PLARIUSMODIFIKASI101

Fakta Qarin, Jin Pendamping Manusia Sejak Lahir

Monday, June 04, 2018
Mungkin banyak dari sahabat anehdidunia.com yang tidak asing dengan istilah Qarin. Ya, makhluk satu itu sering kali diasumsikan dengan kekuatan jahat (jin) yang mengikuti manusia sejak lahir hingga ajal menjemputnya. Menurut keyakinan umat Islam, pada umumnya jin Qarin ini bertugas mendorong dampingannya untuk berbuat kejahatan. Dia membisikkan was-was, melalaikan salat, berat ketika hendak membaca Alquran dan sebagainya. Qarin bekerja sekuat tenaga untuk menghalang dampingannya untuk ibadah dan berbuat kebaikan.

Untuk mengimbangi adanya pendamping jahat, Allah juga mengutus malaikat Qarin yang selalu membisikkan hal-hal kebenaran dan mengajak membuat kebaikan. Dalam beberapa hadits dikatakan bahwa jin Qarin yang mendampingi Nabi Muhammad SAW telah masuk Islam,  sehingga beliau selalu terjaga dari kesalahan (maksum). Hadits mengenai Qarin pun telah dicatat oleh perawi hadits Imam Ahmad dan Imam Muslim, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda kepada Abdullah Mas'ud, "Setiap kamu ada qarin daripada bangsa jin, dan juga qarin daripada bangsa malaikat." Nggak panjang lebar, tim anehdidunia.com bakal mengulik lebih dalam tentang fakta-fakta di balik keberadaan Qorin yang konon telah ada sejak kita pertama kali dilahirkan ke dunia. Berikut ulasannya yang berhasil kami dirangkum dari berbagai sumber.

Qarin Ada Saat Kita Lahir


Qarin bukannya seperti teman masa kecil yang bersama sampai tua, tapi mereka ada sejak lahir. Jadi, begitu ada anak manusia terlahir, maka satu Qarin pendamping akan lahir juga. Entah bagaimana bentuk rupanya, apakah si Qarin ini menyerupai bayi atau sudah berwujud manusia dewasa. Ragam Qarin kita itu ada 2 macam. Pertama, Qarin bawaan dari lahir, atau setiap manusia yang lahir ke dunia ini pasti telah diberi Allah Qarin, itu sudah merupakan sunnatullah sebagaimana yang disabdakan Rasulullah SAW, “Tidaklah setiap kalian kecuali ia telah disertakan untuknya Qarinnya dari Jin.” (HR. Muslim).

Kedua, Qarin tambahan atau sosok yang menyertai manusia akibat ulahnya atau hasil dari perbuatannya. Karena manusia itu jauh dari petunjuk Allah atau berpaling dari ajarannya, akhirnya syetan-syetan pun menjadi teman dekatnya (Qarin). Sebagaimana yang diinformasikan dalam Alquran: “Siapa yang berpaling dari pengajaran Tuhan Yang Maha Pemurah (al-Qur’an), kami adakan baginya syetan (yang menyesatkan), maka syetan itulah yang menjadi teman yang selalu menyertainya.” (QS. az-Zukhruf: 36)

Qarin Adalah Saudara Kembar Kita


Qarin menurut para pakar merupakan makhluk gaib yang diserupakan dengan kita. Tak hanya ciri fisik seperti mata, tinggi badan, dan bentuk rambut, tapi juga sifat dan aktivitas kita. Benar-benar seperti fotocopy hanya saja mereka tak terlihat karena berasal dari bangsa jin. Qarin sendiri aktivitasnya adalah mendampingi kita. Hanya mendampingi tak lebih dari itu. Jadi, ketika kita berada di suatu tempat, maka mereka pun jelas akan ada di situ. Makanya, kadang ketika sendiri kita seolah-olah ditemani oleh sesuatu. Bisa jadi sesuatu tersebut adalah Qarin milik kita. Hmm..Jadi serem ya..

