga mampu mengubah warna kulitnya menjadi perpaduan antar warna biru, hijau, merah yang sangat unik. Ia pun biasa berkumpul dan bersembunyi diantara bebatuan dipinggir pantai saat sedang berjemur atau bersantai saja.

referensi
nationalgeographic.com/animals/reptiles/m/marine-iguana/
torontozoo.com/exploretheZoo/AnimalDetails.asp?pg=636
nationalzoo.si.edu/animals/reptilesamphibians/facts/factsheets/gharial.cfm
animaldiversity.org/accounts/Bitis_nasicornis/
dailymail.co.uk/news/article-2167284/African-lizard-looks-uncannily-like-comic-book-superhero-Spiderman.html