Wilayah Blue Zones Dimana Orang Paling Sehat dan Panjang Umur Tinggal

Perubahan Iklim dan juga bergesernya gaya hidup manusia saat ini yang serba instan dan tak sehat. Secara tak langsung hal ini telah membuat manusia modern lebih gampang terserang penyakit serius dan mematikan. Karena itu rasio harapan hidup manusia yang tinggal di wilayah perkotaan yang padat kian hari kian menurun.

Namum meski begitu, ada pula beberapa tempat di dunia ini yang justru membuat penghuninya menjadi sehat dan juga panjang umur. Tempat-tempat ini memiliki beberapa faktor khusus yang secara tak langsung menunjang peningkatan harapan hidup seseorang. Faktor-faktor tersebut diantaranya meliputi, pola makan, gaya hidup serta kultur sosial yang membuat manusia yang tinggal di sana bisa merasa bahagia dan sehat.

Kisah dari tempat-tempat unik berjuluk "The Blue Zones" inilah yang kali ini akan anehdidunia.com bagikan kisahnya, sesuai dengan informasi yang kami rangkum dari situs Time.com, berikut ulasanya..

Sardinia - Itali


Sardinia merupakan sebuah pulau yang terletak di antara Itali, Spanyol dan Tunisia. Pulau ini merupakan bagian dari Itali dan merupakan yang terbesar ke dua setelah Sisila. Pulau yang cukup indah ini memiliki luas wilayah sekitar 24.090 km² dan populasi 1.650.000 jiwa. Masyarakat di pulau ini terkenal cukup aktif dan ramah dimana kita akan sering melihat orang-orang tua yang terlihat sangat sehat dan terawat. Karena itu tak heran jika pulau ini masuk dalam salah satu wilayah Blue Zones.

Tapi apa rahasia dibalik sehatnya para lansia di pulau ini, jawabanya ternyata cukup sederhana. Warga pulau ini ternyat terbiasa untuk mengkonsumsi makanan dengan bahan utama sayuran yang secara tak langsung membentuk pola diet sehat untuk tubuh mereka. Masyarakat Sardinia juga di kenal cukup aktif dalam melakukan aktivitas fisik mengingat pekerjaan mereka yang kebanyakan merupakan petani atau penggembala kambing. Dengan profesi ini warga Sardinia setidaknya akan berjalan sejauh 8 Mill setiap harinya. 

Selain ke dua faktor tadi, faktor lain yang tak kalah penting yang menunjang kesehatan warga Sardinia adalah eratnya hubungan keluarga di pulau ini. Para lansia di pulau ini dirawat dengan baik oleh anak-naka mereka, jadi sangat jarang ada orang tua yang kurang terawat. Hal ini membuat kebanyakan lansia di Sardinia pada umumnya sangat sehat dan panjang umur. Hal ini juga berdampak pada menurunya gen M26 (Varian gen yang berhubungan dengan umur panjang) pada generasi penerus mereka.

Okinawa - Jepang


Sudah bukan rahasia lagi jika Jepang memiliki banyak daerah dengan harapan hidup yang tinggi bagi warganya. Kebiasaan mereka yang gemar mengkonsumsi makanan segar yang minim bumbu dan budaya jalan kaki mereka, secara tak langsung membuat orang Jepang tergolong sangat sehat. Tapi dimanakah tempat dengan harapan hidup paling tinggi di Jepang. Jawabanya ternyata cukup jauh dari pulau utama, tepatnya di wilayah paling Selatan di Jepang yaitu perfektur Okinawa.

Di pulau yang terkenal akan keindahanya ini terdapat budaya yang menekankan hubungan keluarga dan sosial yang sangat erat. Penduduk Okinawa sangat mementingkan hubungan antar sesama dan juga perilaku hidup sehat yang mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Eratnya hubungan sosial ini juga membuat kehidupan orang Okinawa jadi lebih tennag dan bahagia karena mereka saling menjaga satu sama lain. Faktor inilah yang menunjang tingginya harapan hidup di Okinawa. Pulau ini bahkan masih memegang rekor sebagai pulau dengan wanita paling panjang umur didunia dengan banyak wanita yang telah melewati ulang tahun ke 100 mereka.

