PLARIUSMODIFIKASI101

Inilah Urutan Cabai Terpedas Di Dunia Terbaru, Berani Coba?

Wednesday, May 23, 2018
Sudah bukan rahasia lagi jika kebanyakan masyarakat Indonesia merupakan penyuka masakan bercita rasa pedas. Karena itu selain rempah-rempah, cabai merupakan salah satu komoditi penting dalam kebanyakan kuliner Nusantara. Di Indonesia sendiri terdapat beragam jenis cabai, mulai cabai hijau, cabai merah, cabai rawit, cabai keriting hingga cabai gendot yang masisng-masing memiliki citarasa pedas yang berbeda-beda.

Beragam jenis cabai ini biasanya digunakan dalam berbagai macam kuliner Nusantara sesuai dengan citarasa mereka. Beberapa cabai ini diantaranya ada yang sangat pedas, namun ada pula yang tak begitu pedas.

Untuk mengukur skala kepedasan cabai sendiri biasanya digunakan Skala Scoville yaitu ukuran untuk tingkat kepedasan sebuah cabai. Di Indonesia sendiri juga terdapat jenis cabai yang masuk dalam golongan sangat pedas yaitu cabai rawit Hiyung asal Desa Hiyung, Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan.  Cabai rawit hiyung ini memiliki  tingkat kepedasan nyaris mencapai 100.000 Scoville, 17 kali lipat dari cabai biasa.

Terdengar sangat pedas ya, namun angka ini ternyata belum seberapa jika dibandingkan dengan cabai-cabai yang memegang predikat sebagai cabai terpedas di dunia. Penasaran apa saja nama cabai terpedas di dunia ini dan berapa tingkat kepedasanya? berikut ini adalah Daftar 6 Cabai Terpedas Tahun 2018 yang berhasil anehdidunia.com rangkum dari berbagai sumber pencarian online..

6. Cabai Naga Viper - 1.382.118 Scoville


Pertama kali dikembangkan di Inggris oleh perkebunan cabai milik perusahaan bernama "Gerald Fowler of The Chilli Pepper Company." Naga Viper merupakan capai yang pernah menduduki peringkat sebagai cabai terpedas di dunia pada tahun 2011 yang lalu menurut Guinness World Records. 

Cabai yang konon rasa pedasnya sangat tajam dan terasa membakar lidah ini memiliki tingkat kepedasan mencapai 1.382.118 Scoville. Menurut orang yang pernah memakan cabai ini, rasa pedas dari Naga Viper konon dapat bertahan selama berhari-hari dengan sensasi panas di tenggorokan. Cabai ini sendiri merupakan hasil persilangan dari 3 jenis cabai super pedas lain yaitu, "Naga Morich," "Bhut Jolokia" dan "Trinidad Scorpion."

5. Cabe Trinidad Scorpion "Butch T" - 1.463.700 Scoville


Merupakan hasil pengembangan dari cabai jenis "Trinidad Scorpion," Trinidad Scorpion "Bucth T" merupakan cabai yang berhasil dibuat oleh oleh Neil Smith dari The Hippy Seed Company. Cabai dengan ciri khas berujung runcing ini memiliki angka kepedasan mencapai 1.463.700 Scoville. 

Sesuai dengan namanya cabai ini akan memberikan rasa menyengat layaknya di sengat kalajengking bagi siapapun yang berani memakanya. Sensasi menyengat dari cabai ini oleh beberapa orang tiada dua pedasnya namun juga terasa sedikit gurih.

4. Cabai 7 Pot Primo - 1.469.000


Apa jadinya jika 2 jenis cabai terpedas didunia disatukan? jawabanya adalah lahirnya cabai yang lebih pedas. Hal inilah yang ada dipikiran seorang ahli botani bernama Troy Primeaux, saat mengawin silangkan cabai Naga Morich dan cabai 7 Pot.