Qarin Lahir Untuk Menyesatkan Manusia


Ada banyak definisi soal Qarin. Beberapa mengatakan hanya jin pendamping, tapi ada juga yang bilang jika Qarin ini tercipta untuk menyesatkan manusia. Cara kerjanya adalah menjejali pikiran manusia dengan perintah-perintah buruk, lalu si manusia ini akan melakukan hal tersebut. Pada umumnya jin qarin ini bertugas mendorong dampingannya untuk berbuat kejahatan. Dia membisikkan was-was, melalaikan salat, berat ketika hendak membaca Alquran dan sebagainya dan ia bekerja sekuat tenaga untuk menghalang dampingannya membuat ibadah dan kebaikan. Untuk mengimbangi adanya pendamping jahat, Allah SWT mengutus malaikat Qarin yang selalu membisikkan hal-hal kebenaran dan mengajak membuat kebaikan. 

Dalam beberapa hadits dikatakan bahwa jin Qarin yang mendampingi Nabi Muhammad SAW telah memeluk Islam, sehingga ia selalu terjaga dari kesalahan. Tapi, jin Qarin tak selalu bisa memengaruhi kita. Kalau iman dan takwanya kuat Qarin takkan bisa membisikkan apapun. Sebenarnya justru kita yang bisa membuat mereka jadi lebih baik, karena pengaruh manusia lebih besar.

Apakah Qarin Menyertai Manusia Setelah Meninggal?


Syaikh Ibnu Utsaimin menjelaskan, “Apakah Qarin ini akan terus menyertai manusia, sampai menemaninya di kuburan? jawabnya, Tidak.” Zahir hadist –Allahu a’lam. Hal itu menunjukkan bahwa dengan berakhirnya usia manusia, maka jin ini akan meninggalkannya. Karena tugas yang dia emban telah berakhir. Rasulullah SAW bersabda, “ketika manusia mati maka akan terputus semua amalnya, kecuali tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shaleh yang mendoakannya.” 

Namun, sebagian umat Islam bependapat bahwa jin Qarin tak ikut mati ketika tuannya telah dikubur. Tak salah jika banyak terjadi fenomena kerasukan oleh arwah seseorang yang mengatasnamakan keluarga dan kita pun percaya karena arwah tersebut tahu seluk beluk kehidupannya selama di dunia. Ternyata itu bukanlah arwah dari manusia, melainkan Qarin karena ia tahu juga seluk beluk menusia yang mendampinginya.

Cara Melihat Qarin Diri Sendiri


Untuk sahabat anehdidunia.com, bagi kamu yang penasaran akan Qarin dan ingin membuktikan apakah ia memang ada atau hanya bohongan, ternyata ada cara untuk itu. Tips ini menurut orang-orang yang sudah melakukannya memang berhasil menampakkan Qarin, tapi banyak juga yang mengatakan tidak bisa.

Caranya sendiri adalah dengan mengambil 7 helai rambut dan 7 potong kuku kita, lalu bungkus dalam kain putih. Kemudian tetesi dengan air jeruk nipis sampai basah. Setelah itu kita tinggal meletakkannya di tempat-tempat tertentu yang usahakan tidak bisa dilihat manusia. Nah, selanjutnya hanya tinggal tunggu saja selama beberapa hari. Katanya Qarin akan menampakkan dirinya. Penasaran untuk mencoba?

Referensi:
http://almanar.co.id/aqidah/siapakah-jin-qarin-anda.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Qarin
https://www.boombastis.com/fakta-jin-qarin/76423
http://www.lehugak.com/2017/02/jin-qarin-sang-pendamping-seumur-hidup-manusia.html
https://konsultasisyariah.com/9029-mengenal-jin-qorin.html
https://www.yukepo.com/hiburan/horror/inilah-misteri-jin-qorin-kembaran-setiap-manusia-dari-alam-gaib/
http://www.kabarmakkah.com/2016/04/jin-qorin-si-pendamping-manusia.html


close