Nicoya - Kosta Rika


Terletak di sebelah utara Kosta rika, Nicoya merupakan salah satu destinasi wisata penting di Kosta rika. Dengan banyak pantai indah wilayah ini merupkan magnet alami bagi wisatawan. Namun meski begitu ada hal lain yang menarik dari kota ini. Ya Nicoya merupakan salah satu wilayah Blue Zones dimana wargaanya memiliki harapan hidup yang tinggi. Tapi bagaimana hal ini bisa terjadi padahal Nicoya merupakan destinasi wisata yang ramai dan dekat dengan gaya hidup yang tak sehat.

Jawabanya ternyata cukup sederhana, Masyarakat di kota ini ternyata memiliki aturan yang cukup ketat tentang memakan makanan olahan. Jadi meski wilayahnya merupakan destinasi wisata tak lantas membuat warga Nicoya hidup secara sembarangan. Mereka sangat anti memakan makanan olahan dan hanya mengkonsumsi makanan hasil panen seperti kacang, labu, jagung dan buah-buahan tropis. Pola makan inilah yang membuat tubuh warga Nicoya menjadi sangat sehat. Hal ini juga di dukung dengan moto khas kota ini yaitu "Plan de Vida" yang artinya hidup yang teratur sesuai ajaran agama. Dengan konsep ini warga Nicoya saat ini memiliki rata-rata harapan hidup mencapai usia 90 tahun.

Loma Linda - Amerika


Sebagai negara pelopor mendunianya Junk Food, Amerika merupakan salah satu negara yang dikenal memiliki gaya hidup paling tak sehat di dunia. Namun meski begitu di negara berjuluk Paman Sam ini ternyata ada pula sebuah wilayah yang masuk dalam katagori "Blue Zones."

Tempat itu adalah Loma Linda, sebuah wilayah kecil di Los Angeles yang jauh dari kesan hiruk-pikuk kota besar. Tempat yang didominasi oleh penganut Protestas ini terkenal sebagai wilayah yang sangat tenang. Tapi bukan hal ini yang membuat warga Loma Lida memiliki harapan hidup yang tinggi. Masyarakat di Loma Lida yang pada umumnya merupakan jemaat Kristen Protestan yang taat benar-benar menerapkan dasar agama dalam kehidupan mereka. Dasar-dasar agama ini diantaranya menjaga kedamaian pikiran, menghindari makan daging dan banyak makan tanaman dan kacang-kacangan yang kaya akan serat. Hal inilah yang mendorong tingginya harapan hidup warga Loma Linda yang 10 tahun lebih lama dari wilayah Amerika lainya.

Ikaria - Yunani


Banyak orang mungkin menganggap tidur siang adalah hal yang tak penting atau bahkan perilaku orang yang malas. Tapi pada kenyataanya tidur siang sebenarnya sangat baik bagi kesehatan jiwa dan raga manusia. Hanya saja tidur siang uang dimaksud di sini bukanlah tidur siang dengan durasi lama hingga berjam-jam, tapi hanya tidur siang dengan durasi yang pendek.

Hal inilah yang dilakukan oleh warga Ikaria, sebuah pulau di Yunani yang konon menyimpan resep umur panjang. Resep tersebut sangatlah sederhana yaitu kebiasaan tidur siang yang di imbangi dengan disiplin dalam hal konsumsi makanan. Warga Ikaria juga terhitung sering berjalan karena wilayah yang mereka tinggali merupakan area pegunungan. Hal ini membuat mereka  lebih sehat karena banyak menggerakan tubuhnya. Selain itu warga Ikaria juga sering berpuasa dan lebih memilih untuk meminum susu kambing dari pada sapi yang dinilai lebih sehat. Kebiasaan inilah yang membuat harapan hidup warga Ikaria mencapai lebih dari 90 tahun tanpa mengalami kepikunan dan penyakit kronis.

Sahabat anehdidunia.com itulah 5 Wilayah di dunia ini dengan harapan hidup yang paling tinggi. Jika kita pola hidup sehat serta terjalinya hubungan sosial yang baik merupakan kunci dari tingginya harapan hidup warga yang mendiami Blue Zone. Hal ini tentu bisa kita jadikan contoh agar merubah pola hidup kurang sehat yang selama ini kita jalani, sekaligus memperbaiki hubungan sosial yang ada, agar kita bisa hidup lebih sehat dan panjang umur.

Referensi:
http://time.com/5160475/blue-zones-healthy-long-lives/
https://www.wikipedia.org/