Pria asal Lousiana yang juga mantan anggota band rock ini akhirnya berhasil membuat cabai "7 Pot Primo," yang memikilo skala mencapai 1.469.00 Scoville. Cabai buatan Primeaux ini memiliki ciri khas unik yaitu ujungnya yang terlihat seperti memiliki ekor kecil. Namun meski terlihat imut jangan pernah meremehkan rasa pedas dari 7 Pot Primo. Karena menurut mereka yang pernah mencicipi cabai ini, rasa dari 7 Pot Primo bisa membuat orang jadi gila akibat sensasi pedas membakar yang luar biasa.

3. Cabe 7 Pot Douglah - 1.853.936 Scoville


Dikenal sebagai cabai terpedas yang memiliki rasa paling enak, dalam  komunitas pecinta cabai. 7 Pot Douglah atau juga dikenal sebagai Chocolate 7 Pot, merupakan cabai yang menduduki peringkat ke 3 terpedas di dunia saat ini.

Cabai yang memiliki ciri khas berwarna coklat ini memiliki tingkat kepedasan mencapai 1.853.936 Scoville. Selain warnanya yang coklat cabai ini juga memiliki ciri khas lain yaitu bentuknya yang sedikit keriput mirip dengan buah kering dan mengeluarkan ledir saat di potong. Lendir inilah yang konon memberikan sensasi pedas luar biasa dan juga dapat menyebabkan iritasi jika tersentuh tangan.

2. Cabai Trinidad Moruga Scorpion - 2.009.231 Scoville


Mendapat julukan sebagai cabai neraka, Trinidad Moruga Scorpion merupakan cabai yang berasal dari wilayah Moruga di Trinidad & Tobago. Cabai yang dibudidayakan oleh seorang bernama Wahit Ogger ini memiliki tingkat kepedasan mencapai 2.009.231 Scoville.

Sensasi pedas cabai ini mendiri sering digambarkan sangat menyengat hingga membuat orang merasa seolah sedang menjilat api neraka. Sangking pedasnya Trinidad Moruga Scorpion, konon dapat membuat jantung orang berdegup sangat kencang hingga mengalami sesak nafas. Namun meski begitu, cabai ini juga digambarkan memiliki sedikit sensasi manis seperti buah-buahan.

1. Cabe Paling Pedas Di Dunia Carolina Reaper - 2.200.000 Scoville


Memiliki nama ilmiah HP22B, Carolina Reaper merupakan capai pemegang rekor sebagai yang  terpedas di dunia sejak tahun 2013 menurut Guinness Book of Records. Cabai ini memiliki tingkat kepedasan mencapai 2.009.231 Scoville. Sebagai perbandingan Carolina Reaper, 600 kali lebih pedas dari Jalapeno dan 20 kali lebih pedas dari Habanero.

Tingkat kepedasan yang sangat tinggi ini sendiri berasal dari padatnya tingkat capsaicinoids (zat yang menciptakan sensasi pedas) dalam cabai Carolina Reaper. Konsentrasi tinggi dari capsaicinoids inilah yang memberikan sensasi pedas luar biasa pada Carolina Reaper saat dimakan. Sensasi pedas dari Carolina Reaper sendiri tergolong unik karena cabai ini tak akan langsung terasa sangat pedas, namun seiring berjalanya waktu cabai ini akan semakin terasa pedas dimulut dan juga membuat tubuh terasa seperti terbakar dari dalam. Kondisi ini bisa mengakibatkan naiknya suhu tubuh, hingga yang paling parah serangan jatung.

Sahabat anehdidinia.com itulah daftar cabai terpedas di tahun 2018. Jika kita lihat tingkat kepedasan dari cabai-cabai ini sebenarnya sudah tak layak untu dikonsumsi manusia. Jadi jika bukan pecinta makanan pedas atau tak kuat mengkonsumsi makanan yang terlalu pedas. Lebih baik tidak usah coba-coba untuk mencicipinya, kalau tidak nanti malah bisa berabe...

Referensi:
https://pepperhead.com/top-10-worlds-hottest-peppers/
https://en.wikipedia.org
https://www.liputan6.com/regional/read/2854654/siapa-berani-coba-cabai-terpedas-di-indonesia


close