PLARIUSMODIFIKASI101

Tak Hanya Kocak, Inilah Legenda Hantu Paling Unik dan Usil Asal Jepang

Tuesday, May 22, 2018
Di dunia ini ada banyak legenda hantu, mayoritas kisah makhluk astral ini berhubungan dengan sebuah tragedi yang mengerikan. Karena itu sosok hantu pada umumnya digambarkan sebagai makhluk mengerikan yang haus darah. Tapi hal ini sedikit tak berlaku di Jepang, karena di negara ini beberapa legenda hantunya justru tergolong unik. Hantu-hantu di Jepang tak hanya seram, menurut cerita yang ada beberapa diantara mereka masuk dalam katagori aneh dan bahkan usil. Kisah hantu-hantu unik inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan kisahnya menurut beberapa sumber online yang berhasil kami rangkum..berikut kisahnya..

Okaburo - Hantu Okama (Bencong) yang Mangkal Di Tempat Prostitusi


Okaburo atau sebutan lainya Okamuro, merupakan legenda hantu Okama (bencong) di Jepang yang sering bergentayangan di tempat pelacuran. Hantu ini menurut cerita yang ada memiliki penampilan layaknya "Gadis Kamuro," gadis-gadis yang dipekerjakan sebagai pelayan di rumah bordil. Okaburo memiliki ciri khas dandanan yang menor serta menggunakan kimono bermotif daun krisan.

Asal usul hantu ini sendiri sebenarnya tidak jelas, namun salah satu kisah yang paling populer adalah bahwa awal mula munculnya hantu Okaburo berasal dari salah satu anak di rumah bordil homoseksual yang biasa ditawarkan pada pria hidung belang. Anak-anak laki-laki ini biasanya berpakain seperti gadis kamuro, sambil menunggu pelanggan di depan rumah bordil.

Namun karena homoseksualitas saat itu merupakan hal  yang sangat tabu mereka biasanya menggunakan kode khusus yaitu motif bunga krisan di kimono mereka. Pada zaman dulu bunga krisan sering dikonotasikan sebagai simbol homosexual karena bentuk kelopak bunganya yang mirip dengan anus manusia. Sosok Okaburo sendiri dipercaya merupakan arwah gentayangan dari salah satu anak ini yang mati secara tak wajar dan menjadi hantu.

Isogashi - Hantu Hiperaktif yang Suka Merasuki Orang

Isogashi merupakan sosok monster berkulit biru dengan telinga panjang, hidung besar dan lidah besar yang menjulur dari mulutnya. Dalam mitologi Jepang, Isogashi masuk dalam katagori "Tsukimono" yaitu jenis yokai yang bisa merasuki manusia. Hantu ini sendiri konon memiliki sifat yang tak bisa diam alias hiperaktif. Jadi kalau ada manusia yang dirasuki oleh Isogashi biasanya mansia itu akan jadi sangat gelisah dan tak bisa berdiam diri. Orang yang dirasuki Isogashi akan merasa bersalah jika bersantai dan tak melakukan apa-apa.

Legenda Isogashi sendiri pertama kali muncul pada periode Muromachi, dimana sosoknya muncul dalam sebuah lukisan kuno yang tak bernama. Dalam lukisan tersebut terdapat 2 jenis yokai (hantu) yaitu Tenjoname dan Isogashi yang memiliki ciri fisik nyaris sama namun merupakan jenis yokai yang berbeda.

Tenjoname - Hantu yang Suka Menjilati Langit-langit Rumah

Digambarkan sebagai sosok bertubuh tinggi besar dengan lidah yang menjulur dari mulutnya, Tenjoname merupakan salah legenda yokai yang pertama muncul pada abad ke-18. Kisah kemunculan Tenjoname sendiri bermula dari cerita seorang samurai di istana Tatebayashi (reruntuhanya sekarang ada di prefektur Gunma) yang mngaku berhasil menangkan Tenjoname dan menggunakan hantu ini untuk membersihkan langit-langit istana.

Sejak saat itulah legenda Tenjoname mulai dikenal luas di Jepang. Konon katanya hantu ini biasanya akan muncul di rumah tua yang tak terawat dan memiliki banyak noda. Tenjonime dipercaya menyukai rumah yang kotor seperti ini karena sangat suka untuk memakan debu dan kotoran yang menempel di langit-langit. Tanda-tanda munculnya Tenjoname sendiri bisa dilihat dengan adanya bercak hitam di langit-langit rumah.

Kowai - Hantu Kelaparan yang Gentayang di Dekat Penjual Makanan

Kowai dalam bahasa Jepang sebenarnya merupakan kata yang merepresentasikan rasa takut. Namun kata ini juga memiliki arti lain yaitu merupakan nama dari sosok Hantu yang ada dalam legenda Jepang. Menurut legenda yang ada Kowai konon merupakan perwujudan dari jiwa manusia yang semasa hidupnya sangat rakus. Obsesi manusia tersebut pada makan kemudian tetap ikut terbawa hingga ia mati dan akhirnya menjadi hantu yang cukup menyeramkan.

Secara penampilan Kowai sering digambarkan memiliki wujud seperti manusia hanya saja memiliki mata seperti rubah yang berwarna merah darah, gigi yang tajam dan lidah panjang yang selalu meneteskan air liur. Karena obsesinya terhadap makanan, konon Kowai selalu kelaparan dan menghabiskan seluruh makanan yang ia lihat. Karena itu sosok hantu ini sering kali berkeliaran di dekat penjual makanan dan konon pula tak jarang menyerang mereka, khususnya pedagang yang berjauan sampai larut malam. Dalam beberapa kisah lain, Kowai konon juga sering memakan bangkai di jalan ataupun sampah sisa makanan. Pokoknya apa saja asal bisa di makan, maka hantu rakus ini akan mengejar dan memakanya.

Kanbari Nyuudou - Hantu Genit yang Suka Mengintip Toilet

Malam Tahun Baru biasanya merupakan hari yang sangat meriah di Jepang. Namun hari spesial ini juga bisa jadi cukup menyeramkan, karena malam tahun baru juga merupakan hari dimana "Kanbari Nyuundou" akan muncul. Kanbari Nyuundou sendiri menurut legendanya merupakan sosok hantu genit  yang suka mengintip toilet. Hantu ini digambarkan memiliki penampilan mirip dengan pendeta sinto, dengan jubah tebal dan kepala plontos.

Sejarah tentang hantu ini sendiri, sebenarnya sangat minim karena sosoknya yang digambarkan hanya muncul setahun sekali. Namun salah satu cerita yang paling terkenal mengenai asal usul Kanbari Nyuundou, adalah bahwa hantu ini sebenarnya dari dewa toilet dalam mitologi cina yaitu "Kakuto." Karakter penulisan huruf Kakuto ini di Jepang mirip dengan karakter kata dari burung Kukco. Suara burung inilah yang konon merupakan pertanda kedatangan Kanbari Nyundou di toilet. 

Secara umum hantu ini digambarkan sebagai pembawa sial yang bisa membuat orang yang di intip olehnya di timpa kemalangan. Selain itu Kanbari Nyundou juga sering digambarkan sebagai hantu mesum yang sering mencoba untuk meraba taua menjilati orang yang menggunakan toilet saat tengah malam. Di Jepang sendiri jika kita mendengar suara burung Kukco saat berada di toilet, maka itu dianggap sebagai pertanda kesial. Dan untuk menangkalnya kita harus menggonggong seperti anjing.

Sahabat anehdidunia.com itulah beberapa kisah hantu tak biasa dari Jepang, menurut kalian manakah yang paling unik?

Referensi:
https://japanesestation.com