PLARIUSMODIFIKASI101

Karakter Game Internasional Ini Dibuat Berdasarkan Tokoh dan Budaya Indonesia

Thursday, May 31, 2018
Karakter dalam sebuah game biasanya merupakan tokoh foksi yang dibuat berdasarkan imajinasi sang kreator. Namun tak jarang juga karakter game dibuat berdasarkan tokoh terkenal dunia ataupun menggunakan motih sebuah kebudayaan. Dengan begini karakter game biasanya akan lebih mudah dikenal dan diterima dipasaran.

Tapi sahabat anehdidunia.com sudahkan kalian tahu, kalau ternyata ada beberapa tokoh legenda dan budaya Indonesia yang menjadi inspirasi bagi beberapa game yang sering kita mainkan? Besarnya minat masyarakat Indonesia pada video game ternyata telah membuat beberapa developer game internasional untuk mengangkat tokoh maupun budaya Indonesia, menjadi karakter dalam game mereka.

Nah berikut ini adalah karakter-karakter game internasional yang dibuat berdasarkan tokoh dan budaya Indonesia. Berikut ulasanya.

Gatot Kaca - Mobile Legends


Saat ini siapa yang tak kenal dengan game Mobile Legends, salah satu game mobile online ini sedang banyak digandrungi orang. Game ini memiliki banyak peminat selain karena seru dimainkan juga karena banyaknya karakter hero yang disediakan oleh pihak developer game. Nah salah satu hero dalam game ini rupanya ada yang terinspirasi oleh si Manusia Otot Kawat dan Tulang Besi yaitu Gatotkaca.

Karakter hero yang berperan sebagai tangk dan mage ini juga di beri nama Gatotkaca dalam game Mobile Legend. Sahabat anehdidunia.com munculnya karakter Gatotkaca ini sendiri merupakan upaya Moonton selaku developer Mobile Legend untuk memperluas pangsa pasar mereka. Moonton sendiri saat ini memang tengah gencar-gencarnya membuat berbagai karakter yang mirip dengan tokoh dari berbagai negara, semisal Yi Sun Shin yang merupakan Korea serta Lapu Lapu, tokoh pahlawan asal Filipina.

Reza - Vainglory


Super Evil Megacorp dengan Vainglory mereka merupakan salah satu saingan utama Moonton dan Mobile Legends dalam pangsa pasar Mobile Games saat ini. Jadi saat Moonton mengeluarkan hero yang memiliki citarasa Indonesia, Super Evil Megacorp pun tak mau kalah dengan juga mengeluarkan hero baru dengan citarasa Indonesia. Hero tersebut diberi nama Reza, sang penyihir api yang muncul pada Vainglory update 2.7.

Dengan mendengar namanya saja kita sudah bisa menduga jika hero ini dibuat dengan citarasa Indonesia. Namun bukan nama ini yang membuat Reza memiliki citarasa Indonesia melainkan motif dan corak Leak dalam pakainya. Sahabat anehdidunia.com dalam gamenya karakter ini digambarkan menggunakan pakaian merah, nah di pakaian inilah terdapat motif wajah Leak yang sangat jelas terlihat.

Gajah Mada - Civilization V


Bagi pecinta game nama Civilization tentu sudah tidak asing, game yang sudah ada sejak tahun 1990 ini memiliki fans setianya sendiri karena gameplaynya yang unik. Gam ini adalah salah satu game yang memperlkenalkan Real-time Strategy dimana pemainya harus membangun sebuah peradaban sampai berhasil. Jadi untuk memainkan game ini kita harus memilih sebuah wilayah dan mulai membangun koloni untuk mengembangkan peradaban yang ada.

Nah dalam seri game kelimanya Civilization V, pihak developer game ini menambahkan sejarah Indonesia dalam paket pembaruanya. Paket ini mengangkat kerajaan Majapahit sebagi sentralnya dengan Gajah Mada yang digambarkan sebagai orang yang berhasil menyatukan seluruh nusantata lewat Sumpah Palapa.

Barong - Megami Tensei Series


Karakter game berdasarkan budaya Indonesia yang berikutnya Barong yang muncul dalam seri game RPG, Megami Tensei. Dalam game ini karakter Barong digambarkan sebagai salah satu makhluk mistis asal Bali dan merupakan musuh dari karakter utama dalam game ini.

Hal ini tentu bertolak belakang dengan kepercayaan dalam budaya Bali, dimana Barong merupakan makhluk bagi yang menjaga manusia dari mimpi buruk. Penggambaran karakter Barong dalam game ini juga sedikit berbeda dengan legenda yang ada di Bali. Sahabat anehdidunia.com dalam legendanya Barong digambarkan sebagai makhluk mistis yang dapat merubah bentuknya menjadi berbagai macam hewan, mulai dari Singa, Naga, Harimau dan bahkan hingga Babi Hutan. Namun dalam game Megami Tensei, Barong hanya digambarkan memiliki satu wujud saja yaitu Singa.

Dyah Gitarja - Civilization VI


Setelah pada seri kelimanya memasukan karakter Maja Pahit, game Civilization kembali memasukan karakter asal Indonesia dalam seri keenam yang mereka luncurkan. Kali ini sosok Ratu Majapahit, Dyah Gitarja atau yang lebih digenal dengan Tribhuwana Wijayatunggadewi. Sama halnya dengan didunia nyata dalam game, Ibu dari Hayam Wuruk ini juga digambarkan sebagai penguasa nusantara menggantikan peran Gajah Mada dalam seri game sebelmnya.

Lalu kenapa karakter dengan citarasa Indonesia muncul kembali dalam game ini. Jawabanya mungkin sedikit sederhana, karena game Civilization sebenarnya kian hari kian sepi karena dianggap membosankan. Jadi mereka mulai memunculkan karakter-karakter baru yang berhubungan dengan kebudayaan suatu negara untuk kembali menarik minat konsumen. Game ini bagi orang yang baru memainkanya memang terasa sedikit membosankan, karena mengharuskan kita untuk mengatur strategi yang tergolong rumit. Tapi meski begitu bagi pecintanaya game ini dapat menghadirkan sensasi tersendiri yang bisa membuat kecanduan.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa karakter game internasional yang terinspirasi oleh tokoh dan budaya Indonesia. Bagaimana apa kalian sudah tahu atau bahkan pernah memainkanya?

Referensi:
https://jalantikus.com/tips/karakter-video-game-dari-tokoh-indonesia/
https://www.brilio.net/creator/ratu-gitarja-dari-indonesia-jadi-karakter-game-civilization-6-101811.html


close